Detik-detik Qori ini meninggal ketika Baca Alquran di Rumah Menteri. Bagaimana Penjelasan Dokter soal fenomena ini?

Ustaz Jakfar Abdurrahman saat itu tengah melantukan ayat suci di acara Haul Keluarga Besar Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, di Surabaya, Jawa Timur. Pada menit-menit awal, kondisi Ustaz Jakfar memang terlihat biasa saja.

Hingga di ayat yang kedua, suara ustaz Jakfar tiba-tiba menjadi pelan dan kemudian menghilang.
Tubuh Jakfar tiba-tiba lemas dan jatuh usai membacakan dua ayat suci di atas panggung.
Mikrofon di tangannya lepas dan tubuhnya terjatuh ke samping.

"Panitia langsung membawanya ke posko kesehatan dan Rumah Sakit Islam Surabaya II yang lokasinya tidak jauh dari lokasi acara," kata Rofiq Kurdi, seorang panitia acara tersebut seperti dikutip dari Kompas.com. Sekitar satu jam kemudian, pembawa acara mengumumkan bahwa Jakfar dipastikan meninggal dunia oleh petugas medis RS Islam Surabaya II.


Penjelasan Dokter Soal Meninggal Tiba-tiba

Pada beberapa kondisi tertentu dapat menyebabkan seseorang mengalami kematia mendadak.  Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kematian mendadak :


1. Overdosis

Salah satu penyebab penting dari kematian mendadak yang dialami oleh manusia adalah overdosis alias kelebihan dosis akan obat-obatan tertentu. Biasanya overdosis dikaitkan dengan obat-obatan terlarang dan jenis narkoba. Namun bukan tidak mungkin, kelebihan dari dosis obat-obatan ini, jenis obat yang diizinkan secara medis dapat menyebabkan kematian secara mendadak.

Overdosis akan menyebabkan melemahnya kondisi tubuh dan menyebabkan kematian yang langsung beberapa saat setelah mengalami kondisi overdosis. Sudah banyak sekali kejadian kematian mendadak yang disebabkan oleh kondisi overdosis, dan kebanyakan overdosis terjadi karena konsumsi obat-obatan terlarang atau narkoba.

2. Stress dan depresi yang berlebihan

Jangan meremehkan stres dan beban pikiran yang dialami oleh seseorang. Kita tidak pernah tahu seberapa parah kondisi stess dan beban pikiran seseorang. Beberapa kasus tercatat bahwa penyebab kematian mendadak bisa saja disebabkan oleh kondisi mental yang tidak stabil, stress dan penuh dengan beban pikiran. Hal ini dapat berpengaruh pada dua hal, yaitu :

Psikosomatis, yaitu terjadinya suatu gangguan kesehatan dan organ tertentu yang diakibatkan oleh kondisi psikologis, seperti stress dan depresi
Bunuh diri, Hal yang dilakukan oleh orang yang mengalami stress akut ini, karena sudah tidak tahu lagi harus berbuat apa untuk memperbaiki hidupnya.

3. Penyumbatan pembuluh darah

Penyebab kematian mendadak pada manusia lainnya adalah adanya suatu penyumbatan pembuluh darah, yang menyebabkan organ – organ tubuh mengalami kekurangan suplai darah dan juga suplai oksigen. Hal ini akan menyebabkan beberapa kemungkinan dan kemungkinan terburuknya adalah kematian secara mendadak karena berhentinya kerja jantung yang tidak menerima pasokan darah yang cukup. Biasanya penyumbatan pembuluh darah ini tejadi karena :
  • Gaya hidup tidak sehat, seperti rokok dan alcohol
  • Sakit kronis yang tidak dirasakan, seperti diabetes dan darah tinggi (hipertensi)

4. Penebalan pada otot jantung (kardiomiopati)

Penyebab lainnya dari kematian yang mendadak adalah adanya suatu penebalan pada otot-otot jantng atau yang istilah dalam dunia medisnya dikenal dengan nama kardiomiopati.

