Skip to content


Salah Guna Antibiotika

Gb 1. Infeksi di seantero tubuh

Saya yakin Anda menyimpan berbagai alat tajam di rumah seperti pisau, gunting ataupun jarum.   Saya juga yakin Anda menyimpan berbagai obat di lemari obat. Anda akan menggunakannya bilamana diperlukan dan sesudah itu menyimpannya kembali. Sama halnya dengan benda tajam, obat berbahaya bagi anak-anak.

Obat berbahaya bukan hanya bagi anak. Ia adalah racun yang dapat merusak alat tubuh terutama ginjal dan hati. Justru sifatnya itu yang menyebabkan ia dipilih untuk membunuh racun yang berkeliaran di dalam tubuh. Supaya berhasil harus digunakan racun yang sesuai. Bukankah racun tikus tidak mempan untuk babi? Supaya berhasil juga tentu saja jumlahnya harus tepat? Bukankah sesendok teh racun tikus tidak cukup untuk membasmi tikus?

Antibiotika adalah racun yang membunuh kuman pathogen penyebab penyakit. Manfaatnya luar biasa karena mereka bisa bekerja diseluruh tubuh (lihat gambar1

Gb 2 Contoh brosur

Pemakaiannya terlihat mudah karena setiap obat mempunyai petunjuk tertulis yang jelas di brosur mereka. Anda berhak mendapatkan brosur itu. Namun dibalik kemudahan itu, berbagai bahaya mengancam. Bahaya itu adalah: 1 Alergi. Ia dapat muncul saat pertama kali meminum antibiotika. Gejalanya bisa ringan seperti gatal dan berat, gangguan pernapasan; 2 Perut gembung. Keluhan ini juga dapat muncul pertama kali meminum antibiotika. Ia terjadi karena kuman normal di usus ikut terganggu oleh antibiotika; 3 Keracunan obat. Gejala ini terjadi bila salah dosis. Obat yang seharusnya dua kali sehari diminum lebih sering.  Ginjal yang bertanggungjawab mengeluarkan racunnya akan terancam. 4 Resistensi. Kata lainnya adalah kebal. Kuman penyakit menjadi kebal terhadap antibiotika yang digunakan. Ia terjadi karena serba salah seperti obatnya salah, tidak tepat, dosisnya kurang atau waktunya tidak tepat.

Semuanya dapat dicegah dengan menggunakan antibiotika garis pertama seperti ampisilin yang dibeli di apotik dan digunakan paling lama lima hari sesuai petunjuk di brosur yang tersimpan dalam kemasan obat dan berhak Anda peroleh.

Brosur lihat gambar 2,  terdiri dari komposisi obat, cara bekerja, indikasi atau penyakit yang sesuai, dosis atau posologi, cara pemberian obat, peringatan atau hal-hal yag harus diperhatikan, efek samping dan kontraindikasi atau keadaan dimana obat ini tidak boleh diberikan.

Menggunakan antibiotika garis pertama banyak untungnya. Antara lain: 1. Ibarat menyimpan kartu truf hingga bila terjadi resisten, dokter masih dapat memilihkan obat garis berikutnya yang lebih canggih; 2 kalaupun terjadi alergi, reaksinya ringan dan dapat pulih dengan menghentikan obat.

Membeli di apotik resmi akan mencegah resistensi kuman akibat obat palsu dan atau kedaluarsa.

Menggunakannya paling lama lima hari dan sesuai dengan petunjuk di brosur akan mencegah keracunan obat.

Menyusul kiat membaca brosur.

Posted in Kedokteran.

Tagged with , , .


120 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. Yunita says

    Selamat Sore Dokter Bahar..
    Kira kira 2 bulan yang lalu saya sakit tenggorokan. Lalu saya ke dokter umum diberi antibiotik Fixef 100 untuk 4 hari (8 biji). Setelah abis masih sakit saya ke dokter lagi dan diberi Capsinat 500 untuk 5 hari (15 biji). Setelah obat itu abis ternyata masih aja sakit lagi.

    Akhirnya saya ke THT. Kali ini obatnya Claneksi 500 (15 biji) untuk 5 hari, setelah abis lagi-lagi masih sakit dikit, ditambah lagi Claneksi 500 (15 biji) untuk 5 hari lagi. Terus sakitnya sudah banyak berkurang saya kembali lagi dan dokter THT melihat masih ada merah dikit terus ditambah lagi Claneksi 500 (10 biji). Selain antibiotik ada juga obat2 anti jamur, anti alergi, anti radang.

