Skip to content


FAM: Apakah itu?

Beberapa FAM pada seorang remaja sesaat sebelum biopsi eksisi

FAM adalah singkatan dari fibroadenoma mammae. Fibro berarti jaringan ikat; adeno, kelenjar; akhiran oma, pertanda tumor jinak; dan mammae, payudara.

 Seperti disebutkan diatas, kelenjar air susu (adeno) dengan jaringan ikat (fibro) pada khususnya dan seluruh payudara akan berkembang. Namun pada satu atau beberapa kelenjar air susu terjadi hiperplasia  dimana terjadi benjolan atau tumor akibat pertambahan sel kelenjar air susu (adeno) berikut jaringan ikatnya (fibro).  . FAM adalah tumor jinak payudara yang berasal dari kelenjar air susu dan jaringan ikat yang membingkainya.

FAM adalah konsekuensi pertumbuhan dan perkembangan payudara karena merupakan penyimpangan normal dari pertumbuhan dan penyusutan payudara.  Penyimpangan itu disebut dengan ANDI.

Dari penelitian Didiek Soediarto di FKUI/RSCM tahun 1989 ditemukan bahwa tumor jinak payudara paling banyak ditemukan di usia 16 – 25 tahun yaitu 77.3% dengan usia rata-rata 22.9 tahun. Diantara mereka FAM berjumlah 96.2% sedangkan penyakit fibrokistik 3.7%. 

Nah karena FAM adalah resiko pengembangan di usia 16 tahun, FAM dapat terjadi.

Apakah usia 15 tahun dapat terkena FAM? Tentu saja bisa bila saat itu payudara sudah mulai berbentuk atau sudah mulai berkembang.

Posted in Onkologi, Payudara.

Tagged with , , .


110 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. diyah says

    apakah fam bisa sembuh

    • Dokter Bahar says

      FAM itu normal dan bukan penyakit.

      • mei says

        Aslm. Dok umur sya 27 thun saat usia 22 tahun saya pernah operasi bnjolan payudara dan didiagnosa itu FAM. Tapi setelah umur 23 bnjolan itu muncul lagi sampe skarang mulai besar, 1 tahun terakhir saya berobat alternatif dengan metode pemindahan penyakit ke telor dan saya meminum benalu teh sampe skarang. Stelah berobat alternatif rasa sakit berkurang dan mulai mengecil,, apakah saya harus operasi lagi dok utk menghilangkannya. Jujur saya takut operasi lagi.

  2. novia citra putri says

    maaf dokter saya mau tanya, kata orang yang sudah mengalami operasi setelah 14 tahun kemudian saat menyusui payudara yang pernah dioprasi FAM air susu bercampur dengan darah. apakan itu pengaruh dari oprasi tersebut? dan bagaimana cara mengatasinya. terimakasih

    • Dokter Bahar says

      Mungkin tumor di saluran susu jadi segera berobat ke dokter bedah onkologi dan jangan menyusui dengan payudara itu.

  3. leni says

    ass. dok dlu saya pernah ada benjolan d payudara, setelah ke dokter di kasih antibiotik, benjolan itu tidak ada. kemudian di USG dan hasilnya pun tidak ada apa-apa. kemudian beberapa bulan ke depan ketika menstrulasi benjolan itu ada lagi, sampai saat ini setelah selesai menstrulasi pun masih ada . itu kenapa dok? berbahaya tidak?

  4. eprylia says

    Jika benjolan tsb tidak segera di operasi apa akan menimbulkan bahaya lain……kiranya operasi ditunda sampai 2th,

  5. aryani sri handayani says

    Saya pernah operasi pada umur 16tahun tepatnya satu tahun yang lalu..
    Pada saat itu saya menemukan benjolan dipayudara dan tidak ada rasa sakit atau rasa apapun..
    Kemudian kedua orang tua saya membawa saya kedokter, saat itu dokter bilang saya kena FAM..
    Saya dioperasi dan terdapat 3buah benjolan kecil didalam payudara saya..
    Setelah dicek kata dokter itu hal biasa dan tidak berbahaya..
    Tapi sebulan ini saya merasakan ada benjolan tapi kurang jelas dan tidak begerak dan kadang kadang menghilang dok..
    Saya gak mau dioperasi lagi..

    • Dokter Bahar says

      Masalahnya apa Bu?

      • aryani sri handayani says

        Saya baru berusia 17tahun dok..
        Masalahnya apa itu bisa memicu kanker payudara?

