Skip to content


Sakit perut: Kapan harus ke dokter

Setiap sistem dirancang untuk memberikan alarm bila dalam gangguan. Batuk, alarm sistem pernapasan; mens yang tidak teratur, reproduksi wanita; sesak napas, jantung dlsb. Alarm sistem pencernaan adalah sakit perut.

Pada umumnya mereka tidak berbahaya dan sering hilang sendiri tanpa pengobatan. Sebagian kecil yang berbahaya dapat sembuh dengan cepat bila segera diobati. Beberapa diantaranya memerlukan obat-obatan dan yang lainnya operasi. Mengenalnya adalah menghargai keberadaannya dengan perlakuan yang pantas dan tidak menyepelekannya.

Pengalaman 27 tahun sebagai ahli bedah, menyimpulkan bahwa untuk di rumah, sakit perut dapat dibagi atas: 1. Yang hanya mempunyai waktu 24 jam untuk segera datang ke dokter; 2. Yang dapat menunggu untuk berobat ke dokter; dan 3. Yang tidak perlu datang ke dokter. Ketiga hal ini dapat dikenali dari kisah sakit perutnya dan gejala yang menyertainya seperti muntah, buang air besar dlsb.

Sebelumnya perlu diingatkan bahwa meminum obat-obatan tanpa pengawasan dokter akan menyamarkan gejala hingga pengobatan menjadi terlambat. Namun beberapa obat warung dapat digunakan untuk sementara. Obat-obat warung itu adalah obat pelerai sakit seperti asam mafenamat ; penenang, diazepam ataupun obat sakit perut, promag.

Yang tidak perlu datang ke dokter.

Kelompok yang tidak perlu datang ke dokter menderita sakit perut yang merata. Mereka tidak bisa menunjukkan dengan satu jari, daerah perut yang paling sakit. Seringkali sakit perut ini didahului dengan demam. Kalaupun muntah, yang dimuntahkan itu adalah makanan yang baru dimakan atau cairan bening. Buang air besar mungkin tidak tetapi kentut ada. Biasanya serangan sakit terjadi sesudah makan berlebihan. Sering juga karena buang air besar tidak lancar dan keras. Biasanya istirahat, minum teh dan tidak makan akan menolong. Bagi kelompok ini meminum obat warung akan menyesatkan. Bila sakit perut seperti ini berulang 2 – 3 kali segeralah ke dokter.

Yang dapat menunggu untuk berobat ke dokter

Kelompok yang dapat menunggu untuk berobat ke dokter adalah yang menderita sakit perut di uluhati dan yang merambat dari pinggang. Sakit perut di uluhati biasanya berhubungan dengan lambung yang popular dengan sebutan maag. Sering disertai dengan gembung dan muntah bening. Buang air besar dapat terganggu. Obat maag yang dikulum seperti Mylanta dapat menolong. Biasanya hal ini juga disebabkan makan berlebihan. Bila sakit uluhati berulang Anda perlu berobat ke dokter. Ia perlu karena dapat disebabkan oleh tukak lambung atau penyakit jantung .

Bila sakit di uluhati disertai muntah yang serasa membakar tenggorokan maka Anda boleh meminum obat maag. Cairan yang serasa membakar itu adalah asam lambung. Tapi bile berulang segeralah ke dokter THT (Telinga Hidung dan Tenggorokan). Mungkin Anda menderita regurgitasi karena esofagitis atau radang esofagus. Esofagus adalah saluran yang menghubungkan mulut dengan lambung. Regurgitasi adalah muntah segera sesudah makan hingga yang keluar itu adalah asam lambung.

Bila sakit perut dimulai dari pinggang mungkin Anda menderita penyakit batu ginjal. Sakit perut ini hilang timbul. Bila sakit penderita akan berguling-guling kesakitan. Minum air banyak, 3 liter sehari, olah raga ringan dan minum obat pelerai sakit. Bila sakit tidak mereda segeralah ke dokter.

Yang hanya mempunyai waktu 24 jam untuk segera datang ke dokter

Yang hanya mempunyai waktu 24 jam adalah kelompok dengan keadaan yang disebut akut abdomen atau penyakit perut yang memerlukan pengobatan segera. Yang termasuk golongan ini adalah sakit perut pasca trauma dan yang lainnya.