    Bersamaan dengan habisnya obat itu saya harus menjalani laparoskopi diagnostik untuk kandungan. Terus dokter kandungan memberi Claneksi 500 lagi 15 biji lagi. Waktu itu tenggorokan saya juga luka akibat selang bius sehingga sakit buat nelan. Jadi total saya menghabiskan Claneksi 500 sebanyak 55 biji dalam waktu sekitar 20 hari.

    Tetapi setelah obat habis beberapa hari kemudian sakitnya muncul lagi Dok.. Lalu saya pindah ke dokter THT lain. Karena saya sudah menceritakan kalo udah abis banyak antibiotik, kali ini saya diberi Omevell 20 sehari 2X sebelum makan. Juga ada obat buat radangnya. Kata dokter THT yang mengakibatkan sakit tenggorokan itu akibat asam lambung naik, padahal saya tidak pernah merasakan gejala2nya (saya banyak baca2 ttg GERD di internet). Saya dulu memang pernah punya sakit maag tapi sudah lama tidak pernah kambuh.

    Malah setelah 2 minggu saya minum obat itu kok malah merasakan sering sakit perut bagian atas ditambah sesak napas ato nyeri bagian dada klo napas. Apakah ini efek samping obat lambung yang saya minum itu? dan apakah saya sudah kebal dengan antibiotik? Bolehkah minum antibiotik jangka panjang seperti saya itu?

    Saat ini sakit tenggorokan saya tidak pernah sampai sakit sekali. Muncul bentar tapi bisa ilang sendiri. Kayaknya saya memang nggak boleh makan yang banyak mengandung minyak ato pedas untuk sementara. Terima kasih Dokter sudah baca dan maaf merepotkan karena panjang sekali.

    • Dokter Bahar says

      Mbak Yunita makasih atas kunjungan dan pertanyaannya. Ini contoh yang bagus. Pertama Mbak mendapat Fixef cephalosporin generasi kesekian. Kemudian capsinat dan claneksi keduanya sama yaitu campuran amoksisilin dgn asam clavulanat, antibiotika garis pertrama plus. Omevell adalah obat sakit maag. Kalau pertanyaannya bolehkah minum antibiotika jangka panjang jawabannya tentu boleh tetapi sesuai dengan aturan yang lazim yaitu bertahap naiknya. Selain itu tentu perlu ditentukan lebih dulu jenis kumannya dan resistensi antibiotika. Hal itu bisa diperiksa di laboratorium. Saya usul agar Mbak ke rumah sakit pendidikan seperti RSCM untuk diperiksa benar-benar.

  2. Yunita says

    Makasih Dok atas balasannya.. O ya Dok ada yang kelupaan.. sebelum saya pindah ke dokter THT yang ke 2 (setelah 55 biji Claneksi abis) saya juga mendapat Mezatrin selama 3 hari. Lagi2 juga masih sakit setelah Mezatrinnya abis.
    Juga kira-kira dua minggu sebelum saya mendapat Fixef, saya pernah juga minum Volequin karena colitis non spesifik. Waktu itu belum sakit tenggorokan.
    Klo Mezatrin dan Volequin termasuk antibiotika yang apa Dok?
    RSCM itu singkatan dari apa Dok? Apakah ada di kota Malang? Makasih

    • Dokter Bahar says

      Mbak Yunita makasih ya atas kuynjungan kembalinya. Mezatrin adalah golongan azitromycin; volequin, levofloxacin. Dua-dianya adalah obat pamuingkas. RSCM itu RS Ciptomangunkusumo. Malang punya RS Pendidikan juag tapi saya nggak ingat namanya pokoknya RS Pemerintah yang paling besar Mbak.

  3. rima says

    pagi dokter saya mau tanya, apa bila kita sudah minum 1 biji obat claneksi 500 beserta obat biosanbe, dan anti alergi, kurang lebih 1.5 jam, saya muntah, agak panas, paginya bab hitam. urine nya bau obat, karena perut masih mual2, saya tunda minum dulu obatnya. klw seandainya saya, tidak minum obat itu lagi. apa tidak ap2, karena dokter yg memberi obat, tidak bisa di hubungi, karena libur. terima kasih.

    • Dokter Bahar says

      Mbak Rima makasih atas kunjungan dan pertanyaannya. Nggak apa-apa dihentikan tetapi Mbak sesegera mungkin ke dokter lain untuk menukar obatnya. .

  4. rima says

    makasih sebelumnya. dokter mana ya yang seharusnya, saya datangi, karena kemarin sy ke dokter kandungan. saya ke dokter kandungan karena saya sering ngerasa ngilu di sekitar perut kanan bawah. setelah di periksa dokter kandungan, katanya kandungannya tidak apa-apa. ( sy blm menikah ), sekarang yg saya rasakan sering ngerasa panas dalam badan dan seperti ada semut yg jalan, dan badan pegel – pegel. apa itu tanda – tanda alergi pada antibiotik. saya bingung pak harus ke dokter mana. klw sekarang saya minum madu bagus tidak pak?

