Skip to content


Pembesaran kelenjar getah bening: Haruskah operasi?

Tema utama dalam 416 komentar akan pembesaran kelenjar getah bening (KGB) di situs kita adalah operasi. Apakah memang diperlukan? Apakah bisa hilang dengan sendirinya? Bisakah hanya dengan biopsi jarum?  Amankah?

Kita gunakan lagi tujuh pertimbangan ini untuk memahaminya. Mereka adalah: 1. Apakah operasi itu bermanfaat?; 2. Apakah kelainan itu layak untuk dioperasi (operable)?; 3. Kapankah waktu yang tepat untuk melakukan operasi; 4. Jenis operasi apakah yang sesuai?; 5. Apakah resiko operasi itu? 6. Apakah diperlukan pengobatan lain selain operasi dan kalau ada bagaimanakah urutannya?. 7. Berapakah perkiraan biayanya?

Namun sebelumnya ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang pembesaran kgb.

Kecil jadi kawan besar jadi lawan. Begitulah kgb, kala tidak teraba sangat penting untuk pertahanan tubuh. Mereka tersebar dalam kelompok yang dapat disebut sebagai pos pertahanan regional atau sentinel node (lihat gambar).

Peta pertahanan regional tubuh

Gb 1Distribusi kgb

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/66/Lymphatic_system.png

Ketiak adalah pos pertahanan regional bagi kulit dada termasuk payudara dengan lengan; lipat paha, tungkai bawah; leher, kepala; dada, paru-paru dan alat  tubuh lainnya dalam rongga dada dan perut,  usus dan alat tubuh lainnya dalam rongga perut dan panggul termasuk reproduksi wanita.

Pembesaran kgb adalah alamat kegagalan pertahanan baik karena serbuan dari luar ataupun suatu kejadian luar biasa didalamnya. Serbuan itu dapat berupa infeksi dari luar ataupun kanker baik dari luar atupun dalam. Misalnya pembesaran kgb ketiak dapat disebabkan infeksi atau metastasis kanker dari payudara ataupun limfoma yaitu kanker kgb. Perlu pula diketahui bahwa limfoma adalah bagian dari kanker darah.

Karena itu pembesaran kgb dapat dipilah atas 3 golongan. Mereka adalah: 1. Pembesaran kgb karena infeksi akut dan disebut limfadenitis akut; 2.  Pembesaran kgb karena infeksi kronis, limfadenitis kronik; 3. Pembesaran kgb yang belum diketahui sebabnya, limfadenopati. Selain berupa limfoma atau metastasis dari kanker di daerahnya, limfadenopati juga bisa disebabkan oleh infeksi. Ketiga golongan ini mempunyai perbedaan yang mencolok dalam pengobatannya seperti halnya keharusan operasi .

Di artikel berikutnya akan dibicarakan keharusan operasi bagi limfadenitis akut disusul oleh limfadenitis kronik  dan limfoma.

Posted in Kanker lainnya, Onkologi.

Tagged with , , , .


302 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. Adi says

    Dok saya ad benjolan di pangkal paha atas,kanan kiri ada,sebelumya sya terserang penyakit sifilis,sya udah berobat di suntik obat penisilin selama 14hari,yang jadi permasalahan saya apa ga berbahaya pembekakan kgb di biarkan,apakakah bertanda kalo sifilis sya blum sembuh.

  2. Rudy TS says

    Salam Dokter. Sebelumnya sy ucapkan terima kasih atas hadirnya situs ini.
    Saya ada pertanyaan, istri saya 26 th, terdiagnosa kgb dan hrs minum obat selama 6bln. Namun setelah konsumsi obat hampr 2 bln, benjolannya justru semakn besar dan merah sepert bisul mau pecah. Lalu kami coba berdiskusi dengan dokter lain dan di sarankan unt dioperasi.
    Pertanyaannya:
    1. Kira2 apa penyebab benjolan semakin besar meski sdh mnum obat?
    2. apa ada indkasi penyakit lain?
    3. apa perlu segera dioperas, krn sy jg khawatir dengn pengaruhny setelah operasi?
    4. mohon izin unt konsultasi via telp krn domisili di pekanbaru?
    terima kasih atas jawaban dokter.