Golongan pertama adalah sakit perut sesudah menderita trauma seperti tabrakan, penikaman, tertembak dlsb.

Golongan lainnya adalah yang menderita infeksi di suatu organ perut, sumbatan dan gangguan pembuluh darah usus. Pada infeksi, sakit perutnya khas. Sakit sekali dan menetap di satu titik. Sakit bertambah bila bergerak hingga penderita memilih diam, tidak mau bergerak. Radang usus buntu atau apendisitis, biasanya sakit terpusat di bagian kanan bawah. Pengobatannya adalah operasi segera.

Sumbatan usus dapat disebabkan nyata atau mekanik ataupun karena lumpuh. Sumbatan mekanik dapat disebabkan oleh puntiran usus, cacing yang menggumpal dlsb. Sumbatan non mekanik disebabkan oleh gangguan elektrolit yang melumpuhkan usus.

Sumbatan mekanik khas ditandai oleh muntah berwarna hijau. Muntah ini berasal dari cairan empedu. Perut gembung. Dalam keadaan dini buang air besar dan kentut masih ada tapi ini hanya sisa-sisa. Tanpa diobati buang air besar dan kentut akan berhenti. Perut gembung dan sakit perut tidak begitu sakit. Pengobatannya adalah operasi.

Sumbatan non mekanik sukar dibedakan dengan mekanik kecuali oleh dokter dengan mendengarkan bising usus. Pengobatannya adalah dengan obat-obatan.

Gangguan pembuluh darah ditandai dengan sakit yang sangat sakit seperti halnya dengan infeksi. Keadaan ini sukar dibedakan dengan infeksi kecuali oleh dokter. Pengobatannya adalah operasi.

Jadi kecuali karena trauma, sakit perut yang sangat, terpusat di satu titk, muntah hijau adalah alarm untuk dalam 24 jam segera ke dokter.

Posted in Dokter di rumah.


294 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. setiawan says

    dok, anak saya usia 5 thn pertengahan bulan september lalu baru saja operasi usus buntu (hasil rontgen barium menyatakan non filling appendix), keluhan sebelumnya adalah rasa sakit yang hilang timbul di daerah sekitar pusar sejak akhir bln agustus. diagnosis awal adalah paratipus dan diberi chloram selama 10hari, krn sakit tidak hilang sepenuhnya maka dilakukan USG dan rontgen kontras.

    hasil PA panjang appendix 7cm diameter 0.5 cm
    mikroskopik : appendix dgn lumen berisi sedikit exudat. mucosa intact. submucosafibrotik disertai hiperplasia jaringan limfoid didalamnya, bersebukan limfosit – histiosit dan sedikit lekosit pmn. tak tampak tanda ganas dan spesifik.
    Kesimpulan : appendix vermiformis, operasi : appendictis chronica dengan exacerbasi akut.

    yang jadi masalah setelah operasi dilakukan sampai saat ini perut sekitar pusar mendekati ke arah ulu hati (perut bagian tengah atas) masih sering sakit. sakit yang hilang timbul (sakit 3 hari kemudian hilang selama 4 sampai 12 hari kemudian sakit lagi untuk 3 harian). sakit terjadi tiba2 tanpa adanya gejala awal. sakit perut biasanya disertai dengan kesulitan BAB, bukan sebaliknya. jadi selama periode sehat, bab normal dan lancar, tetapi bila sakit perut tiba maka selama 3 hari tidak bisa BAB dan biasanya setelah BAB rasa sakit itu berangsur angsur hilang.

    sejak awal dokter mendiagnosa maag, tapi dengan pengobatan seperti omz, inpepsa dan ranitidin tidak mengurangi gejala2 tersebut. terakhir dokter mendiagnosa sebagai konstipasi, dan terakhir saya mencoba untuk berobat ke sinshe dan dinyatakan ada radang di usus (tp tidak tahu usus bagian mana).

    jika benar radang usus apakah bisa seperti itu? ataukah ada diagnosis banding lainnya? perlukah dilakukan tindakan endoskopi dan kolonoskopy mengingat untuk tindakan tersebut diharuskan untuk menggunakan anestesi umum dan mungkinkah tindakan tersebut malah dapat melukai usus?

    mohon maaf jika terlalu panjang dan terima kasih sebelumnya Dok..
    salam.