    • Dokter Bahar says

      Ke dokter penyakit dalam Mbak. Madu pasti bagus tapi apakah ia sesuai dengan penyakit Mbak masih tanda tanya.

  5. rima says

    tanda – tanda yang saya sebutkan tadi, apa benar tanda – tanda alergi pada obat antibiotik ; khususnya yg saya minum ; claneksi 500. terimakasih

    • Dokter Bahar says

      Mbak Rima, memastikannya sungguh sulit tetapi yang jelas hindari saja Claneksi itu. Banyak sekali opsi obat penggantinya.

  6. rima says

    makasih pak

  7. Setiawan says

    Dok,,saya mao tanya,adik saya kakinya patah,dokter setempat membelikan claneksi 500mg untk menghilangkn rasa sktnya..setelah minum jg msh skt..slain claneksi.antibiotik pengilang nyeri tau sakit pda patah tulang antibiotik apa ya dok?

  8. Setiawan says

    Tq dok sarannya,.ada 1hal ag.saya sering pilek.dr hidung kuar cairan seperti hingus gt tp encer.udah coba num obt flu,tp ga sembh.udah hampir 1minggu,dan skrng bdan saya kdng panas kyk dmam,kdng trn panasnya.dada saya juga sesak karna btuk berdahak..menurut dok,ni sakit ap ya?dan obat ap yg sbaiknya saya minum?tau mungkin saya alergi sama obat flu yg saya minum ya dok..?

    • Dokter Bahar says

      Bisa saja alergi Mas. Karena itu Mas harus kembali ke dokter yang memberikan obat itu dan menceritakan keluhannya Mas. Opsi lainnya Mas berobat ke dr THT

  9. Setiawan says

    Tq dok saran..

  10. Setiawan says

    Tq dok sarannya.

  11. meddy says

    Pagi dok, saya dianjurkan teman saya kata dia bagus untuk sembuhkan sakit tenggorokkan. Obatnya seperti ini Antibiotik claneksi 3×500 mg,anti radang cataflam 2x5O mg,klo demam pake dumin tablet 500 mg. Apa tidak bahaya untuk dikomsumsi.

  12. sutenly says

    pak dokter saya mengalami radang pada saluran hidung, kayaknya sinusitis, ingusnya sangat bau, ter bagaimana saya nggak makan antibiotik?,terus saya makan antibiotik sanprima dan amoxsan pada nggak memepan gimana dok?

    • Dokter Bahar says

      Mbak Sutenly obat antibiotika itu banyak ragamnya dan cocok2an. Yang bisa menerka dengan lebih tepat itu dokter jadi berobat ke dokter ya mbak. Pertanyaan inbi bisa ditanyakan juga di http://www.dokterbahar.com Mbak

  13. benny says

    dok saya kena Chlamydia dan dokter ngasih mezatrin di makan 3×1 selama 5 hari. emang sudah ga begitu sakit tapi msh ada rasa sakitnya dikit dok. apa itu pas dosisnya donk?soalnya ada yg bilang mst makan 1 hari 4 kapsul sekaligus.saya takut jd resistence donk.tolong sarannya donk.

    • Dokter Bahar says

      Mas Benny, saya tidak hapal itu tapi coba dibaca dalam brosur yang ada dlm kemasan obat itu berapakali sehari

  14. herlina says

    dokter, anak saya 3 tahun amandelnya bengkak, dua tahun yg lalu pernah dirawat karena infeksi dan diksh antibiotik claneksi. nah skr amandelnya bengkak, suhu badan panas boleh diksh claneksi lg untuk antibiotiknya?

    • Dokter Bahar says

      Mbak Herlina jagan terus2an antibiotika sebaiknya berobat ke dr THT mungkin sebaiknya operasi

  15. Via says

    Sore dok…
    Dok sy mw tanya,,
    1.apakah claneksi 500mg berbahaya untuk bayi?sy baru saja melahirkan secara secar,dktr kandungan sy memberikan antobiotik claneksi dan obat anti nyeri mefinal 500 mg..sy sedikit khawatir karna ada bbrapa org berpendapat antibiotik tidak baik untuk bayi mengingat sy sedang menyusui,,
    2. Pasca operasi secar bekas jahitan suka terasa nyeri,sedangkan obat tsb sdh habis diminum,apakah boleh sy perpanjang lagi pemakaian obat2an tsb?
    Terimakasih dok,,

    • Dokter Bahar says

      Via makasih atas tulisannya ya. Clanexi tidak berbahaya untuk bayi yang menyusu dalam batas-batas pemberian normal. Penggunaan obat sebaiknya dengan arahan dokter jangan beli sendiri.

