Skip to content


Limfadenitis kronik: Haruskah operasi?

Kenapa harus makan obat lagi Dok? Keluh pasien dengan limfadenitis kronik yang masih intact, belum bernanah menjadi abses.

Kenapa bernanah lagi Dok? Kenapa tidak sembuh-sembuh? Kenapa masih bengkak Dok? Kenapa operasi? Kenapa tidak dengan obat-obat saja Dok? Keluh pasien dengan kimfadenits kronik yang sudah menjadi abses.

Untuk  melindungi diri dari kekecewaan ini seyogyanya para calon operasi mempertanyakan tujuh pertanyaan ini kepada dokternya. Pertanyaan itu yaitu: 1. Apakah operasi itu bermanfaat?; 2. Apakah kelainan itu layak untuk dioperasi (operable)?; 3. Kapankah waktu yang tepat untuk melakukan operasi; 4. Jenis operasi apakah yang sesuai?; 5. Apakah resiko operasi itu? 6. Apakah diperlukan pengobatan lain selain operasi dan kalau ada bagaimanakah urutannya?. 7. Berapakah perkiraan biayanya?

Apakah operasi itu bermanfaat?;

Limfadenitis kronik memerlukan operasi.

limfadenitis tuberkulosa di ketiak

Pada gambar terlihat suatu limfadenitis kronik di ketiak pada seorang pemuda. Tidak ada tanda-tanda infeksi di daerah pertahanan regional mereka seperti payudara dan lengan. Pengobatan dengan antibiotika gagal dan akhirnya diputuskan untuk biopsi. Hasilnya adalah limfadenitis tuberkulosa.

Sama seperti limfadenitis akut, ia adalah pembesaran kelenjar getah bening (kgb) akibat kegagalan mengatasi infeksi di daerah pertahanan regionalnya. Infeksi yang menyebabkan limfadenitis akut biasanya berbentuk aspesifik seperti beragam kuman atau bakteri sedangkan limfadenitis kronik, spesifik seperti tuberkulosa yang lazim ditemukan di Indonesia.

Dalam hal ini pembesaran kgb akan dirasakan sebagai tumor di daerahnya (leher, ketiak atau lipat paha), multipel (banyak) dan tidak nyeri. Pengobatan biasa dengan antibiotika akan gagal karena penyebabnya adalah kuman spesifik. Tanpa pengobatan yang sesuai maka kgb akan berubah menjadi abses atau bisul.

Maka manfaat operasi pada limfadenitis kronik adalah untuk mengetahui jenis penyakitnya.

Kapankah waktu yang tepat untuk melakukan operasi

Waktu yang tepat adalah sesudah lebih kurang dua minggu pengobatan dengan antibiotika.

Jenis operasi apakah yang sesuai?

Bagi kgb yang masih intact atau belum bernanah, pilihan operasi adalah biopsi eksisi. Bagi yang sudah bernanah dilakukan biopsi insisi atau mengambil sebagian kgb dan mengeluarkan semua nanah yang ada.

Apakah resiko operasi itu?

biopsi insisi

Operasi ini aman dikerjakan dan bila ada kemungkinan pernanahan diatasi dengan pemasangan dren.

Apakah diperlukan pengobatan lain selain operasi dan kalau ada bagaimanakah urutannya?

Pengobatan lain tergantung atas hasil pemeriksaan jaringan sesudah operasi misalnya bila terdapat tanda-tanda tuberkulosa (TBC) pasien harus memakan obat anti TBC paling kurang selama 6 bulan.

Berapakah perkiraan biayanya?

Bila dilakukan dengan bius umum biopsi ini termasuk golongan sedang. Bila dengan bius local termasuk golongan kecil.

Posted in Kanker lainnya, Onkologi.

Tagged with , , .