    • Dokter Bahar says

      Lebih baik panjang dan rinci mbak. Mungkin sekali sakit perut itu tidak ada hubungannya dengan usus buntu. Coba dihentikan semua obat dan diatur makannnya dengan konsultasi ke bagian gizi karena jarang sekali anak umur 5 tahun sakit maag. Kalau masih sakit berobat ke dokter penyakit dalam bagian gastroenterologi anak.

      • setiawan says

        kebetulan di kota saya tidak ada spesialis gastro anak dok, jd paling mentok saya hanya konsultasi ke spesiali penyakit dalam bagian gastro.. saat ini sudah tidak mengkonsumsi obat apa2 dok.. hanya jika sakit saja minum ramuan dari sinshe untuk melancarkan BAB.. apakah mungkin anak saya terkena Irritable Bowel Syndome?

      • setiawan says

        terima kasih untuk responnya dok..

  2. sri says

    dokter, saya mau bertanya saya mengalami maag dengan gejala perih, mual, muntah, perut terasa penuh, tidak nafsu makan tapi akhir-akhir ini perut bagian atas atau ulu hati terasa panas terbakar dan berlangsung berhari-hari, saya sudah konsul ke dokter dan diberi obat nexium dan vometa tapi tidak berkurang panasnya. saya harus gimana dok.

    terima kasih

  3. lee says

    dok..mau nanya kenapa BAb sy lncar tp kok perut sprti mmbuncit yha??
    perut sperti kncong.knp yha dok??

  4. avi says

    Dok, saya sudah 2 hari ini sakit perut melilit timbul dan kadang hilang pada daerah perut tengah kira2 pusar keatas sedikit, awalnya saya pikir hilang dengan sendirinya, namun sudah hari ke 3 blm hilang. Disertai susah BAB dan sdkt cair serta sedikit jumlahnya. Kalo demam, sampe saat ini tdk demam mual jg tidak cm rasanya begah penuh, oia hari ke 2 pernah dikasih obat pencahar duco…x yg melalui lubang anus, cm tdk begitu berefek. Terimakasih

    • ika says

      Saya jga persis sma sma mbak avi..kira2 apa penyebabnya ya../

  5. tyta fatman says

    Siang dok, pagi tadi saya merasakan nyeri perut dibagian bawah pusar, rasanya nyeri sekali sampai tdk bisa berdiri tegak jadi bisanya membungkuk. Sebenarnya saya merasakan nyeri dr kmrin tp hanya sedikit2. Kemudian ibu saya mengolesi balsam dibagian nyeri tsbt. Setelah krng lbh 15 menit, nyerinya pun hilang.
    Itu kenapa ya dok? Saya takut terulang lagi. Trims

  6. shelly prita says

    siang dok, akhir2 ini stiap sy membungkuk perut saya semacam nyeri & jk di pegang spt ad benjolan keras diatas perut (tepat dibwh tulang rusuk) dan jika sy bergerak lg terasa nyeri. normalkah itu atau sy sdg mengalami penykit ? mohon penjelasannya dok, trims

    • Yayuk says

      Saya jg sprti itu mbk,apakah yg trjadi dengan anda

    • Dokter Bahar says

      Sakitnya disebelah kiri atau kana? kalau kanan mungkin ada pembesaran hati. kiri – limpa. Segera ke dokter penyakit dalam

  7. Hani says

    Dokter sudah hampir 3 hari ini saya mersakan sakit perut bagian tengah atas diantara tulang, rasanya panas dan seperti ditusuk-tusuk terkadang sampai terasa tembus ke punggung kadang juga menjalar ke kaki. rasanya keras tetapi jika ditekan agak mendingan di tempat yang sakit, saya juga sering kesulitan buang air besar dokter. akan tetapi sakit itu terasa jika sudah lewat waktu maghrib. normalkah itu dokter? atau kira-kira saya terkena penyakit apa dokter?