  16. fina says

    pagi dok
    mau nanya antibiotik clamovid 625 itu untuk penyakit apa?
    apakah itu utk kulit yg bermasalah?
    kalo di minum trus apa ada efek sampingnya?

  17. ruri says

    halo dokter. ponakan saya diduga alergi oleh dokter. dia kadang seperti pilek. tapi hanya sebentar. setelah itu tidak. ibunya memang punya sinus. apakah turunan? sama dokter diberi obat ozen cetirizine 2HCl. dosisnya memang hanya 0,1 ml / hari. apakah setiap alergi harus dengan antibiotik? amankah untk bayi? terima kasih.. :)

    • Dokter Bahar says

      Tidak Mbak Ruri. Alergi itu obatnya antihistamin. Nah citerizin itu sudah benar. Tapi dari pada terus2an coba ke dokter THT Mbak.

  18. Ari says

    dok,saya berobat ttg masalah keputihan di dokter kandungan,saya diberi obat kifluzol fluconazole,volequin,dan vitamin zegavit.itu obat fungsinya untuk apa dok spesifiknya?trimksh dok

  19. dodi says

    met siang dokter,sy mau tanya kalau saya sakit mag disertai :
    - sesak napas
    - sakit ulu hati
    tetapi saya tidak merasa mual,muntah & makan biasa saja.
    rasa sakit ini sudah 2 bulan tidak kunjung sembuh,saya sudah pernah di opname 2hr dan sudah berobat ke 4 dokter internis,obat yg mereka berikan seperti primperan,neciblock,omeprazol,lansoprazol,pantoprazol tp semua obat itu tdk ada dampaknya dan kemarin sy coba datang ke dokter lg akhirnya dia memberi obat pumpitor,neciblock,amoxsan.yg jd pertanyaan sy apakah sy terkena bakteri pylori dan apakah pemberian antibiotik tsb sudah pas.mohon saran nya dari dokter…tks

  20. ima syahab says

    pagi dok,sy ima saya mau tny: kmrn sy k dr. THT dan diberi obat claneksi 500 mg(18 biji), rhinos sr,vectrin,dan avamys. yg mau sy tanyakan apa obat2 tsb aman untuk bayi saya yg umurnya 7bln.dan sy masih memberikan ash. eksklusif dok.mohon jawabannya,krn sy belum berani minum obat2 tsb.terimakasih

    • Dokter Bahar says

      Ima, kalau lagi menyusui setiap obat apapun tanya dulu ke dokter anak, mereka lebih tahu.

  21. Brian says

    Dok saya dulu pernah kena GO trus saya bawa kedokter sembuh… setahun yang lalu….. trus sekarang saya kena infeksi kandung kemih di kasih CRAVOX 500 mg…. selama 1 bulan… setelah saya minum 5 hari masih saja sakit…. menurut dokter gimana….

  22. Brian says

    maksudnya Cravox 500mg levofloxacin 500…. harganya lumayan mahal dok….. biarpun mahal kok kyak gak ada pengaruhnya…. hari kespuluh juga masih sakit….. oh ya saya kedokter sepsialis Urologi…. di sbuah rmah skit di malng….. saya pikir karena saluran kencing ya ke dokter urologi…. ooo berarti saya harus ke dokter kulit ya….? makasih dok…… petunjuknya….

  23. oni devitra says

    Malam dokter.
    saya sekarang mengalami diare dan juga magh yang terasa sakit sekali di ulu hati. Saya mengalami muntah, banyak sendawa dan juga buang angin. Komplikasi diare dan sakit lambung itu di beri dokter diatabe, buscopan , lasonparazole, inpepsa untuk magh nya dan san prima utk antibiotiknya. Setelah makan obat2 itu diare saya berkurang, namun lambung saya makin perih dan kembung. Memang masalah saya, dari dulu sangat tidak cocok denga jenis antibiotik apapun. Lalu sekarang bagaiaman caranya menyembuhkan diare saya yang masih belum sembuh total ini tanpa antibiotik? makasih ya dok.

    • Dokter Bahar says

      itu harus periksa lengkap Oni coba ke dokter penyakit dalam konsultan digestiv.

