Skip to content


Pembengkakan kelenjar liur

Gb 1. Duktus Stensen

Seperti halnya dengan kelenjar getah bening (KGB), dalam keadaan normal kelenjar liur tidak teraba. Ia baru dapat diraba bila membengkak karena  terserang penyakit. Dengan kata lain, pembengkakan kelenjar liur adalah tanda umum dari kelainan alat tubuh itu.

Pembengkakan kelenjar liur disebabkan oleh sumbatan di salurannya, infeksi, tumor baik jinak atau ganas.

Sumbatan

Sumbatan di saluran lazim ditemukan pada alat tubuh yang mempunyainya misalnya batu di saluran kencing, empedu dlsb.

Gb 2 sakuran kelenjar sublingual

Saluran yang mungkin tersumbat terlihat pada gambar 1, duktus Stensen yang mengalirkan liur dari kelenjar Parotis. Saluran lainnya adalah duktus Wharton dari kelenjar submandibula  dan gambar 2, duktus tanpa nama dari kelenjar sublingual.

Sumbatan itu bisa disebabkan oleh batu, penyempitan saluran ataupun pelebarannya.  Keadaan ini dapat diketahui dari sialografi atau CT scan. Sialografi adalah pemeriksaan ronsen dengan kontras yang disuntikkan kedalam saluran kelenjar liur.

Pembesarannya khas karena dia akan membesar dan nyeri bila makan serta mengecil dan tidak nyeri pada puasa. Tidak aneh karena waktu makan produksi

gb 3 Ranula

liur meningkat dan sebaliknya waktu puasa.

Gambar 3 memperlihatkan ranula, pembengkakan akibat sumbatan kelenjar sublingual. Pembesarannya terletak di bawah lidah dan sering diderita anak-anak.

Pengobatannya adalah obat-obatan dan bila gagal dilakukan operasi.

Infeksi.

Infeksi lazim dialami kelenjar liur.  Keadaan ini mudah diatasi dengan antibiotika.

Gb 4 Beguk

Yang akrab dengan kita adalah beguk (mumps) seperti pada gambar 4. Ia

gb 5 Tumor jinak parotis

disebabkan oleh infeksi virus yang akan hilang dengan sendirinya. Disini yang dibutuhkan hanya obat pelerai sakit.

Tumor

Tumor baik jinak atau ganas tidak jarang dialami kelenjar liur. Hanya kelompok ini yang memerlukam operasi dengan segera. Gambar 5 memperlihat seorang penderita dengan tumor jinak parotis.

Kerana pembengkakan akibat sumbatan dan infeksi mungkin dapat diatasi dengan obat-obatan maka kebanyakan pembengkakan kelenjar liur tidak memerlukan operasi segera.

Posted in Kepala dan Leher, Onkologi.

Tagged with , , , .


280 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. mita says

    Siang dok.. saya mita umur 19th.
    Dipipi kanan dibwah rahang dket leher ada benjolan kenyal bsa digerakan..tp sakit kalo disentuh, itu kenapa ya dok?
    Mkash sblumnya dok

    • Dokter Bahar says

      Mungkin kelenjar getah bening. Coba periksakan gigi dulu.

      • mita says

        Periksa giginya untk apa y dok?
        Dan terkadang saya sering sesek nafas

        • Dokter Bahar says

          Pembesaran kgb di leher bisa disebabkan oleh gigi yang sakit.

  2. Cahya says

    Met siang dokter.. beberapa minggu in diujung rahang bawah saya agak sedikit bengkak, kadang ada rasa sedikit sakit berdenyut tapi kadang tidak (disentuh /dipijat tidak sakit) dan daerah pundak seperti tidak enak. Nah beberapa minggu yll seperti ada seperti urat kecetit dileher (spt uratnya ada ketarik) tp saya diamkan saja. Apakah ada hub itu dg bengkaknya rahang saya ya Dok ? Saat ini juga daerah punggung kebawah saya sakit , pernah saya periksakan kedokter umum katanya hanya kaku otot saja (spasma), kemudian diberi penghilang nyeri dan untuk otot kaku, oh iya usia saya 52 tahun. Apa yang harus saya lakukan dok ?
    Terima kasih atas advisnya ya dok..

