Skip to content


Pembesaran kelenjar getah bening: Haruskah operasi?

Tema utama dalam 416 komentar akan pembesaran kelenjar getah bening (KGB) di situs kita adalah operasi. Apakah memang diperlukan? Apakah bisa hilang dengan sendirinya? Bisakah hanya dengan biopsi jarum?  Amankah?

Kita gunakan lagi tujuh pertimbangan ini untuk memahaminya. Mereka adalah: 1. Apakah operasi itu bermanfaat?; 2. Apakah kelainan itu layak untuk dioperasi (operable)?; 3. Kapankah waktu yang tepat untuk melakukan operasi; 4. Jenis operasi apakah yang sesuai?; 5. Apakah resiko operasi itu? 6. Apakah diperlukan pengobatan lain selain operasi dan kalau ada bagaimanakah urutannya?. 7. Berapakah perkiraan biayanya?

Namun sebelumnya ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang pembesaran kgb.

Kecil jadi kawan besar jadi lawan. Begitulah kgb, kala tidak teraba sangat penting untuk pertahanan tubuh. Mereka tersebar dalam kelompok yang dapat disebut sebagai pos pertahanan regional atau sentinel node (lihat gambar).

Peta pertahanan regional tubuh

Gb 1Distribusi kgb

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/66/Lymphatic_system.png

Ketiak adalah pos pertahanan regional bagi kulit dada termasuk payudara dengan lengan; lipat paha, tungkai bawah; leher, kepala; dada, paru-paru dan alat  tubuh lainnya dalam rongga dada dan perut,  usus dan alat tubuh lainnya dalam rongga perut dan panggul termasuk reproduksi wanita.

Pembesaran kgb adalah alamat kegagalan pertahanan baik karena serbuan dari luar ataupun suatu kejadian luar biasa didalamnya. Serbuan itu dapat berupa infeksi dari luar ataupun kanker baik dari luar atupun dalam. Misalnya pembesaran kgb ketiak dapat disebabkan infeksi atau metastasis kanker dari payudara ataupun limfoma yaitu kanker kgb. Perlu pula diketahui bahwa limfoma adalah bagian dari kanker darah.

Karena itu pembesaran kgb dapat dipilah atas 3 golongan. Mereka adalah: 1. Pembesaran kgb karena infeksi akut dan disebut limfadenitis akut; 2.  Pembesaran kgb karena infeksi kronis, limfadenitis kronik; 3. Pembesaran kgb yang belum diketahui sebabnya, limfadenopati. Selain berupa limfoma atau metastasis dari kanker di daerahnya, limfadenopati juga bisa disebabkan oleh infeksi. Ketiga golongan ini mempunyai perbedaan yang mencolok dalam pengobatannya seperti halnya keharusan operasi .

Di artikel berikutnya akan dibicarakan keharusan operasi bagi limfadenitis akut disusul oleh limfadenitis kronik  dan limfoma.

Posted in Kanker lainnya, Onkologi.

Tagged with , , , .


308 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. faisal says

    Slmt sore dok,,,saya mau tanya,,istri saya dileher sblh kanan ada benjolan dan benjolannya itu sudah pecah dan skrg mengeluarkan cairan terus dan lukanyapun skrg sperti daging keluar tpi lembek dan kenyal berwarna merah dok,,, sebaiknya saya hrs periksa kedokter apa ya dok? Berbahayakah benjolan yg sdh pecah dok? Mohon jawabannya dok….trima ksh..!!

  2. lh says

    Selamat siang dok,

    Istri saya menderita kanker payudara triple negatip (stadium 2a/grade2). sudah menjalani operasi pengangkatan payudara kanan dan sdh kemoterapi (2 thn lalu/ Februari 2013) dan rutin kontrol ke dokter onkologinya.
    Pada tahun ke 2 ini, hasil dari usg mammae nya dengan
    Kesimpulan dari USG mammae:
    1. Pembesaran KGB aksila kanan multiple dengan morfologi maligna.
    2. Lesi padat ukuran 8.1x6x7.4mm di arah J6, peripapilla mencurigakan
    maligna
    3. Tidak tampak massa pada bed mamae kanan
    4. Tidak tampak lagi lesi kistik pada periareola mammae kiri.

    Saya mau tanya dokter :
    a. Apakah arti hasil dari usg diatas.
    b. hasil USG no. 1 diatas apakah mengarah ke cancer (posisi pembesaran
    KGB yang timbul adalah didekat bekas operasi pengangkatan payudara
    kanan 2 thn yg lalu)
    c. Apakah pembesaran kgb dapat timbul disekitar dada?

    Terima kasih atas perhatian dokter.

  3. Anggi Ridzaldhi says

    Makasih dok atas semua ilmu nya tentang kelenjar getah bening. bisa digunakan untuk referensi dok hehe. makasih sekali lagi

  4. Firmansyah says

    Dok, anak sy bru brusia 2th sdh di nyatakan trkena kelenjar getah bening stadium 1. Dokter mnyarankan agar utk mngikuti suntik dan penyedotan. Apakah ada cara lain utk mnyembuhkan ny scara total. Apa rebusan daun sirsak bisa menghilangkan pnyakit anak sya.terimakasih. mhon d jwb

1 2 3 4



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.