  24. mala says

    Pak dokter anak saya 8,5 bulan demam 3 hari tidak baik2 krn khawatir dbd sy bawa kedokter lalu dicek darah, stlh pulang dr cek darah baru keluar merah2 yang menunjukkan anak saya terkena campak. Dari hasil. Tes darah (salmonell) menunjukkan angka3(borderline), stelhnya dokter memberi obat sbb:1. Enervon C syrup 2×1/2 st
    2.Ozen drop : 1x 0,5cc
    3. Renasistin OD : 2×1 tetes
    Minta pendapatnya pak dokter..terima kasih

    • Dokter Bahar says

      Coba teruskan obat sampai habis dan kontrol kembali ke dokter ybs.

  25. jund says

    selamat sore, dok, dua hari yg lalu saya periksa ke dokter. katanya saya hanya sakit karena perubahan cuaca, trus saya diberi antibiotik Lefos-500(5 tablet). sekali satu kali di malam hari. saya sudah minum 2 kali. (saya puasa). hari pertama mulut saya menghasilkan air liur banyak sekali. hari kedua, hari ini, saya malah demam, hidung saya mampet, dan nafas saya berat sekali, badan saya rasanya tidak enak semua. oh iya, dan saya juga jadi batuk berdahak. apa ini reaksi normal atau saya harus berhenti meminumnya, dokter? terima kasih…

    • Dokter Bahar says

      Mungkin alergi Mas. Sebaiknya dihentikan dan lapor ke dokternya.

  26. kiki says

    Nama saya kiki, umur 27 tahun anak saya fathir usia 8 bulan lebih sudah 4x terkena batpil,, dulu waktu umur 3 bulan pernah batpil diberi resep puyer dan abbotic drops, karena saya merasa kurang cocok dengan dsa nya terkait obat2an dan kurang komunikatif, selanjutnya saya pindah dsa setelah itu sering batpil dengan resep obat antara mucera od dan nipe od dan yang paling parah adalah sekarang, oleh dokter diberi tambahan ab renasistin od bila batpil tidak kunjung sembuh dalam 3 hari, namun ternyata menginjak hari ke 4 belum ada perubahan, yang ingin saya tanyakan adalah, apakah pemberian antibiotik pada usia 3 bulan dapat menimbulkan sakit yang berulang seperti pada anak saya ini, dan mohon pencerahannya dok kalau ada alternatif lain yang dapat saya coba selain memberi ab (ab renasistin sampai saat ini belum saya berikan). Sebagai tambahan saya sudah berikan terapi uap di rumah menggunakan pure inhalant dan pemberian transpulmin yang dioles didada dan punggung
    Terimakasih dok

    • Dokter Bahar says

      Coba Kiki mencari penyebabnya dulu. Untuk itu berobat ke puskesmas dulu.

  27. dini says

    Slmt pagi dok, saya dini. Skr saya sdg mengandung usia kira2 7w. Wktu saya ke dokter spOG, saya diberi obat santa-e 500, folavit 400, dan mefinal 500. Setelah saya minum obatnya, reaksinya itu saya langsung mual2, perut kembung, pusing & lemas. Apakah normal dok? Tlg dijawab ya dok, terima kasih.

    • Dokter Bahar says

      Tentu saja tidak normal Dini. Mungkin reaksi obat. Sebaiknya Dini kembali ke dokter yang memberi obat itu.

  28. anand says

    dok mau tanya, anak saya 13 bln, awalnya susah BAB dan susah sekali makan. lalu saya bawa periksa ke dokter, oleh dokter dikasih obat renasistin, dan suplemen makanan vitaplex, dan zamel syirup. tapi setelah 2 hari konsumsi obat, anak saya BAB nya menjadi cair. apakah karena pengaruh obat renasistin? boleh nggak bila saya hentikan pemberian renasistin nya?

  29. sintha says

    permisi dok.
    mau tanya apakah mezatrin itu obat antibiotik ia?
    diresep saya disruh beli obat itu salah satunya.
    karena biayanya mahal semua obatnya,akhirnya saya ambil salep untuk kulit saja.
    kira” obat antibiotiknya bsa diganti yang lain atau tidak ia?
    soalnya mahal sekali antibiotiknya.
    saya periksa kulit dok. terkena jamur dan dermatis kalau gak salah kata dokter kulitnya

  30. Marcella says

    Selamat pagi dok …
    Saya sempat mengalami anyang-anyangan waktu buang air kecil, dan sedikit darah di akhir buang air kecil. Saya ke dokter spesialis penyakit dalam dan diagnosanya adalah infeksi saluran kemih bagian bawah, diberi obat hanya Ceradolan 200mg sebanyak 8 butir (untuk 4 hari saja). Setelah 2 hari minum antibiotik, badan saya gatal-gatal dan muncul bentol kecil-kecil dan menjalar. Apakah ini karena alergi antibiotik ? Hari ini sebenarnya hanya tersisa 1 butir Ceradolan saja, apakah perlu lanjut diminum ? Buang air kecil sudah terasa normal dan sudah tidak berdarah lagi.