  3. daus says

    asslm alaikum dok..sdh 2 mggu ini sy mglmi pmbgkkn d klnjr ludah..diagnosa dktr ktx trjdi apsus..tp bnjolan itu sprt yg tmpk d gmbr 3. bnjlnx brda d pipi di dpn tlga bwah..bnjln tsb bsrx sprti buah rmbtn.bnjln itu prnh bocor dan tiap kli sy mkn pst kluar air dr bnjln tsb.tp saat tdk mkn bnjln itu kmbl mmbsr.skrg bnjln itu sdh tdk bcor lg tp bnjlnx kmbl mmbsr.mnrt dktr sbnrx sy skt apa ini?mhon bntuanx dok..

    • Dokter Bahar says

      Daus, tolong jangan menggunakan singkatan karena sulit menafsirkannya.

      • daus says

        maaf dok..begini..wktu awal blan februari z merasakan ada yang aneh pada pipi sblh kiri sy.kemudian tidak lama membengkak sprti trkena penyakit gondongan.sy mengira itu akan pulih sendiri tetapi malah terjadi benjolan tepat di kelenjar ludah sy.kata dokter yg memeriksa sy trjadi apsus pada saluran ludah makanya kelenjar ludah membengkak.sy tetap mnm antibiotik dr dokter dan tiba2 benjolan sy meletus.disitu keluar air ludah tiap kali sy mkan.hal itu trjadi slma 3 hari.kemudian benjolan tsb tertutup kmbali dan membesar seperti buah rambutan.kemarin malam z dapati ada benjolan di belakang telinga sy sebesar kacang tanah.benjolan itu terasa sakit dan bisa di gerakkan.apa ini ada hbgannya dengan kelenjar ludah sy.menurut dokter sy ini mengalami penyakit apa?soalnya disini tidak ada dokter spesialis hanya dokter umum sja.sblmnya makasih atas wktunya dokter.

  4. medio says

    Dok mau tanya. lidah saya bengkak dok . tapi bengkak nya hanya disisi sebelah kanan, ini terjadi karna sebelumnya saya terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda dok . ini penyakit apa ya dok ? penyakit ini kurang lebih sudah 5hari dok. dan gimana cara mengobati nya dok ?

  5. raditnya says

    selamat malam dok saya radit ingin bertanya sudah sekitar 3 minggu ini terdapat benjolan (sperti gambar nomer 5) yang ada dibawah telinga kiri saya tapi tidak sampai keleher sebelum muncul benjolan itu badan saya agak panas dan badan pegal2 serta pusing setelah meminum parasetamol keluhan itu hilang dan muncul benjolan,ketika ditekan benjolan itu terasa sakit dan berwarna merah, saya juga tidak mengalami kehilangan nafsu makan terkadang terasa nyut-nyutan apabila saya tidak meminum ibuprofen pada malam hari, tetapi benjolan agak mengecil ketika baru bangun tidur untuk saat ini saya belum berobat ke dokter.
    menurut dokter setelah membaca keluhan saya kemungkinan saya terkena penyakit apa?
    apakah saya harus meminum obat selain ibuprofen dan obat apa itu?
    kalau saya harus pergi ke dokter, ke dokter bagian apa?apakah dokter penykit dalam, tht atau langsung ke dokter bedah?
    terimakasih dokter

