Skip to content


FAM: Haruskah operasi?

Kecewa sering menyerang ketika FAM (fibroadenoma) muncul kembali sesudah dioperasi. Apalagi bila yang diangkat itu bukan satu melainkan beberapa FAM. Apakah memang ada manfaatnya? Apakah gunanya? Kenapa tumbuh lagi? Sederetan pertanyaan ini memenuhi pikiran pasien dan keluarga dekatnya.

Untuk  meredam pertanyaan itu seyogyanya para calon operasi memahami sekurang-kurangnya tujuh pertimbangan yaitu: 1. Apakah operasi itu bermanfaat?; 2. Apakah kelainan itu layak untuk dioperasi (operable)?; 3. Kapankah waktu yang tepat untuk melakukan operasi; 4. Jenis operasi apakah yang sesuai?; 5. Apakah resiko operasi itu? 6. Apakah diperlukan pengobatan lain selain operasi dan kalau ada bagaimanakah urutannya?. 7. Berapakah perkiraan biayanya?

1.       Apakah operasi itu bermanfaat?;

Sesungguhnya FAM tidak perlu diangkat karena ia bukan neoplasma melainkan penyimpangan (aberration) yang lazim dalam pertumbuhan ( development ) payudara hingga dikelompokkan dalam ANDI atau aberration of normal and involution. Dua masalah utama bagi dokter dalam mempertimbangkan manfaatnya adalah: 1. Diagnosa FAM hanya dapat diyakinkan dengan pemeriksaan jaringan yang diperoleh dengan biopsi. Sebelum itu diagnosanya hanyalah curiga FAM. 2. Hampir semua tumor jinak di usia remaja adalah FAM dan pemastiannya juga dilakukan dengan pemeriksaan jaringan. Maka satu-satunya manfaat operasi curiga FAM adalah memastikan bahwa kecurigaan itu benar atau tumor itu memang FAM.

2.       Apakah kelainan itu layak untuk dioperasi (operable)?

FAM layak operasi karena batasnya tegas hingga mudah diangkat tanpa merusak jaringan payudara yang lain.

3.       Kapankah waktu yang tepat untuk melakukan operasi

Waktunya sesegera mungkin bila calon operasi mempunyai faktor resiko kanker seperti tabel.

faktor resiko kanker payudara

Tabel 1., Faktor resiko KPD terdiri dari 3 kolom, yaitu: faktor resiko, segala sesuatu yang dapat memicu KPD; resiko, yang dihitung dalam prosentase adalah peluang untuk memperoleh  KPD; dan kelompok resiko tinggi, komunitas yang paling beresiko.

Dari tabel terlihat bahwa kecuali: 1. Umur; 2 KPD kontra atau KPD di payudara yang lain; 3  usia menopause; dan 4 usia kehamilan, semuanya dapat menyentuh kaum remaja.

Karena merupakan data statistik, angka resiko tidak mutlak tetapi merupakan peluang.  Misalnya; riwayat keluarga KPD yang memiliki resiko 2 pada kelompok saudara usia muda. Artinya 2 orang saudara usia muda penderita KPD berpeluang menderita KPD dibandingkan dengan yang tidak mempunyai keluarga KPD.

Bila tidak mempunyai faktor resiko, operasi dapat dilakukan secara berencana misalnya bila hamil sesudah mlahirkan. Perlu dicatat bahwa haid tidak mempengaruhi waktu operasi.

4.       Jenis operasi apakah yang sesuai?

biopsi

Pilihan operasi hanyalah biopsi eksisi untuk calon operasi dengan faktor resiko atau dapat juga dengan jarum bagi yang lain. Biopsi eksisi adalah mengangkat keseluruhan tumor (gambar) sedangkan jarum hanyalah sebagian kecil.

5.       Apakah resiko operasi itu?

Segera sesudah operasi dapat terjadi perdarahan yang biasanya diatasi dengan pemasangan dren. Selain itu, walaupun tidak berhubungan dengan operasi FAM dapat muncul kembali diberbagai tempat

6.       Apakah diperlukan pengobatan lain selain operasi dan kalau ada bagaimanakah urutannya?

Tidak ada pengobatan lain bagi FAM apaklagi tadi sudah disebut bahwa manfaat oeprasi hanya untuk meyakinkan diagnosa.

7.       Berapakah perkiraan biayanya?

Di tarif rumah sakit biaya operasi FAM termasuk golongan sedang.

Posted in Onkologi, Payudara.

Tagged with , , .


