Skip to content


Limfadenopati: Haruskah operasi?

Haruskah operasi?

biopsi eksisi

Berbeda dengan limfadenitis, pertanyaan dari pasien limfadenopati tertuju langsung pada manfaat operasi dan bukan penyulitnya seperti bernanah lagi, tidak sembuh-sembuh, masih bengkak dlsb. Namun selain manfaat, para calon operasi perlu mempertanyakan enam pertanyaan lainnya yaitu: 2. Apakah kelainan itu layak untuk dioperasi (operable)?; 3. Kapankah waktu yang tepat untuk melakukan operasi; 4. Jenis operasi apakah yang sesuai?; 5. Apakah resiko operasi itu? 6. Apakah diperlukan pengobatan lain selain operasi dan kalau ada bagaimanakah urutannya?. 7. Berapakah perkiraan biayanya?

1.       Apakah operasi itu bermanfaat?;

Pada umumnya limfadenopati memerlukan operasi.

limfadenopati leher

Sama dengan limfadenitis, limfadenopati adalah pembesaran kgb akibat kegagalan mengatasi gangguan di daerah pertahannya. Perbedaannya terletak pada siapa yang bertanggung jawab atas serangan itu. Teroris limfadenitis datang dari luar tubuh seperti bakteri sedangkan limfadenopati dari dalam. Teroris limfadenopati dapat disidik seperti kanker tetapi dapat juga tidak diketahui. Ia dapat berasal dari setiap lokasi di daerah pertahanannya seperti payudara bagi ketiak ataupun di pos pertahanan itu sendiri seperti limfoma.

2.       Apakah kelainan itu layak untuk dioperasi (operable)?

Limfadenopati dapat dioperasi dengan aman karena batasnya tegas hingga mudah diangkat tanpa merusak jaringan disekitarnya.

3.       Kapankah waktu yang tepat untuk melakukan operasi

Waktu operasi adalah sesegera mungkin di usia remaja dimana sering ditemukan limfoma dan yang lebih tua dengan kemungkinan berpeluang menderita kanker. Anak-anak yang jarang menderita kanker bukan calon operasi.

4.       Jenis operasi apakah yang sesuai?

Pilihan operasi hanyalah biopsi eksisi dengan mengangkat keseluruhan tumor

5.       Apakah resiko operasi itu?

Segera sesudah operasi dapat terjadi perdarahan yang biasanya diatasi dengan pemasangan dren.

6.       Apakah diperlukan pengobatan lain selain operasi dan kalau ada bagaimanakah urutannya?

Pwngobatan lainnya tergantung tergantung atas hasil pemeriksaan jaringan. Bila tidak ditemukan kelainan, tidak ada pengobatan lanjutan. Bila ditemukan limfoma, dipelukan kemoterapi dan atau penyinaran (radiasi).  Bila ditemukan metastasis dari alat tubuh lainnya maka pengobatannya disesuaikan dengan penyakit asal. lain bagi FAM apaklagi tadi sudah disebut bahwa manfaat oeprasi hanya untuk meyakinkan diagnosa.Misalnya kgb ketiak mengandung metastasis payudara maka pengobatannya disesuaikan dengan kanker payudara.

7.       Berapakah perkiraan biayanya?

Biopsi eksisi dengan bius umum termasuk golongan sedang sedangkan bius lokal, kecil.

Posted in Kanker lainnya, Onkologi.

Tagged with , , .


253 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. rosy says

    dokter pembesaran yg di maksud itu masih normal dok?

  2. choifiah says

    Aku juga punya pembengkakan kelenjar kira kira sekelereng dan lunak untuk teman teman yang memiliki kelenjar layaknya aku tidak usah kawatir. Memang awalnya aku takut sekali. Lalu aku membaca banyak artikel dan minum air daun sirsak . Selama 1 bulan full 2x sehari. Setelah 1 bulan full aku meminum daun sisrsak aku datang ke dokter dan memeriksa kelenjataku melalui radiology dan test darah seperti yang di sarankan dokter . Setelah aku melakukan itu semua aku meneyerahkan hasilnya. Alhamdulilah tidak di temukanya virus atau bakteri di darah aku dan kanker itu sendiri. Percaya kalian baik baik saja

    • natasha says

      Cara rebus daun sirsaknya gimana? Sebelumnya kamu pernah periksa ke dokter? Kalo iya kamu dikasih obt antibiotik gk? Soalnya aku priksa ke dokter dan disuruh minum antibiotik dlu. Sebelum priksa aku minum rebusan kulit manggis, nyeri di sekitar leher jd kurang.