143 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. phia says

    Dok..
    Sekitar 7 minggu yg lalu, saya merasakan nyeri di leher sebelah kanan saya..
    Awalnya saya kira leher saya keseleo krn sehari sblmnya sy naik motor dan sewaktu itu sy menggunakan tas yg
    Cukup berat, sy selempangkan d leher,shg menekan leher sy, mmg sepanjang
    2 jm Perjalanan itu sy rasakan sakit leher sy ditekan krn tas itu.. Setelah merasakan nyeri,2 hari stlh itu leher sy mengalami pembengkakan,bkn benjolan tp bengkak besar yg awalnya sy kira gondongan.. Bengkak selama 1 minggu sy lgsung ke dokter umum dan d beri obat utk mengurangi bengkak dan antibiotik.. Selama 3 hari, tp bengkak makin besar,nyeri dan skit bila agak di tekan..
    Lalu obat habis, sy dtg k dokter lg, d beri obat lg dan antibiotik slma seminggu,
    Tp bengkak ttp tdk berkurang malah menjadi2, sy ke dokter lg tp kali ini sy k dokter spesialis paru, sbnrnya sekaligus kontrol rutinan krn sy jg sdg menjalani pengobatan tbc paru 6 bln, saat itu sdh berobat krg lbh 1 1/2 bln,dan dokter paru ktkn itu abses krn di tekan nyeri dan memerah srta bengkak tersebut sgt panas,lalu sy d srknkan k dokter spesialis bedah dan di beri lg antibiotik selama 5 hari, stlh itu bengkak tak kunjung mengecil, malah sy merasakan nyeri sperti mau pecah bengkaknya.. Dan dok, slama bengkak itu sy selalu meriang dan demam di siang danmlm hari..
    Stlh 5 hr t’yata bengkak makin memerah dan panas, dokter akhirnya menyarankan utk tes darah,rontgen paru dan usg di leher sy.
    Dan dokter usg sy infokan bahwa bengkak sy tersebut blm mateng dan cairannya blm jd nanah,, hanya mmg harus d operasi.. Dokter spesialis bedah sempat melakukan biopsi halus, tp tdk mendapat cairan apa2, dan di sarankan d rawat dan dilakukan operasi..
    Akhirnya sy operasi.. Dan stlh itu sy trm hasil lab dr hasil operasi trsbt, hasilnya limfadenitis kronik.. Dan skrg sdh 2 minggu kontrol pasca operasi..
    Pertanyaan sy :
    1. Kira2 apakah penyebab infeksi tersebut bs jd krn leher sy yg d tekan tas berat hingga sakit slma 2 jm perjalanan itu? Kalau tidak, lalu krn apa? Infeksi kuman yg dokter maksud itu berasal dari mana?
    2. Apakah krn sy saat ini mengkonsumsi obat tbc paru yg mgkin mjd penyebab infeksi ini? Sy mengkonsumsi obat rifastar 4fdc.
    3. Saat ini, slama sy kontrol dokter mengeluarkan nanah yg tdk habis2.. Sdh hampir 2 minggu..apakah itu wajar?
    4. Kira2 brp lama ya dok, nanah sy bnr2 tuntas dan luka operasi sy mengering?
    5. Apakah pembengkakan KGB ada pengaruh dr makanan yg d konsumsi, jika iya, makanan apa dok?
    6. Apakah mgkn bengkak ini muncul lg kedepannya..

