Skip to content


Bisakah fibroadenoma menjadi kanker payudara?

FAM

KPD

KPD

Hampir seluruh dari 500an pengunjung di website ini menanyakan, apakah fibroadenoma (FAM) dapat berubah menjadi kanker payudara (KPD). Perbedaan mereka nyata. Lihat kedua gambar ini dan bandingkan dengan sawah. Pada FAM, pematang masih teratur walaupun tergeser letaknya. Pada KPD, tidak terlihat lagi pematang, disusupi oleh tumor. Dengan perkataan lain FAM bersifat jinak, non-invasive dan kanker, ganas, invasive.

Bisakah yang jinak menjadi ganas?

Bagaimana kalau bisa? Kalaulah bisa tentu hampir semua wanita menderita kanker payudara. Kenapa? FAM adalah penyakit remaja putri. Hampir seluruh tumor jinak di antara mereka adalah FAM. Dari penelitian Didiek Soediarto di FKUI/RSCM tahun 1989 ditemukan bahwa tumor jinak payudara paling banyak ditemukan di usia 16 – 25 tahun yaitu 77.3% dengan usia rata-rata 22.9 tahun. Diantara mereka FAM berjumlah 96.2% sedangkan penyakit fibrokistik 3.7%. Pada kenyataannya di Amerika Serikat peluang menderita KPD di kalangan wanita adalah 12.2%. Dari sudut ini tidak bisa mengatakan bahwa FAM bisa berubah menjadi KPD

Bagaimana dengan FAM sebagai faktor resiko? Faktor resiko KPD terlihat pada tabel ini. Yang terlihat bukan FAM tapi tumor jinak yang bersifat atypical hypoplasia. Dari sudut inipun tidak bisa mengatakan bahwa FAM bisa berubah menjadi KPD

Adakah penelitian yang meneliti perubahan FAM menjadi KPD? FPenelitian ini tidak mungkin karena FAM dapat menghilang di usia 30an. Penelitian ini jyga pasti tidak ada. Bagaimana mungkin membiarkan FAM dan menunggunya untuk, siapa tahu menjadi KPD. Dari sisi ilmiah, penelitian mengenai ini tidak mungkin dilakukan dan tidak etis bila dilakukan.

Adakah hubungan sebab yang berkaitan diantara mereka? FAM disebabkan penyimpangan pertumbuhan payudara yang normal dan disebut sebagai ANDI.  Karena itulah ia ditemukan di masa remaja.  KPD adalah masalah gen yang ditemukan diusia tua. Dari sisi inipun FAM tidak akan berubah menjadi KPD.

Tentu saja KPD dapat tumbuh di lokasi FAM tetapi ia tidak berasal dari FAM. Dengan perkataan lain FAM tidak akan berubah menjadi KPD.

Catatan: FAM dan KPD dalam artikel ini adalah diagnosa patologi yaitu dari pemeriksaan jaringan.

Posted in Onkologi, Payudara.

Tagged with , .


512 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. yana says

    Saya berusia 18 thn .
    3bulan yang lalu pada PD kanan saya terdapat benjolan .
    Setelah usg benjolan tersebut adalah FAM sudah berdiameter 3cm dan dianjurkan untuk diangkat .
    3bulan setelah oprasi PD kanan saya sering nyeri dan bekas jahitan sering membengkak.
    Apakah FAM tersebut tumbuh lagi ? Berbahayakah ?

    • Dokter Bahar says

      Tumbuh lagi tentu bisa tapi dalam hal Yana mungkin ada benang yang tertinggal. Segera ke dokter bedah yang melakukan operasi.

    • Dokter Bahar says

      fAM selalu bisa tumbuh lagi. tapi dalam hal ini mungkin ada benang yang ketinggalan jadi coba ke dokter yang melakukan operasi.

  2. ana says

    Sore dok..
    mau tanya saya dua tahun lalu sya di nyatakan ada fam di pd kiri sya..
    di ajurkan operasi tetapi tidak di lakukan karena saya hamil sekarang sya masih menyusui.
    Baru2 ini pd kiri saya sering nyeri dok apakah fam bisa tumbuh cepat krn menyusui dan aman kah bila saya menyusui anak syam terimakasih.

    • Dokter Bahar says

      Kalau pasti FAM, aman untuk hamil dan menyusui. apakah memang FAM?

  3. NR says

    Saya menderita FAM sejak kelas 1 SMA dan melakukan pengangkatan pada kelas 3 SMA. Jumlah awal 4 FAM. Kanan 2 dan Kiri 2. terakhir oprasi pada november 2013 lalu yg merupakan operasi yang ke 8 kaliya. mungkin bisa dihitung jumlah FAM yg diangkat menghapiri 20. Letak masing-masing FAM berbeda-beda. Kira-kira penyebabnya apa ya?

  4. ver says

    selamat siang dok, saya sudah operasi FAM 2x di payudara sebelah kanan dg lokasi agak bergeser sedikit dari operasi pertama, setelah setahun terasa sakit lagi, dilakukan USG mamme, ternyata ada benjolan lagi di lokasi yg berdekatan. Apakah itu termasuk dalam KPD?

