Skip to content


Kista payudara Haruskah operasi?

Masih nyeri Dok.

Nyeri sesudah menjalani operasi kista payudara, sumber kekecewaaan pasca operasi kista payudara. Apakah memang ada manfaatnya? Apakah gunanya? Kenapa masih nyeri? Sederetan pertanyaan ini memenuhi pikiran pasien dan keluarga dekatnya.

kista (nomor 11)

Untuk  meredam pertanyaan itu seyogyanya para calon operasi memahami sekurang-kurangnya tujuh pertimbangan yaitu: 1. Apakah operasi itu bermanfaat?; 2. Apakah kelainan itu layak untuk dioperasi (operable)?; 3. Kapankah waktu yang tepat untuk melakukan operasi; 4. Jenis operasi apakah yang sesuai?; 5. Apakah resiko operasi itu? 6. Apakah diperlukan pengobatan lain selain operasi dan kalau ada bagaimanakah urutannya?. 7. Berapakah perkiraan biayanya?

1.       Apakah operasi itu bermanfaat?;

Pada umumnya kista payudara tidak memerlukan operasi. Mereka adalah cairan yang terbungkus dalam selaput lihat gambar pada no 11). Mereka juga bukan neoplasma melainkan penyimpangan (aberration) yang lazim dalam pertumbuhan (development) payudara hingga dikelompokkan dalam ANDI atau aberration of normal and involution.

Tapi dalam keadaan tertentu ia memerlukan operasi untuk menentukan apakah ia mengandung keganasan. Keadaan itu ialah bila ditemukan pada pasien dengan factor resiko kanker payudara dan didalam kista itu ada massa yang padat. Karena itu pada pasien tersebut (dengan factor resiko) kista disedot dulu cairannya. Dan bila masih teraba tumor, operasi akan bermanfaat untuk memastikan bahwa ia bukan suatu keganasan.

2.       Apakah kelainan itu layak untuk dioperasi (operable)?

Kista layak operasi karena batasnya tegas hingga mudah diangkat tanpa merusak jaringan payudara yang lain.

3.       Kapankah waktu yang tepat untuk melakukan operasi

Waktunya sesegera mungkin bila sesudah disedot masih teraba tumor dan calon operasi mempunyai faktor resiko kanker seperti tabel.

faktor resiko kanker payudara

Tabel 1., Faktor resiko KPD terdiri dari 3 kolom, yaitu: faktor resiko, segala sesuatu yang dapat memicu KPD; resiko, yang dihitung dalam prosentase adalah peluang untuk memperoleh  KPD; dan kelompok resiko tinggi, komunitas yang paling beresiko.

Dari tabel terlihat bahwa kecuali: 1. Umur; 2 KPD kontra atau KPD di payudara yang lain; 3  usia menopause; dan 4 usia kehamilan, semuanya dapat menyentuh kaum remaja.

Karena merupakan data statistik, angka resiko tidak mutlak tetapi merupakan peluang.  Misalnya; riwayat keluarga KPD yang memiliki resiko 2 pada kelompok saudara usia muda. Artinya 2 orang saudara usia muda penderita KPD berpeluang menderita KPD dibandingkan dengan yang tidak mempunyai keluarga KPD.

Bila tidak mempunyai faktor resiko, operasi dapat dilakukan secara berencana misalnya bila hamil sesudah mlahirkan. Perlu dicatat bahwa haid tidak mempengaruhi waktu operasi.

4.       Jenis operasi apakah yang sesuai?

Pilihan operasi hanyalah biopsi eksisi dengan mengangkat keseluruhan tumor (gambar).

5.       Apakah resiko operasi itu?

Segera sesudah operasi dapat terjadi perdarahan yang biasanya diatasi dengan pemasangan dren. Selain itu, walaupun tidak berhubungan dengan operasi, nyeri dapat muncul kembali.

6.       Apakah diperlukan pengobatan lain selain operasi dan kalau ada bagaimanakah urutannya?

Bila rasa nyeri masih ada kista dapat diobati dengan hormon namun harus dilakukan oleh ahlinya yaitu dokter ahli kebidanan khusus hormon.

7.       Berapakah perkiraan biayanya?

Di tarif rumah sakit biaya operasi kista termasuk golongan sedang.

Posted in Onkologi, Payudara.

Tagged with , , .


580 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. Iman A says

    Dok, istri saya umur 35 th. Hasil usg mammae dextra : kutis dan subkutis baik, jaringan fibrogranuler dlm batas normal, pada retroareola/papil tampak lesi kistik inhomogen, ukuran +/- 2,7 x 1,3 x 2 cm3 dgn internal echo. kelenjar getah bening axilla terlihat 1cm.
    Mammae sinistra: kutis dan subkutis baik, tak tampak lesi hypo/an/hyperechoic pada parenkim mamme, jaringan fibrogranduler dlm batas normal, tak tampak pembesaran kelenjar axilla. Kesan lesi kistik inhomogen mame dextra. Itu tumor ganas atau kista ya? perlukah operasi? Trims atas jawabannya dokter.

