Skip to content


Rasionalisasi USG payudara

Mastitis

Ana adalah contoh soal penggunaan USG payudara yang tidak rasional atau bertentangan dengan pertimbangan yang logis. Ia rugi bukan hanya biaya tetapi juga waktu.

Kisahnya begini. Ana, 35 tahun datang ke tempat praktek dengan hasil USG, FAM. Ana melakukannya dengan insiatif sendiri dua minggu yang lalu. Menurut Ana, benjolan itu sudah teraba seminggu sebelum USG tapi tidak begitu sakit. Dalam pemeriksaan terlihat tumor itu merah dan pada perabaan, ada tanda-tanda cairan didalamnya. Ana menderita abses payudara. Saya keluarkan nanahnya (dengan operasi tentunya) dan sebagian dikirim ke laboratorium. Hasilnya adalah radang payudara aspesifik atau bukan karena tuberkulosa. Abses saya rawat dan antibiotika diresepkan. Butuh waktu 3 minggu untuk menyembukannya.

Rasionalisasi USG payudara adalah meletakkan pemeriksaan canggih itu pada tempatnya dalam ABCD prosedur pemeriksaan dokter untuk mengobati pasien. Dalam kelainan payudara: A adalah wawancara seperti sudah berapa lamakah sakitnya, kapankah terabanya, adalah faktor resiko kanker dlsb; B, pemeriksaan fisik seperti dimanakah letak tumornya, adakah tanda-tanda infeksi seperti kemerahan, berapakah ukurannya, bagaimanakah konsistennya – padatkah, kenyalkah dlsb, bagaimanakah batasnya – tegaskah dlsb. Sesudah A dan B, dokter sudah dapat menyimpulkan adanya beberapa diagnosa yang disebut diferential diagnosis DD, misalnya curiga infeksi payudara, tumor jinak atau tumor ganas. Untuk memilah DD dokter melakukan C, yaitu satu atau beberapa pemeriksaan seperti periksa darah, USG atau mamografi.

Ana rugi karena ia melakukan potong kompas pemeriksaan. Ia melakukan C tanpa A dan B. Bagaimana kira-kira yang terjadi bila ia datang ke dokter sebelum USG. Dengan tumor yang merah dan tidak begitu sakit itu A dan B akan langsung menyimpulkan mastitis. Karena itu USG tidak akan dilakukan tetapi pemeriksaan darah. Dari hasil itu infeksi dapat diduga dan langsung diberikan antibiotika. Lazimnya seminggu mastitis non TBC itu akan sembuh. Hitung punya hitung, ia rugi biaya untuk melakukan USG. Ia juga rugi waktu karena terlambat datang berobat hingga infeksi sudah memborok. Selain itu ia rugi biaya untuk operasi (mengeluarkan nanah) dan bolak balik merawat luka operasi.

Posted in Onkologi, Payudara.

Tagged with , , , , , .


255 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. elsa says

    malam dok, mau nanya.. saya Elsa umur 23 th belum menikah.
    saya sudah 2 kali operasi payudara kanan.
    Operasi pertama dgn dokter bedah umum, Hasil PA yang pertama Mastitis.
    6 bulan setelah operasi saya kembali merasakan sakit dan bekas operasinya bernanah. Kemudian konsutasi dengan dokter bedah onkologi dan operasi kembali. PA yang ke dua juga Mastitis.
    sekarang 9 bulan setelah operasi yang ke 2 saya kembali merasakan sakit dok, bekas luka operasi saya memerah lagi.
    saya bingung kenapa bisa sakit lagi ya dok, penyebabnya apa. dan apakah saya harus operasi lagi? trimakasih dok, mohon pencerahannya.

    • Dokter Bahar says

      Mungkin pengobatannya tidak lengkap. Operasi bila timbul lagi kadang2 perlu pengangkatan seluruh payudara.

  2. elsa says

    saya sudah kontrol lagi dok, dokter bilang tidak ada abses lagi. cuma kelebihan hormon saat siklus haid. dikasih clindamycin untuk 5 hari, obatnya sudah habis, tapi bekas operasinya mebengkak. itu kenapa ya dokter?

