Skip to content


FAM: Haruskah operasi?

Kecewa sering menyerang ketika FAM (fibroadenoma) muncul kembali sesudah dioperasi. Apalagi bila yang diangkat itu bukan satu melainkan beberapa FAM. Apakah memang ada manfaatnya? Apakah gunanya? Kenapa tumbuh lagi? Sederetan pertanyaan ini memenuhi pikiran pasien dan keluarga dekatnya.

Untuk  meredam pertanyaan itu seyogyanya para calon operasi memahami sekurang-kurangnya tujuh pertimbangan yaitu: 1. Apakah operasi itu bermanfaat?; 2. Apakah kelainan itu layak untuk dioperasi (operable)?; 3. Kapankah waktu yang tepat untuk melakukan operasi; 4. Jenis operasi apakah yang sesuai?; 5. Apakah resiko operasi itu? 6. Apakah diperlukan pengobatan lain selain operasi dan kalau ada bagaimanakah urutannya?. 7. Berapakah perkiraan biayanya?

1.       Apakah operasi itu bermanfaat?;

Sesungguhnya FAM tidak perlu diangkat karena ia bukan neoplasma melainkan penyimpangan (aberration) yang lazim dalam pertumbuhan ( development ) payudara hingga dikelompokkan dalam ANDI atau aberration of normal and involution. Dua masalah utama bagi dokter dalam mempertimbangkan manfaatnya adalah: 1. Diagnosa FAM hanya dapat diyakinkan dengan pemeriksaan jaringan yang diperoleh dengan biopsi. Sebelum itu diagnosanya hanyalah curiga FAM. 2. Hampir semua tumor jinak di usia remaja adalah FAM dan pemastiannya juga dilakukan dengan pemeriksaan jaringan. Maka satu-satunya manfaat operasi curiga FAM adalah memastikan bahwa kecurigaan itu benar atau tumor itu memang FAM.

2.       Apakah kelainan itu layak untuk dioperasi (operable)?

FAM layak operasi karena batasnya tegas hingga mudah diangkat tanpa merusak jaringan payudara yang lain.

3.       Kapankah waktu yang tepat untuk melakukan operasi

Waktunya sesegera mungkin bila calon operasi mempunyai faktor resiko kanker seperti tabel.

faktor resiko kanker payudara

Tabel 1., Faktor resiko KPD terdiri dari 3 kolom, yaitu: faktor resiko, segala sesuatu yang dapat memicu KPD; resiko, yang dihitung dalam prosentase adalah peluang untuk memperoleh  KPD; dan kelompok resiko tinggi, komunitas yang paling beresiko.

Dari tabel terlihat bahwa kecuali: 1. Umur; 2 KPD kontra atau KPD di payudara yang lain; 3  usia menopause; dan 4 usia kehamilan, semuanya dapat menyentuh kaum remaja.

Karena merupakan data statistik, angka resiko tidak mutlak tetapi merupakan peluang.  Misalnya; riwayat keluarga KPD yang memiliki resiko 2 pada kelompok saudara usia muda. Artinya 2 orang saudara usia muda penderita KPD berpeluang menderita KPD dibandingkan dengan yang tidak mempunyai keluarga KPD.

Bila tidak mempunyai faktor resiko, operasi dapat dilakukan secara berencana misalnya bila hamil sesudah mlahirkan. Perlu dicatat bahwa haid tidak mempengaruhi waktu operasi.

4.       Jenis operasi apakah yang sesuai?

biopsi

Pilihan operasi hanyalah biopsi eksisi untuk calon operasi dengan faktor resiko atau dapat juga dengan jarum bagi yang lain. Biopsi eksisi adalah mengangkat keseluruhan tumor (gambar) sedangkan jarum hanyalah sebagian kecil.

5.       Apakah resiko operasi itu?

Segera sesudah operasi dapat terjadi perdarahan yang biasanya diatasi dengan pemasangan dren. Selain itu, walaupun tidak berhubungan dengan operasi FAM dapat muncul kembali diberbagai tempat

6.       Apakah diperlukan pengobatan lain selain operasi dan kalau ada bagaimanakah urutannya?

Tidak ada pengobatan lain bagi FAM apaklagi tadi sudah disebut bahwa manfaat oeprasi hanya untuk meyakinkan diagnosa.

7.       Berapakah perkiraan biayanya?

Di tarif rumah sakit biaya operasi FAM termasuk golongan sedang.

Posted in Onkologi, Payudara.

Tagged with , , .


364 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. Uzie says

    O y dok,aq mu nnya lg,,kista payudara itu berupa cairan..apakah sewaktu2 bs pecah karna benturan keras..??
    Trz kata.na brokoli bs menghancurkan sel induk kanker,apa itu bnr dok..??apa sel kanker dan sel tumor sama..??
    Makasih y dok ;)

    • Dokter Bahar says

      Mbak Uzi makaih ya. Kista itu tidak akan pecah kecuali benturan tajam dan brokoli mungkin saja tapi saya tidak tahu

    • Dokter Bahar says

      Mbak Uzie makasih ya. Kista itu memang berupa cairan tapi tidak mudah pecah karena mempungai cengkang yang kuat. Brokoli saya nggak tahu. Sel kanker itu adalah sel tumor yang ganas.

  2. ida says

    Ass, sy 42 thn, baru usg dg hasil kutis dan subkutis tdk menebal. Tdk nampak retraksi papi. Tampak nodul hipoekhoik, batas tegas, tepi ireguler pada mamma kiri jam1-2 sktr aerola. diameter 25.9×17.6mm. Tdk nampak pembesaran kljr gth bening.Kes: nodu hipoekhoik pada mamma kiri, aspek benigna sugestif FAM. Apa harus cepat dioperasi dok, berapa lama bisa ditunda ?

  3. bayu says

    maaf pak bahar saya mau tanya,istri saya khan sudah pernah operasi FAM 2kali,sekarang sedang mengandung anak pertama kami. . . pertanyaan saya boleh nggak nanti istri saya menyusui anak kami. . . . .setelah melahirkan?
    tolong ya pak bahar.

    • Dokter Bahar says

      Makasih Mas Bayu, tentu sajaboleh Mas. FAM adalah tumor jinak.