  2. Kartina says

    Sore Dr. bahar
    sy Kartina usia 26 thun.. sy kdg2 merasakan nyeri dipayudara.. seltelah USG hasilnya ada semacam kista pada mama dextra uk 1,70×0,986×1,59 cm. cutis dan subcutis tak menebal, papilla tak retraksi, jaringan fibroglanduler padat. tampak lesi solid hipoechic, bentuk oval, limfonodi axilla tak prominent..
    mama sinistra:
    ada 3 dg uk jam 3 1, 20x 0,545x 1 cm (M), jam 2: 0,930×0,479×0,949 cm, jam 12, uk 0,978×0,424×0,997 cm.
    kesan: massa solid multiple mammae bilateral suspect FAM multiple, birads III..

    setelah cek, dokter mnyarankan operasi,, gmn dok?apakh itu berbahaya?? dan hrus sgera operasi atau ada jln lain dok?mksh sblmnya..

    • Dokter Bahar says

      Seperti yang sudah berulang saya sampaikan, operasi penting untuk memastikan penyakitnya apakah jinak atau ganas/

  3. arfa says

    Dok, istri saya umur 27 thn. Hasil USG
    Mammae dextra : tampak jaringan otot, jaringan lemak, , jaringan fibroglanduler, tak tampak masa hipo/hiperekoik, tak tampak kalsifikasi.
    Mamame sinistra : tampak masa hipoekoik ukuran 1,22cm+2,27cm, berkapsul, berbatas tegas dengan jaringan sekitar ny.
    Tp dia tak merasa sakit, n dia lg nyusuin. Perlukah oprasi dok/ ada jln lain? Makasih sebelum ny dokter ?

  4. Lyn's says

    Salam…pak dokter.. Saya baru melakukan test usg dan mamo..hasilnya di payudara kiri saya ada lesi kistik dengan komponen padat di mammae sinitra,,DD/ kista kompleks.. Limfadenopati aksilla bilateral….Dok,,apakah ini berbahaya?? Dan harus dioperasi??. Kista semacam ini apakah akan bertambah besar.. Sebelumnya terima kasih dokter atas penjelasaan nya…

  5. ratna atika says

    Dok saya mw tanya untuk kista payudara apakah perlu kontrol ulang? Klo iya mnimal stiap brp bln skali ya dok? Konsumsi apa spya bs smbuh ya dok?

  6. Berry says

    Dokter hasil usg pada arah jam 7-8 periareoler mammae dextra tampak lesi anekonik bentuk bulat batas tegas tapi reguler ukuran 4,8 x 4,4 x 4,8 mm, tak tampak klasifikasi/septasi,lesi tampak menempel pada fascia premmary.pd pemeriksaan cds tak tampak hipervaskularisasi.mamary zone dextra sinistra: tak tampak penebalan cutis maupun subcutis, tak tampak retraksi papilla mammae, tak tampak distorsi paranchimal maupun disrupsi ligamentum coopery,ductus lactiferous tak tampak melebar,tak tampak massa shadowing abnormal.kesan: suspek epidermoid cyst,tak tampak massa tumor pada mammaryzone dextra sinistra

  7. sri laela ningsih says

    Sri says Dok saya sri usia 50 th sdh lama ada benjolan di payudr setelah di USG hasilnya jaringan cutis dan subcutis paydr kanan kiri baik. Glandural parenchima mammae kedua payudr normalM tdk tampak pelebaran ductuli yg abnormalM nipple-areolar complex paydr kanan kiri baik, retropapil tidk tampak masa tidak tampak pembesaran kel lymph di axilla kanan kiri. Tampak bbrp kiste di payudr kanan kiri dg lokasi ukuran pk9 dekat nipple 8,5mm pk 10 dr papil 4,wmm pk 1w dari papil 3,1mm, di payudr kiri pk 2 dr papil 7,1mm;6,6mm, 4,6mmpk 2. 5 cm dr papil 4,0 mm;3,7mm pk 3 8,8mm;4,1mm;3,4mm, dr mengatakn tdk perlu operasi menrt Dr Bahar bgmn? Trims Dok atas jwbnya.

    • Dokter Bahar says

      Operasi tidak ditentukan hanya oleh USG tetapi juga pemeriksaan fisik. Nah biasanya bila batasnya tidak tegas dokter hanya hanya akan melakukan observasi beberapa bulan mendatang. Karena itu penting sekali pemeriksaan oleh dokter yang kompeten.

  8. sri laela ningsih says

    Maaf Dok, klo boleh bisakah Dr merekomendasikan Dr onkologi yang kompeten yg buka praktik di Bandung? Trims bantuannyaM

1 4 5 6



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.