    Mohon pencerahannya dok.. Terima kasih utk perhatiannya dok. GBU

    • Dokter Bahar says

      Phia. satu2 ya. T 1. Kira2 apakah penyebab infeksi tersebut bs jd krn leher sy yg d tekan tas berat hingga sakit slma 2 jm perjalanan itu? Kalau tidak, lalu krn apa? Infeksi kuman yg dokter maksud itu berasal dari mana? J pasti infeksi atau ada kuman yang masuk. Tekanan itu hanya kebetulan saja. T 2. Apakah krn sy saat ini mengkonsumsi obat tbc paru yg mgkin mjd penyebab infeksi ini? Sy mengkonsumsi obat rifastar 4fdc. J Nggak. T 3. Saat ini, slama sy kontrol dokter mengeluarkan nanah yg tdk habis2.. Sdh hampir 2 minggu..apakah itu wajar? J Tidak T 4. Kira2 brp lama ya dok, nanah sy bnr2 tuntas dan luka operasi sy mengering? J Tanpa biopsi eksisi akan lama sekali. T 5. Apakah pembengkakan KGB ada pengaruh dr makanan yg d konsumsi, jika iya, makanan apa dok? J Nggak. T 6. Apakah mgkn bengkak ini muncul lg kedepannya..J Perlu biopsi eksisi untuk menjawabnya.

  2. ribut winarso says

    Dok anak saya umur 22 bulan ada benjolan dileher kanan sudah saya bawa ke dokter spesialis anak dan sudah diberi obat anti biotik dan saat ini benjolan dileher itu sudah mengalami pembengkakan karena pengobatan saya hentikan dikarenakan sulit makan obat.Pembengkakan tersebut sudah mengeluarkan nanah .Bagaimana solusinya apakah harus biopsi insisi ? Dan disebabkan oleh apakah pembengkakan tersebut ? Trim’s atas penjelasannya

    • Dokter Bahar says

      Betul Ribut, setiap nanah harus dikeluarkan sukur kalau bisa dengan insisi.

  3. aini mahabbati says

    dokter yth… anak saya 38 bulan punya benjolan di leher bawah telinga diameter sekitar 0,5 cm. tidak begitu terlihat, tapi bisa diraba, dan bergeser bila ditekan. kata anak saya tidak terasa sakit, dan memang apabila saya tekan dia tidak mengelak atau mengeluh (tanda tidak menimbulkan rasa tidak nyaman).. adanya benjolan juga tidak dibarengi dengan demam atau sakit, dan tidak memerah di permukaan kulit yg benjol.
    saya sudah bawa ke dokter, kata dokter limfadenitis dan disarankan untuk disinar (saya lupa istilahnya). tapi saya tidak yakin karena setelah saya tanyakan pada dokter lain disarankan untuk cek paru-paru karena mungkin berhubungan dengan flek pada paru.
    mohon penjelasan dari dokter, dan saran untuk pengobatan atau tata laksana yang paling nyaman dan tepat untuk anak saya. trims dokter..

    • Dokter Bahar says

      Aini, di umur itu kgb biasa. Mungkin ada infeksi di kepala. Coba ke dokter anak dulu ya.

      • aini mahabbati says

        oke dokter.. trims

  4. mufid says

    dok,saya berumur 19 tahun, ada benjolan di pangkal leher kanan saya. awalnya nyeri di leher dan saya mengra karena posisi tidur saya yang salah. tapi setelah saya raba ada satu benjolan di pangkal leher saya. dulunya cuma satu,tapi setelah beberapa hari benjolannya bertambah menjadi tiga. benjolanya keras,bergerak-gerak jika didorong,dan sakit jika di tekan. kalau riwayat infeksi,dulu saya pernah mengalami infeksi telinga. apakah ini lymfadentitis atau bukan dok??? apa yang harus saya lakukan selanjutnya??? mohon bantuanya dan terimakasih…

  5. UMMI says

    dok, anak saya berumur 11 bulan ada benjolan kecil di belakang telinga dan di kepala. apa itu dok? benjolan membesar, tapi lambat. apabila saya tekan anak saya tidak merasa sakit. apa yang harus kami lakukan? mohon penjelasan dan solusinya. makasi dokter

    • Dokter Bahar says

      Biasanya itu kelenjar getah bening Ummi. Coba cari dulu apakah ada infeksi di kepala dan leher. Selain itu segera ke dokter anak