      • bsyu says

        tapi apakah fam-nya bisa tumbuh lagi pak. . . .?
        sebelumnya terima kasih banyak Pak Bahar atas jawabannya.

  4. Lita says

    Dokter, saya memiliki benjolan berukuran berukuran 1.5 x 2 cm. Hasil USG : lesi solid sugestif benigna. Apa maksudnya istilah tersebut (bahasa awamnya) ya Dok ?
    Terimakasih

  5. yuyun says

    Dokter Bahar, senang sekali saya bisa menemukan situs anda.
    Nama saya yuyun, umur 31, sebelumnya sering nyeri di bagian payudara kiri. saat USG mamae seminggu yang lalu, pada payudara kiri ditemukan hasil sebagai berikut : densitas echoparenkim baik, kelenjar mammae tampak normal, tampak lesi echoic lonjong batas tegas tepi rata kurang lebih 0.53 x 1.22 x 0.56 cm di jam 12.00 periareolar posisi di bawah otot, mobile (+), kedua axilla tidak tampak pembesaran KGB. Kesimpulan : lesi benigna di mammae kiri, kesan FAM, tidak tampak tanda-tanda keganasan.

    Sebagai informasi, saya mengkonsumsi pil KB selama kurang lebih 2,5 tahun (berhenti minum pil KB mulai oktober 2011), saat periode menyusui, saya tidak bisa memberikan ASI dari PD kiri karena puting rata.

    selain itu ada saudara “jauh” (satu buyut) yang pernah mengalami kanker payudara (ganas). Saya juga mengalami sedikit pembengkakan pada bagian leher (kelenjar limfa) bagian kanan, hasil USG tiroid normal.

    Berdasarkan informasi-informasi tersebut :
    1. apakah saya harus SEGERA operasi FAM ?? bagaimana kalau saya menunda melakukan operasi ??
    2. setelah operasi FAM, apakah ada resiko untuk menjadi ganas, mengingat ada saudara “jauh” saya yang pernah mengidap kanker payudara. Ada teman saya juga yang dulu pernah dioperasi FAM, namun setelah 15 tahun kemudian muncul keganasan. Apakah hal tersebut mungkin terjadi ?
    3. Mengenai pembengkakan kelenjar limfa kanan saya itu, apakah ada hubungannya dengan FAM ini ? sekarang saya merasakan otot leher saya sakit.
    4. Saya mendapatkan informasi, bahwa pil KB bisa menjadi salah satu faktor resiko pada kasus FAM atau KPD. Saat ini saya sudah berhenti konsumsi pil KB, namun bagaimana caranya supaya pengaruh negatif pil KB tersebut bisa dinetralisir dari tubuh saya. Adakah caranya ??

    Terima kasih banyak dokter bahar, semoga dokter berkenan menjawab pertanyaan saya.

  6. Dona Renita Putri says

    senang rasanya bisa membaca blog dokter ini :)
    saya dona, saya skrg duduk di kelas 3 bangku SMA, pada payudara kanan saya terdapat tumor jinak yang sudah semakin besar. saya akan menjalankan operasi. yang ingin saya tanyakan, apakah ketika saya sedang haid tidak apa-apa di lakukan operasi? karena kebetulan hari ini haid saya datang dan operasi akan di laksanakan besok.
    senang rasanya jika dokter membalas pertanyaan saya ini :)
    terima kasih sebelumnya dokter .. :)

  7. Dinar says

    dokter, terima kasih atas tulisannya. saya akan menjalani operasi FAM bulan maret 2012 nanti. saya tanya ke dokter yg menangani saya apakah kalau tdk dioperasi akan makin besar atau tdk. jawabannya akan makin besar, karna ukurannya sdh lebih dr 2 cm. apakah benar begitu? (Dinar, 21 tahun)

  8. rere says

    dokter, di payudara saya yg kiri dan kanan msg2 ada 2 benjolan.wktu sya periksa k dokter umum, ini FAM katany.dan sya dminta periksa ke dokter bedah.sma dokter bedah, wktu diperiksa, dokter itu heran, kok banyak??semoga saja ini lemak, katany.sya jd bingung.
    sbenarnya apa beda dri FAM, kista dan lemak yg berbentuk spt biji itu dok?
    kalo lemak, apakah harus diangkat dok?makasi sbmnya dokter

    • Dokter Bahar says

      Umurnya berapa Rere?

    • Dokter Bahar says

      Mbak Rere, FAM, kista dan lemak itu senuanya tumor jinak bedanya cuma pada isinya. FAM, padat; kista cair dan lemak diantara keduanya. Umur Rerer berapa?

  9. rere says

    mf dokter, ada tambahan ptanyaan ^_^
    kmren itu sya diberi tablet curcuma
    kata dokter umum tsb, ini membantu memecah lemak, jika itu memang lemak.
    memangnya indikasinya bs untuk itu y dok?yg sya tw curcuma lbh ke efek penambah nafsu makanny y?

    • Dokter Bahar says

      Mbak rere tolong informasi tinggi dan berat ya

      • rere says

        umur sya 23 dok. berat badan sya 40 kg dan tinggi sya 150. tolong saranny y dok…

        • Dokter Bahar says

          Mbak rere kalau begitu tidak ada hubungannya dengan makanan. yang menggganggu operasi Mbak.

  10. Widya says

    Sy usia 19th mmpuyai FAM sblh knan, sbnrnya ni sdah lma 1,5thun tp skrng tmbuh 1 lagi mnjadi 2 bnjolan di atas dan smping,, apkh ni dri fktor mknan?? Trkdang ini mbesar dan trkdang brbah kcil,, ap klau dbiarkn ini bhaya dok?
    Sy prn konsul dgn beda dokter dan jwbnya brbeda yg dok.A bilang klau FAM dbiarkan tdk bhya dan tdk mnjdi kngker tp dok.B mngatakan hrs dioprasi krnklau dbiarkan lma bisa mnjdi kngker?? Mna yg bnar dok, mhon pnjlsanya dan trmksih

    • Dokter Bahar says

      Mbak widya diusia 19 memang FAM dapat tumbuh banyak tapi tidak berbahaya.Berapa tinggi dan berat Mbak?