    • Dokter Bahar says

      1. Kira2 apa penyebab benjolan semakin besar meski sdh mnum obat? Mungkin saja bukan karena TBC. Jadi perlu biopsi untuk memastiannya.
      2. apa ada indkasi penyakit lain? Banyak sekali
      3. apa perlu segera dioperas, krn sy jg khawatir dengn pengaruhny setelah operasi?
      4. mohon izin unt konsultasi via telp krn domisili di pekanbaru? SMS dulu ya

  3. Erna says

    Saya Erna, 34 tahun. Tahun lalu saya didiagnosa TB kelenjar…hasil biosi eksisi dok…sudah pengobatan 9 bulan, tetapi benjolan belum hilang atau mengecil…
    1. apa perlu diangkat?
    2. benjolan ada di 4 tempat berbeda, jika diangkat apa harus semuanya?
    3. apakah operasi semacam itu bisa dilakukan sekaligus?
    4. apa akibatnya kalo tidak diangkat dok…terima kasih

    • Dokter Bahar says

      apa perlu diangkat? Perlu
      2. benjolan ada di 4 tempat berbeda, jika diangkat apa harus semuanya? Satu saja
      3. apakah operasi semacam itu bisa dilakukan sekaligus? Tidaki perluy
      4. apa akibatnya kalo tidak diangkat dok…terima kasih, Siapa tahu PA pertama salah.

  4. maria says

    DOK, papa saya ada benjolan di leher sudah cek darah dan ct scan, hasil nya terkena terkena tumor kelenjar getah bening, kira2 di oprasi gmana hasil nya dok? resiko nya bagaimana?

  5. bambang Setiawan says

    Salam Dokter,,,
    Anak saya jenis kelamin perempuan baru berusia 4 bulan..
    Ada pembengkakan di leher hampir sejajar di bawah telinga nya…
    Saya raba2 bengkak itu, sedikit keras dan kenyal..
    Apakah itu termasuk kgb?
    Kalaupun bener kgb apakah harus cara operasi?

    Sblumnya ucapkan terimakasih.

    • Dokter Bahar says

      Periksa dulu ke dokter anak. Dering ketombe atau flu dapat meyebabkan keadaan itu.

  6. rahayu says

    salam doketer ..
    saya berumur 17 tahun ingin bertanya, di leher sebelah kanan saya sejajar dengan telinga ada benjolan waktu itu saya sempat periksa dan kata dokter benjolan itu adalah kgb dokter menyarankan untuk oprasi tapi saya belum berani, sekarang saya menemukan dua benjolan lagi disekitar leher kanan saya dan itu terkadang terasa nyeri .
    apakah dua benjolan yang nyeri tersebut adalah efek dari kgb dok ?
    apakah saya harus segera di oprasi ?

  7. yunisa says

    Dok, saya berumur 24 tahun, saya mengalami penyakit berupa benjolan yg ada di leher saya, saya sdah mengalami penyakit ini selama kurang lebih 2 thn, saya pernah periksa ke dokter saya di diaknosa kelenjar getah bening, tp saya hanya di beri vitamin aja dok, dan di beri macam2 obat, mereka bilang akan mengecil dengan sendirinya, tp kelenjar yg saya alami semakin banyak dok beranak beranak dok, yg membesar semakin banyak, dokter bilang tidak boleh di operasi krna akan ada pembuluh darah yg pecah, tindakan pertama kali yg harus saya lakukan saat ini apa dok, terimakasih.

  8. Feri says

    Salam Dokter.
    anak saya umur 5 bulan mengalami pembengkakan di siku lengan.awalnya bengkak biasa tanpa penyebab dan sampai 1 bulan kemudian bengkak tersebut membesar seukuran telur bebek,berwarna biru lebam.apakah anak saya tersebut mengalami kgb dan berapa lama toleransi pengobatanya,dan langkah apa yang harus kami lakukan dokter?

  9. linda says

    Dok, ibu saya ada benjolan dikepala sebelah kiri kira kira sebesar telur bebek, sdah 5 thn semakin lama semakin membesar. Setelah diperiksa ternyata penyebabnya karna ada benjolan didalam leher ibu saya. Kata dokter benjolan yg didalam leher harus dioperasi terlebih dahulu, setelah itu benjolan dikepala akan sembuh dengan sendirinya. Jika dioperasi adakah resiko atau efek yang fatal nantinya apabila dilakukan operasi dok?

    • Dokter Bahar says

      Benjolan di dalam leher itu banyak sekali jenisnya. Coba tanyakan ke dokter itu apa diagnosanya.