  8. Yari says

    Assalamu’alaikum wr wb,

    Dok, mau tanya ada apakah dg sy:
    Akhir2 ini sy merasakan sakit di perut bagian tengah atas, pas di bawah iga. Rasa sakitny adl perih, panas, dan panasny spt berputar2 di dalam, mual, kadang disertai migrain dn 1x muntah (muntahan msh berupa makan siang utuh, dr nasi-sayur-buah-air).

    Riwayat sy:
    -dulu wkt kuliah sering kena salah diagnosa dokter shg sering keracunan obat. Bahkan terparah terakhir,sy dinyatakan jantung lemah, magh dn diabetes ternyata stlh pindah dokter gula darah sy normal dn semua normal hanya 1 masalahny : gangguan fungsi hati. Saat itu, kondisi sy udh tdk bs bangun krn salah diagnosa dn salah obat.

    Yg kedua,
    Apa kali ini dr prosedurny ada yg salah dok :
    saat ini sy sedg program hamil, tp keputihan dr sjk lama. Keputihan sy bening hny berupa flek sj, tdk berbau, tdk gatal. Krn program hamil, ada tes HSG. Masalahny, saat di-HSG itu sy msh Keputihan. Kl dr referensi dokter2 dn internet,katany HSG gk boleh dlm kondisi Keputihan. Dan saat itu, sy jg gk disuruh merubah posisi dlm 3x ambil foto (kok prosesny gk sama dg orang lain y yg disuruh merubah posisi telentang-miring kanan kiri?). Dr HSG tsb, hasilny Tuba kiri Non Patent dn Tuba Kanan sub-Patent. Stlh HSG, konsultasi ke dokter Fertility yg tau sy msh keputihan, sm sekali tdk ditanya lbh lanjut ttg keputihan (pdhal periiraan tersumbatny tuba tsb krn keputihan yg sudah bertahun2), justru dikasih obat penyubur doank. Itu pun, sy tau krn saat di Apotik sy tanya2 dl sama Apotekerny ttg obat2an yg sy tebus.

    Jujur, sy kecewa dn semakin TIDAK PERCAYA dg DOKTER, krn berkali2 pengalaman bhw saya hanya dianggap sbg ‘Prospek’ bukan Pasien. Bukan yg utk disembuhkan, tp utk disuruh beli Obat. Dan ini sudah berkali2, sampai pindah kota beberapa kali, jg masih kena hal yg sama. Akhirny, skrg sy beralih ke Pengobatan Alternatif Shinse.

    Mohon jawaban diberikan d email sy y dok..makasih.

    • Dokter Bahar says

      Maaf saya tidak tahu harus menjawab apa. Kalau masalah dokter yang disebutkan sebaiknya Anda berobat ke RSUP di ibukota propinsi Anda.

  9. Melanie Y. Harianja says

    Dokter saya mau tanya, 2 hari yang lalu saya demam 38 drjat celcius, disertai badan menggigil, seperti pegal-pegal, perut terasa penuh, kemudian saya juga muntah.
    kmudian saya minum PCT dan amox, demam sya udah turun, namun sekarang yang saya alami mual muntah, tidak selera makan, badan lemas, pusing dan nyeri perut sebelah atas seperti ditusuk2, rasanya sakit banget sampai membuat keringat dingin. namun hanya sebentar, sakitnya hilang timbul. saya konsul sama dokter umum dan udah minum obat sperti ranitidin, dimetilpolisikon, hyoscine butylbromide, stomach juga udah tp smapai sekarng sakitnya masih ilang timbul juga, ini gejala apa dokter dan gimana solusinya

    • Dokter Bahar says

      Mungkin sakitnya bukanlah infeksi atau maag tapi dari saluran kencing ataupun yang lainnya. Coba ke dokter bedah.