  11. widya says

    dokter nama saya widya umur 23 thn
    pd thun 2007 lalu saya prnah mlkukan operasi FAM d pyudara sblah knan
    bnjolan na ada 2, tpi ktika operasi bnjolan yg d angkat hnya satu
    dokternya blang bnjolan yg 1 lgi tdk prlu d angkat krna ukran nya kcil
    tpi skrang saya sering merasakan nyeri d payudara kanan saya
    apakah itu berbahaya dok?
    mhon pnjelasannya dan
    terima kasih sebelumnya

    • Dokter Bahar says

      Mbak Widya, saya setuju dengan dokter itu. Cukup satu saja dan seandainya memang FAM, tidak berbahaya,

      • widya says

        lalu nyeri yg saya rsakan pda pyudara kanan saya apkah d sbabkan oleh FAM dok?
        mhon blasan nya
        terima kasih dok

        • Dokter Bahar says

          Mbak Widfya, FAM dan nyeri itu dua hal yang terpisah. Untuk nyeri perlu diperiksa dulu berbagai hal.

  12. Novita Diana says

    aslmkm..
    saya novi..umur 20 thun..pada bulan januari lalu saya k RS untuk konsul dengan dokter bag.Bedah ..saya merasakan nyeri dan sakit di bag.payudara,,
    setelah di cek..dokter tsb bilang ini FAM.. apa benar bgtu yang dinamakan FAM dok?
    nyeri nya selalu saja..kadang2 menganggu aktifitas saya dalam perkuliahan..
    apa harus di operasi FAM tsb dok..?
    saya juga telah mencoba mengkonsumsi obat herbal untuk mengurangi rasa nyeri tsb tetapi masih saja seperti itu dok..tidak ada angsurannya..
    mohon solusinya dok..

    • Dokter Bahar says

      Mbak Novita, apalah ada benjolannya? Kalau nyeri biasanya bukan lho. Coba USG dulu ya dan beritahukan saya hasilnya.

      • Novita Diana says

        aslmkm dok..
        kemaren saya k RS lagi.. dan dokter dsna blg..memang ada benjolan..
        jd saya di minta untuk check USG dan check darah..

  13. okha says

    slmat mlam,,
    dkter saya okha usia 20..
    bulan lalu saya sudah melakukan operasi farm,,jdi bbrapa pekan kemarin saya sering chek-up..
    saat check-up,saat menunggu panggilan dokter saya sering bercerita dengan penderita tumor jinak lainnya,,dan saya sangat merasa takut,,
    karena cerita dari penderita lainnya sangat tidak enak di dengar,,
    bahkan yang awalnya tumor jinak ada yang sampai di angkat juga payudara nya,,
    mohon penjelasannya dokter,,,trimakasih,,

    • Dokter Bahar says

      Mbak Okha, tenang ya. Kalau sampai diangkat semua payudara berarti dia tidak menderita FAM tapi kanker.

  14. Novita Diana says

    dok..biasanya berapa y biaya operasi FAM tersebut?

  15. Iis says

    Assalamualaikum dok, umur saya 19 tb 157 bb 43, sminggu yang lalu saya melakukan operasi benjolan pada pd kanan saya dok, tetapi yang di angkat hanya beberapa benjolan, setelah diperiksa hasil PA nya adalah FAM dok, yg saya tanyakan, benjolan yg tidak di angkat apakah berbahaya? Bisakah menjadi ganas? Trimakasih :)

    • Dokter Bahar says

      Mbak Iis, cukup itu Mbak nggak usah operasi lagi ya. Aman karena FAM tidak akan menjadi ganas.

  16. Iis says

    Terimakasih dok atas jawabannya :)

  17. melinda says

    umur saya 18 tahun ,, di payudara sebelah kanan saya ada benjolan dan saya takut kalau itu FAM.. apakah FAM itu harus dioperasi..?? dan kalau tidak melakukan operasi apakah berbahaya…?? tolong jawabannya ya dok terimakasih…

    • Dokter Bahar says

      Mbak melinda kl sdh pasti FAM, tdk perlu operasi. Coba USG dulu ya.

  18. eri says

    saya eri umur 22th,sudh 2 bulan ini sya menyadari ada benjolan d payudara sya.kta dokter itu adalah fam,dan d sarankan untuk oprasi. . sya binggung dok harus bagaimana?

    • Dokter Bahar says

      Mbak Eri, tolong lebih jelas. berapakah besar tumornya, apakah sakit, dan apalah sdh USG?

  19. anugerah says

    hallo dokter,
    umur saya 27 th, berat 40 kg, tinggi 160 cm, haid pertama umur 14 th, tidak memiliki kerabat dg sejarah tumor & kanker.
    bulan maret saya menyadari ada benjolan di payudara kanan bawah, benjolan sgt jelas, dpt bergeser apabila bagian payudara digerakan, dan juga ada benjolan kecil di bagian atas, tp tidak setegas dan sepadat yg bawah dan cenderung seperti kelenjar yang dapat bergeser apbila digerakan.
    sebelah kiri juga ada, tapi cenderung tidak setegas dan sepadat yang kanan, serta dapat digerakan.
    saya sudah cek & usg, dengan hasil “dicurigai tumor jinak”.
    dokter mengatakan harus operasi, supaya dapat hasil yang pasti dengan mengambil benjolannya untuk di cek dg alat mikroskopis, sehingga dapat diketahui dg pasti jinak atau ganas.
    waktu saya melakukan usg 1 hari sebelum menstruasi, dengan keadaan payudara sakit dan ukurannya lebih besar dari keadaan normal, karena memang gejala pra menstruasi saya selalu merasakan sakit dan ukuran payudara membesar.
    setelah 1 minggu menstruasi selesai, saya meraba lagi benjolan payudara sebelah kanan yg jelas, saya merasakan kalau ukurannya mengecil, dan yang satunya dibagian atas hilang.
    sedangkan untuk yg sebelah kiri tetap ada, dan ukurannya pun mengecil, malah sedikit susah diraba tidak seperti awalnya.
    apakah saya tetap harus operasi?
    apabila operasi ditunda apa tidak berbahaya?
    apabila tidak melakukan operasi akan berbahaya?

    tolong bantu solusi nya.

    thanks

    • Dokter Bahar says

      Wah Mbak Anugerah. USG hanya pemeriksaan penunjang Mbak yang penting itu adalah pemeriksaan fisik oleh dokter. Saya tidak bisa memberikan komentar karena tidak memeriksanya. Bagaimanapun operasi itu bisa memastikannya.