  5. Mustika Anggraini says

    dok saya berumur 19 tahun, sudah seminggu ini ada kelainan di PD saya seperti ciri2 adanya benjolan yang kalo ditekan sakit, sudah periksa ke dokter tapi selanjutnya dirujuk ke RS yg berfasilitas USG PD, disekitar kulit PD agak mengelupas, kira2 apa ya dok ? karena selama seminggu ini saya tidak bisa tidur memikirkan penyakit saya karna jadwal bertemu dokter bedah hari sabtu besok, bagaimana ya cara saya supaya selalu berfikiran positif? mohon dijelaskan

    • Dokter Bahar says

      Wah susah menjawabnya. Yang pasti kanker payudara jarang menyerang remaja.

  6. Dona says

    dok saya umurnya 18 tahun, saya punya benjolan dipayudara kanan padat dan keras, licin bila di gerakkan, kira2 diameternya 1 cm. dan itu benjolannya sudah 2 tahunan dok, kemarin saya sudah periksa.. dokter bilang itu 95% FAM dan kata dokter harus dioprasi. apakah itu sudah pasti FAM dok? dan apakah harus dioprasi? makasih dok

    • Dokter Bahar says

      Kalau tidak mempunyai faktor resiko kanker payudara tidak perlu operasi.

  7. rini says

    Dok apakah FAM dapat hilang sendiri setelah menyusui…. dulu PD kiri saya telah d lakukan pengangkatan FAM kemudian skrg di PD kanan tumbuh lg bahkan saat hamil sekarang ini mkin besar. Bahayakah jika nanti saya berikan asi pada baby?thanks

  8. John liem says

    Dokter istri saya mengalami fam di dada sebelah kiri, krn dl hamil jd ditunda dan skrg lagi menyusui, lalu skrg timbul nyeri dan brwarna kemerahan di kulit nya, dan air ASI nya jd terhambat, yg saya mau tanyakan..
    Apakah fam bisa menghambat jalannya air ASI?
    Dan bisa jadi ganas ga kalo fam itu? Makasi dokter.. Tuhan memberkati

    • Dokter Bahar says

      FAM aman untuk segalanya dan tidak akan menajdi ganas. Apakah sudah pasti tumor itu FAM?

  9. ella astuti says

    saya seorang remaja,
    umur saya 21 th,,akhr2 ini saya mrsakan ada benjolan pd bgian bwah payudara kiri saya,setelah saya priksakan kedokter trnyta saya mengalami FAM,,apakah FAM termasuk kanker atau bagaimana,,Dan selain operasi apakah ada cara lain untuk penyembuhannya atau FAM tersebut bisa hilang dg sendrinya?? Mohon penjlsannya dok dan apakh fam adlh suatu penykit kturunan?? bagaimana cara mengatasi FAM itu sendiri dok..mohon penjlsannya trimksih..

  10. Diah says

    Dok, sy brumur 20thn. Bgian kiri pyudara kiri sy ada benjolan dan dokter bedah mengatakan itu FAM dan itu ada smenjak sy klas 1 SMA. Sekitar bulan september lalu sy mlakukan operasi pngangkatan dan ad 3 buah FAM dg diameter 2,5cm; 2cm dan 1cm. Stlah operasi pengangkatan ini trkadang sy mrasakan nyeri di kdua pyudara sy padahal slma FAM itu blm diangkat sy sama skli tidak merasakan nyeri ataupun sakit. Apa itu brarti akan tmbuh lg atau lainnya Dok. Terimakasih sebelumnya.

  11. fanny says

    Terimakasih dok telah menulis artikel yang informatif. 2minggu lalu saya merasakan nyeri dipayudara kiri,setelah saya periksa sendiri,ternyata ada benjolan. Saya kira karena saya sedang haid,maka itu saya abaikan. Tetapi setelah haid selesai,benjolan masih ada dan sering disertai nyeri pada pagi hari ketika bangun tidur. Akhirnya saya periksa dan ternyata dari hasil usg saya mempunyai fam. Dari artikel yang saya cari,fam tidak perlu dioperasi,tetapi kalau fam-nya membuat tidak nyaman bisa dilakukan pengangkatan. Saya belum bertemu dengan dokter bedah saya jadi saya masih bingung. Kalau menurut dokter apakah saya perlu dioperasi? mohon advice-nya dok,terimakasih

    • Dokter Bahar says

      Seandainya itu memang FAM memang tidak perlu operasi. Tapi untuk memastikannya perlu operasi.

  12. kjp says

    Salam bahagia ! Dok ? usia sy 32th sy coba usg k dokter umum dan d nyatakan fam yg diameter1.7 katanya. Dia mnyrankan oprsi tp sy g mau. Sy mrsa kadang sakit kadang gak. posisinya d kanan d atas pentil pyudara. Kadang kalau mens/ setlh mens suka nyri d ketiak bgitu jg klu lelah & stres. Mnyrut dkter apkh fam /kpd ada saran buat sy ?