    • Dokter Bahar says

      Mungkin masih ada nanahnya perlu dikeluarkan Bu

      • elsa says

        iya dok, terimakasih balasannya.
        kemarin cuma dibersihkan saja sama dokternya,
        sekarang lukanya sudah menutup dan kering lagi dok.

  3. willy says

    dokter, saya ingin bertanya tentang mastitis
    jadi untuk pemeriksaan mastitis selain anamnsesis yang tepat, apa sajakah pemeriksaan fisiknya?dan juga pemeriksaan penunjangnya apa saja?
    lalu apakah pemeriksaan undulasi payudara pada mastitis juga diperlukan?bagaimana cara melakukan undulasi payudara?lalu normalnya undulasi positif atau tidak?

    • Dokter Bahar says

      Melihat dan meraba saja sdh cukup. Undulasi kalau sudah ada nanah.

  4. nofi ofelina says

    NOFI,
    Dok , umur saya 38 tahun, sudah 10 thn ada benjolan di leher kiri saya, sewaktu meradang warnanya memerah dan panas dan sangat besar, kerongkongan saya sakit di buatnya bila menelan, tapi setah minum antibotik 15 hari benjolan agak berkurang tapi tetap ada dan sekali sekali rasa nyeri datang dok, dan sekarang kepala sebelah kiri saya sering sakit di buatnya apakah pengaruh benjolan itu dok, juga payudara sebelah kiri saya sekarangpun sering sakit di buatnya dan apabila saya raba ada benjolan yg mana ketika saya maug haid benjolan tersebut agak membesar dan rasa sakitnya pun agak menjadi, mohon tanggapan dokter langkah apakah yg sebaiknya saya tempuh agar penyakit ini bisa sembuh dok,..Terima kasih.

  5. kanzha says

    dokter, ,umur saya 22 tahun, setelah usg di dapatkan hasil ada limfadenopati reaktif di axilla dua2nya hal tersebut menunjukkan keadaan saya terkena apa ya doktet?itu maksudnya bagaimana dokter ? sebelumya terimakasih doker

    • Dokter Bahar says

      Banyak sekali penyakit yang dapat menyebabkannya. Sebaiknya ke dokter

  6. Fanny says

    malam dok,,saya mau nanyk,, 2 bln yg lalu saya operasi FAM,,selesai operasi ada benjolan besar dan panjang mengikuti garis bekas operasi,,sdh 2 bln gk kunjung mengecil,,luka ny tak memerah,,tp ada benjolan didalam bekas operasi itu,,saya mau tnyk itu berbahaya gk dok,,?? Benjolan itu kira2 apa y dok,,??

    • Dokter Bahar says

      Ada tiga kemungkinan. 1. luka belum sembuh 2. tumbuh lagi atau 3. kurang bersih. Sebaiknya kembali ke dokter yang melakukan operasi.

  7. kanzha says

    dokter sebenarnya saya waktu periksa itu tujuan saya mau periksa payudara saya sebelah kiri ada benjolan trus saya di suruh usg dan hasil usg tersebut ada limfadenopati di axilla 2nya itu tp tdak traba spt ada bnjolan apapun. .apakah itu tandanya berbahaya atau masih normalkah dok yang di ketiak saya ?

    • Dokter Bahar says

      Tentu tidak normal. Makanya perlu dicari penyebabnya. Umurnya berapa?

  8. kanzha says

    22 dokter. . tetapi di ketiak saya tidak teraba ad benjolan sama sekali, ,apakah yg di ketiak itu bisa sembuh dengan sendirinya, apakah berbahaya, dan apakah ada hub.nya dengan benjolan di payudara saya dok? trus pengobatan seperti apa yg harus saya lakukan dokter, tolong di jawab semua setiap pertanyaan” saya ya dok?