      • anugerah says

        terimakasih untuk balasannya dokter..

        pemeriksaan fisik yang dimaksud adalah pemeriksaan payudara secara langsung oleh dokter dengan meraba daerah2 benjolan? itu sudah dilakukan, dan memang penjelasan dokter curiga tumor jinak / FAM.
        dokter yg memeriksa saya mengatakan untuk dapat hasil pasti harus operasi.
        tapi teman saya yg juga memiliki FAM, mengatakan kalau FAM itu tidak operasi pun tidak apa2, karena dokter yg memeriksa teman saya tsb tidak langsung menganjurkan operasi.
        apakah saya harus tetap operasi dokter?
        apakah operasi FAM saya ini apabila ditunda akan berbahaya?

        thanks

        • Dokter Bahar says

          Mbak Anugerah, operasi untuk memastikan. Jadi kalau memang FAM tidak perlu operasi. Yakinkah?

  20. Novita Diana says

    Dok..berarti kalo sudah pasti itu FAM tidak harus di operasi ya?

  21. vera_aditya says

    dokter apakah FAM itu bisa menjadi kanker payudara ? umur saya baru 20 tahun,, ada benjolan di payudara kanan,, apakah akan membesar ? apakah setelah operasi akan timbul lagi benjolan ? apakah harus di operasi lagi ?
    makasih dok….

    • Dokter Bahar says

      Mbak vera, seandainya memang FAM ia tidak akan menjadi kanker. Masalahnya kepastiannya hanya dengan operasi.

  22. Novita Diana says

    Tapi kalo masih sering nyeri gmn dok..?
    malahan rasa nyeri tersebut sampai ke tulang punggung saya dok..
    dan saya juga mudah letih dan lemas dok..
    mohon solusinya dok..
    terima kasih..

    • Dokter Bahar says

      Seperti sering saya tulis, nyeri payudara lazimnya tidak berbahaya.

      • Novita Diana says

        terima kasih infonya dok..:)

  23. sara says

    Selamat sore Dokter,
    Saya sara berusia 25 tahun dan belum menikah, baru menjalani operasi untuk pengangkatan fam tgl 16 maret 2012 dan hasilnya fam, yang saya mau tanyakan kenapa setelah operasi masih terasa benjolan di payudarah kanan saya spt sebelum operasi apa itu wajar dokter?
    kata dokter yg mengoperasi saya katanya setelah operasi memang terasa spt masih ad benjolan itu bukanlah benjolan tp bekas operasi yg jaringannya belum normal, tapi sampai kapan y dokter itu ilangnya? apa saya hrs kembali utk periksa?

    • Dokter Bahar says

      Betul Mbak Sara, ssd operasi pasti akan terasa benjol yang baru akan hilang ssd beberapa bulan. Tapi bila ragu2, silakan periksa dgn USG.

      • sara says

        Dokter boleh tidak menjelaskan apakah fam dan tumor jinak itu sama? dan fam itu tidak berbahaya kan dokter? hasil operasi kemarin menyatakan ada 3 benjolan yg ada di payudarah kanan saya yaitu satu (1) dinyatakan Fibroadenoma Mammae dan dua (2) dinyatakan mammary displasia, itu apa ya dokter dan itu tidak berbahaya kan dokter? terima kasih sebelumnya…

        • Dokter Bahar says

          Betul Sara, FAM atau mammary dyssplasia itu jinak dan tidak berbahaya,

  24. Listiyawti says

    Halo dokter,
    Nama saya Listiyawati, usia 29 th. Saya memiliki benjolan dipayudara sebelah kanan sejak 2 th yang lalu. Tapi saya baru melakukan usg & mamografi April 2012 dan hasilnya benjolan itu FAM. Apakah hasil USG & Mamo sudah pasti benar ? Apakah harus dioperasi FAM nya

  25. dina says

    selamat malam dokter,
    umur saya sekarang 25 thn,seorang ibu yg sedang menyusui(anak umur 1thn),di payudara kanan terdapat benjolan klo diraba mungkin sebesar telor ayam,dokter menyarankan untuk operasi.yg sya tanyakan:
    1.apakah saya bisa melakukan operasi payudara sedangkan ASI masih terus produksi atau baru melakukan operasi setelah ASI dihentikan?
    2. jika sya melakukan operasi dengan ASI terus produksi apakah berpengaruh pada luka operasi?tidak gampang kering mungkin?
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    • Dokter Bahar says

      Dina lebih baik cari pendapat banding. lazimnya itu Galaktokel, kista berisi air susu.

      • dina says

        terimakasi dokter atas tanggapannya
        maaf dokter,mohon diperjelas,pendapat sebanding yang dokter maksut misalnya seperti apa?
        saya merasakan benjolan kecil mulai 4 hari awal menyusui&membesar dengan cepat (12 bulan) sampai skr sekarang mungkin sebesar telor ayam,tapi saya tidak merasa sakit.diagnosa sementara ini masih bendungan asi yg membeku.apakah benar dokter klo asi bisa membeku?

        • Dokter Bahar says

          Maksud pendapat banding itu adalah Dina pergi berobat ke dokter lain.

  26. febe says

    halo dok..
    sy operasi fam bulan agustus 2011, di pd kanan, 2 benjolan, 1 diats puting dan 1 lg dibawah puting pd. hasil lab tidak ganas. cma setelah operasi yg bag atas kok kdg nyeri ya. tp biasanya setelah kompres air hangat tidak nyeri lagi.. cuma dua hari kemudian nyeri lagi,apalgi kalo capek..sy oprasi di jogja, smntar skrg di sulawesi, susah utk cek ke dkternya lagi.mhn infonya dok..thks

    • Dokter Bahar says

      Febe, nyeri di payudara biasa dan tidak berbahaya kecuali ada benjolnya. jadi ke dokter Puskesmas juga bisa kontrol.