  10. yuni says

    salam dokter…
    2th yg lalu anak sya mengalami benjolan dileher sya periksakn ke dr bedah onk dibiopsi dn hasilnya tb kelenjar dn menjalani pengobatan slm 6bln mmg benjolan itu sdh mengecil dn tdk ada tp benjolan dibwh rahang sblh kanan msh ada sya tanyakn ke dr onk katanya tdk apa2 dn nantinya akn mengecil dg sendirinya sesuai ketahanan tubuh ank sya,stlh brjln 1,5 th benjolan itu ttp ada dn sya periksan lg ke dr onk tp dokter ttp mengatakn sm klaupun pengin tdk keliatan ya dioperasi,yg ingin sya tanyakan klaupun dioperasi apkh tdk berbahya dr.,trmkh

    • Dokter Bahar says

      Walauoun sudah sembuh kelenjar itu tidak akan menghilang tapi mengecil saja.

  11. Fina says

    salam dokter….
    sudah 2tahun saya mengalami benjolan leher kanan, dulu awalnya kecil seperti kelereng, sekarang sdh 2 tahun agak6 membesar, tapi tdk terlalu kelihatan. kadang terasa cekit cekit. sudah dibiopsi 2thn lalu hasilnya diagnosa klinis tumor sub mandibula. pemeriksaan makroskopi : benjolan submandibula dextra, padat kenyal, batas tegas, mokil. Evaluasi sitologi : bentuk sel bulat , tak tampak maligna. Kesimpulan : reachtif hiperplasia ok rx radang. (9 February 2012)
    (tgl 23 February 2012) saya6 USG kelenjar. hasilnya ,
    daerah submandibula dekstra: tampak gambaran soft tissue mass berbatas tegas ellips , dgn ukuran 0, 9 x 0, 6cm. tdk ada hiper- vascularisasi.
    KGB leher : tdk ada pembesaran KGB dileher
    kesan : tdk ada kecurigaan keganansan.
    lalu saya tes CEA hasil kurang dari 0.50 (tgl 1 mei 2012)
    (tgl 24 desember 2013) saya usg Doppler / usg colour thyroid
    tampak pembesaran ringan limfonodi mandibula kanan kiri 10, 1 x 5, 2cm dan 9, 5 x 5, 5 cm. tak tampak intra maupun peri vascular isasi
    echostruktur kedua thyroid normal, homogen, tak tampak masa solid/kistik
    tak tampak klasifikasi, kedua thyroid simetris dextra et dinistra, ukuran normal
    pada Doppler vaskularisasi reguler
    kesan : limfadenopathi ringan submandibula kanan kiri, thyroid dextra et sinistra normal
    tak tampak malignancy

    dok, mohon suggests nya, krn sampai skrg benjolan masih ada , dan terkadang cekit cekit
    apa yg harus saya lakukan? apakah resikonya jika tdk di oprasi ? krn dokter onk bilang biopsi lg, dan dioprasi. tapi dokter radiologi bilang tdk perlu dioprasi. mohon jawabannya dok
    terimakasih

    • Dokter Bahar says

      Ikuti kata dokter onkologi biar pasti penyakit dan obatnya nanti.

  12. Fina says

    salam dokter
    tetapi, menurut dokter umum jika biopsi maka resiko nya membuka selubung benjolan, tapi klo jinak tdk mengapa.
    hanya saja, menurut dokter onk, biopsinya mungkin kurang masuk kedalam, jd diulang
    saya takut dgn resiko nya jika dibiopsi dok
    menurut dokter, dari hasil rekam medik tersebut, apakah termasuk ringan /jinak ?
    lalu, dari tanda2 tersebut apakah perlu diangkat atau tdk ? benjolannya padat, tegas, tdk bergerak, kadang cekit2. apa termasuk jinak ? karna ada yg bilang kalau yg bahaya itu yg berpindah2 dan tdk sakit… ini saya jg ronsen hasil nya menyokong TB paru, tapi konsul ke dokter spesialis paru2 kata beliau tdk apa2, hanya bekas, padahal saya blm pernah pengobatan TB. lalu ini saya tes mantok untuk lbh yakinnya…. mohon dijelaskan ya dok
    terimakasih

    • Dokter Bahar says

      Sebaiknya diangkat semuanya. Sudahkah ke dokter bedah onkologi?

  13. Fina says

    salam dokter
    iya dok, terima kasih suggests nya, insya allah dlm minggu ini akan ke dokter onkologi.

  14. are says

    salam dokter
    saya juga mengamalami kelenjar, tapi tidak membesar dengan teruk,,,setelah sebulan pembengkakan kelenjar semakin menghilang..namun kesannya masih ada iaitu benjolan kecil sahaja dibawah ketiak..adakah kesannya tidak akan hilang dok?