    • Dokter Bahar says

      Mungkin ada infeksi di gigi atau yang lainnya. Pertama kali coba ke dokter gigi

  6. willy says

    Selamat pagi dokter, saya willy: saya ingin menanyakan perihal anak saya usia 2,5th. terdapat benjolan seperti gundu di bawah dagu dan baru terasa sekarang (apakah itu kelenjar submandibula). 1 bulan yang lalu pernah batuk pilek, tapi tidak terlalu parah dan sudah sehat (tidak ada keluhan) 2 hari minum obat sudah sembuh. pernah mengeluh di sekitar mulut (tp tidak lama, saya pikir mau tumbuh gigi) Saat ini sedang proses pengobatan obat. tapi sudah 3hr blm ada perubahan. saran dokter klo 1minggu tidak ada perubahan suruh cek darah. Pertanyaannya apakah ini harus dioperasi, dan klo dioperasi seberapa besar resiko dan tingkat keberhasilannya. Mohon info dan masukannya dokter. Terima kasih banyak dokter

    • Dokter Bahar says

      Apakah tumor itu bergerak masuk waktu menelan? Bila demikian mungkin sekali itu adalah kista tiroglosus yang perlu dioperasi karena merupakan sumber infeksi. Bahaya operasi tentu ada tapi minimal.

  7. tiara says

    sore dokter, saya ingin tanya. sudah 3 hari ini di bawah dagu di leher atas sebelah jakun kanan ad seperti kelenjar. namun sebelah kanan lebih besar di banding yang kelenjar di sebelah kiri. nah 3 hari ini saya sariawan di lidah sebelah kanan, apakah kelenjar yg membesar di sebelah kanan tepat disamping jakun itu adalah karena sariawan itu. atau ad penyakit lain dok? terimakasih dokter sebelumnya

  8. azis wahyu says

    dok, kenapa ya diatas jakun seperti bengkak tapi tidak terlalu besar,jika saya mendongakkan kepala keatas dan saya sentuh didaerah pembekakan terasa sakit dok,dan benjolan itu agak keras..
    posisi persisnya dibawah dagu bagian tengah dok.

    infonya ya dok : 089608071739

    • Dokter Bahar says

      Apakah semenjak kecil sudah ada? Apakah bergerak kedalam waktu menelan?

  9. sri murtini says

    Dokter..ayah saya kemarin baru operasi di leher….mulanya karena inveksi gigi bengkak yang merambat sampai ke leher,setelah 3 minggu selesai dioperasi kemarin baru dijahit,akhirnya ayah saya minta pulang minta di rawat jln untuk ganti perbannya…tapi kata dokter seharusnya bekas jahitan itu masih harus ditambal dengan kulit bagian tubuh lain .dokter …apakah luka bekas jahitan itu bisa rapat lagi karena ternyata lubangnya besar kurang lebih sebesar buah jeruk…sedangkan ayah saya tidak mau dioperasi lagi untuk tambal luka di lehernya….mohon sarannya ya dokter…saya merantau di jkt sedangkan ayah saya di kampung…selalu kepikiran.terima kasih dokter.(081215874240)

  10. johan says

    salam dok, umur sy 27 thn keluhan sy di kelenjar submandibula sering membengkak apabila kurang minum (tepatnya saat ludah agak kental) dan juga saat mengkonsumsi makanan yg asam ataupun pedas . kelenjar yg bengkak tidak sakit dan akan mengempis dengan sendirinya apabila banyak minum air putih. Apakah ini termasuk tumor dok. sy sangat takut apabila menjalani operasi sebab sy hanya seorang buruh. apakah ada alternatif lainnya dok? termasuk apakah penyakit sy ini dok? terima kasih..

    • Dokter Bahar says

      Pakai BPJS Mas.

      • johan says

        maaf dok, kalau boleh tau penyakit yg sy alami ini termasuk tumor atau penyumbatan saluran kelenjar ludah dok? terima kasih banyak..

        • Dokter Bahar says

          Mungkin infeksi atau batu di saluran air ludah.

          • johan says

            Dok, terima kasih banyak telah merespon pertanyaan sy.. Tuhan berkati..

  11. ahmad says

    siang dok,umur saya 20 tahun,akhir2 ini dibawah lidah saya muncul benjolan kecil,benjolannya lunak bahkan saya sampai memecahkannya karena cukup mengganggu saya ketika berbicara,tetapi setalah beberapa hari benjolan itu tumbuh lagi.mohon saran dan petunjuk dari dokter,atas bantuannya sama ucapkan banyak terima kasih.

