Skip to content


Salah Guna Antibiotika

Gb 1. Infeksi di seantero tubuh

Saya yakin Anda menyimpan berbagai alat tajam di rumah seperti pisau, gunting ataupun jarum.   Saya juga yakin Anda menyimpan berbagai obat di lemari obat. Anda akan menggunakannya bilamana diperlukan dan sesudah itu menyimpannya kembali. Sama halnya dengan benda tajam, obat berbahaya bagi anak-anak.

Obat berbahaya bukan hanya bagi anak. Ia adalah racun yang dapat merusak alat tubuh terutama ginjal dan hati. Justru sifatnya itu yang menyebabkan ia dipilih untuk membunuh racun yang berkeliaran di dalam tubuh. Supaya berhasil harus digunakan racun yang sesuai. Bukankah racun tikus tidak mempan untuk babi? Supaya berhasil juga tentu saja jumlahnya harus tepat? Bukankah sesendok teh racun tikus tidak cukup untuk membasmi tikus?

Antibiotika adalah racun yang membunuh kuman pathogen penyebab penyakit. Manfaatnya luar biasa karena mereka bisa bekerja diseluruh tubuh (lihat gambar1

Gb 2 Contoh brosur

Pemakaiannya terlihat mudah karena setiap obat mempunyai petunjuk tertulis yang jelas di brosur mereka. Anda berhak mendapatkan brosur itu. Namun dibalik kemudahan itu, berbagai bahaya mengancam. Bahaya itu adalah: 1 Alergi. Ia dapat muncul saat pertama kali meminum antibiotika. Gejalanya bisa ringan seperti gatal dan berat, gangguan pernapasan; 2 Perut gembung. Keluhan ini juga dapat muncul pertama kali meminum antibiotika. Ia terjadi karena kuman normal di usus ikut terganggu oleh antibiotika; 3 Keracunan obat. Gejala ini terjadi bila salah dosis. Obat yang seharusnya dua kali sehari diminum lebih sering.  Ginjal yang bertanggungjawab mengeluarkan racunnya akan terancam. 4 Resistensi. Kata lainnya adalah kebal. Kuman penyakit menjadi kebal terhadap antibiotika yang digunakan. Ia terjadi karena serba salah seperti obatnya salah, tidak tepat, dosisnya kurang atau waktunya tidak tepat.

Semuanya dapat dicegah dengan menggunakan antibiotika garis pertama seperti ampisilin yang dibeli di apotik dan digunakan paling lama lima hari sesuai petunjuk di brosur yang tersimpan dalam kemasan obat dan berhak Anda peroleh.

Brosur lihat gambar 2,  terdiri dari komposisi obat, cara bekerja, indikasi atau penyakit yang sesuai, dosis atau posologi, cara pemberian obat, peringatan atau hal-hal yag harus diperhatikan, efek samping dan kontraindikasi atau keadaan dimana obat ini tidak boleh diberikan.

Menggunakan antibiotika garis pertama banyak untungnya. Antara lain: 1. Ibarat menyimpan kartu truf hingga bila terjadi resisten, dokter masih dapat memilihkan obat garis berikutnya yang lebih canggih; 2 kalaupun terjadi alergi, reaksinya ringan dan dapat pulih dengan menghentikan obat.

Membeli di apotik resmi akan mencegah resistensi kuman akibat obat palsu dan atau kedaluarsa.

Menggunakannya paling lama lima hari dan sesuai dengan petunjuk di brosur akan mencegah keracunan obat.

Menyusul kiat membaca brosur.

Posted in Kedokteran.

Tagged with , , .


120 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. mama naura says

    malam dok,,
    anak saya usia 9 bulan flu batuk pilek & gatal2 kemerahan seperti biang keringat, setelah berobat lalu diberikan antibiotik dan sirup utk flu serta salep erla neo hydrocort utk gatal2nya,,,setelah menghabiskan antibiotiknya kurang lebih 3 hari flunya membaik tetapi gatal2nya semakin melebar/banyak sehingga saya kembali membawa anak untuk berobat,,dan diberikan antibiotik kembali..yang ingin saya tanyakan,saya sudah memberikan antibiotik yg diberikan pd kunjungan ke 2 sebanyak 3 x, namun saya kuatir setelah mencari2 informasi mengenai pemberian antibiotik, apakah sebaiknya pemberian antibiotik itu sayang lanjutkan hingga habis atau dihentikan saja ya dok..terima kasih.