  15. anah says

    slmt siang dok.
    saya anah wanita berumur 17thn. sekitar 4hri yg lalu saya sariawan.. dan dua haru yg lalu gusi blkng saya yg sebelah kiri bengkak. dan tidak sengaja kemaren saya memegang rahang bawh kiru trdapat benjolan kecil sekecil kelereng. tidak sakit.. bisa d gerakan.. namun terasa nyeri. klo boleh tau kira kira knp ya dok? solusinya apa? apakah bahaya? trimakasih dok

    • Dokter Bahar says

      Mungkin pembesatan kelenjar getah bening karena infeksi mulut. Solusinya adalah berobat.

  16. andy prayoga says

    Salam dokter
    Nama saya andy prayoga saya ada benjon disebelah kiri dkt pangkal leher. Dkt sekali dgn tulang selangka, benjolan itu membesar 3 bulan yg lalu. Saya sudah cek darah tapi tidak ada terinfeksi. Menurut hasilnya. Dh benjolan itu juga tidak sakit dh tidak berkembang besar. Hanya saja sebesar itu saja. Dh kelihatan bila di bandingankan dgn sebelahnya.
    Apa saranya dok ??

  17. ara says

    Dok,,saya ara..31 th.domisili d pekanbaru..yg sering saya keluhkan leher bagian kiri sy sring sakit,dan seperti ada benjolan sedikit tp seperti urat yg timbul dok,dan kalau dipencet rasanya sakit, klo kambuh sakit lehernya otomatis gigi,gusi dan kepala bagian kiri terasa sakit juga,cenut2 gtu dok rasanya, dan mata sebelah kiri menjadi mengecil disertai rasa sakit dan tegang, tangan sebelah kiri dan pundaknya ikut terasa, .yg ingin saya tanyakan sy hrs periksa kedokter bagian apa y dok?dan apk ada rekomendasi dokter mna untuk penyakit sy ini..penyakit ini sya sdh rasakan lebih dari 2 tahun dok.tks sebelumnya atas infonya dok…

  18. wahyuni says

    selamat sore dr.Bahar,kelenjar getah bening dileher dibawah telinga agak teraba.hasil biopsi
    aspirasi nodul colli kanan,u/penampang 1cm,batas tidak jelas,padat kenyal,nyeri tekan ringan.mobile,hapusannya mikroskopis tampak sebaran sel-sel radang limposit,sel histiosit,sel basofil,sel eosinofil dan sel blast
    tidak tampak tanda radang specifik maupun keganasaan.
    kesimpulan : Lnn (lymphadenitis chronic non spesific)dengan reactive hyperplasia
    sebelum pembengkakan kelenjar getah bening saya oprasi tiroid
    hasil PA:adenomatus goiter dengan degenerasi kistik

    yg saya tanyakan sebetulnya ini sakit apa?dengan keluhan nyeri,pusing sampai hampir pingsan.apa hrs dioperasi atau pengobatan apa yg hrs saya jalankan belumnya trima kasih

    • Dokter Bahar says

      Ini dua hal yang berbeda Bu. coba periksa ke dokter tht siapa tahu ibu ada infeksi didaerah itu.

      • wahyuni says

        KESIMPULAN dari hasil USG
        tampak lesi hipoechoic diregion kanan posterior,bentuk oval,batas tegas uk.9mm
        1. thyroid tak tampak kelainan
        2. lymph node non spesifik disubmandibula kanan
        3. lesi hipochoic dregion pasterior bentuk oval batas tegas uk.9mm curiga lipoma

        1. maksudnya apa dok.dgn keluhan nyeri leher setiap hari ,pusing
        2. knp hasil biopsi sama usg berbeda?
        3. apa perlu operasi pengangkatan lipoma & apa hrs PA setelah operasi ?

        • Dokter Bahar says

          kalau itu benar lipoma maka tidak ada hubungannya dengan sakit kepala. Nah mungkin Anda mempunyai penyakit yang lain. Untuk memastikan bahwa itu memang lipoma ya harus operasi dan PA.

