Skip to content


Tujuh Ayat : Kelenjar getah bening

Distribusi Posko KGB

1. Kelenjar getah bening adalah bagian tubuh Anda.

Sebagai bagian tubuh, kelenjar getah bening (KGB) termasuk dalam sistem pertahanan. Lebih kurang 500 KGB tersebar di tubuh menghadapi setiap gangguan baik dari luar seperti infeksi ataupun dalam, seperti penyakit kanker.

2. Lazimnya KGB tersembunyi di tempat-tempat yang khusus

Dalam keadaan normal KGB tersembunyi hingga tidak dapat diraba.  Ia pun hanya berada di leher,  ketiak, rongga dada, rongga perut dan lipat paha.  Posisinya merupakan pos komando pengamanan wilayah. Leher untuk pengamanan kepala, muka dan leher; ketiak untuk kulit dada termasuk payudara dan lengan; lipat paha untuk tungkai; rongga dada untuk alat tubuh dalam rongga ybs dan rongga perut untuk alat dalam rongga ybs.

3. Bila Anda bisa meraba KGB maka Anda menderita suatu penyakit.

KGB yang bisa Anda raba adalah KGB leher, ketiak dan lipat paha. Penyakit yang dapat menyebabkan pembesaran KGB dapat berasal dari setiap penyakit yang menyerang wilayah pertahanannya atau penyakit KGB itu sendiri. Penyakit itu adalah infeksi, tumor ganas atau tidak diketahui. Misalnya penyakit di wilayah pertahanan mereka: infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA) akan menyebabkan pembesaran KGB leher; tumor ganas payudara, pembesaran KGB ketiak; infeksi kaki, pembesaran KGB lipat paha. Penyakit KGB itu sendiri; tumor ganas KGB (limfoma) menyebabkan pembesaran KGB ybs.

4. Pembesaran KGB dapat dicegah atau dikenal dini.

Pembesatan KGB karena infeksi dapat dicegah sedangkan yang disebabkan oleh tumor ganas dapat dikenal dini. Infeksi disebabkan oleh kuman patogen (penyebab penyakit). Pencegahan utama baik terhadap diri sendiri ataupun penularan adalah menjaga kebersihan seperti yang dilakukan orang muslim dengan wudhu. Selain itu peningkatan kekebalan dapat dilakukan dengan menjaga kesehatan seperti makan yang sehat dan olah raga serta berbagai vaksinasi. Kanker yang belum diketahui sebabnya hanya dapat dikenal dini. Ia dilakukan dengan meraba posisi KGB di lipat paha, ketiak dan leher. Lipat paha kanan diraba dengan ruas terakhir tiga jari kiri, dan sisi kiri dengan jari kanan. Leher kanan diraba dengan ruas terakhir tiga jari kanan, yang diselipkan di bawah otot leher, dari arah kepala ke leher, dalam dua posisi yaitu kepala melihat kearah kiri dan ke kanan, sembari menengadahkan kepala. Selain itu juga diraba daerah diatas tulang selangka. Cara yang sama dilakukan di sisi kiri dengan jari kanan.

5. Pembesaran KGB tidak selalu memerlukan operasi

Operasi KGB hanya untuk diagnosa atau memastikan penyebabnya dan bukan untuk menyembuhkan. Operasi yang dilakukan adalah biopsi eksisi atau mengangkat keseluruhan KGB. Tidak seluruh pembesaran KGB memerlukan biopsi.. Pembesaran KGB yang yang sakit dan merah namun gejala-gejala ini hilang dengan memakan antibiotika selama +/- 10 hari tidak memerlukan biopsi. Sebaliknya pembesaran KGB yang tidak sakit dan merah memerlukan biopsi.

6. Pembesaran KGB di Indonesia terutama disebabkan oleh tuberkulosa.

Ada dua bentuk pembesaran KGB karena TBC. Pertama pembesaran KGB itu tidak sakit dan merah hingga memerlukan biopsi. Kedua, pembesaran KGB itu mengeluarkan nanah dan tidak akan sembuh dengan antibiotika hingga juga memerlukan biopsi. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan memakan obat secara teratur selama 6 bulanan.

7. Kanker KGB (limfoma) dapat disembuhkan tanpa operasi.

Bila ditemukan dalam keadaan dini limfoma dapat disembuhkan tanpa operasi.

Posted in Onkologi, Tak Berkategori, Umum.

Tagged with , , , , .


368 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. indri says

    slmat sore dokter,, dok saya perempuan 20 thn,, di paha bagian luar saya terdapat benjolan kecil,, dan beberapa kali terjadi pembengkakan kemudian pecah,, kluar nanah dan benjolannya hilang,, tapi benjolan itu tdk lama tumbuh kembali dokter,, apa benjolan ini berbahaya dokter,, dan apa benjolan ini bisa di obati tanpa harus operasi?? terimakasih.

    • Dokter Bahar says

      Kalau sudah begitu ya perlu operasi untuk memastikan jenis penyakitnya supaya dapat diobati.