    • Keke says

      Selamat siang dok,,,saya ingin bertanya tentang pembengkakan kelenjar

      • Keke says

        Selamat siang dok,,,saya mengalami pembengkakan pada leher saya,2 kali saya periksakan ke dokter tapi dokter tdk dapat meraba benjolan tsb AU dokter onkologi menyarankan saya utk USG dan hsl USG adalah lesi hipoechoic oval,tepi licin,tanpa posterior enchancement tampak di regio colli sinistr ukuran 1,02×0,29cm kesan;massa hipoechoic di colli sinistrA DD:limfadenopati colli sinistrA ,,dan saya kembali ke Dr onk dan dianjurkan utk ct scan,,keesokan hari saya ke Dr THT krn ingin mengetahui siapa tau ada masalah dgn THT ,dan waktu dilakukan pemeriksaan di bagian hidung ditemukan pendRahan dan dilakukan endoscopy dan hasil endoscopy kontak bleeding pada rg nasofaring lalu Dr THT menyarankan untuk fna biopsi dan hasil biopsi mikroskopis:hapuskan terdiri dari sel sel limfosit dan sedikit jaringan ikat KeSan:lymphadenitis kronika tidak spesifik,dan saya kembali ke Dr THT dan diberi obat bicrolid ,yang ingin saya tanyakan 1.apakah obat itu dapat menurunkan bengkak yg ada di leher saya mengingat saya hrs minum obat ini selam sebulan, 2,bagaimAnakah jika sebulan meminum obat ini dan bengkaknya tidak turun apakah saya harus melakukan biopsi eksisi?3.apakah saya harus mengulangi fna biopsi 4,apakah ini dapat mengarah ke tumor atau kanker??mohon penjelasannya dok. Krn saya takut sekali dengan penyakit ini,terima kasih

      • Dokter Bahar says

        Makasih Keke sudah dijawab ya. Maaf terlambat.

  6. hiracalya says

    Dok, istri saya berumur 25 thn, mengalami benjolan sudah 1 bulan (mungkin penanganannya termasuk telat, karena dya tidak mau check up sebelumnya – dipikir cuma radang biasa) setelah check up ternyata diagnosa mengatakan limfadenitis granulomatosa, pertanyaan saya
    1. apakah harus diambil tindakan operasi
    2. jika harus operasi apakah efek kedepannya untuk kesehatan istri saya
    3. jika tidak operasi adakah kemungkinan sembuh dengan obat
    mohon penjelasannya. terima kasih Dok.

    • Dokter Bahar says

      Ya Masm biopsi untuk memastikan apakah harus minum obat atau tidak

  7. retno says

    yth dr,keponakan saya setaun yang lalu dapat terapi tb karna terkena tb kelenjar selama setahun setelah pengobatan keluhan demam dan batuk2 sering timbul kembali kata petugas kesehatan harusnya setelah pengobatan bengkak dileher kanan itu akan mengecil tapi setelah dilakukan FNAB ulang hasilnya limphadenitis(jinak),dan ketika dilakukan pemeriksaan foto waters dinyatakan sinusitis apakah penyakit tersebut ada hubungannya dan tindakan apa yang bisa kami lakukan.terimakasih(retno)

  8. tika says

    dokter mohon penjelasannya, saya umur 26 thn , saya sudah 2 bln ada benjolan di leher, setelah di biopsi hasilnya condong proses radang kronik spesifik Tbc. saya udah minum obat rifastar 2 bln, 3 butir sehari, tp semenjak akhir2 ini setelah minum obat terjadi reaksi mual, muntah, serta menggigil. pertanyaan saya :
    1. apa solusinya agar saya tidak merasa mual, muntah, stelah minum obat rifastar?
    2. apakah obt tersebut bisa diganti dengan obat yg lain, tanpa mengurangi sisa pengobatan tb 6 bln? (krn saya udah minum obatnya 2 bln)
    3. bila benjolan di leher mengempes dapatkah menghentikan obatnya?
    4. bolehkah obat rifastar diminum seminggu 2 x untuk bln yang ke tiga?
    terima kasih.

