Luar Biasa!!! Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah Dan Kulit Tubuh Wanita Agar Tetap Cantik di Usia 50 Tahun. Jangan Tunggu Sampai Keriput!!!

Olive Oil atau biasa disebut dengan minyak zaitun merupakan minyak yang terkandung di dalam buah zaitun. Minyak ini merupakan kategori minyak sehat banyak mengandung lemak tak jenuh. Selain minyaknya yang bisa dikonsumsi, buah zaitun juga dapat dikonsumsi langsung tanpa harus diolah terlebih dahulu. Banyak sekali manfaat minyak zaitun, mulai dari bahan kosmetik, perawatan rambut, hingga menjadi obat untuk berbagai macam penyakit.

Manfaat minyak zaitun ini memang sudah cukup terkenal sejak dahulu kala. Biasanya orang dulu memanfaatkannya untuk bahan kecantikan. Bahkan sejak 400 tahun sebelum masehi zaitun telah banyak digunakan untuk pengobatan tradisional. Vitamin yang terkandung dalam minyak buah zaitun yakni Vitamin E. Seperti diketahui, vitamin E mempunyai fungsi untuk mencegah terjadinya resiko kanker, mengurangi penyakit jantung, dan bisa menguatkan daya tahan tubuh.

Selain vitamin E, kandungan lain yang terdapat di dalam minyak zaitun adalah asam lemak essensial. Lemak ini terdiri dari omega 3 dan omega 6. Ini bukan lemak jahat melainkan lemak yang baik untuk kesehatan manusia yang berfungsi untuk kesehatan jantung, obesitas bahkan hingga penyakit diabetes.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah Dan Kulit Tubuh

Untuk daya tahannya sendiri, minyak buah zaitun biasanya dapat bertahan selama 3 bulan setelah dari proses produksi. Namun ada juga yang bisa bertahan sampai 2 tahun lamanya. Tetapi sebaiknya dalam mengkonsumsi minyak ini tidak sampai setahun karena berdasarkan penelitian oleh para ahli bahwa kadar antioksidan di dalam minyak zaitun akan turun drastis selama setahun. Hal tersebut tentu juga akan mengurangi manfaat minyak zaitun sendiri.

Bila ingin mendapatkan manfaat minyak zaitun secara maksimal, disarankan untuk membeli zaitun yang daya tahannya tidak lebih dari setahun, mungkin bisa setengah tahun atau cukup hanya beberapa bulan saja. Serta dalam penyimpanannya pun tidak boleh sembarangan. Sebaiknya simpan kemasan yang minim cahaya dengan suhu yang tidak terlalu panas. Anda juga bisa menaruhnya di dalam lemari es. Jangan takut bila minyak zaitun diletakkan di lemari es hal itu tidak akan mempengaruhi kualitas minyak zaitunnya atau mengurangi kadar dari manfaat minyak zaitun. Dan bila ingin membelinya pastikan tertera tulisan BPOM RI. Pastikan juga masa expired pada kemasan sehingga anda bisa mengira-ngira batas penggunaannya.

5 Jenis Minyak Zaitun

Minyak zaitun terbagi dalam 3 kelompok yang dibedakan berdasarkan proses ekstraksi dan kadar keasamannya. Untuk jenis yang pertama yaitu extra virgin. Minyak zaitun extra virgin ini merupakan jenis yang paling baik karena hanya melewati satu proses perasan saja.

Jadi jenis extra virgin ini merupakan hasil perasan pertama dari buah zaitun. Tingkat kadar keasaman yang dimiliki extra virgin pun hanya 1 persen. Lalu untuk jenis kedua ada yang namanya minyak zaitun virgin. Zaitun virgin ini juga hanya melewati satu perasan saja dan memiliki kadar keasaman sedikit lebih tinggi dari zaitun extra virgin yaitu sekitar 3 persen.

Untuk jenis ketiga adalah jenis minyak zaitun fino. Zaitun fino ini merupakan perpaduan antara extra virgin dan virgin. Untuk jenis keempat dinamakan minyak zaitun pure. Minyak ini merupakan campuran antara zaitun ekstra virgin dan virgin dimana sudah diolah. Untuk jenis terakhir adalah light.

Jenis light ini sudah melewati proses saring yang hasil akhirnya akan mempengaruhi warna dari minyak zaitunnya. Zaitun light bisa digunakan untuk memasak seperti menumis atau memanggang. Namun minyak zaitun yang bisa dipakai adalah minyak yang bukan extra virgin.

Untuk kulit wajah Sampai Usia 50 Tahun

Jika Anda kehabisan pembersih make up dan di dapur ada minyak zaitun, gunakan saja minyak tersebut untuk menghapus sisa-sia make up di wajah. Banyak merek kosmentik yang kini membuat produk cleansing oil (minyak pembersih) untuk “mencuci wajah”. Cleansing oil tersebut terbuat dari minyak-minyak alami, salah satunya adalah minyak zaitun.

Minyak pembersih dari minyak zaitun ini dapat digunakan untuk menghilangkan make up dengan mudah. Menurut dokter kulit, cleansing oil cenderung bebas bahan kimia paraben yang berbahaya, karena terbuat dari bahan alami dan tidak melenyapkan minyak alami di wajah. Namun, hati-hati jika Anda masih memakai lensa kontak ketika menggunakan cleansing oil, bisa-bisa pembersih wajah ini justru mengendap di lensa kontak.

Manfaat minyak zaitun untuk wajah bisa pula diaplikasikan sebagai masker atau facial. Caranya, cukup oleskan minyak zaitun extra virgin (murni) ke wajah. Atau

bisa juga dengan mencampur dua sendok teh cuka sari apel, satu sendok teh minyak zaitun, dan satu sendok teh madu. Lalu, oleskan campuran tersebut pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan wajah dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan handuk bersih.


Untuk kulit tubuh Sampai Usia 50 Tahun

Mengatasi kulit kering dan melembapkan kulit juga diduga menjadi salah dua manfaat minyak zaitun untuk wajah. Minyak zaitun mirip dengan minyak alami yang diproduksi oleh kulit, sehingga mudah diserap dengan baik ke dalam kulit. Minyak zaitun biasanya tidak menyebabkan alergi, akan tetapi disarankan untuk tidak dioleskan ke kulit yang berjerawat. Dan menurut salah satu penelitian, minyak zaitun bahkan dapat membantu melindungi tubuh dari serangan kanker kulit.

Zat antioksidan dan antiinflamasi yang ada dalam minyak zaitun diduga dapat membuat kulit menjadi halus dan lebih berseri. Selain dioleskan ke kulit, mengonsumsi minyak zaitun juga dapat memberi Anda manfaat antioksidan yang berguna melucuti radikal bebas dan mengurangi peradangan yang mempengaruhi kerutan dan kekencangan kulit.

Manfaat minyak zaitun untuk wajah dan kulit tubuh diduga juga bisa diterapkan untuk mengobati eksim (kulit merah dan gatal), psoriasis(kulit merah dan terkelupas), dan infeksi jamur (kurap atau ringworm, jamur di lipat tubuh, dan panu). Namun, penelitian dan bukti lebih lanjut diperlukan untuk mendukung berbagai pernyataan tersebut.

Minyak zaitun memang alami, namun apabila setelah dioleskan terdapat tanda-tanda alergi, segera hentikan pemakaian dan datangi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut yang tepat.

0 komentar:

Posting Komentar


Top