Skip to content


Puting susu basah: Kapankah operasi?

gb 1 saluran kelenjar susu

Kankerkah? Kata yang menyeramkan itu datang tidak terlelakkan ketika Putri menyadari keluarnya cairan dari puting susu. Bukankah ia belum menikah? Haruskah operasi? Tapi apa yang mau dioperasi, bukankah tidak ada tumor? Ia selalu melakukan periksa payudara sendiri. Penyakit apakah ini?

Keluarnya cairan dari puting susu itu disebut nipple discharge atau puting susu basah.

Bahwa puting susu mampu mengeluarkan cairan mudah dimengerti karena ia merupakan muara dari saluran penyalur air susu ibu yang dibuat oleh kelenjar susu.

Kelenjar susu (gambar 1) terdiri dari: 1. Alveolus, suatu kantong kecil yang berisi sel penghasil susu yang tersusun di jaringan epitel (tidak terlihat dalam gambar ini); 2. Lobulus (no 3), kumpulan alveolus; dan 3. Duktus, saluran yang mengalirkan air susu dari lobulus. Air susu mengalir dari hulu (no 2); ke hilir, sinus (no 5); dan bermuara di puting susu (6). (http://en.wikipedia.org/wiki/File:Dissected_lactating_breast_gray1172.png

Rangkaian ini disebut juga kelenjar susu sederhana (gambar 2).

Seperti halnya dengan alat tubuh lainnya, payudara tumbuh untuk mempersiapkan dirinya memberi bayi makanan. Suatu penyimpangan pertumbuhan akan membuat alveolus berfingsi sebelum waktunya. Tentu saja susu prematur itu akan keluar lewat puting susu. Ia bisa spontan dimana cairan dapat keluar tanpa disadari atau sebaliknya hanya bila dipijit. Ia bisa menganggu karena keseringan atau sesekali saja. Penyimpangan yang normal ini tentu tidak memerlukan operasi.

gb 2 tumor intra duktal di kelenjar susu sederhana

Berbeda halnya bila bersamaan dengan basahnya teraba tumor. Pada gambar 2 terlihat beberapa posisi tumor di dalam saluran susu. Karena di dalam saluran itu dia disebut tumor intra ductal. Biasanya bila tumor ini dipenjet, akan keluar cairan dari puting susu.  Wakaupun umumnya jinak, perlu dilakukan operasi untuk meyakinkannya.

Bila tumor menembus dinding saluran yang tentu saja mempunyai pembuluh darah, maka darah ikut disalurkan lewat puting. Sekarang kemungkinan jinak dan ganas menjadi seimbang, Nah karena itu adanya cairan berwarna merah memerlukan operasi untuk meyakinkan bahwa tumor itu jinak.

Jadi bila operasi dilakukan bila teraba tumor dan atau cairan puting berwarna merah.

Posted in Onkologi, Payudara.

Tagged with , .


7 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. uni says

    Aq sdh operasi tp dokter tdk mengatakan apa benjolan tsb ganas atau jinak, akan tetapi stlh setahun oprasi terkadang sy merasa nyeri dan kadang2 pula keluar cairan berwarna kuning yg menempel pd bra sewaktu bangun tidur di pagi hari. Keluarnya cairan jga terjadi hnya pada waktu malam hari

  2. reva agahta says

    apakah puting susu bisa di operasi??

    • reva agahta says

      dan apakah aman??

  3. Vvie permana says

    Kemaren waktu bangun tidur siang payudara saya di bagian puting ny keluar cairan.di pecet keluar caira kaya susu..tpi sya gk hamil.bila di raba tida ada benjolan apa pun.

  4. winarsih says

    dok, saya memiliki kista payudara sebesar 7 mm x 6,3 mm, bagaimana penanganan yg tepat untuk kista saya?

    • Dokter Bahar says

      Periksa dulu ke dokter bedah onkologi. Bila mencurigakan tentu harus biopsi.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.