    • Dokter Bahar says

      1. apa solusinya agar saya tidak merasa mual, muntah, stelah minum obat rifastar? Makan obat maag dan makan obat itu sesudah makan.
      2. apakah obt tersebut bisa diganti dengan obat yg lain, tanpa mengurangi sisa pengobatan tb 6 bln? (krn saya udah minum obatnya 2 bln). Bisa coba tanya ke dokter yang mengobati.
      3. bila benjolan di leher mengempes dapatkah menghentikan obatnya? Tidak, cukupkan 6 bulan.
      4. bolehkah obat rifastar diminum seminggu 2 x untuk bln yang ke tiga? Tidak.

  9. davit dwi setiawan says

    assalamualaikum dok,,
    saya mengalami pembengkakan di leher sebelah kanan selama kurang lebih sudah 2 tahunterakhir.
    kira kira selama 2 tahun sampai sekarang berukura sebesar telur ayam.
    tes biopsi, serum, darah, ct scan, semuanya sudah di lakukan, dan tidak ada penunjukan keganasan. tetapi dar semua testersebut juga tidak di ketahui pasti penyebab pembengkakkannya.

    sekarang saya sedang menunggu proses untuk di eksisi, apakah ekcisi itu dok? pengangkatan total atau cma mengambil sample saja??
    terus apakah aman? soalnya saya pernah baca kalaukgb jika di operasi bisa berubah menjadi kanker ganas. benarkah itu dok??

    dan sekarang saya pun jadi bingung. tolong saran sama alternatif nya ya dokk.

  10. davit dwi setiawan says

    dan saya tidakmerasa keluhan sama sekali dokk.. aktivitas tetap normal seperti biasa

  11. davit dwi setiawan says

    ada kemungkinan untuk membesar lagi gak dokk setelah eksisi??

  12. wati says

    dok…saya menderita lymfadenitis kronik habis di FNA.trus saya sdh minum obat sesuai anjuran dokter….tapi kok ng ada perubahan ya….kelenjarnya tetap ng ada perubahan

  13. maia says

    Dok, saya mau tanya. Saya skrg di vonis dokter kena Tbc ringan, dan udah 1 bulan ini minum rifastar 3 kapsul sehari. Tapi kok kaki saya gatal2 ya.. Lalu haid saya jadi terlambat 1 minggu biasanya paling telat 1 atau 2 hr saja. Apakah minum rifastar bisa mengganggu siklus haid ya dok. Makasih

  14. Muhammad says

    ass wr wb.
    dok maaf sblm.nya , langsung saja saya ceritanya, sy terkena benjolan di leher sblh kanan, awalnya hanya sekeceil telur puyuh, lalu disarankan harus di biopsi, stlh di biopsi di lab.PA, sy diberi tahu kalau terkena limfadenitis, dan itu jatanya TBC dok. lalu saya konsultasi lg ke dokter penyakit dlm, stlah diperiksa , sy dibilang TBC pada tulang, dan di beri obat. cuman stelah minum obatnya, bengkak saya makinlah besar, dan nyeri serta mengeras, saya jadi takut dok. kira2 setelah saya minum obat, bengkaknya bisa kempes dalam berapa lama dok ? apakah saya akan bengkak terus begini dok ?

    • Dokter Bahar says

      Perubahan baru dirasakan sesudah beberapa bulan minum obat. Jadi kalau bertambah besar dalam 1 bulan, teruskan berobat.