  9. kanzha says

    dokter ini hasil usg:
    1.massa hipoekoik heterogen,bentuk oval,batas
    sebagian tegas, tepi sebagian ireguler pd jam
    11/3 cm.dr papilla mammae sinistra( ukuran
    2,84 x2,28 x2,92 cm) dgn vaskularisasi peri
    msss( cenderung benigna, birads us 3 )
    2. tampak limfadenopati reaktif axills dekstra
    dinistra
    (dextra dgn central hilar echo ukuran 1,18 cm
    & sinistra 1, 17 cm)
    doktet minta di jelasin dong dok, poin 1, 2 itu artinya ap? tindakan terapi dan bahaya atau tidaknya tiap poinya. .?
    yg diketiak saya bisa sembuh sndiri tdak dok? apakah pembengkakan kgb normal dok?
    MOHON DIJELASIN SEMUA YA DOKTER..Terima kasih doktet

  10. kanzha says

    22 tahun dokter di diatasnya sya sdah mencantumin umur saya kan dok gmna dokter dengan hasil usg saya di atas?
    doktet minta di jelasin dong dok, poin 1, 2 itu
    artinya ap? tindakan terapi dan bahaya atau
    tidaknya tiap poinya. .?
    yg diketiak saya bisa sembuh sndiri tdak dok?
    apakah pembengkakan kgb normal dok?
    MOHON DIJELASIN SEMUA YA
    DOKTER..Terima kasih. .
    di jelasin ya dokter

    • Dokter Bahar says

      1.massa hipoekoik heterogen,bentuk oval,batas
      sebagian tegas, tepi sebagian ireguler pd jam
      11/3 cm.dr papilla mammae sinistra( ukuran
      2,84 x2,28 x2,92 cm) dgn vaskularisasi peri
      msss( cenderung benigna, birads us 3 ). kemnungkinan kista
      2. tampak limfadenopati reaktif axills dekstra
      dinistra
      (dextra dgn central hilar echo ukuran 1,18 cm
      & sinistra 1, 17 cm) pembesaran kgb perlu diperiksa lebih lanjut.

  11. kanzha says

    trimakasih dokter. .
    kemungkinan bahaya tdak dokter pembesaran kgb? itu bisa di sembuhkan tidak ya dok? pemeriksaan..seperti apa yg harus saya lakukan dok? apakah ada penanganan khusus mengenai pembesaran kgb?

  12. cuyie says

    Dok sya umur 21,di pyudara kiri ats kok ada
    Bnjolan agk bsar trasa nyeri skit,apalagi klo
    Mau dtang bln nyerinya trsa bnget,3taun tu
    Udh trasa bnjolanya gk bgtu bsar dan gk skit
    Stelah tu ngk sya hraukn ,eh mlah skrang bru
    Trasa,
    Trus brat bdan sya jg trun dratis dok
    Yg sya mau tnykn
    Apkh sya trkena tumor jinak apa pnykit laen dok
    Sya tnggu jwbnya,mksh dok

  13. Fanny says

    Malam dok,,
    Dok saya fany,,Dok saya sudah kembali lg ke dokter yg melakukan operasi FAM saya,,kt dokter itu peradangan dan ada timbul lagi FAM baru,,tp yg bingungny saya Benjolan ny satu dibekas operasi itu aja dok,,tp benjolan ny sebesar bola pimpong,,dlm 2 bln dh sebesar itu dok,,padahal saya baru operasi FAM,,saya dianjurkn operasi lg dok,,saya bingung,,krn saya baru operasi mash 2 bln lebih lh dok,,yang saya mau tanyk dok,,
    Apa yg harus saya lakukan dok,,?? apa kh saya harus operasi lagi dok,,apa perlu saya harus pindah dokter yg lain dok,,??
    harap dijawab y dok,,makaci deluan dok,,