    • Dokter Bahar says

      Alergi Mas, obatnya ditukar saja. Minta ke dokter yang memberikan Ceradolan.

  31. Lackie says

    Selamat sore dok,
    Dok saya flu ringan + batuk dikit2, ada yg menganjurkan minum rhinos sr dan mucera tablet 30mg apa obat tsb aman dok? Saya udah minum dan kasiatnya emang kerasa bagus.. Trus dok kalo rhinos sr diminum 3 kali sehari gimana?

  32. Rania says

    Dok, sy wanita berusia 27 th dan sdg hamil 8 bulan.sejak usia kandungan 4 bulan sy d nyatakan terkena isk.dokter kandungan memberi resep claneksi 500 gram dan sanmol. Karena sampai saat ini msh sering kambuh (tiap 1-2 minggu sekali) jd sy terus mengonsumsi kedua obat tersebut. Tp akhir2 ini sy rasakan byk keluhan spt sesak napas, mual, lemas,dan keputihan setelah beberapa hr berhenti mengonsumsi badan sy menjadi bengkak. Bgmn solusinya dok? Mhn pencerahan.terimakasih..

    • Dokter Bahar says

      Rania harus sabar dan terus periksakan diri secara berkala ke dokter kandungan. Jangan beli obat sendiri.

  33. Yudi says

    Dok, 3 bulan lalu saya sakit radang tenggoroan. Di dokter pertama, dikasih obat (merk ga dikasih tau) dan radang tetap berlanjut sampe hari ke-3. kemudian saya inisiatif ke dokter THT, dan dokter tersebut memberikan claneksi sebanyak 15 biji untuk dihabiskan. Setelah minum claneksi perlahan radang tenggorokan sudah membaik dan akhirnya sembuh.

    Masalahnya sudah 2-3 hari radang tenggorokan mulai ga enak, lalu saya cek tenggorokan ternyata ada bercak putih. Lalu saya membeli claneksi lg karena dulu pernah sembuh pake claneksi. Sudah 8 biji claneksi saya minum, tapi radang tidak kunjung membaik. Malah rasa sakit jadi ada di kedua dinding tenggorokan. Kira2 ini kenapa ya dok?

    sebelumnya saya pernah dikasih amoxcilin dan ciproxiflaxin tapi resisten. Ketika mulai muncul bercak putih pertama kali, saya sudah ke lab untuk usap tenggoroan (cek resisten). Namun masih 3 hari lg hasil baru keluar.

    • Dokter Bahar says

      Antibiotika yang mempan untuk infeksi 3 bulan yang lalu, mungkin saja tidak mempan untuk infeksi sekarang. Masalahnya mungkin penyebab infeksinya berbeda. Coba kembali ke dokter THT dan tidak membeli obat sendiri.

      • Yudi says

        Sebaiknya menunggu hasil lab, atau ke dokter baru hasil lab menyusul? untuk saat ini saya sudah berhenti minum claneksi.

        Dari dokter yang saya kunjungi, menyarankan untuk operasi amandel apabila radang dalam 1 tahun sering terjadi. Namun dari dokter kenalan saya, memberitahukan sebaiknya tidak usah operasi amandel selama masih bisa diobati.
        Dari kedua saran ini, mana yg benar?

  34. feby bangun says

    saya feby bangun (cowok) DOK,saya mau tanya..
    saya sakit amandel,amandelnya sekarang agak gede….
    cara penyambuhanya itui bagaimana DOK??
    TRIMAKASIH SEBLUMNYA..

  35. Rio Permadi says

    ……..

  36. Rio Permadi says

    Dokter,nenek saya sering kakinya terasa kram kalau malam. nenek saya berumur sekitar 64th. tapi setelah kramnya sembuh, besok malamnya kram lagi. kira kira terkena penyakit apa ya dok? terus diberi obat apa?

  37. Rio Permadi says

    Dokter,nenek saya sering kakinya terasa kram kalau malam. nenek saya berumur sekitar 64th. tapi setelah kramnya sembuh, besok malamnya kram lagi. kira kira terkena penyakit apa ya dok? terus diberi obat apa?

    • Dokter Bahar says

      Wah kalau sudah seumur itu mungkin sekali tidak apa-apa tapi sebaiknya dibawa berobat ke dokter syaraf.

