Skip to content


Tumor Payudara: Kemana Harus Berobat?

Kemana harus berobat bila menderita tumor payudara?

luas dan dangkal

luas dan dangkal

Jawaban subjektif yang tidak bisa dibantah dari pertanyaan yang sering ditanyakan dalam situs ini adalah, berobatlah kepada dokter yang Anda percayai.

Namun secara objektif kita harus memilih dengan bijak.

Banyak sekali yang dapat mengobati tumor payudara apakah itu pengobat alternatif yang tidak akan dibicarakan disini, ataupun dokter. Dalam hal dokter, mereka sangat beragam dari dokter umum sampai dokter super spesialis.

Dokter umum bisa mengobati semua penyakit hingga mudah dimengerti bila ia tidak bisa menguasai semua penyakit secara rinci. Dalam hal tumor payudara ia lebih sesuai berperan menjadi dokter pertama yang harus Anda kunjungi. Ia bisa membedakan tumor payudara jinak atau ganas dan memberikan rujukan yang tepat.

Dokter spesialis bedah umum bisa melakukan semua operasi payudara. Namun penyelesaian masalah tumor payudara bukanlah sesederhana itu. Sekarang ini dikenal kemoterapi, pengobatan hormon, radiasi dan intervensi terhadap ekspresi gene. Terapi non-bedah ini berkembang dengan cepat hingga sukar untuk diikuti kecuali bagi dokter yang mendalami onkologi. Para ahli mengatakan bahwa kanker hanya memberikan satu peluang pengobatan untuk sembuh yaitu pada pengobatan pertama.

Dokter bedah onkologi adalah dokter yang mendalami bidang onkologi payudara.

Nah, selanjutnya terserah Anda.

Posted in Umum.

Tagged with .


202 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. muili says

    dokter mau minta saran, hasil biopsi saya adalah medullary carsinoma. apakah memang hrs dilakukan pengangkat semua payudara ?

  2. yena says

    dokter, ibu saya berumur 74 tahun di payudaranya ada benjolan merata tapi tidak sakit,
    1. tindakan pertama apa yang harus kami jalani?
    2. dokter bagian apa yang bisa tangani penyakit ibu saya ?
    3.apakah pada usia ibu masih ada kemungkinan penyakit yang disebut dengan “KANKER”?
    TERIMA KASIH

    • Dokter Bahar says

      Pertama kali berobat ke dokter bedah onkologi dsl ikuti sarannya.

  3. Nia says

    Dokter..
    Sebelum menikah saya sering merasakan sakit pada payudara.setelah periksa k dokter umum memang Ada benjolan tp katanya hanya benjolan biasa. Karena saya penasaran dokter itu menyarankan untuk USG payudara. Dan Saya pun k rumah Sakit besar. Tp menurut perawat di situ pasien yg belum menikah Dan punya anak tdk boleh melakukan USG ini. Sekarang Saya sudah menikah tp belum punya anak Dan rasa Sakit itu masih sering muncul. Mohon sarannya ya dok..
    Dokter apa yg harus Saya datangi Dan apakah harus jg melakukan USG tsb?
    Jazakumullah

1 2 3



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.