        • Dokter Bahar says

          Belum ada yang pasti non. Tapi sepertinya hal-hal yang melawan kodrat wanita merupakan faktor resiko. Misalnya 1. tidak kawin atau terlambat kawinnya ; 2. tidak punya anak; 3. tidak menyusui; dlsb.

  6. dewi sartika says

    Saya ada fam di pd kanan. Skrng saya lg hamil. Boleh kah saya menyusui??

  7. dewi sartika says

    Dok tolong jawaban nya. Saya sudah usg dan hasil ny fam di pd sebelah kanan. Dan belum di operasi.
    Sekarang saya hamil 7 bulan. Apakah nanti saya bisa menyusui??
    Sekarang Saya periksa di ketiak kanan ada bberapa benjolan kecil.apa itu fam ?,
    Apa bisa benjolan itu pindah.
    sekarang saya periksa pd kanan saya tidak terasa benjolan ya lagi.apa dia hilang atau pindah ??

    • Dokter Bahar says

      Andainya itu memang FAM maka tidak ada persoalan. Tapi kalau ganas akan berbahaya. Coba ke dokter bedah onkologi untuk diperiksa

    • Dokter Bahar says

      Bila pasti FAM, boleh.

  8. youvery jatmiko says

    Dok kmrn saya periksa d payudara kiri saya ada benjolan …dan hsil USG nya
    Klinis: tumor mamae sinistra
    Mamae sinistra : tampak lesi hipoechoic.bentuk oval.batas tegas.tepi licin.ukuran 1,55*0,93*1,73 cm di kuadran inferior (jam6) .pada CDFI tak hipervasculer.
    Mamae dextra : tak tampak lesi mamae sinistra
    Axilla: tak tampak lymfadenopathy axilla
    Kesan : FAM mamae sinistra
    Apakah harus d oprasi dok?umur saya 19th

    • Dokter Bahar says

      Anda perlu operasi bila mempuyai faktor rsiko kanker payudara. Cari di website ini apa saja resiko itu ya.

  9. rani says

    dok usi saya 26 tahun,usia anak saya sekarang menginjak 5bulan
    tapi anak saya sudah tdk mau minum asi
    apakah ada resiko pada diri saya (memicu kanker payudara)????

  10. chaca says

    dok.. saya ada keluhan skit dipayudara kiri.. stelah saya konsul sma dokter bedah, diagnosanya FAM .. saya dikasih obat untuk 2 tahap
    tahap pertama udh dijalani, tpi tidak ada perubahan, dan 2 minggu yg lalu saya konsul lgi untuk tahap yg kedua , dokter itu suruh saya minum obat rutin selama 1 bulan, 1x sehari,, obatnya TAMOFEN .. jdi, kalau seperti itu, apa ada kemungkinan dioperasi dokk ..? Terimakasih :)

    • Dokter Bahar says

      Pindah dokter Bu. FAM bukan indikasi Tamoxifen.

      • chaca says

        jdi klo boleh tau tamoxifen itu buat apa dokk …?

        • Dokter Bahar says

          pengobatan kanker payudara.

          • marwati says

            Ass….dok klo kena fam .klo menyusui .brmasalah ga dengan c.bayi atau berbahaya ga dengan sang bayi

          • Dokter Bahar says

            FAM, aman untuk kehamilan dan bayi.

          • chaca says

            dok..saya udah ngikutin saran dokter .. saya udah pindah dokter ,,
            tpi diagnosanya masih sama kayak dokter sebelumnya, masih FAM..
            jdi klo kaya’ gtu, saran dokter gimana ..?
            trmakasih :)

          • Dokter Bahar says

            Kalau demikian ya operasi saja.

  11. Esti Muchtar says

    Dok saya (23thn) mau tanya, di payudara kanan saya ada benjolan. saya belum periksa ke dokter tapi kalo saya lihat ciri2 FAM saya agak khawatir karena benjolan bisa bergerak ukuran kira@ diameter 3 cm, tapi menurut salah satu teman saya yg orang kesehatan FAM itu sebenarnya tidak apa2 dan banyak yg mengalaminya jadi kalu tidak operasi juga tidak apa2. Benarkah itu dok?
    Sedangkan payudara kiri saya tidak ada benjolan, tetapi putingnya inverted dan kerut disekitarnya. namun jika bra dilepas dan puting ditarik keluar akan kembali normal. pertanyaannya, yg trmasuk ciri2 ca mamae itu putingnya inverted permanen apa tidak?karena puting saya kan inverted tapi tdk permanen (jika ditarik bisa normal kembali). jawaban sangat dibutuhkan, terimakasih. salam.