  38. Reni says

    Selamat mlm dok..
    saya mau nanya, apabila antibiotik telat kita minum dalam waktu 24 jam, apa yang terjadi? apakah sudah terjadi resistensi atau belum?dan apakah penggunaan obat tersebut haru diganti dengan antibiotik yang lain atau harus dilanjutkan?

    • Dokter Bahar says

      Kalau hanya telat 24 jam jarang sekali resisten. Resistensi bila kita memakannya beberapa kali tidak sesuai dengan anjuran dokter.

  39. Meli says

    Malam dokter..bagaimana kalau minum 2 antibiotik sekaligus(clindamycin dan metronidazol)?, dan kenapa setelah 2 kali minum perut terasa pedih dan bersendawa?.saya kena abses dilangit mulut.trimakasih

    • Dokter Bahar says

      Bisa saja minum beberapa antibiotika sekaligus selama mereka bersifat saling membatu atau sinergis. Bahwa pedih perutnya mungkin karena gejala samping antibiotika. Obat itu kan racun Mbak.

  40. dee says

    Hallo dok…
    Setiap selesai berhubungan dengan suami sy sering mengalami anyangan, rasanya sakit diperut bagian bawah dan kalo kencing perihh banget dan pernah sampe ada campuran darah di urine…dn sy periksa kedokter kandungan dan dikasi Loratadine 10mg, Nonflamin 50mg, Mefinal 500mg, Amoxsan 500mg…apakah obatnya sudah benar dok?? Dan apa yg menyebabkan terjadinya anyangan sampe keluar darah tersebut??

    • Dokter Bahar says

      Memang begitu tahapannya. Pertama kali dokter akan berfikir apakah ada infeksi dan antibiotika diberikan. Nanti kalau gagal tentu akan diperiksa lebih seksama lagi.

  41. yuliana says

    mlm dok, sy setiap BAK melihat adanya kuning2 di celana dalam dan itu sejak sy SMP (skrng sy 36th & sdh menikah & punya 4 anak) sy udh cek labor hasilnya normal. Tapi saya pinginnya gk ada keputihan. saya inginnya tiap BAK celana dlmnya bersih & kering gk ada kuning2nya.Obatnya apa dok?

    • Dokter Bahar says

      Mungkin infeksi jadi sebaiknya berobat ke ahli kebidanan dan urologi.

  42. Maria says

    Malam dok, anak saya panas tinggi 3 hari berturut2, saya bawa kedokter dan periksa darah, hasilnya loukosit anak saya 23.000. Dokter minta anak saya dirawat inap, tp saya minta dirawat jalan saja. Kemudian dokter tsb memberikan antiboitik claneksi suspensi dg dosis 3×1 sendok obat (5ml) pada hari kedua sesudahminum obat itu tidak panas lagi tapi badannya dingin dan berkeringat. Itu kenapa ya dok, apa kelebihan dosis..dan kondisi ini berbahaya…saya mau kedokter ybs tapi beliau sudah cuti…mohon penjelasannya dan sarannya dok. Terimakasih..Gbu.

  43. Maria says

    maksudnya claneksi dry syirup dan sudah diencerkan pada saat saya terima. terima kasih.

    • Dokter Bahar says

      Keringat itu adalah melepas panas keluar jadi aman-aman saja. Namun tidak ada salahnya ke dokter anak yang lain. jangan jadi fanatik Bu, berbahaya.

      • Maria says

        Thanks dok…saya dah kedokter anak lain, dan sudah cek darah lagi….hasilnya loukosit sudah normal tapi trombositnya malah tinggi 650.000…kata dsa nya itu bisa karena masih ada bakteri…memang agak tinggi tapi ga papa kok bu, tenang saja…tapi saya masih tetap agak kuatir..saya diberikan resep anti biotik lain dalam bentuk puyer utk ditebus bila anak saya panas lagi…sampai hari ini sih ga ada panas.. Sebenarnya bahaya ga sih dok kalo trombosit setinggi itu….thanks before….

        • Dokter Bahar says

          yang diperhatikan bukan hanya trombosit tapi keseluruhannya. angka 650 rb itu masih normal

  44. shine says

    dear dokter bahar, apakah claneksi 500 tepat untuk antibiotik pasca digugurkan? tks

    • Dokter Bahar says

      Untuk mengeqtahui cocok atau tidak dengan pasti, perlu diuji di laboratorium

  45. Hana says

    Dok, 4hari yang lalu saya pergi ke dokter kulit buat jerawat terus dikasih clindamycin 150mg, udh 2 hari ini setelah minum di ulu hati rasanya sakit, ada yang mengganjal gitu nyesek.. apakah itu efek sampingnya? terus apa yang harus saya lakukan, saya hentikan minum atau saya teruskan? makasih dokter..