    • Dokter Bahar says

      Sebaiknya ke dokter bedah untuk diangkat keseluruhannya hingga tidak tumbuh lagi.

  12. asila says

    saya mengalami bengkak kelenjar air liur sejak setahun yang lalu…namun ianya tidak membesar…pada awal February 2014 saya telah melakukan ultrasound, & saiz menunjukkan besar bengkak 2.2cm. sehingga kini ianya tidak membesar atau sakit…pada 28 march baru-baru ini, saya telah melakukan proses FINE NEEDLE ASSISTANT…& doctor telah mengesahkan ianya bengkak yang tidak berbahaya tetapi perlu di buang….bolehkan saya tahu, bagaimanakah bentuk pembedahan tersebut…adakah saya perlu melalui minor surgery ataupun major surgery…

  13. billy says

    dok saya mau tanya nih. di bawah dagu sebelah kanan saya ada jendolan dok. jendolannya pertama kecil dok tapi sekarang agak membesar dok. seperti gambar nomor 5 dok. itu kenapa yaa dok? apa perlu dioperasi dok? apa ada obatnya dok selain di operasi?

  14. Chaerul A says

    Dok, di pipi kanan saya (tepatnya di kelenjar ludah) agak bengkak tetapi tidak terlalu besar, sedangkan di kelenjar ludah pipi kiri saya juga bengkak tapi bengkaknya agak sedikit besar dibanding dengan yg kanan, dan ada jendolan dibawah telinga kiri yg bisa digerakan ketika dipegang, tetapi kedua jendolan dikelenjar ludah kiri dan kanan saya sama sekali tidak sakit, ini kenapa yah dok?

    • Dokter Bahar says

      Mungkin infeksi kelenjar liur dengan pembesaran kgb leher. Segera ke dokter bedah mas.

  15. zainuri says

    dok.. umur saya 21th. r liur di bawah lidah saya seluar nanah dok.. dan di bwah lidah sebelah kiri membengkak.. kira” kenap dok?

  16. zainuri says

    dok.. umur saya 21th. saluran liur di bawah lidah saya seluar nanah dok.. dan di bwah lidah sebelah kiri membengkak.. kira” kenapa dok? mohon petunjuknya..

  17. tutut puri says

    dok..saya mnglami bengkak pipi disblah kanan..ini udah terjadi slma 4 x dalam sebulan terakhir..
    mulanya hanya seperti bentol kecil gatal sperti kena ulat bulu tp lalu kemudian membesar…
    pipiny rasay seperti mw pecah..
    dr kemaren kalo seperti itu saya langsung kedokter
    ato biasanya kalo dikompres ato minum obt dr dokter langsung kempis tp kalo ini tidak ad perubahan
    bengkaknya diarea kelopak mata sblah kanan sampai kehidung tp hanya dibagian pipi atas saja dok dr td malah skiar jm 8 an smpai skrg belum ada bedanya
    sayaa takut dok…
    mohon penjelasany dok
    terimakasiih

  18. kiki says

    Dok antibiotik apa yg bagus buat tumor parotis dok?

  19. pak da says

    dok sy rasa ad benjolan kecil d bawah dagu..adakah itu bengkak bening getah

  20. asila says

    apakah beza antara bengkak & tumor kelenjar air liur ? adakah mempunyai definisi yang sama atau berlainan ???

    • Dokter Bahar says

      bengkak itu adalah tumor. Yang perlu dibedakan ialah apakah bengkak itu karena infeksi, tumor jinak atau tumor ganas.

  21. Tina says

    Dok, telinga kiri bawah saya kadang terasa cenut2. kalau dibuat bicara agak banyak, keluar bau yang menyengat seperti bau kimiawi yang bikin mual, kadang disertai lendir kental cenderung mengeras berwarna putih kecoklatan.
    terkadang juga keluar dari hidung dengan lendir pekat berwarna putih atau kadang cairan bening dengan bau yang serupa.
    Yang sangat menggangu adalah bau yang sangat menyengat hingga bikin mual. beda dengan mau mulut biasa.
    Bbrp dokter tht menyarankan foto sinus, tapi selalu hasilnya bersih.
    Apakah kemungkinan berhubungan dengan kelenjar air liur Dok?