  27. mega says

    Dokter Bahar, saya Mega 23 th. TB 168cm, BB 53kg, usia pertama kali haid 16th. saya punya bbrp pertanyaan Dok, apa sajakah penyebab Fam itu? apa bisa karena kecelakaan berupa benturan keras? Dulu sewaktu saya remaja sekitar 17th pernah terpeleset di kamar mandi dan payudara kanan saya membentur bak yg ada di kamar mandi. Setelah beberapa lama dari waktu kecelakaan itu saya menemukan benjolan di payudara kanan tersebut. Pernah cek ke Dokter diduga itu Fam, dan jika memang mau memastikan dokternya bilang harus operasi. Sampai saat ini saya tidak terlalu terganggu dgn keberadaan benjolan ini, hanya saja terkadang terasa nyeri saat haid. Menurut dokter apakah harus dioperasi? Benjolannya saat ini kira2 sebesar ukuran bakso sedang.

    • Dokter Bahar says

      Adakah riwayat keluarga? Aalah sdh kawin? Apakah sdh punya anak? Sy perlu datanya Mega

  28. meta says

    Dok, saya usia 35 tahun, sudah menikah namun belum mempunyai keturunan. saya sudah usg ternyata ada fam sebesar 4 cm di payudara kanan. saya sudah konsultasi ke dokter, di sarankan operasi. tapi dokternya tidak memaksa, bila tidak ingin operasi tidak masalah. pertanyaan saya, jika saya tidak operasi, apakah akan membesar? apakah akan menggantu kegiatan saya? bila operasi, apakah aman?

    • Dokter Bahar says

      Tentu saja dokter tidak boleh memaksakan kehendaknya Meta. Diumur Meta apalagi belum mempunyai anak sebaiknya operasi saja karena ada resiko kanker.

      • ninit says

        dok, sy mmbaca bbrp konsultasi dr tmn2. FAM /tumor jinak tdk bs mjd ganas. tp knp kasus mb meta ini bs resiko kanker. apa pengaruk dr faktor usia. krn sy jg br sj operasi FAM 1 bln yg lalu. skrg sy berusia 33th, blm berkeluarga. apa sy jg berisko kanker. tq
        sy Ninit, 33th, 167cm/58kg.

  29. meta says

    dok,saya meta umur 25 thn saya sudah menikah dan mempunyai anak, TB 153cm dan BB 52kg,dulu waktu saya berumur 20 thn saya pernah dioperasi ada 3 benjolan di payudara kanan 2 benjolan dan di kiri 1 dari hasil pemeriksaan itu FAM skarang fam itu tumbuh lagi disamping bekas oprasi yg kemarin,waktu umur 22 thn saya menikah setelah 6 bulan menikah saya telat menstruasi 2 bln sya merasakan mual n berat n bdn naik 4 kg,tp di tespack (-), di USG pun (-) lalu sya diberi obat pelancar menstruasi oleh dr kandungan dan hasilnya saya tidak menstruasi juga malah (+) hamil dari hasil tespack dirmh setelah itu saya cek lagi ke dokter dan di USG tetap (-)akhrirny saya dirujuk ke dokter spesialis USG dan tetap (-) akhirnya saya dikasih obat pelancar mens yg lebih bagus katanya padahal dokter tw kl saya pernah operasi fam setelah minum obat sya merasakan sakit pada tulang punggung,akhirnya saya hentikan obat dan saya periksa ke dokter yg lain dan ternyata saya memang sedang hamil,,saya mw tanya apakah obat pelancar mens itu yg memicu tumbuhny fam lagi??saya tanya ke dokter yang lain ternyata kandungan pelancar mens itu hormon,,apakah betul??karna pantrangan saya itu kn tidak boleh mengkonsumsi atau memakai obat yg mengandung hormon,,berarti dokter itu harus bertanggung jawab karna fam itu tumbuh lagi di usia 25 thn?

  30. firmansyah says

    dok mhon informansinya.
    kalau fam itu tdak harus operasi,bagaimana cra menghilangkn fam itu.???
    trimakasih.

    • Dokter Bahar says

      Tidak bisa dihilangkan Firman kecuali dengan operasi. Tapi seandainya memang FAM tidak diapa-apakan juga nggak apa2.

      • firmansyah says

        dok adik saya trdapat bnjoln d pyudara’y sbsar 4cm,udh d usg diagnosa tumor jinak.
        dok klo tumor jinak itu dibiarin apakah bisa lanjut menjadi kanker.?

        mhon informasi’y dok.
        trimakasih

  31. wiwit vidiwati says

    Hallo dok… terimakasih atas infonya,saya wiwit berumur 27 tahun dan sudah mempunyai anak,beberapa minggu yang lalu saya menemukan ada benjolan di payudara sebelah kiri,saya periksa ke dokter terdekat ternyata benjolan-nya sudah 5cm dan menyarankan agar periksa ke dokter bedah.sekitar 3 hari yang lalu saya periksa ke dokter bedah,dan ternyata saya terkena tumor jinak, terus diberi obat dan disarankan untuk diambil KB nya (implan/susuk). dokter tersebut juga menyarankan untuk kontrol supaya diketahui apakah benjolan tersebut mengecil/tidak,dan apabila benjolan tersebut tidak ada perubahan terpaksa harus operasi… apakah kalau saya tidak operasi bisa berbahaya?dan apakah kalau dibiarkan saja benjolan tersebut bisa semakin besar?…. mohon untuk sarannya dok karena sangat membantu,terimakasih….

    • Dokter Bahar says

      Operasi itu untuk memastikan penyakitnya Wit hingga pertanyaannya bisa dijawab.

  32. siti laijah says

    ASS dok saya berumur 20 thn di payudara sebelah kiri saya ada benjolan,dan payu dara saya besar y tidak sama,lebih esar sebelah kiri di bandingkan sebelah kanan apakah itu FAM dok..???

    • Dokter Bahar says

      Siti, benjolan itu mungkin FAM tapi tidak ada hubungannya dengan perbedaan besar payudara.

  33. ami says

    hallo dok. nama saya ami, usia 19 tahun . 2 minggu yang lalu saya memeriksakan benjolan yang ada di payudara saya. setelah di USG, Dokter mencurigainya FAM sebesar kurang lebih 2 cm .Dokter memberi saya antioksidan Bevizil. yang saya ingin tanyakan, apa fungsi dan manfaat antioksidan tersebut? terimakasih

    • Dokter Bahar says

      Tidak ada hubungannya dengan FAM, Ami. Cari saja dokter lain ya.