          • wahyuni says

            kemarin saya MRI sebelum operasi dan batal operasi
            kesimpulan MRI:
            1.tampak multiple pembesaran getah bening diparacervical kanan kiri 0,7 s/d 1,2.tidak tampak necrosis kelenjar
            2.kurve cevical melurus sesuai dg paracervical muscles spasm

            yg saya tanyakan
            hasil usg ada lipoma tp katanya kok otot yg tegang
            benjolannya masih ada
            sebenarnya benjolan ini apa?pembangkakan kelenjar getah bening tidak bahaya
            keluhan badan panas,susah nafas,keringat,jl jauh & bawa barang sedikit kayak kecekik,benjolan depan & belakang nyeri??
            knp hasil usg,biopi,MRI beda?yg buat acuan yg mana

            tolong dibalas sebelumnya terima kasih banyak?
            klu disby ke dokter mana?biar bisa jelas

          • Dokter Bahar says

            Rumah sakit Onkologi Bu.

      • wahyuni says

        KESIMPULAN dari hasil USG
        tampak lesi hipoechoic diregion kanan posterior,bentuk oval,batas tegas uk.9mm
        1. thyroid tak tampak kelainan
        2. lymph node non spesifik disubmandibula kanan
        3. lesi hipochoic dregion pasterior bentuk oval batas tegas uk.9mm curiga lipoma

        1. maksudnya apa dok.dgn keluhan nyeri leher setiap hari ,pusing
        2. apa perlu operasi pengangkatan lipoma & apa hrs PA setelah operasi ?

  19. Hidayati says

    Assalamualaikum dok. Saya Ida 29 th. Saya punya FAM di payudara kanan atas. hasil USG ukurannya 0,9 x 0,34 cm. tapi ketika di USG ternyata ditemukan juga limfadenopati di ketiak kanan dengan ukuran 2 x 0,4 cm. perlu diketahui bahwa FAM tersebut sudah saya rasakan sejak kurang lebih 4 tahun yang lalu, sekitar 1 tahun setelah operasi pengangkatan FAM yang pertama. Yang ingin saya tanyakan adalah apakah limfadenopati itu ada hubungannya dengan FAM yang saya derita? perlukah operasi? Apakah limfadenopati tersebut bisa hilang sendiri? Terima kasih

  20. memey1605 says

    Malam dokter..
    Saya terkena tb kelenjar september 2012 dileher kanan samping,, lalu dokter memberikn obat rimactazid, tibigon dan pyrazinamid. Hny saja utk rimactazid diminum 1x sehari dan seblm makan.. Saya dikatakan kena tb kelenjar stlL biopsi dok..

    SeteLah sekian waktu berlalu saya tetap minum obatnya tp skrg άϑά benjolan yg sakit dileher sebelah kiri tepat sejajar dibwh telinga..
    Apa yg hrs saya lakukan? Apa hrs ganti obat? Sbnrnhya makanan yg spt apa yg hrs saya konsumsi? Maakasih sblmnya Dokter (ˆ▽ˆ)

  21. dian says

    Slmat mlm dok,saya dian..
    Saya mau tnya,suami saya tumbuh benjolan d punggung sebelah kiri,u
    Udah hampir setahun,setelah d periksa …
    Di bilang agar d sedot,apakah itu kelenjer getah bening dok?
    Trma kasih sebelumnya

    • Dokter Bahar says

      Di punggung kemungkinanannya tumor jinak jaringan lunak karena kgb tidak ada disitu.

  22. Veny says

    malam dok, di ketiak kanan saya ada benjolan sejak SMA kira2 sdh 8 tahun yg lalu dan tidak membesar trus tdak nyeri.. Dan tadi sya sdh periksakan ke dokter onkologi, saya tanya penyebabnya beliau blg tdk ada apa2 hanya payudara berlebih dan td jg sudah di cek payudara jg.. Tetapi dokter menyarankan untuk operasi… Apakah perlu dok ?? terima kasih

    • Dokter Bahar says

      Kalau payudara yang berlebih itu payudara asesorius (mammary aberant) maka tidak perlu operasi.

  23. Olivia says

    Dok ,, saya punya benjolan di ketiak kanan sebesar biji salak .. Untuk melakukan operasi saya agak ragu karna saya sedang hamil 4bulan .. Apakah akan baik2 saja kalau saya tetap melakukan operasi dok ?

    • Dokter Bahar says

      Operasi itu harus ada alasannya. Nah apakah alasan operasi tumor anda ini? Bila dicurigai ganas tentu harus dilakukan sesegera mungkin.

  24. Veny says

    Terima kasih dok atas jawabannya.. Maaf dok saya tanya lagi, apakah benjolan di ketiak saya yang disebabkan payudara berlebih ada kemungkinan membesar ? Sewaktu disarankan untuk operasi sebenarnya saya takut dgn perawatan pasca operasi dok.. Trus apa yg hrus saya lakukan dok? Apakah benjolan ini berbahaya?