  12. marwati says

    tolong d jawab ya dok

    • marwati says

      makasih ya dok udah d jawab . dok klo fam itu benjolan nya nempel ama tulang dada apa tida .kalo saya klo d raba kaya tulang dada nya kaya membengkak gitu . klo habis kerja detak jantung teh suka kenceng .klo senderan juga kaya ngikut gitu. suka migren juga.terus d dalam tubuh ter kadang da rasa nyeri kaya kesemutan gitu .

  13. amah says

    menurut dokter sy terkena fibrokistik….apakah bahaya dok….?

    • Dokter Bahar says

      Tidak

    • amah says

      sy 26 tahun&memiliki anak 1 berusia 3 tahun.menurut dr sy terkena fibrokistik,sy sudah menjalani pengobatan sampai 3x dengan di sedot cairan dr payudara kiri sy lalu di bersihkan dg alkohol 70%..memang setelah itu tidak ada benolan,namun keesokan harinya perlahan benjolan itu ada lg,sehingga sy berobat ke dr yg sama serta pengobatan yg sama,sy pernah 1x setelah cairan dr payudara kiri sy disedot lalu payudara sy di suntik venodenol,,namun hasilnya tetep sama.sehingga tgl 21 maret sy operasi..dan hasil PA:

      Makro :Jaringan berukuran 6x4x1,5cm.Pada penampang tampak rongga berisi masa cpklat sebagian kehitaman,padat.

      Mikro :Masa kistik dilapisi epitel kuboid sampai torak selapis samapai lapis yg tumbuh papiler memenuhi lumen dg tangkai yg vaskuler,inti sel dalam batas normal.
      Subepitel tampak jaringan ikat fibrokolagen&jaringan lemak yg mengandung kelenjar2 mamae dg inti sel dalam batas normal.
      Tamapak sebulan sel radang MN&PMN.

      kesimp:Intraductal papilloma mamae sinistra.

      yg ingin sy tanyakan:

      1.Mohon penjelasan tentang Intraductal papilloma mamae sinistra?apakah berbahaya?

      2.Apa maksud dari sel radang MN&beberapa PMN

      3.apa yg harus sy lakukan?apakah ada obatnya?karena sy takut benjolan itu ada lg..tapi alhamdulillah sampai sekarang tidak ada benjolan lagi

      • Dokter Bahar says

        Intra duktal papiloma adalah tumor jinak didalam saluran susu. Sel MN dan PMN adalah sejenis sel darah putih yang kalau sedikit normal tapi banyak berarti ada infeksi.

  14. marwati says

    dok tolong d jawab ya

  15. asri safitri says

    Dok skrg saya 21th, waktu umur 18th saya oprasi FAM, tp 5bulan kemudian benjolan itu tumbuh lg. Udah coba pengobatan alternatif + konsumsi obat herbal tp gak ilang.
    Skrg udah kurang lebih 3th benjolan ini ada di payudara, apa bisa berubah jd kanker dok?

    • Dokter Bahar says

      Yang jinak tidak akan berubah menjadi ganas.

      • marwati says

        kalo bukan pam .yg d tulang dada saya apa ya dok?. dulu cuma ada satu sekarang ada dua yang tulang membengkak nya . berbahaya ga cih dok?. saya udah dua kali periksa tapi ga da yg jelas. pemeriksaan yg kedua d suruh USG .

        • Dokter Bahar says

          Saya tidak bisa menjawabnya tanpa memeriksa ibu.

          • marwati says

            kira2 apa ya dok benjolan ni ?.saya sangat cemas. d tambah lg kepala saya suka pusingdalm 2bln ni . coal nya wakyu saya kerja saya pernah mengalami jatuh dan kepala saya terbentur keramik.dan ada yg cerita adik nya meninggal karena sering pusing . tdinya adik nya kelempar batu sama teman2 nya

          • marwati says

            dok kalo d rongsen bisa ketauan ga ya.
            yang membenjol nya itu.

          • Dokter Bahar says

            USG bisa, ronsen tidak.

  16. asri safitri says

    Terimakasih Dok atas jawabannya.
    kalau benjolan FAM tidak di operasi / tidak di angkat, bahaya gak Dok ?