    • Dokter Bahar says

      Saya tidak bisa menjawabnya sebelum memeriksa sendiri anak ibu.

  2. Fadila says

    Dok, saya mau tanya. Stlh saya cabut gigi saya diberi obat co-amoxiclave dan cataflam, pdhl saya sedang menyusui. Anak saya usianya belum ada 1 bulan. Yg saya tanyakan apa co-amoxiclave aman bagi ibu menyusui? Jika iya, ada rentang waktu tdk antara minum obat dan menyusui??
    Trimakasih sblmnya.

  3. eva says

    Siang dok. Saya ibu baru, anak sy umur 5 bulan sakit batuk pilek. Di hari ke tiga, demamny br kluar smp 38°, br sy bw ke bidan trdkt. Anak sy di beri obat puyer (info ad antibiotikny) dan oobt batuk sirup.
    Apakah aman umur 5 bulan, skt btuk pilek demam di berikan antibiotik dok.?
    Adakah efek samping bg kshtny kelak.?
    Mohon infony y dok.! Kcemasan ibu baru. Trims dok

  4. Yemi says

    Dok, sy py pembengkak an di gusi Tp Ga sakit. Uda 1bln lbh. Sy msh menyusui, sy jd takut minum antibiotik. Krn pertama diksh amoxilin Dan eflagen, kedua prolic Dan eflagen 25, skrg Levofloxazin 500(1xsehari), eflagen 50 (2xsehari). Tlg pencerahannya. Wkt minum prolic&eflagen 25 sy Ga teratur minum nya. Skrg yg Levofloxazin&eflagen blum sy minum. Sy tkut. Thanks dok.

  5. risca says

    Dok ank saya pernah tk kasi antibiotik tpi tidak pernah habis ,, soalya ank saya tidak mau meminumnya ,,itu gmna dok

  6. naura says

    sore dokter bahar..
    sy 2hr ini mengalami anyang-anyangan dan itu sering terjadi
    ketika sy berobat kedokter saya cuma diberi obat antibiotik claneksi 500mg..apa itu ckp utk mengobati sakit sy dok,
    trima kasih

  7. Zalfa aisha naqiyya says

    dok… co amoxiclav 625 mg bisa di minum untuk ibu menyusui??? Tlg dok di balas…

  8. Rama says

    Saya menderita Types, 2bulan lalu saya dirawat inap, sekarang sy merasakan hal yg sama lagi, badan lemas, perut bag kanan bawah sakit, pusing tapi untuk sekarang saya belum sempat periksa dan tidak mau untuk rawat inap lagi, apakah ada antiobiotik yang bias dibeli di apotik, saya dengar ada nmnya Cravox, tapi saya ragu apakah itu buat types, ditunggu balasannya… Terima Kasih dok…

  9. atik ulyatin says

    dok saya sudah pipis, tapi kok rasanya belum tuntas dan pengen pipis lagi, kayak anyang anyangen gitu,,,,,tapi sakitnya gak terlalu kayak anyang anyangan…. ini karena kemarin saya menahan pipis. mohon pencerahannya dok dah 2 hari belum sembuh juga…..saya harus minum obat apa. Terima kasih pak dokter…

  10. jarwo says

    selamat siang Dok, saya beli obat resep dokter di apotik tetapi tidak diberitahu kapan harus meminumnya, apakah sebelum makan atau sesudah makan. ketika saya tanya ke petugas apotiknya dia mengatakan tidak tahu juga. mohon informasinya. obat-obat itu adalah Noperten lisinopril 5 mg, acarbose, co amoxiclav 625 mg, glucodex gliclazide 80 mg, dan metformin 500 mg. terima kasih

  11. desy says

    Dok, aku setelah minum claneksi 500 jd mual teruS
    Itu kenapa ya? Sementara bapak saya alergi penisilin
    Apakah ada hubungannya?
    Tolong penjelasannya, terimakasih

  12. Panca says

    Pagi dok
    Saya punya bisul dok di deket anus..dan sudah pecah bisul nya..tetapi sudah seminggu mengeluarkan air..air tersebut bukan nanah atau darah..itu kenapa ya dok..dan masih ada sedikit bengkak pada daerah bisul pecah nya..makasih dok

1 2



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.