  14. Fanny says

    Malam dok,,
    Dok saya fany,,yg kemarin brtnyk tentang benjolan dibekas operasi FAM,,Dok saya sudah kembali lg ke dokter yg melakukan operasi FAM saya,,kt dokter itu peradangan dan ada timbul lagi FAM baru,,tp yg bingungny saya Benjolan ny satu dibekas operasi itu aja dok,,tp benjolan ny sebesar bola pimpong,,dlm 2 bln dh sebesar itu dok,,padahal saya baru operasi FAM,,saya dianjurkn operasi lg dok,,saya bingung,,krn saya baru operasi mash 2 bln lebih lh dok,,yang saya mau tanyk dok,,
    Apa yg harus saya lakukan dok,,?? apa kh saya harus operasi lagi dok,,apa perlu saya harus pindah dokter yg lain dok,,??
    harap dijawab y dok,,makaci deluan dok,,

    • Dokter Bahar says

      Mintab dokternya melakukan periksa USG. Sering FAM itu bukan hanya satu tapi bisa lebih dari 5. Sesudah USG kita bicara lagi ya

  15. Melati says

    Dok nama saya Melati, bln july lalu operasi insisi abses mamae,sebulan kemudian payudaranya merah dan bengkak lg,dilakukan insisi abses lg,sekarang payudara saya bengkak dan merah lg, knp ya absesnya berulang lg? saya berumur 34 dan hsl usg dan lab nya tidak berbahaya.

    • Dokter Bahar says

      Apakah jaringannya dikirim ke lab? Kalau tidak minta dilakukan biopsi.

  16. Fanny says

    Malam dok,,
    Dok saya sudah melakukan pemeriksaan ke dokter bedah lagi,,dokter bingung kenapa terjadi bengka yg tidak normal dlm 2 bln,, bengkany keras dan besar lagi,,sebelum dokter melakuka operasi dokter mencoba menyodot apa ada cairan,,rupany ada dok,,yg heran ny cairan dalam pembengkaan tu kuning jernih dok,,klu infeksi pasti bercampur nanah kn dok,,ini tidak,,kira2 pembengkaan itu kenapa y dok,,?? krn dokter yg memeriksa saya tidak dpt memberi penjelasan,,krn cairan ny msh dlm pemeriksaan dok,,yang mau saya tanyk kira2 pembengkaan dan cairan itu apa y dok,,???

    • Dokter Bahar says

      Mungkin darah mati yang tidak bisa keluar. Mungkin juga masih ada perdarahan2 kecil. Perlu diulang operasinya. Coba cari dokter lain.

  17. sarah says

    Dok, saya Sarah 27 tahun 2 anak. mohon penjelasan dari hasil USG MAMMAE saya:
    mama dextra: jaringan fibroglandular homogen, tmpak lesi solid jam ( Mamma kanan, ukuran 11x7mm
    mama sinistra: jaringan fibroglandular homogen, tak tampaklesi noduler padat/kistik
    kesan: suspek FAM mamma kanan
    dari hasil itu kira2 tindakan dr Bedah apa ya dok? Operasi atau ada tindkan lain? dan apakah bisa dgn dokter bedah umum atu harus bedh onkologi? terimakasih infonya dok, salam..

  18. sarah says

    Dok, saya Sarah 27 tahun 2 anak. mohon penjelasannya dari hasil USG MAMMAE saya dr tahun 2009:
    mama dextra: jaringan fibroglandular homogen, tmpak lesi solid jam ( Mamma kanan, ukuran 11x7mm
    mama sinistra: jaringan fibroglandular homogen, tak tampaklesi noduler padat/kistik
    kesan: suspek FAM mamma kanan
    dari hasil itu:
    -kira2 tindakan dr Bedah lgs Operasi atau ada tindkan lain?
    -apakah bisa dgn dokter bedah umum atu harus bedh onkologi?
    -apakah saya harus usg ulang krn hasilnya dr usg thn 2009
    -waktu tepat utk usg apakah harus setelah haid atau kpn saja bisa?
    terimakasih infonya dok, salam..

  19. Dian haerani says

    pagi dok saya mau tanya hasil PA saya,menyatakan sya punya mastitis tuberkulosa sinistra..in nular apa nggak ya dok?
    d suruh pengobatan 9bln,apakah seiring pengobatan benjolan itu akan mengecil dgn sendrinnya?

1 2 3



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.