  17. saptini widayati says

    sy jg tanya spt mbak asri dok

  18. nury says

    Dok saya ada benjolan ϑi payudara kanan atas tp pada saat saya priksa hanya ϑi kasi obat nonflamin..
    Apa nonflamin bisa menghilangkan benjolan??
    Saya butuh jawabannya segera dok,
    Saya cemas skali
    Makasii :)

    • Dokter Bahar says

      Nonflamin bisa menghilangkannya kalau penyebabnya peradangan.

  19. Ayu says

    Dok..
    1 bulan yang lalu saya merasakan gatal pada payudara saya yang sebelah kanan. lalu suatu hari tiba2 terdapat luka goresan mungkin akibat terlalu sering saya garuk pada bagian areola.. setelah itu luka tidak berangsur membaik malah keluaran cairan berwarna putih bening dan terkadang kuning. Alhasil saya periksakan ke dokter kemudian diberi obat dan luka pun sembuh. namun rasa gatal itu masih belom hilang.. akhirnya atas inisiaif sendiri saya USG mamae di laboraturium SIMA Malang.. hasilnya ada 4 benjolan di kanan dan 4 benjolan di kiri,. dengan diameter terbesar 1,5 cm di kanan dan 1,7 cm dikiri.. namun dalam USG tersebut tertulis :
    Kesan : FAM s/d multiple
    setelah itu saya di sarankan untuk ke dokter onkologi di RS Lavallete.. disana dokter bedah onkologi langsung memutuskan untuk melakukan operasi..
    Menurut dokter, mengapa diagnosanya FAM tetapi dokter tetap memutuskn untuk melakukan operasi pada benjolan yang terbesar pada payudara kanan dan kiri saya ??

    • Dokter Bahar says

      Karena USG itu main tebak2an, sedangkan yang pasti adalah memeriksa langsung tumornya yang diperoleh dari operasi

  20. nury says

    Trimakasi dok atas jawabannya,
    Saya dianjurkan untuk USG mommy
    Usia saya 22 thn kira2 biaya untuk USG brp ya dok??trus jika dianjurkan untuk oprasi biayanya brp ya dok??
    Tolong infonya ya dok
    Makasii :)

    • Dokter Bahar says

      USG sekitar 300rb. Operasi dengan saya lokal kira2 2.8 juta.

  21. nury says

    Maaf dok saya sangat butuh informasi harga usg mammae dan biaya oprasi karna saya keterbatasan ekonomi dok ,
    sampai2 saya stres memikirkan hal ini terimakasi dok :)

  22. youvery jatmiko says

    Dokter..saya sudah oprsi hsilnya fam.saya kmrin usg lg genap 1 bulan stlh oprsi..hasilnya di temukan lg benjolan di payudara kanan 1 benjolan dan kiri..2 bnjolan..umr saya 20 th..apakah saya perlu oprsi lg dok??

  23. nury says

    Biasa kirimkan alamat RS dokter ?
    Saya tinggal ϑi daerah cibubur
    Trimkasi dok!

  24. Dona says

    Dok kmrn sy oprasi benjolan dipayudara sbelah kanan, umur sy 18thn. Stlah diambil benjolannya brwarna putih bentuknya oval, ukurannya 1 cm dok. Apakah warna FAM itu berwarna putih dok?

  25. Dona says

    Mohon balasannya ya dok, terimakasih :)

  26. tatha says

    Dok saya berusia 22th saya ada benjolan / FAM sejak saya berusia 15th , dan dokter menganjurkan untuk di operasi tp saya yakin bisa sembuh tdk dgn operasi , dan saya sudah menjalani beberapa therapy tp benjolannya smpe skrg msh ada dok , apakah beresiko untuk masa dpn saya dok ? Terimakasih

  27. vero says

    Dokter, hsl usg sm mamografi sblh kiri ada benjolan 1 cm yaitu fam. dokter menyampaikan aman. apakah fam bs berubah jd kanker ? kpn lg sebaiknya periksa payudara sebagai pencegahan ? krn 2 th lalu sy jg sdh usg dan hsl sm benjolan berupa fam. trm ksh.

  28. vero says

    brt hrs biopsi ? tp khan bs dilht dr hsl usg ciri fam dan kanker sgt beda dok ?