  25. Teny says

    dok saya ada pembesaran kelenjar getah bening di leher sebelah kiri.
    awalnya hanya diatas dekat kepala. saya periksa ke bagian anatomi, ternyata TBC. saya sudah minum obat selama 12 bulan, namun kelenjarnya tidak kunjung hilang. malah berpindah tempat ke bawah leher. saya bertanya ke dokter ternyata harus operasi. dokter bilang dengan terapi setahun TBC sebetulnya sudah sembuh, jadi benjolan tersebut bukanlah indikator. pertanyaan saya apakah TBC saya sudah benar2 sembuh? lalu apa yg harus saya lakukan? terima kasih perhatiannya.

  26. Teny says

    maaf dok saya bertanya lagi, waktu itu benjolan saya tidak memerah. namun ada yg menganjurkan untuk dikompres dengan air hangat, maka benjolannya akan memecah. saya pun mencoba, kurang lebih 2 hari. dan ternyata jadi memerah, saya takut pecah dan tidak bisa mengatasi dan akhirnya saya hentikan pengompresannya. apa itu tidak apa2 ya dok?

  27. Tedy says

    selamat siang dok, sy mau bertanya, sebelumnya sy terkena amandel, namun karena sy mencoba utk tidak mengkonsumsi antibiotik setelah beberapa hari sy mencoba utk kompres di bag leher dgn air hangat[kadang agak panas], lalu setelah itu ada muncul benjolan di leher, dan leher bag belakang kiri atas, lalu sy minum antibiotik,stlh itu amandel hilang namun benjolan tidak hilang, lalu sy ke THT dan di beri penicilin[amoxilin]+dextafen stlh minum selama 5 hari benjolan tidak hilang juga,lalu berselang 2 hari stelahnya sy tertular batuk+pilek, dan ada muncul 1 benjolan lagi di leher bagian belakang kanan, dan sy pergi ke THT lain, dan kata dokternya di observasi dulu, apakah ini termasuk infeksi KGB atau kanker kah dok? karena sebelumnya tidak pernah muncul sperti ini, atau kah gara2 kompres air hangat[agak panas] di bagian leher sehingga menjadi demikian?

    • Tedy says

      sbg tambahan dok, waktu sy lg minum antibiotik, sy ada latihan push up dan sit up setiap harinya, apakah sebetulnya tidak boleh di lakukan pada waktu minum antibiotik? kondisi sy sendiri, sekarang berat badan ada turun 1-2 kg, nafsu makan dan yg lain2 stabil…

    • Dokter Bahar says

      Tidak ada hubungan antara kompres itu dengan benjolan.

      • Tedy says

        kondisi terakhir hari ini stelah mengkonsumsi antibiotik baru 3 tablet zitrolin,benjolan masih ada, namun kondisi tubuh sudah normal, apakah benjolan tsb tidak apa2 dok? tidak ada pembesaran /pengecilan… besarnya kira2 klo dari luar saja setengah kelereng, klo sy cubit sampai dlm kira2 hampir sprti kelereng kecil, kira2 3/4 nya, apakah kondisi sy baik2 saja dok?

        • Dokter Bahar says

          Kalau masih teraba tentu masih ada, kontrol ke dokter bedah untuk memastikannya.

  28. vina says

    Salam kenal dok ,saya vina usia 23 thn dr sekolah SD sya pny benjoln di sebelah kanan di bawah telinga.dan sy blom pernh periksa .pas sya udh menikah dan pny anak benjoln itu ilang dgn sendirinya dan skrg muncul lg .mlh tmbh bnyk jd 5 benjoln berderet dok .yg di bwahtelinga sgt besar sprti buah rambutn bsar ny .klo yg 4 benjoln itu kcl” .sya musti gmn kmrn sya udh periksa smua fisik mlh mw biopsi py sya takut .bnyk org bilg klo biopsi itu bnyk yg gagal dan nyawanya tak tertolong .sya minta pndpt dok biar yakin klo biopsi itu ga sprti yg org bilg .mkasih dok

    • Dokter Bahar says

      Biopsi itu hanya mengambil jaringan jadi tidak ada yang perlu ditakutkan. Semua pemeriksaan itu mubazir tanpa biopsi.