373 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. Lia says

    dokter,, umur saya 23 tahun,, kmaren saya periksa d puskesmas,, ada benjolan sebelah kanan bawah payudara saya ,, sebesar buah duku,, mreka menyarankan untuk operasi,, karna kmungkinan jga FAM..
    yg saya pertanyakan,, apakah harus d operasi dok ??,, mengingat saya belum menikah,, sya takut berefek kelak jika saya menikah dan tidak bisa menyusui..apakah pengoperasian tersebut mengangkat payudara seutuhnya atau hanya benjolan tersebut saja ??… mohon penjelasannya dok,, thanks

  2. anggraini says

    hai dok,,,
    ada bnjolan padat dpyudara knan sya,mncul na ktika sya mnyusui,,
    qt uda priksa ke RS,
    dan uda di usg,dkter blng itu FAM n hrus di angkt,
    sya tkut operasi,,
    apakh klo di diamin itu brbhya??
    trs sya rncna pngen pnya ank lg,,
    amankah nnti klo sya mnyusui ??
    atau sya hrus operasi dlu??

  3. vanda says

    Sore dokter,saya umur 36th,menikah dg 1 anak.karena teraba benjolan saya Usg dengan hasil tampak lesi anechoik pada mammae dextra j.12 posisi 1cm diatas nipple uk.0,73 cm× 0,47 cm dg jarak dr permukaan kulit 0,36 cm.Tampak lesi hipodens batas tegas pd mammae sinistra jam 10-11 dg uk 1,19cm x 0,72cm dg lesi anechoik yg menempel didekatnya diameter 0,59 cm.Tidak tampak kalsifikasi pd kedua mammae.Tidak tampak pembesaran kelenjar pd kedua axilla.
    Kesan:Lesi anechoik pd mammae D/S DD/ Cyst
    Lesi hipoechoik pd mammae sinistra DD/ FAM
    Àpa arti hasil usg saya dok?dan apa yg harus saya lakukan?Terimakasih sebelumnya

  4. mia says

    Apakah ada resiko yang ditimbulkan kalau operasi fam saat menstruasi?

  5. gabi says

    Saya pernah di operasi dan diagnosa nya adalah FAM. tapi setelah operasi saya masih merasa (kadang-kadang) senut-senut disekitar payudara kanan di tempat sekitar benjolan itu diambil.

    kenapa ya dok?

    tq

    • RENI WAHYUNI says

      dok, pertanyaan saya lom di jawab ya

    • Dokter Bahar says

      Sudah berapa lama operasinya?

  6. RENI WAHYUNI says

    saya reni umur 29 th, saya merasa ada benjolan di payudara kanan bawah, dokterny menyatakan itu fam, dan harus di operasi untuk di teliti, dan saya meminta melakukan tes terlebih dahulu, dan setelah di lkukan tes melalui usg benjolan tidak kelihatan, yg ada katany seperti cairan yg bergerak ke arah jarum jam 5 dan jam 7 itu apa ya dok, dan langkah apa sebaikny yg saya ambil? trimakasih atas penjelasan ny

  7. sarah says

    Dok, saya Sarah 27 tahun 2 anak. mohon penjelasannya dari hasil USG MAMMAE saya dr tahun 2009:
    mama dextra: jaringan fibroglandular homogen, tmpak lesi solid jam ( Mamma kanan, ukuran 11x7mm
    mama sinistra: jaringan fibroglandular homogen, tak tampaklesi noduler padat/kistik
    kesan: suspek FAM mamma kanan
    dari hasil itu:
    -kira2 tindakan dr Bedah lgs Operasi atau ada tindkan lain?
    -apakah bisa dgn dokter bedah umum atu harus bedh onkologi?
    -apakah saya harus usg ulang krn hasilnya dr usg thn 2009
    -waktu tepat utk usg apakah harus setelah haid atau kpn saja bisa?
    terimakasih infonya dok, salam..

  8. yanti says

    Apa diagnosa FAM tidak bisa melalui tes darah.??
    Kenapa harus di oprasi kalo hanya untuk tes aja??

  9. MeiLina says

    selamat malam dok, saya mei usia 22 thn, TB 158, BB 45, belum menikah, sudah 3 tahun belakangan ini di payudara sebelah kiri saya ada benjolan kira2 sebesar buah anggur, bergerak jika saya geser benjolannya, nyeri sangat jarang sekali, tapi bila nyeri hanya beberapa detik saja. Puting susu payudara kiri jg agak masuk, saya rasa tidak ada perubahan ukuran benjolan pd payudara saya sejak 3 tahun lalu sampai sekarang. Saya belum pernah memeriksakannya k dokter atau USG. Apa ini disebut fam juga dok? Kalau saya tidak operasi apa tidak apa2? Apa artinya saya masih bisa hamil dan menyusui normal dgn benjolan dan puting masuk seperti itu? Dan apakah ada pengaruh retraksi puting itu dgn kemungkinan penyebab benjolan ya dok? Terimakasih dok dan saya mohon balasan jawabannya.