  15. tia says

    Dok,saya tia (26thn)saya mempunyai benjolan dibawah rahang kanan & kiri…saya tdk tau pasti kpn benjolan itu ada,,tp saya bru menyadari itu pada april tahun lalu..tidak ada keluhan apapun yg saya rasakan,seperti nyeri, atau atau perubahan warna..benjolannya bergerak dok,sebesar biji kelengkeng,,& sampai saat ini ukurannya teteap sama.lalu saya periksa kedokter ENT,,dokternya bilang kelenjar ludah,,& saya dirujuk untuk usg,,dri hasil usg,dokternya mrngatakan akan kempes dgn sendrinya,,& saya diberi terapi antibiotik selama seminggu..tp benjolannya ga hilang dok…saya khawatir & takut,,,desember lalu saya periksa ke dokter internal medicine,,dokter mengatakan semua normal & baik2 saja..tp saya ragu dok…dan dokter jg tidak memberikan saya obat…saya minta diresepkan antibiotik,dokter bilang tdk perlu..akhirya saya minta test darah & usg kembali..hasil test darah semua normal & tdk ada masalah,,hasil usg :
    both parotis and sub-mandibular salivary glands are of normal size and texture with nofocal lesions.
    no stone or duct dilatation seen,,
    bilateral non specific upper cervical lymph-nodes enlargement at right parotid 21×7,9mm,at left 23x10mm all are showing preserved fatty hilumand outher capsule as well as rounding
    index
    both carotid sheaths are free
    normal size and ecopattern of thyroid glands,no focal lesion or cystic nodule
    conclusions:
    bilateral non specific cervical lymphnode enlargement…

    menurut dokter apa bagaimana,dri hasil usgsaya,,&apa yg harus saya lakukan
    oh iya dok..saat ini saya berdomisili di Dubai,,,
    mohon bantuan&informasinya dok…
    terima kasih

  16. tia says

    terima kasih dok..untuk jawabannya…menurut dokter apakah kondisi saya mengkhawatirkan? apakah ada cara lain dok,selain melukai benjolan itu..dan apa yg harus saya lakukan dok..trims

  17. Meta Sarie says

    Dok,thn 2011 sy d nyatakan tb.sy konsumsi rimstar baru 5 bln trus berhenti.thn 2012 saya kumat lagi dan menjalani pengobatan yg ke 2 minum rimstar dan suntik kanamicin selama 60 x.tp sy berhenti jg dok.ada benjolan di leher sudah di operasi.waktu d suntik benjolan mengecil dok.tp krn saya bandel pengobatan berhenti dok.skrg saya mengeluh benjplan d leher tumbuh lagi dok dan nyeri sakit bgt.penhobatan nya apa lg ya dok.troms

  18. Uwie says

    Dok, hasil Biospi saya itu kesimpilannya LIMFADENITIS GRANULAMATOSA, Kemungkinan infeksi Tuberkulosis belum dapat disingkingkan…. itu maksudnya sy terkena TBC ya dok..???

  19. Endro says

    Dok, istri saya umur 36th,,terdapat benjolan di leher sebelah kiri, setahun kemarin udah di operasi tapi skrg tumbuh lg agak besar,,sudah berganti2 obat sesuai petunjuk dokter tapi sampe sekarang nggak bisa berkurang..menurut hasil lab menunjukkan kelompok sel epiteloid yang kadang nampak membentuk pseudotuberkel, limfosit ckp merata dgn sedikit lekosit dan limfosit. Latar blkg eritrosit dgn masa amorf homogen kemerahan & tidak di temukan sel ganas .. kesan proses radang granulomatosa dgn abses.. mohon Dok petunjuknya apa sy hrs operasi lagi ato gimana? Tq

  20. Prima says

    Dokter yth, saya berumur 24 thn, dibelakang daun telinga bagian bawah saya mengalami benjolan, bentuk nya bundar berisi air (seperti bisul), kalau dipegang terasa nyeri dan kadang hangat,. Saya masih ragu apa ini penyakit limfadnitis. Pertanyaan saya, apakah gejala ini adalah gejala limfadenitis? Kemudian, apabila ini memang benar, ke dokter bagian apa saya bisa berobat? Terimakasih untuk kesediaanya menjawab pertanyaan saya. Salam.

    • Dokter Bahar says

      Kemungkinannya begitu Prima. Kgb yang terinfeksi. Coba ke dokter bedah ya.

1 2



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.