    • Dokter Bahar says

      Itu efek sampinya nah sefera beritahukan ke dokternya untuk diganti

  46. eviena louise says

    malem dok.. saya mw nany mhon maaf sblum ny.. bgini dok keponakan saya berumur 9th kemaren terserang diare.. trs berobat ke dokter anak dpet zinkid, lacto b, dg sanprima forte antibiotiknya. setelah saya browsing2 sanprima fortr dosis ny ternyt klo gag 900mg. kira2 utk anak seusia keponakan saya itu masi wajar gag y dokter?? trims

    • Dokter Bahar says

      Dosis yang tertulis itu hanya patokan saja dan dokter memberikannya sesuai dengan kondisi pasien.

  47. Bella says

    Pagi dok, saya punya teman sedang hamil usia kehamilan sekitar 5 1/2 bulan. Teman saya ini nyeri di perut sebelah kanan bawah, terasa perih. Setelah konsultasi di dokter kandungannya, diberi obat Mefinal Caplet 500 mg. Tetapi ketika saya browsing di internet, ternyata obat ini masuk kategori C untuk ibu hamil & menyusui (dan D utk kehamilan 6 bln ke atas). Pertanyaan saya dok, apakah boleh ibu hamil minum obat Mefinal 500 mg, dan apakah ada obat sejenis yang lebih aman digunakan oleh ibu hamil?

    Terima kasih sebelumnya.

  48. Dewi says

    Slmt sore, dok.
    Sekitar 2bln lalu, berdsrkan hsl foto thorax mama sy didiagnosa broncho pneumonia oleh dr sp paru. Diberi azythromycin 500mg 1×1, levofloxacin 500mg 1×1, dan edotin 3×1 (diminum slm 2 bln). Gejala batuk tdk berkurang, akhir2 ini malah muncul gejala nafas pendek, ngos2an dan sering merasa capek. Oleh dokter disuruh cek sputum kultur dan hasil biakan klabsella pneumoniae (KPN) dan candida sp. Obat diganti jd fluconazole 500 mg 1×1, doxycycline 500mg 1×1. Yg ingin sy tanyakan:
    1. Apakah nafas pendek, ngos2an, dan sering mrs lelah, adalah gejala broncho pneumonia atau infeksi jamur?
    2. Apakah berbahaya minum antibiotik slm 2 bln?
    3. Apakah antibiotik memiliki efek samping rambut rontok?
    4. Apakah fluconazole bisa menyebabkan kerusakkan hati? Mengingat mama sy mengalami gangguan hati sirosis.
    5. Berapa lama infeksi jamur pada paru2 bisa disembuhkan?
    Mohon dijawab ya, dok.
    Terimakasih sebelumnya.

  49. Dewi says

    Slmt sore, dokter Bahar.
    Sekitar 2bln lalu, berdsrkan hsl foto thorax mama sy didiagnosa broncho pneumonia oleh dr sp paru. Diberi azythromycin 500mg 1×1, levofloxacin 500mg 1×1, dan edotin 3×1 (diminum slm 2 bln). Gejala batuk tdk berkurang, akhir2 ini malah muncul gejala nafas pendek, ngos2an dan sering merasa capek. Oleh dokter disuruh cek sputum kultur dan hasil biakan klabsella pneumoniae (KPN) dan candida sp. Obat diganti jd fluconazole 500 mg 1×1, doxycycline 500mg 1×1. Yg ingin sy tanyakan:
    1. Apakah nafas pendek, ngos2an, dan sering mrs lelah, adalah gejala broncho pneumonia atau infeksi jamur?
    2. Apakah berbahaya minum antibiotik slm 2 bln?
    3. Apakah antibiotik memiliki efek samping rambut rontok?
    4. Apakah fluconazole bisa menyebabkan kerusakkan hati? Mengingat mama sy mengalami gangguan hati sirosis.
    5. Berapa lama infeksi jamur pada paru2 bisa disembuhkan?
    Mohon dijawab ya, dok.
    Terimakasih sebelumnya.

  50. hadi says

    malam doc…
    sy sdh bertahun tahun sering msngalami bersin bersin dan sering keluar cairan putih encer, dan bau. badan sy juga drop tdk bisa beraktifitas doc. penyakit apa ya doc? sy juga sering minum obat ozen tablet setiap kali sakit doc selama bertahun tahun..Apakah ada efeknya doc sy sering mengkonsumsi obat tsb? dan apakah ada pengobatan lain doc? trims.

    • Dokter Bahar says

      Mungkin Anda terserang penyakit patu, coba berobat ke ahli paru

1 2



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.