  10. kanti says

    Siaang dok,, nma q kanti umur 24 syaa punya benjolan d sblah knaan atas, dan itu daah lmaa sekali dri aq msh smp klo ga slah,, ga skit dan padat,, dan ukuraanya tetap ga brubaah,
    cma kdang klo lgi haid ska senut_senut,, apa itu fam,?
    seandainy aq biarin membayaakan wt k dpaany,??, cos aq blum menikah,
    klo aq mo priksaa hruus dokter spesialis apaa dook,??

  11. ina says

    Dok saya mau tanya,saya merasakan sakit dipayudara sebelah kanan jika ditekan ,saya sudah periksa ke dokter dan saya sudah melakukan USG mamae,dan hasilnya tidak tampak lesi kistik dan jaringan fibroglanduler padat,artinya apa dok? Kata dokter yang memerikas saya hasilnya baik,tapi kenapa payudara saya sakit jika ditekan dok?

    • Dokter Bahar says

      Payudara sakit lazim dan biasanya bukan suatu penyakit yang berbahaya.

  12. lisa says

    malam Dok, di ulasan sebelumnya FAM itu penyakit remaja putri. Tapi kenapa bisa timbul pada wanita usia 40th? saya orang yamg tidak pernah operasi, apakah hatus di operasi dok? mohon penjelasannya dok, krn saat ini sy sedang stress mengetahui hasil MRI ternyata FAM. makasih

    • Dokter Bahar says

      Di usia 40 tahun setiap tumor payudara harus dianggap ganas sampai dibuktikan sebaliknya. Nah sebaiknya yang dikatakan FAM itu dibiopsi untuk memastikannya.

  13. Putu Puspita Sari says

    saya putu umur 22 tahun, belum menikah.Saya memiliki benjolan abnormal di payudara kiri saya sejak SMA namun saya biarkan saja karena tidak menimbulkan rasa sakit ataupun berubah ukuran nya, namun setelah saya tamat kuliah saya merasa khawatir membiarkan benjolan tersebut lalu saya pergi ke sebuah rumah sakit negeri terdekat, setelah melakukan biopsi hasil menunjukan bahwa saya mengidap Fam,dan dokter menyarankan operasi, yang ingin saya tanyakan dok, apakah perlu di lakukan operasi itu? apakah ada pengobatan lain selain operasi? dan apa resiko yang di timbulkan kelak apabila Fam tersebut tidak di angkat lalu apakah operasi itu bisa di tunda mengingat saya akan melanjutkan pendidikan lagi, dan saya juga belum menikah hal itu membuat saya dan keluarga cemas. terima kasih

    • Dokter Bahar says

      Tidak perlu operasi lagi. Alasannya adalah operasi itu gunanya untuk memastikan jenis tumor. Nah dari biopsi sudah pasti tumor itu adalah FAM yang jinak. Jadi yah tidak perlu lagi operasi, Putu.

      • Putu Puspita Sari says

        tetapi dok,, mengapa dokter menyaran kan untuk operasi ?? padahal hasil biopsi kan sudah memastikan,,
        hasil mikroskopis biopsi: sediaan smear terdiri dari sebaran maupun kelompok, sel epitel bentuk monotob, inti dan kromatin dalam batas normal
        itu hasinya dok,,
        terima kasih dok atas saran dokter,,

        • Dokter Bahar says

          Menurut saya memang tidak perlu operasi tapi mungkin dokter yang memeriksa langsung berpendapat lain.

  14. Hotma Sari Br Sembiring says

    Dok saya mau tanya, apa obat yang dapat di konsumsi untuk pengidap FAM selain operasi. Mhon penjelasannya ya dok.

    • Dokter Bahar says

      Kalau benar FAM tidak ada obatnya Bu. Operasi hanya untuk memastikannya.

1 2 3 4

Continuing the Discussion

  1. The Surgery « vokoes linked to this post on 14 Oktober 2011

    [...] banyak riwayat kanker. akhirnya setelah tanya sana sini & googling (sempet juga nanya di blog suara dokter), kesimpulannya mastitis yg padat memang sulit dibedakan dengan FAM dan kalaupun dibiarkan bisa [...]



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.