  29. ica alifiyah says

    Sore dokter, sya ica 32th. sdh seminggu sya ada benjolan dilipat paha kanan kiri. Yg kanan lebih besar dr kiri. Sebelum benjolan itu muncul sy ada perih di bekas jaitan vagina karena abis berhubungan dgn suami. Namun sya sdh basuh vagina sy dgn albhotil. Namun benjolan tersebut blm juga hilang. Itu apa ya dokter. Saya takut itu tumor atau kanker. Mohon bantuanya terima kasih.

  30. ady says

    dok saya mau tanya..apakah memakai sex toys bisa terkena hiv?thx

  31. Khaerunnisa says

    Dok saya memiliki benjolan kecil didekat mata sebelah kiri ,di leher dan di ketiak tetapi saya tidak merasakan sakit apa2 ,apakah itu KGB?

    • Dokter Bahar says

      Mungkin. Kgb itu normal adanya ia hanya membesar bila sakit.

  32. mei says

    Hallo dok.. Saya Mei (34th) sesudah sy melahirkan dan anak sudah berusia 1th.. Di ketiak sebelah kanan dan kiri terdapat benjolan.. Klo ditekan rasanya linu.. Dan membesar sebelum haid.. Sy sudah priksa ke dokter dan usg katanya kelenjar air susu bgmn caranya agar benjolannya hilang? Dan perlukah operasi? Apakah benjolan tersebut yg akan datang bisa menuju kanker? Terima kasih dok

  33. mei says

    Sudah di usg hasilnya kelenjar air susu

  34. Dedi Sunarya says

    assalamu’alaikum
    Dokter bahar, salam kenal
    Istri saya baru-baru ni ada jendolan d sebelah kanan d lehernya,, KGB apa bisa di sembuhkan dgn obat herbal tanpa operasi dok, karna dgn operasi biaya cukup mahal,
    terimakasih

  35. Ratna says

    Dok, lebih akurat mana VC atau biopsi? Apa setelah dibiopsi dan keluar hasil PA kita bisa minta dilakukan VC lagi pada saat operasi?

    • Dokter Bahar says

      Untuk kanker secara umum VC dan PA sama akuratnya. PA lebih rinci.

  36. Ratna says

    Oh ya dok, jika hsl IHK payudara menyatakan saya harus menjalani terapi hormon apakah nantinya saya msh bisa hamil?

  37. risma irmayanti says

    pagi dok,awal februari dileher bawah kiri tiba2 ada benjolan kecil,sblm ada benjolan saya seringgmeriang dan g enak badan,sebulan kemudian sy dianjurkan tes mantoux,dan hasilnya positif tb kelenjar,lalu saya hrs mnm obat paru selama 6bln sy sydah minum obat selama 2minggu,tp benjolannya terasa malah makin besar dan kadang sakit,kt dokter itu gpp krn pengobatannya baru jd blm bs langsung ada hasilnya,apa memang begitu dok? yg ingin sy tanyakan jg bgmn jika sy hamil saat pengobatan?terimakasih dok

    • Dokter Bahar says

      Positiv Mantoux belum tentu TB kelenjar. Sebaiknya biopsi untuk memastikan.

  38. Dewi says

    Sore dok,, kira2 selama dua tahun ini terdapat benjolan kecil dileher saya, dan sekitar sebulan yang lalu ketika saya demam benjolan dileher saya bertambah dan setelah melakukan beberapa pemeriksaan dokter tempat saya berobat sempat menyarankan untuk melakukan biopsi karena diduga TB Kelenjar, namun hal itu belum sya lakukan , setelah demam saya turun benjolan itupun ikut hilang, benjolan yang tersisa hanya benjolan yang pertama tadi, sekarang benjolan itu terasa mengecil,, apakah saya tetap harus melakukan biopsi walaupun benjolannya sudah mengecil dok?

  39. ika says

    Dok saya ada benjolan dileher , setelah di rosen dan cek darah katanya tb kelenjar, apakah benjolannya bisa dihilangkan secara alami? Atau hrs operasii?? Mksh dok :)

  40. Enny K says

    Dok sya wanita usia 30 thn bln OKT ’13 saya operasi karna ada 3 benjolan di leher sisi kiri dgn hasil pemeriksaan lymphadenopathy colli multiple massa 5x4cm, 3x2cm, 2x2cm setelah operasi saya di berikan resep obat TB sekrang jalan 6 bulan. dan ternyata saat ini dileher saya masih ada benjolan , apakah benjolan ini harus diopersi atw dgn minum obat akan hilang dengan sendirinya?? apakah ini tumor ? apakah ini berbahaya?

    • Dokter Bahar says

      Minum obat saja Bu. Benjolan itu hanya bisa mengecil walaupun sudah sembuh.