  29. Yana says

    Dok apakah pnykt fam ne dpt di sembuhkan tanpa oprasi

  30. sitie says

    Dok.
    Kmaren lusa sy Cek k dokter.n ktnya sy FAM.
    Sy d beri rujukan k dokter bedah.
    APA yg Hrus sy lkukan dok,,,?
    Mengingat sy tu selalu g pke BH saat tidur krna menghindari resiko terkena kanker..tp knapa sy terkena FAM tsbt dok?

  31. sitie says

    APA sy harus oprasi dock????
    Waktu delay INI sy mW merit dock’
    ;(

  32. valerie says

    Dok, saya berumur 19thn. Ada benjolan di puting payudara berwarna senada dengan puting saya sejak berumur 14th. Akhir-akhir ini benjolan ini bengkak dan terasa sakit. apa ini termasuk FAM ?

  33. dyas says

    Usia saya 17 thn , bulan lalu saya sudah operasi tumor pd ,hasil lab alhamdulillah jinak (fam), dari hasil usg tumornya ada 4, tp yg dioperasi cuma 3 sisa 1 karna terlalu kecil jadi sulit dicari (2mmx3mm),kira-kira kalau suatu saat tumor kecil yg dulu belum dioperasi bertambah besar perlu dioperasi lagi atau tidak dok?

  34. tety susilowati says

    Dok, usia saya 24th. Saya td pagi baru usg karna ada benjolan di payudara kanan dok.trus saya dikasih obat dalparol 400mg. Itu obat apa ya dok?
    Terima kasih..

    • Dokter Bahar says

      Itu vitamin E. Sebaiknya pindah dokter saja.

      • tety susilowati says

        Knp harus pindah dokter dok?

        • Dokter Bahar says

          Karena yang diberikan itu vitamin. Dokter harus mencari penyebabnya dan mengobatinya.

  35. selly Bandung says

    Ass,dok aku punya FAM di mmae kiri ,apakah dioperasi akan menyembuhkan dan apa resikonya setelah operasi ?? Apakah ada perubahan pda payudara Ttlg solusi nya dok ? :)

    • Dokter Bahar says

      Kalau memang FAM ya pasti dan resikonya hampir tidak ada

      • sri suherti says

        Dok umur saya 39 thn ada benjolan di payudara menurut dokter umum kemungkinan fam dan saya pun di rujuk ke bagian bedah, apakah fam ? Namun payudarah saya tdk merasakan sakit ada yg lainnya, benjolaNnya seruas ibu jari..saya takut untuk operasi makanya tdk menemui dokter ahli bedah, menurut dokter bagaimana

  36. vivi mandasari says

    Saya vivi usia 21th..
    Saya di diagnosa terkena fam..apakah jika kita sudah terkena fam berarti meningkatkan resiko terkena kanker payudara?

  37. Aldhia Safitri says

    Dokter adik saya berumur 16 tahun dan ada benjolan disebelah kanan yang cukup besar dan setelah diusg ada tumor jinak, dan kami memang belum bertemu oleh dokter bedahnya dan juga kami belum mendapatkan hasil yang signifikan dari usg kemarin,, mohon bantuan informasinya apakah jika terjadinya tumor harus segera dioperasi? dan apa yang akan terjadi jika sudah dioperasi.. mohon informasinya dokter.. terima kasih

  38. ratna says

    apakah fam bisa sembuh tanpa operasi?

    • Dokter Bahar says

      Tidak

      • dian says

        Dokter saya mau tanya,,apa benar fam bisa d sembuhkan tampa operasi
        Hanya dengan suntikan khusus

        Karna sya,,periksa k’dokter praktek,dan d temukan fam d payudara saya,dokter
        Tdak menyarankan operasi,karna dengan suktikan khusus jg bisa mematikan sel fam.

        Trimakasih dan mohon penjelasan’a

        • Dokter Bahar says

          Tidak ada suntikan khusus untuk FAM. FAM adalah kelainan normal dari pertumbuhan payudara. Hilangya diusia tua.