    • Dokter Bahar says

      Jarang. Sudahkah ke dokter THT?

      • Tina says

        Sudah beberapa kali ke dokter THT yang berbeda dok. dan selalu dianjurkan untuk foto Sinus. tapi hasil foto selalu bersih.
        Hingga sekarang masih sering keluar bau menyengat baik dari hidung kanan maupun dari rahang kiri.
        (bau tidak menyebar keluar/tidak tercium lawan bicara)
        Bau ini keluar kadang disertai lendir kalau terlalu banyak digunakan berbicara agak keras.
        Bagaimana ya dok?

  22. Dedi Andrianto Kurniawan says

    dok saya punya kebiasaan mengembungkan pipi … dengan sangat keras …. imbasnya kelenjar parotis saya bengkak dan sangat sakit …. mohon saran penanganannya bagaiaman ya dok ………… obat apa yang harus saya konsumsi? sejauh ini saya hanya minum antibiotik, painkiller dan anti pembengkakan

    • Dokter Bahar says

      Tidak ada hubungan antara kebiasaan itu dengan tumor parotis. Mengenai obat tentu saja tumornya itu (parotis) harus diperiksa dulu. Sesudah mengetahui penyakitnya baru ditentukan obatnya.

  23. silvia lim says

    Dok kemarin saya abis operasi amandel dan operasi bintik2 apa gtu Dok. Lalu sehabis operasi Lidah saya sebelahnya bengkak terus ada putih2 disamping Lidah yg bengkak. Itu gimana ya dok

    • Dokter Bahar says

      Sering terjadi Bu, mungkin ada perdarahan kecil. Kontrol ke dokter yang melakukan operasi ya.

  24. sepriani says

    dok, saya mau tanya di leher sebelah kanan bagian samping leher saya ada benjolan besar, dulunya kecil (tahun 2006) beberapa tahun kemudian menjadi besar tetapi tidak ada rasa sakit. saya sudah periksakan melalui disuntik n diambil cairannya hasilnya itu kelenjar air liur tapi belum di ketahui pastinya apa itu jinak atau ganas, dokter tempat saya konsultasi mengatakan harus diangkat setelah diangkat baru di periksa n menunggu hasilnyas selama 2 minggu. pertanyaan saya apakah saya harus mengoperasi dulu baru diketahui itu jinak atau ganas, atau adakah pemeriksaan yang tidak mesti harus operasi terlebih dulu namun kita bisa mengetahui bahwa itu jinak atau ganas… ditunggu balasannya ya dok.. thx before

  25. Rina says

    Dok… saya mulai bulan Maret 2014 s/d bulan Juli 2014, mengalami infeksi kelnjar air liur, berbagai resep dari dokter THT saya coba namun tidak ada perubahan, tidak terasa sakit namun saat makan timbul benjolan di bawah rahang kanan, apakah sy harus operasi atau ada referensi obat herbal lain yg bisa sembuh, apakah kalo di ambil suntikan jaringan bisa di ketahui pasti jenis ganas atau jinak nya dok,? terima kasih

  26. Ruth says

    Pagi Dokter Bahar, saya mau tanya, apa sebenarnya penyebab kista parotis? Krn saya di suspect penyakit tersebut. Trm kasih

  27. wahyudin suprapto says

    dokter pipi kanan aku bengkang dia akibatkan karna apa yah

  28. anca says

    Dok, ada benjolan dibawah lidah sya kira kira sebesar kacang bening dan ujung benjolannya berwarna putih, setiap minggu selalu ada 2 kali proses mengempis dan tumbuh kembali. Bagaimana dok kira kira tindakan yang bagusnya?

1 2 3



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.