  41. Enny K says

    saya wanita usia 30 thn dileher sisi kiri saya ada benjolan dengan diagnosa lymphadenopathy colli multiple 5x2cm,3x2cm,2x2cm setalah di operasi saya diberikan resep obat TB skrng jalan 6 bulan , namu setelah operasi si leher kiri saya masih ada benjolan apakah benjolan trsbt harus dioperasi kembali? atau hilang dgn sendirinya krna minum obat? apakah benjolan trsb berbahaya? apakah tumor? tindakan apa yang seharusnya dilakukan untuk memastikan benjolan trsbt??? mohon jawabanya

    • Dokter Bahar says

      Kalaupun sembuh dari TBC, benjolan itu hanya mengecil dan tidak hilang.

  42. Habi says

    Dok, 2 tahun yang lalu saya dioperasi karena diagnosa kelenjar getah bening, setelah operasi benjolan dileher saya hilang, namun sekarang muncul lagi, apakah saya harus dioperasi lagi?

  43. ocik says

    Dok, 1th lalu saya sudah dioprasi kgb dan hasil PA nya jinak, tetapi sekarang timbul lagi, apakah perlu oprasi lagi? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  44. emmi says

    sore dok
    saya wanita usia 36th hampir 3 minggu ini ada benjolan dileher kanan saya dan sepertinya lehernya bengkak juga bulan ini saya blm mendpt menstruasi kira 2 kenapa ya dok, saya pernah priksa kedokter tidak diberi penjelasan apapun tapi langsung disuruh operasi jadi hati saya ga sreg gitu loh dok

    • Dokter Bahar says

      Emmi, operasi itu wajib untuk memastikan jenis penyakitnya supaya bisa diobati.

  45. winanda tria mayora says

    Dok,saya umur 19 tahun wanita. Ada benjolan di leher kanan saya,sejajar dengan telinga. Semalam saya demam tinggi sampai 39,5 . Lalu saya ke dokter dekat rumah. Dokter mengatakan saya kecapean. Tapi benjolan itu dari dulu sampai sekarang semakin membesar. Kadang benjolan itu terasa perih,ngilu. Kira kira itu apa dok? Apakah perlu operasi atau minum obat saja?
    Terimakasih

    • Dokter Bahar says

      Mungkin benjolan itu adalah pembesaran kgb. Pasti panas badan 39.5 itu bukan kecapean. Pasti itu adalah infeksi di suatu tempat di tubuh Winanda. Coba pindah dokter ya.

  46. anna says

    Dok, suami saya ada benjolan di perut 3 dan di dada 1. Yang diperut sudah besar. Dia sering panas, lemes, sembelit dan sakit kepala. Kata dokter katanya harus dioperasi karena ada kanker kelenjar getah bening. Saya khawatir dok, apakah setelah operasi ada efek sampingnya? Dan untuk sembuhnya harus bagaimana? Terima kasih dok

    • Dokter Bahar says

      Tolong diperjelas mas. Benjolan itu dimana letaknya dengan memakai ukuran yang pasti. Misalnya 3 jari jam 15 dari pusat. Keras atau lunak. Bisa digerakkan atau tidak.

      • anna says

        Benjolannya sebesar telur ayam, yg bawah rongga perut sebelah kanan. Disisi lainnya sebesar telur puyuh gitu dok. Lunak gitu dok kayaknya, bisa digerak2an juga dok.

  47. Odi says

    salam dokter, bapak (46) saya sering sakit kepala sebelah tiap hari harus minum obat, kalo ga minum obat rasa sakit itu muncul kembali, setelah di usg ternyata di leher ada benjolan,
    1.apakah itu termasuk kelenjar getah bening?
    2. apakah itu terkena penyakit vertigo? atau
    3. ada jenis penyakit lain nya (tumor atau kanker) dan perlu kah benjolan tersebut di angkat?
    terima kasih dokter.

    • Dokter Bahar says

      Mas Odi, sepertinya benjolan di leher itu adalah rahasia penyebab penyakitnya. Tapi untuk membuka rahasia itu atau mengetahui penyakitnya perlu operasi.

  48. Casdirah says

    salam dokter saya umur 20 tahun laki.laki dan saya ada benjolan di selangkangan paha sebelah kiri dan kalau sore badan saya selalu demam .
    Sya juga sudah ke dokter dan katanya gejala KGB,sudah di kasih obat tapi cuma ngilangin demam doang ..kgb ga sembuh2 gimana solusi ny pak dokter.

1 2 3



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.