      • Melanie Y. Harianja says

        Mungkin juga sih dokter, karena saya emang sering nyeri pinggang dan nyeri di bagian perut bawah jika konsumsi air putih minim dalam sehari dan banyak aktivitas. Anyway thank bgt ya dokter sarannya, I’ll try :)

  10. timan says

    dokter saya sakit perut sebelah kiri agak ngganjel, dan sakit perut kantong kemih kanan, rasanya beda dok kalo yg kiri agak perih yg kantong kemih agak sakit kalo sit up, pemeriksaan apa yg harus sy lakukan? apa saya perlu ct scan, makasih dok salam sehat.

  11. Amar Chaniago says

    Dok, saya mau tanya..2 bulan yang lalu saya dioperasi di lambung karena terkena bocor lambung. Hal ini disebabkan karena saya ikut kegiatan mapala dan terlalu banyak makan daun yg mengandung asam. Nah sekarang sejak hr minggu kemarin tgl 19 january, saya dilarikan lagi ke rumah sakit karena merasa sakit di uluh hati dan perut lalu disertai muntah. Jadi setelah dirawat inap saya diberi makan selalu disertai muntah dan belum berak sejak tgl 19 January. Alhasil saya dipasang selang NGT ke lambung sejak hari senin 20 jan dan banyak mengeluarkan cairan Hijau kotor. Namun sejak pagi ini tgl 22 jan cairan ini sudah berubah bening. Menurut dokter penyebabnya ada pelengketan pasca operasi. Bagaimana menurut dokter Bahar? Terima kasih atas sebelumnya Dok, mohon doa jg agar saya bisa cepat sembuh.

    • Dokter Bahar says

      Setuju dengan pendapat bahwa itu adalah akibat perlengketan usu.

  12. Putri Utami says

    Dok, saya mengalami sakit di perut kiri bawah. diawali ketika saya mencoba untuk melakukan sit up, selanjutnya sakit hanya dirasakan ketika saya bersin atau batuk dan setiap sit up.
    apakah ini hanya kram otot saja?
    untuk info, buang air kecil saya normal dan tidak merasakan sakit.
    mohon infonya, Dok. Terima kasih.

  13. hamdan kusuma says

    Askm dok saya ♏á◦º°◦ûûû tanya perut sebelah kanan atas sakit sampai ke ulu hati’ kadang di sertai jantung berdebar, kalu di tekan perut napas yg keluar G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ enak rasanya, dan saya sering kencing, bab 1 hari sekali tapi susah keluar y, udah saya periksa ke dokter penyakit dalama dan di usg hasil lambung saya mebesar, dan saya di kasih obat. sekarang saya sering kambuh lgi perut y apakah say harus periksa lgi dok kemana saya harus periksa??

  14. timan says

    pak dokter saya mau tanya apa kalo orang yg terkena infeksi usus apa pola makan memasih merasakan nikmat dan nafsu makan oke? makasih jawabanya pak dokter. salam sehat selalu

  15. ellen says

    Dok saya prempuan usia 22 tahun. sudah telat datang bulan sekitar 10 hari dari tggl biasanya,tp sy blum testpack dok.. Sudah seminggu saya sakit diawali keram perut dan sakit pinggang dan susah bab. Keram perut kadang hilang kadang muncul tapi tetap sakit pinggang. Dan 4 hari ini disertai demam tapi kadang tangan dan kaki dingin dan nafsu makan berkurang dok.. Apa saya hamil ato ada penyakit lain ya? mohon diberi pencerahan.. Trima kasih sebelumnya..

  16. dewa says

    Dok anak saya sudah sekitar seminggu ini susah atau BAB nya 3-4 hari sekali,sudah kita kasih pepaya untuk memperlancar BAB nya,disamping itu anak sering merasa nyeri ulu hatinya,sementara ini kita kasih polysilane syrup…mohon di beri pejelasan dok..

    • Dokter Bahar says

      Mungkin hanya salah makan. Coba ke dokter anak dan jangan diberikan obat kecuali dengan pengawassan dokter.

  17. atika says

    Dok saya mau tanya,perut saya sakit bagian tengah di sekitar pusar Seperti D tusuk2 dan bagian punggung Bagian Belakang Sy Juga Sakit,sakit nya udah 4 hari dan sakitnya hilang timbul mmbuat saya tidak bisa tidur sehingga Membuat Kepala Saya Pusing.mohon Infonya Dok ? Trma Kasih

  18. umi humam says

    dok sy mau tanya ni.. kenapa ya setelah sy melahirkan.di bagian lambung sy ada yg bergerak aktif seperti gerakan bayi.tp posisi nya tepat d lambung.dan sy merasa terganggu.. menurut dokter ini penyakit apa.. trimakasi dok..