  3. alfurot says

    dok saya terdiagnosa limfodenopaty aorta sebelah kiri setinggi l2….apakah harus kemotrapi?

  4. fety says

    dok, suami sy terkena lymfadenopathy colli dextra. apa hrs operasi ?

  5. sheilla says

    Dok saya mau tanya,,suami saya habis op limpadenopaty di leher kiri tetapi sama dokter onkologinya tdk di PA hanya di kultur krn jaringan tdk ada hanya nanah,,yg bikin saya kwatir kl tidak di PA suatu saat ternyata lgs ganas siapa Tau Pasti Jadi Penyesalan knp TIDAK DI PA..

  6. yohan says

    Pemeriksaan yang paling tepat ke dokter apa y? Sy sudah periksa ke dokter umum dan di beri antibiotik, namun benjolan masih ª∂a̲̅ pada ketiak kiri dan kanan

  7. isnaini says

    Dok saya Wanita 27 tahun mengidap pernyakit lepoma (R) axillary
    APA pernyakit ini berbahaya dok
    APA harus dengan jalan oprasi dok untuk menyembuhkan y
    Terima kasih dok

  8. miya says

    ass…wr..wb. dokter yang terhormat..^^
    saya berumur 24 thn , sewaktu saya kecil sekitar umur 10 thn saya menemukan benjolan dileher saya sebesar kelereng disebelah dextra anterior, yang bila ditekan bergerak,dan agak nyeri, sya sering sekali pingsan ketika upacara sekolah maupun ketika jalan” dikeramaian seperti pasar dan oleh ortu diperiksa ke RS dan dilakukan operasi pengangkatan jaringan benjolan tersebut sedikit saja untuk mengetahui penyakitnya. Dan sewaktu operasi ternyata ditemukan ada juga benjolan yang sama dibelakang telinga dextra sehinggga diangkat juga sedikit dan setelah hasil keluar dinyatakan kalau saya mengalami TBC kelenjar. Dan setelahnya saya dilakukan terapi obat lama lebih dari 6 bulan dan terapi sinar pada leher .
    Dewasa sekarang saya menemukan lagi benjolan” seperti dulu, terdapat dileher anterior sebelah sinistra,yang tidak pernah hilang bertahun” sampai sekarang ukurannya kira” sebesar kelereng, yang bilamana saya sedang sakit tiba” membesar kemudian bila sembuh dari sakit kembali keukuran kelereng. Awalnya bagian leher sinistra tersebut yang muncul, kemudian yang lainnya menyusul muncul di depan telinga sinistra, pernah juga dibwah dagu sinistra, dan didepan tenggorokan juga,tapi untuk benjolan” ini hilang dengan sedirinya. Saya sering mudah sakit, sering migran nyerinya selalu dibagian kepala kiri dengan durasi hampir setiap minggu migren dan jika migren menyerang sya merasa fotofobia terhadap matahari,nyeri migrennya kadang membuat saya susah menarik nafas,kalau berdiri tiba” rasanya penglihatan kabur sehingga saya selalu konsumsi obat Bodrex migra.
    Dan seingat saya alm.nenek saya ada menderita TBC paru”, dan nenek saya yang lain juga pernah ada benjolan dileher dan akhirnya pecah dan bernanah. Dan saya pernah tidur sewaktu bayi dengan kedua nenek tersebut. Bapak saya riwayat stroke. Saya takut migren saya juga dapat mengakibatkan saya stroke.

    1. dok menurut anda bagaimana tentang penyakit saya ini?
    2. apakah penyakit sewaktu saya kecil tersebut kambuh lagi atau penyakit saya waktu kecil tersebut yang sudah diobati belum benar” sembuh atau merupakan gejala penyakit yang baru dengan diagnosis yang berbeda?
    3. apakah kemungkinan gejala tersebut mengarah kepada keganasan?
    4. apakah jika dibiarkan akan mengakibatkan komplikasi?
    5. apakah perlu dioperasi lagi atau dilakukan terapi yang lain?
    6. apakah benjolan tersebut berhubungan dengan migren yang sering saya alami?

    saya sangat mengharapkan jawaban dokter…^^

    • Dokter Bahar says

      1. dok menurut anda bagaimana tentang penyakit saya ini? Mungkin sekali TBC kelenjar kambuh kembali atau penyakit lain.
      3. apakah kemungkinan gejala tersebut mengarah kepada keganasan? Pastikan dulu dengan biopsi.
      6. apakah benjolan tersebut berhubungan dengan migren yang sering saya alami? Tidak.