  34. Muhamad Yusuf says

    Assalamualaikum dokter,. dok, nama saya yusuf 29th, saya punya anak berumur 1,5th
    Semenjak lahir, dibagian belakang pinggul anak saya ada seperti pembuluh darah terlihat sepenjang setengah ruas kelingking, dan saat itu saya konsultasi ke dokter anak, katanya tidak apa-apa,
    Dengan berjalannya waktu, sampe usai anak saya menginjak usia 1,5th, ternyata pembuluh darah yg menonjol itu makin membesar, bentuknya bulat dengan kayak ada contour pembuluh darah ditengahnya, bulatannya sekrang sudah berukuran -/+ 2cm,
    Setelah saya coba tanya ke Cipto katanya itu adalah penyumbatan pembuluh darah, katanya tidak apa2, tp bisa berbahaya jika terbentur karena akan menyebabkan pendarahan yg tidak akan bisa terhenti yg mengakibatkan kurangnya darah akan menyebabkan kematian,
    Dan ternyata dokternya tersebut menyarankan untuk dioperasi, tp setelah saya tau, biaya operasinya mencapai 20-30jtan, duhhh uang dari mana sebanyak itu,.
    Dok, apakah itu harus bener2 dioperasi ya??
    Apakah ada solusi lain untuk mengobatinya dok?

    • Dokter Bahar says

      Untuk menjawabnya saya harus memeriksa dulu anaknya Yusuf. Coba ke Bandung mungkin bisa lebih hemnat.

  35. Muhamad Yusuf says

    Tolong masukannya ya dok,.
    Terima kasih.

    wassalamualaikum wr wb

  36. Santi says

    Dok, apakah bisa FAM disembuhkan dengan jamu alternatif?

  37. restu says

    assalamualaikum dok,
    saya restu 19 tahun berat badan 47 tinggi 155.
    begini dok dua tahun lalu saya pernah operasi karena ada benjolan di kedua payudara saya dan ternyata memang itu FAM. lalu 6 bulan yang lalu benjolan ini tumbuk lagi tapi dengan ukuran yang alhamdulillah kecil tapi sekarang bagian punggung saya juga nyeri seperti masuk angin.
    Dan sudah sebulan lebih saya melakukan alternatif pengobatan tanpa obat.
    yang mau saya tanyakan apakah perlu saya operasi lagi dok?lalu apakah pengobatan ini secara medis bisa menyembuhkan soalnya pengobatan ini pada titik2 akupresure..
    terimakasih banyak dok mohon jawabannya
    wassalamualaikum

    • restu says

      oh ya dok kesimpulannya :
      nodul multiple di mamma bilateral, kesan FAM dextra (3 buah),kiri 1 buah.

    • restu says

      oh ya dok kesimpulannya :
      nodul multiple di mamma bilateral, kesan FAM dextra (3 buah),kiri 1 buah.

      untuk benjolan yang dulu sudah dioprasi ini kesimpulannya:
      -mamma dextra: fibrocystic disease, sclerosing adenosis type
      -mamma sinistra:
      untuk benjolan besar : FAM 2 buah
      untuk benjolan kecil : sclerosing adenosis type 3 buah

      • Dokter Bahar says

        Bila memang FAM tidak perlu diobati. Akupresure tidak ada manfaatnya.

  38. Susi says

    Assmlkum dokter. . .nma saya susi, umur 22, berat bdan 45kg, tinggi 160cm. Beberapa minggu yang lalu saya menemukan benjolan di pyudra knan sya. Benjolan itu bila ditekan bergerak, terasa keras, tidak sakit. Trus saya periksakan ke dokter, katanya itu kelebihan kelenjar. Saya dianjurkan obat jalan, beri anti biotik amoxicillin. Tapi setelah saya minum bberapa hari, tidak ada perubahan, mka skrg saya hentikan. Yang mau saya tanyakan apakah dari indikasi, benjolan tersebut merupakan FAM atau bukan? Apakah dampak benjolan tersebut apabila tidak dioperasi? Karena saya takut bila harus operasi. Terimakasih. . .

    • Dokter Bahar says

      Kemungkinan besar FAM dan tidak perlu antibiotika. Bila memang FAM tentu tidak perlu operasi tapi kita tidak dapat memastikannya 100% tanpa operasi.

  39. Rinwidiarti says

    Selamat siang dok. Saya Rinwidiarti, umur 23 tahun,berat bdan 41 kg, dan tinggi 158 cm. Dua tahun yang lalu PD kiri saya sering trasa sakit n trdapat benjolan,stelah saya cek, dokter bilang it FAM dan dokter menyarankan untk operasi,tetapi saya belum mau. Hingga pada akhirnya,skitar bulan maret 2012 sya melakukan cek lg,it sya lakukan krna tidak tahan akan sakitnya n dibwah ketiak saya juga terasa sakit. Dokter jga mengatakan hal yang sama,dan untk memastikannya saya di USG. Hasil USG PD kiri saya positif FAM,n ternyata PD kanan saya juga trdapat FAM,pdahal untk PD kanan saya tidak pernah merasa nyeri atau sakit. Dokter menyarankan agar saya operasi,dan udah 5 bulan yang lalu saya menjalani operasi. Ternyata setelah dioperasi FAM yg di PD kiri banyak dan terdapat 2 bekas luka jaitan. Setelah dioperasi saya merasakan bhwa benjolannya masih ada,saya tanya ke dokternya dan dokternya jawab kalo dia juga kaget karna benjolannya banyak,dokter menyarankan agar saya operasi lagi. Padahal benjolan yang ada sekarang adalah benjolan yang mau diambil,tapi tau2nya benjolan tersebut mash ada. Memang posisi benjolan it ketika duduk dan baring berubah. Jadi,saya ada beberapa pertanyaan kepada dokter :
    1. Apakah saya harus menjalankan operasi lagi untk mengangkat benjolan yg mash ada di PD kiri dan PD kanan saya ?
    2. Mengapa dibwah ketiak sebelah kiri saya sering terasa sakit,apa karna pengaruh benjolannya mash ada atau ada penyebab yang lain ? Di bekas jaitannya juga terasa sakit dan nyeri.
    3. Bagaimana cara menghilangkan keloid bekas operasi ? Karna bekas jaitan saya terdapat seperti benjolan gitu. Apa keloid it bisa hilang dan dalam waktu berapa lama ?
    4. Apa benar air soda,cuka dan saos akan berpengaruh terhadap bekas operasi ?
    5. Apa benar seorang wanita yang pernah menderita FAM tidak boleh memberikan ASI kepada bayinya ? Dan apa benjolan yang masih ada bisa menyebakan kanker ?
    6. Dokter menyarankan kalo saya menikah nanti,sebaiknya tidak menggunakan KB,karna bisa memicu kanker. Apakah itu benar dok ? Dan jika seandainya ya,apakah tidak ada KB yang aman untuk digunakan ?

