Skip to content


FAM: Apakah itu?

Beberapa FAM pada seorang remaja sesaat sebelum biopsi eksisi

FAM adalah singkatan dari fibroadenoma mammae. Fibro berarti jaringan ikat; adeno, kelenjar; akhiran oma, pertanda tumor jinak; dan mammae, payudara.

 Seperti disebutkan diatas, kelenjar air susu (adeno) dengan jaringan ikat (fibro) pada khususnya dan seluruh payudara akan berkembang. Namun pada satu atau beberapa kelenjar air susu terjadi hiperplasia  dimana terjadi benjolan atau tumor akibat pertambahan sel kelenjar air susu (adeno) berikut jaringan ikatnya (fibro).  . FAM adalah tumor jinak payudara yang berasal dari kelenjar air susu dan jaringan ikat yang membingkainya.

FAM adalah konsekuensi pertumbuhan dan perkembangan payudara karena merupakan penyimpangan normal dari pertumbuhan dan penyusutan payudara.  Penyimpangan itu disebut dengan ANDI.

Dari penelitian Didiek Soediarto di FKUI/RSCM tahun 1989 ditemukan bahwa tumor jinak payudara paling banyak ditemukan di usia 16 – 25 tahun yaitu 77.3% dengan usia rata-rata 22.9 tahun. Diantara mereka FAM berjumlah 96.2% sedangkan penyakit fibrokistik 3.7%. 

Nah karena FAM adalah resiko pengembangan di usia 16 tahun, FAM dapat terjadi.

Apakah usia 15 tahun dapat terkena FAM? Tentu saja bisa bila saat itu payudara sudah mulai berbentuk atau sudah mulai berkembang.

Posted in Onkologi, Payudara.

Tagged with , , .


125 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. ayu apriani says

    Benign ductall cell hyperplasia itu apa dok?

1 2



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.