  19. umi humam says

    dok sy mau tanya ni kira2 ini penyakit apa.pasca sy melahirkan d daerah bagian lambung sy.terasa ada yg bergerak.seperti masi hamil.tp gerakan nya cuma d skitar lambung aja.. dan sy merasa terganggu.. dok mohon penjelasan nya ya.. trimakasi bnyak dok

    • Dokter Bahar says

      Kalau begitu segera ke dokter mungkin hanya tumor jinak bawah kulit.

  20. putra says

    Kalo sakitnya itu panas terus terasa ingin muntah atau eneg lidah asam terkadang punggung bagisan bawah terasa sakit dan sering buang angin itu apa ya dok?

  21. dwi says

    dokter sy mau tanya.sy sering mengalami sakit perut di bagian kiri bawah.kdg sering mengganggu kelancaran saat BAK.pernah berobat katnya infeksi saluran kencing.tp kok sering muncul, kira2 sebulan sekali mesti sakit begini.kadang juga terasa mau BAB gt dok.oya, frekuensi BAB sy tdk rutin.bisa 3 hari sekali dok.sy juga mencermati, kalau pas sakit bgni biasanya sy jg lg agak beban pikiran.karena pekerjaan atau yg lainnya.kira2 sy kenapa ya dok? terimaksih atas jawaban dokter

    • Dokter Bahar says

      Mungkin saja karena tegang tapi sebaiknya berobat ke dokter penyakit dalam

  22. iza says

    dok, perut saya itu sakit sekali. Rasanya mau BAB, tp tdak kluar. Dan perut saya sering bunyi bunyi. itu knp ya dok? trmksh

  23. firman says

    dok, usia sy 39thn ,udah seminggu lebih bagian tengah perut sy kadang suka terasa panas malah dibarengin suhu tubuh panas juga, ketika sy olahraga spt lari hilang tp nanti ada lg, saat ini sy lg kena sakit prostatitis, apakah gejala dari itu, sy blm sempat kontrol lg ke dokter urologi lg..kira2 sy knp ys dgn panas perut ini. mksh dok

  24. Yayuk says

    Pagi dok,, saya mau konsultasi,, saya ibu 2 anak dok,mlhirkan ank prtama 3 tahun yg lalu sy oprasi sesar krn brt ank sy 3,6kg jd dokter seankn oprasi,, tp lhiran ke 2 saya dgn normal dok kta bidan tinggi saya 150 msh bs mncoba dan ternyata alhamdulillah bisa dgan bantuan vaku,dgn brt lbh besar dok 4kg,, sy mlhirkan yg ke2 9 bln ini dok teptnya bln 6 kmrin,yg saya mau tnyakan,kenapa y dok setelah sy mlhirkan anak ke 2 perut saya bagian tenga terasa keras,bisa berpindah dan pnjang dok dari kiri ke kanan,saya tekan tidak sakit,kalau bab seperti mnegang bnjolanya dok sya pegang keras dan agak menonjol,setelah bab lama2 benjolan kembali seperti semula jika berbaring saja baru terasa jika dipegang,, klu y tidak bab bnjolan lbih besar dok tp klu lncar bab benjolan panja tersebut mengecil,tp kdg2 bergerak ke kiri perut saat sy baring seperti menonjol dok,, sya merasakanya sdh 6 bln ini kira2 apa ya dok yang ada didalam perut tengah saya oh iya dok kadang bisa bergerak naik seprti menekan perut tengah atas dok dan tidak enak saat berbaring,, maaf dok bnyak yg sy critakan terimakasih y jawabanya,,

    • Dokter Bahar says

      Mungkin Anda harus mulai berolah raga melatih otot perut.