    • Dokter Bahar says

      1. Apakah saya harus menjalankan operasi lagi untk mengangkat benjolan yg mash ada di PD kiri dan PD kanan saya ? J Bila yakin FAM tidak perlu operasi.
      2. Mengapa dibwah ketiak sebelah kiri saya sering terasa sakit,apa karna pengaruh benjolannya mash ada atau ada penyebab yang lain ? Di bekas jaitannya juga terasa sakit dan nyeri. J Nyeri payudara tidak ada hubungannya dengan FAM. Di bekas jahitan selalu ada nyeri yang merupakan proses penyembuhan
      3. Bagaimana cara menghilangkan keloid bekas operasi ? Karna bekas jaitan saya terdapat seperti benjolan gitu. Apa keloid it bisa hilang dan dalam waktu berapa lama ? J Bekas jahitan tidak akan hilang.
      4. Apa benar air soda,cuka dan saos akan berpengaruh terhadap bekas operasi ? Tidak.
      5. Apa benar seorang wanita yang pernah menderita FAM tidak boleh memberikan ASI kepada bayinya J salah bila FAM boleh saja. ? Dan apa benjolan yang masih ada bisa menyebakan kanker ? J Seandainya itu FAM, ia tidak akan berubah menjadi kanker,
      6. Dokter menyarankan kalo saya menikah nanti,sebaiknya tidak menggunakan KB,karna bisa memicu kanker. Apakah itu benar dok ? Dan jika seandainya ya,apakah tidak ada KB yang aman untuk digunakan ? Sekali lagi tidak ada hubungan FAM dgn menikah ataupun KB

  40. atik wulandari says

    pagi dok,
    nama sy atik, umur 33thn, tinggi 150cm, berat badan 47kg.
    Payudara sebelah kiri saya terdapat benjolan,dan menurut saran dokter saya melakukan USG,dan hasilnya sebagai berikut:

    Mamae kanan:
    Kutis dan subkutis baik,tidak menebal.
    Jaringan fibroglandular mamae baik.Tidak tampak lesi hipo/hiperchoik maupun lesi kistik.Tidak tampak pembesaran kelenjarkelenjar getah bening aksila.

    Mamae kiri
    Kutis dan subkutis baik,tidak menebal.
    Tampak lesi hipoechoik berbatas relatif tegas agak berlobulasi di jam 2:5 cm dari papila mamae,ukuran sekitar 1,53 x 0,95 x 0,53 cm.
    Tidak tampak pembesaran kelenjar getah bening aksila.

    Kesan: Lesi padat mamae kiri suspek benign DD/FAM.

    1. Menurut dokter apakah saya harus operasi atau tidak?
    2. Sebaiknya saya konsultasi ke bedah umum atau bedah Onkologi?

  41. Dita says

    Siang Dokter Bahar yang baik :)
    Sebelumnya terima kasih atas jawabannya. Apakah FAM berbahaya bagi ibu hamil dan menyusui? Apa msh boleh menyusui jika menderita FAM? Jika berbahaya apa solusinya? Terima kasih.

    • Dokter Bahar says

      FAM tidak berbahaya untuk menyusui ataupun hamil Dita. Silakan saja yang penting FAMnya memang FAM menurut patologi.

  42. ratih ws says

    dok saya diagnosa Fam umur saya 20 tahun tinggi 170 cm berat badan 50kg.
    sya sudah periksa ke dokter bedah, sudah menjalani usg, rongten foto thorax, dan cek darah.
    menurut hasil rongten foto thorax.
    sinus, diaphragma, cor: normal
    Pulmones: kedua hillus tak melebar. Corakan bronchovaskuler kedua paru normal.
    Tak tampak infiltrat pada parenchym.
    Tulang dan jaringan lunak baik.
    Kesan. Tak tampak kelainan foto thorax.
    Sedangkan menurut hasil usg, mamma dextra: cutis, subcutis, lig cooperi: normal echoestruktur parenchyma homogen. Tak tampak pelebaran duktus lactiferous. Tak tampak massa.
    Mamma sinistra: cutis, subcutis, lig cooperi: normal. Echoestruktur parenchyma homogen. Tak tampak pelebaran duktus lactiferous. Tampak lesi hypoecoic batas tegas, licin, ukuran 7,3mmx7,2mmx4,7mm pada pk. 4,3cm dari areolla. Tak tampak pembesaran KGB axilla kanan dan kiri.
    Kesan:
    mamma kanan: normal
    Mamma kiri: kista ukuran 7,3mmx7,2mmx4,7mm pada pk. 4,3cm dr areolla.
    hasil laboratorium.
    Hb 12,4 g/dl leukosit 6.000/uL
    LED 24mm
    Hematokrit 38 %
    Trombosit 207.000 /uL
    Eosofil 1%
    Stab 2%
    Segmen 62%
    Limposit 35%
    Masa pendarahan: 2′ (2′-6′)
    Masa pembekuan: 11′ (9′-15′)
    Apakah harus oprasi ?

  43. Riska says

    Dok Saya Riska, Umur 20 Tahun, Setahun yang lau saya oprasi fam di bagian payudara sebelah kanan,,,, bekas oprasinya kadang – kadang sakit dok,,, sampai sekarang?? kenapa ya dok?? di bagian payudara saya yang sebelah kiri, tumbuh fam lagi,, saya bingung harus di oprasi lagi apa dengan cara pengobatan alternatif,, ? tolong sousinya ya dok?

    Terimakasih

  44. Riska says

    Dok Saya Riska, Umur 20 Tahun, Setahun yang lau saya oprasi fam di bagian payudara sebelah kanan,,,, bekas oprasinya kadang – kadang sakit dok,,, sampai sekarang?? kenapa ya dok?? di bagian payudara saya yang sebelah kiri, tumbuh fam lagi,, saya bingung harus di oprasi lagi apa dengan cara pengobatan alternatif,, ? tolong solusinya ya dok?