      • Keke says

        Selamat siang dok,,,saya ingin menanyakan beberapa hal ,di leher saya terdapat pembengkakan dan saya periksa ke ahli onk 2 kali tetapi Dr tidak dapat menemukan pembengkakan tsb,dan dianjurkan untuk USG hasil USG lesi hipoechoic oval tepi licin tanpa posterior enchamcement tampak di regio colli sinistra ukuran 1,02cm x 0,29 cm kesan:massa hipoechoic di colli sinistr.DD:limfadenopati colli siniatrA,saya kembali ke Dr onk dan disarankan utk ct scan,,tetapi keesokan harinya saya ke Dr THT dan dilakukan pemeriksaan THT,pada saat Dr memeriksa hidung sebelah kiri saya ada darah dan dilakukan endoscopy hasil tersebut Kontak bleeding pada rg nasofaring,dan Dr THT menyarankan utk fna biopsi,dan hasil tersebut mikroskopis:hapusan terdiri dari sel sel limfosit dan sedikit jaringan ikat Kesan;lymphadenitis kronika tidak spesifik ,dan saya kembali ke Dr THT dan diberi obat bicrolid 500g,yang hrs diminum selama 1 Bln, dan diberikan obat imuno ,,,yang ingin saya tanyakan 1,apakah obat tsb dapat menurunkan bengkak tsb dan kenapa leher saya belum trn juga setelah konsumsi obat 3 hari dan bengkak tsb makin besar?? 2,apakah jika bengkak itu tdk trn setelah saya konsumsi obat Harus dilakukan biopsi eksisi ?? 3,apakah hasil biopsi eksisi dapat diketahui seseorang terkena tumor atau tubercholosis,,mohon penjelasannya dengan sangat dok,mengingat saya sangat takut dengan penyakit ini,,pikiran saya sudah aneh aneh dok,trima kasih sebelumnya

  2. Mega says

    dok… ciri2 bnjolan dileher saya itu
    benjolan muncul secara perlahan, bisa
    digerakkan dari jaringan sekitarnya, dan teraba
    kenyal. nh itu termasuk dlm kgb kh dok??? mohon jawabannya

    • Dokter Bahar says

      Mungkin sekali kgb tapi untuk memastikannya perlu diperiksa oleh dokter.

  3. Isya says

    Assalamualaikum dok,sy IY mau tanya ttg KGB ini.saat ini di sela paha kiri atas saya ada pembengkakan yg tdk keliatan tp terasa saat diraba.bila ditekan atw tertekan maka akan menimbulkan rasa sakit.apa ini berbahaya dok?ke dokter spesialis mana bila saya mau berobat?

  4. erni says

    Maap dok mau tanya. Dok ayah saya berumut 45 yahun. Sudah 6 bln ini ada pembengkakan di bagian perut dekat rongga dada. Terkadang terasa sakit tapi terkadang tdk. Apakah iti kanker dok? Dokter menyarakan unuk operasi. Bagaimana ya dok?

  5. vischa says

    dok saya mau tanya, di lipatan paha saya terdapat benjolan yang terasa di dlm, dan kadang terasa sakit, seeperti sakitnya seperti berasa memar, atau pegal, saya sudah k dokter, dokter bilang kelenjar, tapi tidak menyebutkan kelenjar apakah itu , saya harus gmn untuk mngetahuinya, dan apakah bisa di sembuhkan ? terimakasih, mohon jawabannya dok

  6. danur wenda says

    dok saya mau tanya kenapa di bagian dalam paha kiri saya terdapat benjolan yang lumayan sakit dan ngilu apa itu berbahaya?dan apa jenis penyakitnya?

  7. meilin sahara says

    Dok anak saya berumur 3 tahun ada benjolan dileher bawah dekat tulang dada, apakah itu kgb atau penyakit lain, baiknya saya konsul ke dokter apa ya dok?ke spesialis anak ato kmana? Terima kasih dok

  8. fina says

    Dok, saya berumur 16 th. sdh sekitar 6 bulan ad benjolan sebesar kacang di bwh leher bagian depan. Benjolannya keras kadang kadang gtal di sertai kemerahan. Tidak ad penyakit yg lain yang menyertai. Apakah itutermasuk kgb dok? Terimakasih

  9. uta says

    dok awalnya dlipatan pantat saya dkt anus trdapat bnjolan didalam klo buat duduk sakit pegel dn sekarang bnjolan itu pecah dn bernanah kdng ada darah itu apa dok? apakah berbahaya
    trimaksh dok

    • Dokter Bahar says

      Mungkin Uta menderita fistula ani. Bahaya atau tidak harus dipastikan dengan operasi (biopsi).

  10. sri karyati says

    Siang dok..gni anak sy berumur 4,5th..ada benjolan dipaha kanan atas bahian smping..awalnya tu benjolan didalam tersa saat diraba..lama dlm 1bln benjulan tambah besar dan keras terus seperti membiru kalau ditekan sakit..sy binggung skit apa anak sy ini apa ini termasuk pembengkakan getahnbening dok?..mohon srannya..

    • Dokter Bahar says

      Kemungkinan besar memang kgb. Segera ke dokter bedah untuk memastikannya.