      • Yayuk says

        Maaf dok sebelumnya,kemarin saya pernah usg katanya benjoln diperut saya hanya angin,tp knpa ya sy sdh mnum obt dan sering mnum air hgat bnjolan tidak hilang2 juga,saya sering kembung dok sekarang ini hmpir setiap hari perut tidak enak pagi hari juga bgitu,perut terasa mengganjal,mungin krna benjolan tersebut,menurut dokter kira2 apa penyakit saya dok,apakah berbahaya,saya takut usus saya bermasalah,sy harap semoga baik2 saja,mohon bantuanya dok,maaf y dok klu bnyk prtnyaan,, :)

  25. Unais.html says

    Selamat sore dok..
    Begini dok, sudah 1bulan belakangan ini , perut saya membesar melebhi ukuran n0rmal, perut jika dtepuk mngeluarkn bunyi seperti gendang, perut kembung tp tidak seperti kembung yg biasa terjadi, jika perut ditekan secara langsung bersendawa.
    Gejala Penyakit apa yg dderita saya? Dan bagaimana mengatasinya?

    Terimakasih dok :)

  26. Yayuk says

    Maaf dok sebelumnya,kemarin saya pernah usg katanya benjoln diperut saya hanya angin,tp knpa ya sy sdh mnum obt dan sering mnum air hgat bnjolan tidak hilang2 juga,saya sering kembung dok sekarang ini hmpir setiap hari perut tidak enak pagi hari juga bgitu,perut terasa mengganjal,mungin krna benjolan tersebut,menurut dokter kira2 apa penyakit saya dok,apakah berbahaya,saya takut usus saya bermasalah,sy harap semoga baik2 saja,mohon bantuanya dok,maaf y dok klu bnyk prtnyaan,, :)

    • Dokter Bahar says

      Mungkin salah makan. Bagaimana bab dan baknya?

      • Yayuk says

        Maaf dok sebelumnya,klu salah makan kenapa benjolan panjang diperut saya dri 3bln lbh yg lalu tdk hlg2 y? Dan masalah bab dr 1bln lbh agk trggu dok,, prtma sy rsakan mules seperti mau bab 1 hr bs 3-4 x kdg lbh,tp bab maaf dok sblmny,bs kluar 1 sj,kdang 2x tp stengah2 gt dok tdk lncr,, dn kdg msh mules,klu bak tgah malam kdg sering trbgun untuk pi2s,intinya sering dok,, oh ya benjolan saya kadang bs bergerak mirip bayi dok bisa tiba2 hanya terletak diperut kiri saja,gerakanya pun kadang saya bisa rasakan,, dan saya merasa tdk enk dibgian atas sprti trtekan jika bnjolan tersebut berpndah dprut atas dok,, menurut dokter apa ya skit saya dok,, terimakasih

        • Dokter Bahar says

          tolong tulisannya jangan disingkatsingkat ya. Nanti salah jawab.

          • Yayuk says

            Maaf ya dok atas ketidak jelasan tulisan saya,, perut saya benjolan panjang dan keras dibagian tengah tersebut sudah 3 bulan lebih dok,dan tidak hilang sampai sekarang,kalau bab saya mulai dari 1bulan lebih terganggu dok,1 hari mules bisa 4 sampai 5 kali 1 hr kadang lebih tapi bab cuma 1 kali kadang 2 kali sehari pg dan siang,itupun kadang harus pakai tenaga dok,, kalau bak sering dok,tengah malam kadang 2 kali terbangun untuk buang air kecil,, oh iya dok kadang sedikit nyeri rasanya perut,tapi benjolan tersebut jika saya tekan tidak sakit,hanya berpindah posisi,, kadang jika saya berbaring benjolan tersebut bisa bergerak sendiri seperti bayi,hal tersebut sudah 3 kali saya rasakan,,tiba-tiba ke perut samping,kadang dikanan dan sering terasa diperut tengah kiri,,terlihat menonjol dok, perut saya juga sering bunyi dok,dan saya semenjak merasa perut saya tidak enak sering kembung tapi hampir 1 bulan ini kembungya lebih sering dan juga buang angin,, maaf dok terlalu panjang cerita saya,, terima kasih atas kesediaan waktunya untuk membaca,dan pendapat dokter,, semoga tuhan selalu menyertai,, aamiin

          • Dokter Bahar says

            Mungkin ibu menderita sejjenis tumor di rongga perut. Coba ke dokter bedah.