    Terimakasih

    • Dokter Bahar says

      FAM memang bisa tumbuh lagi. jangan ke alternatif coba ke dokter bedah onkologi

  45. dhian says

    Halo dok, bbrapa waktu lalu saya menemukan ada benjolan di payudara saya. Kemudian oleh seorang teman saya yg dokter, menurut dia memang ada benjolan di payudara sebelah kanan sekitar 2,5 cm dan payudara kiri 1 cm tapi dalam dan agak ke tengah. Karena saya blm menikah, saya lalu disuruh USG krn kalau di mamografi akan terasa sakit dan bisa merubah bentuk payudara serta biasanya mamo untuk yg usia lanjut. Teman saya itu jg bilang, bisa saja benjolan itu krn hormon yg tidak stabil. Kebetulan juga siklus menstruasi saya tidak teratur. Kadang bisa 2-3 bulan sekali. Jadi selain di USG nanti saya jg disuruh untuk periksa ke dokter Ginekologi. Oh ya umur say 24 th dgn tinggi 153cm dan berat 50 kg.
    Yang mau saya tanyakan:
    1. Apakah kalau di mamografi apakah sakit dan akan merubah bentuk payudara?
    2. Lebih baik saya USG dulu atau langsung mamografi? bedanya antara keduaya itu apa dok?
    3.Kira-kira menurut dokter, benjolan tersebut apa ya dok?apakah kanker?
    4. Lalu kira-kira apakah menstruasi saya yg mempengaruhi adanya benjolan tersebut atau sebaliknya? apakah keduanya berkaitan?
    Menurut dokter apa yg sebaiknya saya lakukan? Tolong solusiya dok,
    Terima kasih

    • Dokter Bahar says

      Satusatu ya. T 1. Apakah kalau di mamografi apakah sakit dan akan merubah bentuk payudara? J sakit ya tapi tidak merubah bentuk payudara. T 2. Lebih baik saya USG dulu atau langsung mamografi? bedanya antara keduaya itu apa dok? J USG saja dulu, mamo untuk orang tua. T 3.Kira-kira menurut dokter, benjolan tersebut apa ya dok?apakah kanker? J Jinak dan bukan kanker, kira2 ya. T 4. Lalu kira-kira apakah menstruasi saya yg mempengaruhi adanya benjolan tersebut atau sebaliknya? apakah keduanya berkaitan? J Tergantung apakah jenis tumor itu

  46. Annie says

    Pak, ketika menyusui anak, apa tidak membahayakan anak??

  47. Shintya says

    salam kenal Dok..,nama saya Shintya umur 31 tahun, tinggi bdn 157cm, bb 46Kg, sudah menikah, sudah punya anak 1, mendapat haid umur 12thn. Memberikan ASI pada anak sampai 2 tahun (anak saya sekarang umur 2thn 9 bln). Saya ingin menanyakan pada Dokter, Pada bulan mei saya USG Mammae dan hasilnya :
    Tampak lesi bulat, hipoechoic, permukaan reguler, di jam 2(diameter+/- 4mm) dan jam 9 (diameter +/- 3mm) mammae dextra.
    Tidak tampak lesi patologis pada mammae sinistra
    Tidak tampak echo kalsifikasi
    Tidak tampak dilatasi ductus lactiferus
    Jaringan lemak subcutan baik. Tidak tampak penebalan cutis.
    Tidak tampak retraksi papilla kedua mammae
    Lesi oval hipoechoic permukaan regular,diameter +/- 1,2 cm di axilla sinistra

    Kesan:
    -small cyst mammae dextra (pada jam 9 dan jam 2)
    -lesi oval di axilla sinistra-> KGB axilla.

    yang saya ingin tanyakan, arti/maksud diagnose itu dok? dan berbahayakah?, perlu dioperasikah?. Terimakasih Dok…

    • Dokter Bahar says

      Kista payudara Bu. Perlu diperiksa fisik Bu untuk menjawab pertanyaan itu.

  48. Silvi says

    Dok, saya ada benjolan, lom pna cek dokter tp pna ke herbal dan diagnosa kista krn bentuk jls, tdk sakit, goyang2.. Kl operasi hrs inep? Brp jam operasi? Apa tanda nya bs ilang? Biaya sekitar brp??
    Thanks

  49. Wulan says

    Pagi dokter.. Umur saya 26 tahun. Saya baru melahirkan kurang lebih 2,5 bulan yang lalu. Saya hanya memberikan ASI dicampur sufor selama 1,5 bulan, lalu selebihnya sufor (karena saya bekerja di luar kota tidak bersama si kecil). ASI pun sudah tidak keluar lagi. Sekitar seminggu yang lalu saya baru menyadari ada benjolan di payudara kanan atas. Bentuknya seperti gundu, tidak terlalu padat, tapi tidak bergerak. Saya pun berinisiatif untuk memeriksakan diri ke dokter umum (saya mengira itu adalah ASI yg tidak keluar). Menurut dokter itu adalah FAM, dan yang mengejutkan ternyata jumlahnya ada 3. 1 di payudara kiri, 2 di payudara kanan. Saya pun mendapat rujukan ke dokter bedah. Menurut dokter apakah saya harus operasi? Saya ngeri membayangkan dua payudara saya harus dioperasi dalam waktu yang bersamaan. Ada pula teman yang menyarankan mammography. Seberapa akuratkah hasil dari mammography tersebut?
    Terima kasih atas jawabannya dok.. :)

    • Dokter Bahar says

      Ya sebaiknya operasi untuk memastikannya. mamografi tidak banyak manfaatnya untuk wanita seumur Anda/

  50. silvi says

    dokter, saya tidak bisa posted disini, kenapa y??

1 2 3 4

Continuing the Discussion

  1. The Surgery « vokoes linked to this post on 14 Oktober 2011

    [...] banyak riwayat kanker. akhirnya setelah tanya sana sini & googling (sempet juga nanya di blog suara dokter), kesimpulannya mastitis yg padat memang sulit dibedakan dengan FAM dan kalaupun dibiarkan bisa [...]



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.