Skip to content


Tahi lalat: Kapankah harus operasi?

Ayu

Perhatikan dua tahi lalat di dagu Ayu.

Aneh berbicara tentang simbol kecantikan ini. Demi nama itu ada yang ikhlas membayar mahal untuk menghilangkannya dan ada pula yang meminta pembuatannya.

Kecuali bila mengganggu, menyarankan operasi akan merisaukan. Ia mengganggu bila rambut masuk kedalam tahi lalat (lihat gambar). Pada gambar terlihat rambut tumbuh tepat diantara tahi lalat. Nyeri yang disebabkannya akan merelakan operasi.

Tapi bila tidak demikian kenapa harus operasi? Apakah manfaatnya? Bukankah ia sudah ada sejak masih bayi? Bukankah ia menambah kecantikan?

Tahi lalat adalah tumor jinak. Ia disebut juga nevus yang dalam bahasa Latin berarti tanda lahir. Namun, walaupun jarang sekali ia dapat berubah menjadi tumor ganas dan disebut melanoma. Angka yang sebenarnya tidak diketahui tapi suatu penelitian menyebutkan bagi kaum yang berkulit hitam berumur diatas 75 tahun adalah satu dalam 2000.

Rambut menusuk kedalam tahi lalat

Melanoma adalah kanker kulit yang paling ganas. Ia mampu bermetastasis baik melewati pembuluh limfe ataupun darah. Dan yang paling mengkhawatirkan adalah kemoterapi dan ataupun penyinaran  jarang berhasil. Satu-satunya yang memberikan harapan adalah operasi.

Karena operasi yang hanya bisa dihandalkan maka melanoma harus diangkat secepatnya.

Tapi kapankah?

Melanoma stadum dini

Operasi harus dilakukan sedini mungkin yaitu ketika tahi lalat mengalami perubahan bentuk yang diringkas dan dimudahkan dalam ABCDE.  A,  Asymmetry atau tidak simetris; B, Borders (irregular), batasnya tidak teratur ; Color (variegated), warnanya beragam; Diameter (greater than 6 mm (0.24 in), diameter, besarnya lebih dari 6 mm dan E, Evolving over time, tambah lama tambah besar.

Di gambar terlihat suatu tahi lalat yang telah ada sejak lahir. Di usia 60an tahun ia menjadi A, tidak simetris; B, batasnya tidak teratur, C. ada variasi dalam warna; D. membesar dan E. tumbuh terus.

Dalam keadaan ini penyembuhan dapat diharapkan.

Manfaat operasi tahi lalat adalah meyakinkan bahwa ia tidak berubah menjadi melanoma.

Pertimbangan berikutnya adalah: ia layak operasi karena dapat dikerjakan dengan aman. Waktu yang tepat adalah sesedera mungkin saat timbulnya gejala ABCDE. Jenis operasinya pun cukup biopsi eksisi dengan resiko minimal. Pengobatan lain hanya diperlukan bila terbukti ganas. Dan di tarif rumah sakit ia termasuk dalam golongan sedang bila bius umum dan kecil bila bius lokal.

Posted in Kulit, Onkologi.

Tagged with , , , .


613 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. ria simanjuntak says

    dok,,,saya punya tahi lalat dihidung sebelah kiri,,semakin lama semakin besar dok,,,aku mau tanya,,temat operasi daerah jakarta timur dimana ya dok dan berapa kira” biayanya,,,tolong balas ke emailku ya dok,,,trimakasih

  2. Asyifa fauziyah says

    Dok kalau operasi tahi lalat di daerah bekasi atau cikarang dimana dok????

  3. Muthia Nafisa says

    Assalamualaikum wr.wb bila mau operasi tahi lalat kira-kira berapa biaya aya?

  4. Dian says

    Dokter, saya berencana untuk menghilangkan tahi lalat di wajah, saya sudah kirim email, mohon dibalas.
    Terima Kasih

  5. pradnya devi says

    Lalu . Bagaimana dengan tahi lalat yg kecil2 tp tdk timbul ??
    Tahi lalat yg kecil tp banyak jumblahnya sungguh mngurangi percaya diri . Aplg yg tumbuh di wajah. Apa tahi lalat sprti itu bsa di oprasi dan dihilangkan ?

    • Dokter Bahar says

      Tentu saja bisa dihilangkan dengan operasi. Tindakan operasi untuk tahilalat yang tidak dicurigai akan ganas bersifat kosmetik atau untuk keindahan.

  6. wafa awalania says

    Dok saya mau hilangkan thi lalat di pipi brpa hrgnya n d mna tmpt.ny

  7. dede melt says

    dok saya mau buang tahi lalat yang cukup besar di samping hidung , dan makin besar kira2 brp biaya nya ya dok . kira2 besar nya seperti ini ( 0 ) dan menonjol warna hitam

  8. gustiawan says

    dokter saya irwan,rencana mau mengilangkan tahilalat. Boleh minta princian biaya & alamat lengkap perakteknya.