      • miya says

        terima kasih dok.. atas jawabannya maaf jika udah banyak bertanya..>_<"
        dok.. maaf jika saya bertanya lagi karena baru beberapa hari ini muncul benjolan baru lagi, ditengah leher tepatnya ddepan tenggorokan sebesar telur burung puyuh nampak jelas terlihat seperti jakun pada laki" ,
        awal gejalax terasa panas pada benjolannya, tidak ada tanda" peradangan pada rongga mulut dan tidak ada demam. tidak berbahaya kn dok? sakitnya apa yach? bisa kah mengempes dan sembuh dengan sendirinya..

        terima kasih dokter yang baik…^^

        • Dokter Bahar says

          Tentu saja tidak bisa mnghilang dengan sendirinya. Coba ke dokter bedah.

  9. santi says

    Dok saya santi umur 23 tahun

    Saya ingin bertanya:

    Hasil USG saya pada tanggal 4 nov 2013:

    Tampak lesi kistik dengan internal echo, tepi ireguler pada kwadran superomedial kanan ukuran 35×16 mm. Tampak limfadenopati dengan nidus didalamnya pada aksila kanan diameter 7,5 mm, aksila kiri 4,2 mm. Kutis dan subkutis normal.

    Yg mau saya tanyakan apakah penyakit itu dan seberapa bahaya dok…?
    Dan apa pengaruhnya jika sampai sekarang saya belum berkonsultasi lagi ke rumah sakit.

    Saat ini status saya masa laktasi 10 bulan.
    Dan payudara sebelah kanan tidak saya gunakan karna masih ada benjolannya dok.
    Saat masa laktasi 3 bln sudah mengeluarkan nanah. Dan sekarang sudah kering.
    Apakah benjolan itu harus dibuang dok…?

    Dan bagaimana dengan limfadenopati reaktif di kedua aksila saya…?
    Karna dokter yg menangani saya belum menjelaskan tentang itu.

    • Dokter Bahar says

      Yang pasti Anda harus segera berobat ke rumah sakit di bagian bedah onkologi. Nanah bukan suatu hal yang bisa dianggap enteng.

  10. Malbub Aulia says

    Asslkm.Wr.Wb.
    Selamat Siang Dok.

    Ibu saya memiliki benjolan dibagian lipatan paha.
    awalny kecil sehingga disembunyikan oleh beliau, tp setelah kurang lebih selama 3bulan benjolany mulai bertambah besar dan sekarang sdh melakukan pengecekan dari USG dan Cek darah.
    Sehingga ibu saya dinyatakan Limfadenopati TB.
    yang ingin saya tnyakan:
    - Apakah memang hrus dilakukan biopsi dok?
    - Apakah ini termasuk tumor atau hanyak pembekakan akibat infeksi dr TB?
    - Apakah boleh utk melakukan melalui minuman HERBAL yg memiliki AntiOxidant tinggi?
    mohon sekali jawabanya dok.

    Terima Kasih
    Salam Sukses dan Sehat Selalu

    • Dokter Bahar says

      Apakah memang hrus dilakukan biopsi dok? Ya harus untuk memastikan penyakitnya.
      - Apakah ini termasuk tumor atau hanyak pembekakan akibat infeksi dr TB?
      - Apakah boleh utk melakukan melalui minuman HERBAL yg memiliki AntiOxidant tinggi? Boleh tapi manfaatnya tidak jelas.

  11. susi says

    Selamat siang Dok,

    Saya punya benjolan di leher bag belakang sebanyak 3 biji..dan kemaren saya periksa ke dokter umum…dinyatakan limfa denopati…dan diberi obat 4 macam buat 3 hari…apabila dalam 3 hari benjolan tidak mengecil / hilang…masi tetap ato tambah besar benjolannya…harus diangkat..
    Apakah itu suatu keharusan Dok…apa saya perlu konsultasi / periksa lagi ke dokter bedah..
    Mohon dibalas yaa Dok..
    Terima kasih.

    • Dokter Bahar says

      Ya. Kalau tidak mempan dengan obat perlu operasi untuk memastikan jenis penyakitnya.

1 2 3



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.