  39. tyara says

    Dok, sy ibu usia 33th, dg putri umur 3th.wktu menyusui asi kluar sdkt, puting sy kecil, shgga ank sy tdk mau menyusu.1th trakhir sy br menyadari jk sy memiliki benjolan pd payudara disebelah kanan sktr 2cm. Sy.sdh mendatangi 2 dktr bedah yg berbeda, dan mereka mendiagnosa FAM.Pemeriksaan wktu itu hy dg diraba2 saja.Kedua dktr tsb menyarankan untuk oprasi, untuk melihat jinak atau tidaknya.pertanyaan sy:
    1.apkh ckp dg meraba2 dktr bisa lgsg mendiagnosa itu FAM?…
    2.haruskah sy oprasi?krn saya takut nantinya stlh oprasi akn mempercepat penyebaran/ pertumbuhan FAM?…atau justru brubah mjd kanker?
    3.Setelah oprasi, apkh nantinya jika sy hamil&melahirkan, sy msh bisa menyusui dg payudara yg prnh dioprasi tsb?
    Mhon penjelasannya dok.trimakasih

    • Dokter Bahar says

      1.apkh ckp dg meraba2 dktr bisa lgsg mendiagnosa itu FAM?… Cukup.
      2.haruskah sy oprasi?krn saya takut nantinya stlh oprasi akn mempercepat penyebaran/ pertumbuhan FAM?…atau justru brubah mjd kanker? Ya harus untuk memastikan jinak atau ganasnya.
      3.Setelah oprasi, apkh nantinya jika sy hamil&melahirkan, sy msh bisa menyusui dg payudara yg prnh dioprasi tsb? Bila jinak aman.
      Mhon penjelasannya dok.trimakasih

  40. agnes says

    Malam dok, umur saya 25 tahun. belum menikah
    mau tanya tentang hasil usg mamma yang saya jalanin:
    Mamma dextra : tampak gambaran massa solid dengan batas tegas tepi hampir rata dengan intratumoral vassels(+). ukuran +/- 3,6×2,46 cm pada daerah 3, +/- 3 cm dari papila mamma.
    Mamma sinistra : Tampak nodul kistik jam 10, +/- 3 cm dari papila mamma,
    ukuran +/- 0,8×0,7 cm
    Axilla ds/sin : Normal.Tak tampak Pembesaran KGB
    kesimpulan :1. Susp. FAM mamma dextra ukuran +/- 3,6×2,46 cm
    :2. Single cyst mamma sinistra ukuran +/- 0,8×0,7 cm
    1.menurut dokter perlu biopsi untuk langkah selanjutnya?
    2.menurut dokter perlu tindakan operasi?
    mohon balasanya dok dan terima kasih

  41. dewi says

    Dokk . Anjuran untuk fam apa yah ? Untuk mncegah tibulnya bnjolan kmbali setelah oprasi .

    • Dokter Bahar says

      FAM itu penyimpangan dari pertumbuhan payudara jadi yah tidak bisa dicegah.

  42. ima says

    dok saya mau tanya jika ukuran FAM sudah mencapai 5cm apakah perlu dioperasi? Jika tidak, apa konsekuensi nya?

    • Dokter Bahar says

      Kalau sudah sebesar itu sebaiknya operasi karena mungkin saja ia adalah tumor filodes yang dapat berubah menjadi ganas.

  43. ima says

    terima kasih dok sarannya. namun saya masih takut dioperasi, maklum dirawat inap saja saya belum pernah. adakah saran dari dokter untuk membantu saya mengatasi ketakutan ini?

    • Dokter Bahar says

      Minta dengan anestesi lokal seperti cabut gigi hingga bisa langsung pulang

  44. ima says

    memang bisa ya dok? soalnya dokter bedah yang pernah saya datangi mengatakan harus anestesi total

  45. Rizky says

    Dok,,saya rizky umur 23th, ktka umur 21th kmrn saya pnya 2 bnjolan di pyudra sblah kiri,usg mammae hsile fam,,sya operasi 13 feb 2012 dan smggu lalu saya coba usg lg trdpt bnjolan dpyudra sblah kanan hasile fam sbsar 2,5cm. puting pyudara itu tidak muncul,tidak sperti pyudara pada umumnya,kata ibu saya puting bisa keluar jk sudah menyusui.. apa karna itu dokter saya trkena fam?? trims dokter

    • Dokter Bahar says

      Sifat FAM adalah selalu bisa tumbuh kembali walaupun sudah dioperasi. Nah puting tidak keluar tidak ada hubungannya dengan FAM.

  46. Rizky says

    Ouw begitu ya dok, berarti ada kemungkinan saya bisa menyusui jka sudah nikah nanti tanpa terhalang oleh bekas operasi fam ya dokter? Apa memang adaa kemungkinan keturunan genetik ya dokter, karna nenek saya ada kangker payudara,,



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.