  11. Burhan says

    Selamat malam,Dokter saya ingin konsul,saya umur 46 thn,di tulang dada saya atau tulang pedang pedangan saya agak membesar,apaka ini perlu untuk di periksakan ,mohon bantuannya,
    Terima Kasih
    Salam
    Burhan

  12. hetti says

    Slamat mlam dok…sya hetti dr palangkaraya..sya pny ank permpuan usia 1 thun 4 bln,ada benjolan merah memanjang di dkat anusnya,tdnya kecil aj kyak digigit nyamuk tp lm2 kok panjang kyak cacing gtu,kyak brlilut lg..knp tu dok,brbahayakh dok….? Makasih,,,,tlong dikasi pnjelasannya ya dok….

  13. Mia agustina says

    selamat malam dok, saya perempuan umur 17thn jalan. saya mempunyai benjolan dibagian kepala depan kanan! kira2 itu penyakit apa dok?

  14. cahyan says

    dok saya mau tanya,umur say 21th. 1tahun yang laulu saya merasa ada benjolan di bagian bawah perut ,benjolan menetap ,keras kadang2 nyeri ….itu penyakit apa ya dok?

    • Dokter Bahar says

      Banyak kemungkinannya hingga harus diperiksa dulu dengan lengkap. Coba ke RS terdekat.

      • cahyan says

        saya belum sempat periksa dok…padahal penyakit itu sudah lama…kemungkin apa yang terjadi dok jika dibiarkan?

  15. cahyan says

    saya belum sempat periksa dok…padahal penyakit itu sudah lama…kemungkin apa yang terjadi dok jika dibiarkan?

  16. Keke says

    Keke says
    Selamat siang dok,,,saya ingin menanyakan beberapa hal ,di leher saya terdapat pembengkakan dan saya periksa ke ahli onk 2 kali tetapi Dr tidak dapat menemukan pembengkakan tsb,dan dianjurkan untuk USG hasil USG lesi hipoechoic oval tepi licin tanpa posterior enchamcement tampak di regio colli sinistra ukuran 1,02cm x 0,29 cm kesan:massa hipoechoic di colli sinistr.DD:limfadenopati colli siniatrA,saya kembali ke Dr onk dan disarankan utk ct scan,,tetapi keesokan harinya saya ke Dr THT dan dilakukan pemeriksaan THT,pada saat Dr memeriksa hidung sebelah kiri saya ada darah dan dilakukan endoscopy hasil tersebut Kontak bleeding pada rg nasofaring,dan Dr THT menyarankan utk fna biopsi,dan hasil tersebut mikroskopis:hapusan terdiri dari sel sel limfosit dan sedikit jaringan ikat Kesan;lymphadenitis kronika tidak spesifik ,dan saya kembali ke Dr THT dan diberi obat bicrolid 500g,yang hrs diminum selama 1 Bln, dan diberikan obat imuno ,,,yang ingin saya tanyakan 1,apakah obat tsb dapat menurunkan bengkak tsb dan kenapa leher saya belum trn juga setelah konsumsi obat 3 hari dan bengkak tsb makin besar?? 2,apakah jika bengkak itu tdk trn setelah saya konsumsi obat Harus dilakukan biopsi eksisi ?? 3,apakah hasil biopsi eksisi dapat diketahui seseorang terkena tumor atau tubercholosis,,mohon penjelasannya dengan sangat dok,mengingat saya sangat takut dengan penyakit ini,,pikiran saya sudah aneh aneh dok,trima kasih sebelumnya
    5 Juli 2014, 13:07 Balas

    • Dokter Bahar says

      Hasil FNA sering salah Keke. Seandainya memang limfadenitis tentu akan mengecil dengan obat. Nah sebaiknya dilakukan biopsi eksisi untuk memastikan apakah TBC atau tumor.

  17. Keke says

    Assalamu alaikum dok,,,sudah beberapa Minggu ini saya minum obat antibiotik dan alhamdullilah bengkak di leher saya pelan pelan mulai turun,,apakah seiring dengan turunnya bengkak dileher saya ,,leher itu akan terlihat normal lagi ??dan apakah biopsi eksisi itu termasuk operasi besar dan butuh berapa lama untuk biopsi eksisi??mohon penjelasannya kembali dokter,,terima kasih sebelumnya

    • Dokter Bahar says

      Sukurlah kalau bengkaknya mengecil tapi ia tidak akan kembali normal. Besar atau kecilnya biopsi eksisi itu tergantung tumornya dan didaerah mana letak tumornya.

  18. cahyan says

    Dok, mau tnya bpk saya itu pny benjolan dan ada penebalan pd lehernya akibat dulu pas gatal digaruk pakai sabit, tuh diagnosanya apa ea? sm penagananNya gmn?

    • Dokter Bahar says

      Tolong ditambah keterangannya. Berapa besarnya, keras attau lunak dll.

  19. Keke says

    Assalamu alaikum dok,,apakah untuk penderita limfadenopati dapat melakukan olahraga?terima kasih

1 2 3 4



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.