    • Dokter Bahar says

      Ikuti petunjuk dokter umum untuk operasi supaya ketahuan apa jenis penyakit jendolan itu

  13. Hermina says

    Yth. Dr.Bahar,
    di ketiak saya ada benjolan 2 bh sebesar kacang tanah. lalu di PD ada benjolan. Hasil mammo :
    1. terlihat mass isodens batas tegas, rata, oval ukuran +_ 2×1,5 cm, tak tampak mikrokalsifikasi/retraksi jaringan.
    2. Kesan : Suspect mass benigne pada mamma kanan?
    Dokter menganjurkan saya unt USG PD.

    tolong jelaskan ya dokter maksud 1 & 2 apa? berbahaya tidak? apa yg hrs saya lakukan?.
    Tks.

    • Hermina says

      Maaf ketinggalan dok, Usia saya 41 thn

    • Dokter Bahar says

      Ya sebaiknya USG. Mamografi itu mubazir.

  14. hesvi says

    Slmt siang dok, saya mau tanya . Saya berusia 18thn, dok 2mnggu yang lalu PD saya gatal, lalu saya garuk, keesokan harinya malah infeksi,perih,sakit gitu sehabis di garuk, awal nya kecil Lama kelamaan mengeluarkan cairan bening dan smakin membesar dan bengkak pula dok, kalo boleh tau ini berbahaya tidak? Dan obatnya apa dok, soalnyaa belum sempaat periksa ke dokter,saya ketakutan trjadi apa2 saya ngobatinyya cumaa minum obat antibiotik saja. Sekian dri saya,,Trmakasih …

    • Dokter Bahar says

      Sudah betul dengan minum antibiotika tapi perlu ditambah dengan membersihkan payudara serta antibiotika krim pada luka itu.

  15. kia says

    Dok saya berumur 21 th. 1 bln yg lalu saya baru saja operasi FAM di PD kanan dan kiri saya.. dari 8 benjolan yg di deteksi oleh USG mame, hanya diambil 2 benjolan saja dok.. hasil biopsi menunjukan Tumor jinak FAM.
    pertanyaan saya :
    1. Apakah jika 2 benjolan itu FAM.. akn ada kemungkinan 6 benjolan yg lain punya sifat yg berbeda misalny bukan FAM atao ganas dok?
    2. Pasca operasi ini saya masih merasakn gatal yg sangat pada kedua PD saya dan keluarny cairan kuning pd areola (bkn pd bekas jaitan). Hal ini jg trjadi sblm saya melakukan operasi dan sblm saya USG. Itu kenapa y dok kokk blm hilang2? bahaya atau tidak??
    tolong jwbanny y dok makasih

    • kia says

      Oia dok.. 1 lagi.. solusinya bagaimana ?? Karna rasa gatal itu sangat mengganggu..

    • Dokter Bahar says

      1. Apakah jika 2 benjolan itu FAM.. akn ada kemungkinan 6 benjolan yg lain punya sifat yg berbeda misalny bukan FAM atao ganas dok? Di umur Anda hampir tidak mungkin berbeda.
      2. Pasca operasi ini saya masih merasakn gatal yg sangat pada kedua PD saya dan keluarny cairan kuning pd areola (bkn pd bekas jaitan). Hal ini jg trjadi sblm saya melakukan operasi dan sblm saya USG. Itu kenapa y dok kokk blm hilang2? bahaya atau tidak?? Bahaya tidak. Dijaga sayja kebersihannya.

  16. nunung says

    Slm dok

  17. nunung says

    Slm dok dok saya umur 29 saya blm pernah diusg tapi saya sudah kedokter
    Dan hasil y saya punya penyakit pam dipayu dara saya yg sebelah kanan kira2
    Udah 4 th. Yg saya ketahui saya sekarang mo oprasi apakah pam itu setelah dioprasi
    Bisa jadi tumbuh lagi dok mksh dok

  18. nunung says

    Aduh gimana y dok kalou nantinya bisa tumbuh lagi tapi itu ngga berbahaya kan dok
    Saya soal y takut dok tiap bulan pd saya disuntik sama dokter y saya mo oprasi
    Dihongkong dok gimana y dok sedih juga ngga ada keluarga

  19. anti says

    Dok, minggu krm PD. Kiri saya tanpa sengaja kebentur , dua hari kemudian saya menemukan benjolan sebesar keras kira2 4 cm, tapi tidak sakit apakah benjolan itu tanda2 kanker…????

  20. yuki says

    selamat pagi dok. 5 thn lalu saya didagnosa FAM (Fibroadenoma Mamma Bilateral)dan sampai sekarang benjolan dikedia PD saya msh ada. skrg sya berusia 26 thn. yg ingin sy tanyakan bahayakah kalu sy tdk melakukan operasi? bgaimana bila saya hamil dan menyusui nanti, apakah benjolan tersebut bisa membesar dan berubah menjadi kanker? terima kasih utuk jawabannya.

1 3 4 5



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.