Dengan menebalnya otot jantung, maka akan menyebabkan jantung menjadi sulit untuk memompa darah. Dengan kondisi sulitnya jantung dalam memompa darah, maka ototmatis, suplai darah dan sel sel lainnya ke seluruh organ tubuh akan berkurang.Kondisi ini biasanya terjadi dan merupakan salah satu penyebab kematian mendadak, terutama pada mereka yang berusia 30an tahun.

5. Kelainan pada irama detak jantung (aritmia)

Aritmia merupakan suatu kondisi dimana adanya kelainan pada irama detak jantung. Kondisi ini terjadi karena adanya faktor keturunan, yang menyebabkan penderitanya mengalami kelainan pada irama detak jantungnya dan akan menimbulkan penyebab kematian mendadak apabila tidak ditangani dengan baik.

6. Pecahnya pembuluh darah

Penyebab lainnya dari kematian mendadak adalah pecahnya pembuluh darah. Pecah pembuluh darah dapat terjadi dimana saja, dan yang terparah apabila terjadi pada bagian otak dan pembuluh darah jantung. Hal ini akan menyebabkan kematian mendadak. Biasanya, pecahnya pembuluh darah dapat terjadi karena beberapa hal, antara lain :
  • Kelainan pembuluh darah
  • Tekanan udara yang berubah-ubah
  • Hipertensi
  • Stress dan depresi

7. Ayan atau epilepsi

Penyakit epilepsi (ayan) merupakan salah satu jenis penyakit yang penyebab utamanya belum diketahui secara pasti. Namun ciri-ciri epilepsi dan gejala yang muncul dari penyakit ini adalah penderitanya akan mengalami kejang – kejang dan tidak dapat bergerak dalam beberapa waktu. Dalam kondisi yang cukup parah ketika kambuh, penyakit ini dapat menyebabkan kematian yang mendadak.

8. Trauma kepala

Berhati -hatilah dengan bagian kepala anda, karena banyak kematian mendadak disebabkan oleh kondisi trauma yang dialami kepala. Hal ini biasanya dapat terjadi karena adanya faktor kecelakaan, seperti terjatuh atau dipukul dengan benda keras. Dengan adanya trauma pada kepala, maka kemungkinan akan terjadi kondisi pecah pembuluh darah pada bagian kepala, atau bahkan pada bagian otak, yang dapat menyebabkan kematian mendadak.

9. Kecelakaan

Faktor kecelakaan juga merupakan salah satu penyebab kematian mendadak. Kecelakaan merupakan salah satu kejadian yang tidak bisa kita ramalkan, sehingga menjadi salah satu penyebab kematian mendadak pada manusia. Meskipun tidak semua kecelakaan dapat menyebabkan kematian mendadak. Hanya beberapa kecelakaan, terutama yang mengakibatkan pendarahan hebat dan juga trauma pada bagian tubuh tertentu yang akan menyebabakan kematian mendadak.

10. Serangan jantung

Serangan jantung juga merupakan salah satu penyebab kematian yang sering terjadi pada kalangan masyarakat. Hal ini juga sering dikenal dengan istilah penyakit jantung koroner. Biasanya orang yang mengalami serangan jantung, terutama pada fase yang parah akan mengalami kematian mendadak.


Bagaimana mencegah kematian mendadak?

Untuk mencegah kematian mendadak, ada banyak hal yang perlu anda perhatikan, antara lain :
  • Konsumsi makanan-makanan yang bergizi tinggi dan sehat
  • Budayakan gaya hidup sehat
  • Selalu berkonsultasi ke dokter atau paramedic ketika merasakan gejala-gejala tubuh yang tidak biasa
  • Sebisa mungkin hindari kondisi stress dan depresi
  • Berhati-hatilah agar tidak mengalami kecelakaan yang dapat menyebabkan kematian mendadak

0 komentar:

Posting Komentar


Top