  27. Gloria says

    Selamat malam dok,
    dok, bangun tidur saya mengalami sakit perut yang menusuk di perut tengah saya, 1-2 jam kemudian, saya sedikit demam, pusing, sempat agak mual dan sedikit sesak napas. kalau saya bergerak sakit perutnya semakin bertambah. dan ada rasa ingin terus minum. sampai malam, keadaan tubuh tidak pusing lagi, tidak sesak napas , tp masih sakit perut kadang2 dan masih agak demam.
    sehari sebelumnya saya makan malam dengan ikan yg sudah tidak segar lg (tidak dipanaskan atau sudah digoreng lbh dati 1 kali) dan saya punya riwayat jika saya makan ikan yg sudah digoreng 2 kali saya pasti sakit perut n agak demam dok, padahal teman saya tidak. apa ini ada hubungannya dok? mohon petunjuknya dok.

    terima kasih

    • Dokter Bahar says

      Mungkin Anda memang alergi dengan ikan sedangkan teman Anda tidak.

  28. dee says

    dok,saya seorang ibu menyusui saat ini saya merasa perut bagian atas dan pusar berdenyut seperti detak jantung dan sedikit sakit di bagian kanan apabila ditekan saya fikir hamil,udah dua kali tespek hsilnya ngatif,pas ke bidan katanya radang usus dan lambung.tapi setelah mnum obat dari bdan perut sampe ulu hati teresa panas dan perih,sya knp?

  29. esty says

    dok, perut saya nyeri jika Di tekan tepat Di bawah pusar ada benjolan,gejalanya seperti maag .makan pedas,asam,santan dan kecapaian sedikit perut langsung kembung,sudah saya bawa ke spesialis dalam katanya maag, tapi obatnya sdh dimiinum habis tetap saja masih sakit ,sdh saya usg hasilnya hati membesar Dan asam lambung tinggi, tetapi setelah Di obati tak kunjung sembuh,saya sudah 2 tahun menderita penyakit ini dok, berbagai dokter Dan macam macam obat sdh saya coba tapi tak sembuh sembuh,sebenarnya saya sakit apa dok.terima kasih

    • Dokter Bahar says

      Mungkin infeksi di hati. Coba ke dokter internist konsultan digestiv

  30. laila says

    Dok saat sy berbaring atau duduk perut sy bagian tengah terlihat bendenyut spt detak jantung begitu juga tangan sy saat posisi tiduran pegang benda ikut bergoyang seirama jantung. Saat spt itu denyutan jantung pun terasa di punggung n kepala belakang
    Hal ini terjadi sdh 6 bln lalu sampai skrg.bak n bab tdk masalah. Menurut dokter sy mengalami sakit apa ya..trims sblmnya

  31. Annisa Larasati says

    Dear dokter, saya Sudah beberapa minggu sering meriang tp tidak panas, ngilu d seluruh tubuh, sesak napas, perut kanan sakit hilang timbul, agak mual dan juga tidak napsu makan itu kenapa ya?

  32. Ady A Resiawan says

    Selamat Malam Dokter
    Ayah saya melakukan operasi kanker usus besar pada bulan Juli 2013, setelah itu menjalani Kemotherapi sesuai anjuran Dokter Bedah. Selama menjalani Kemotherapi kondisi normal dan hb darah-pun normal. Akhirnya setelah menjalani 8kali Kemotherapi, ayah saya melanjutkan CT Scan sesuai saran Dokter Onkologi. Berdasarkan hasil CT Scan, kondisi usus sudah bersih terbebas dari sel kanker. Tapi hingga saat ini ayah saya masih mengeluh perutnya terasa panas dan membuncit sementara anggota tubuh yang lain terlihat kurus. Apa yang sebaiknya dilakukan dok? Selain itu ayah juga sering menahan bersin karena perut akan terasa sakit bila bersin. Apakah dengan bersin sebenarnya tidak mempengaruhi usus bekas operasi?
    Terimakasih Dokter.

1 2 3



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.