    • Dokter Bahar says

      Datang saja dulu ke Klinik Jaya Abadi, Jl Buah Batu n0 245, Bandung tel 7311012 Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat; jam 18.30 sp selesai. Baru sesudah itu dapat diberikan perinciannya.

  9. reny susanti says

    Dok bedanya operasi dan eksisi tahi lalat apa ya dok? Saya bingung konsul awal mending dokter kulit atau dokter bedah?

  10. susi says

    Dok sakit ga ya kira kira operasinya karna saya pobia dengan namanya operasi

    • Dokter Bahar says

      Kalau bius umum tidak sakit, bius lokal sakit waktu disuntik saja

  11. ary juli says

    Brpa kalau mau operasi menghilangkan tahi lalat dok?

  12. izal says

    dok gmana carna mencukur bulu tahi lalat biar ga tubuh banyak, cz pernah ke cabut satu eh malah tibul dua, tahi lalatnya ada di pipi kiri ??

  13. aan says

    dok, kalo obat yg bisa ngilangin tai lalat yg agak menonjol ada ga? Soal’a sy msh pelajar, klo oprasi sy ga brani minta ke org tua

    • Dokter Bahar says

      Nggak ada.

      • aan says

        dok sy cari di internet ada obat’a nama obat’a swiss paris lotion, harga’a 150 rb 1 botol 8 ml, ada ijin bpom trus ada cara pemakaian, garansi, sama foto” pasien sebelum dan sesudah pakai. Sy liat smua’a berhasil bersih dan ga ada bekas. Tolong dokter cari di internet dan baca secara jelas. Minta saran’a dok, sy mau nyoba obat itu

        • Dokter Bahar says

          jangan percaya. Lebih baik ke dokter ortopedi.

          • aan says

            mksd’a dokter ortopedi untuk konsultasi?

          • aan says

            apa dokter udh liat obat yg sy mksd?

  14. putra says

    Dok, adik saya ingin menghilangkan tai lalat di pipi kirinya, kira2 berdiameter 6cm dgn bentuk bulat.
    Kira2 bisa di buang gak yaa ?
    biayanya berapa dok ?
    trima kasih sebelumnya

    • Dokter Bahar says

      Sebesar itu mmerlukan operasi plastik. Coba Anda ke dokter bedah plastik.

  15. shinobi says

    Dok,saya ingin nanya…saya punya tahi lalat di
    bawah hidung tapi punya keloid jika tahi lalat di operasi gimana dok

  16. ryan says

    Malam dok,saya mau operasi tahi lalat letaknya dibawah kuping,kira2 brp biayanya dan utk ditangerang selatan dmn rs utk oprasinya. Trims dok.

  17. heny says

    Maaf Dok mo tanya kira kira brp biaya buat ngilangin tahi lalat
    Sebesar krg lbh kacang ijo mentah , posisi nya di atas bibir sblh kanan
    Mohon info nya, tks banyak Dok

  18. selly says

    Dok, saya nau tanya hilangin tahi lalat bagusan operasi bedah atau di laser co2 ya ?
    Saya soalnya punya tahi lalat di bwah mata
    Terima kasih.

  19. siti nurpiyanti says

    Dok,saya wktu kecil pnya tahi lalat di leher,sy kan jijik lhtnya sempet mau digunting. Sempet berdarah malah jadi dua,skrng dah sy dah dewasa tahi lalat jadi agak gede sbsar kacang ijo,mau dioperasi brpa ya kira” biayanya?

  20. Far says

    dok, saya punya 10 tahi lalat kecil diwajah, paling besar ukurannya diameter 1 cm, berapa kira2 biayanya? mohon dibalas, terimakasih

  21. febri says

    Dok kalo tahi lalatnya sebensar o dan menonjol.. bulat.. saya malu,, jadi selama ini.. saya tutupin pake poni.. letaknya di jidat kanan.. kira2 biaya nya berapa ya??

  22. Novia Nurhidayah says

    Dok kalau tahi lalat tumbuh/hidup tapi dia didalam kulit itu bahaya kah dok? Kalau mau operasi sebaiknya konsul ke dokter kulit dulu atau langsung dokter bedah?

  23. unknow says

    email dokter apa?

  24. unknow says

    saya punya tanda lahir hitam di tangan tumbuh bulu bulat diameter 4cm , bisa dihilangkan engga dan berapa harganya?

  25. Farih Alfinia says

    Dok kalau tahi lalat diantara 2 mata atau dibawah jidat ya gak lumauan bsar sih dok..tp sdikit2 membesar..biayanya kira2 brapaya dok?

  26. wizy says

    Dok, sya mau nya, sya punya tahi lalat di sebelah kiri pipi dan semakin lama semakin besar, dan kadang2 berasa perih tiba-tiba dan gatal, apa itu termasuk berbahaya, tolong srannya terima kasih.

1 4 5 6



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.