Skip to content


Kanker Serviks

CERVICAL CANCER | CARSINOMA CERVISIS UTERI

Kanker serviks atau sering dikenal dengan kanker mulut rahim/kanker serviks  adalah kanker yang terjadi pada servik uterus, suatu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak antara rahim (uterus) dengan liang senggama (vagina).

Gambar organ reproduksi wanita:

Menurut Globacan (2002) di seluruh dunia setiap tahun ada 493.243 wanita terdiagnosa kanker serviks, 273.505 meninggal. Di dunia, lebih dari 700 wanita meninggal setiap hari karena kanker serviks. Di Indonesia, kanker serviks menempati urutan pertama kanker pada wanita.

Setiap hari di Indonesia ada 40 orang wanita terdiagnosa dan 20 wanita meninggal karena kanker serviks. Karena kanker serviks merupakan penyakit yang telah diketahui penyebabnya dan telah diketahui perjalanan penyakitnya. Ditambah juga sudah ada metode deteksi dini kanker serviks dan adanya pencegahan dengan vaksinasi, seharusnya angka kejadian dan kematian akibat kanker servik dapat diturun. Banyaknya kasus kanker serviks di Indonesia disebabkan pengetahuan tentang kanker servik yang kurang sehingga kesadaran masyarakat untuk deteksi dini pun masih rendah.

PENYEBAB KANKER SERVIKS

Hingga saat ini Human Papilloma Virus (HPV) merupakan penyebab 99,7% kanker serviks. Virus papilloma ini berukuran kecil, diameter virus kurang lebih 55 nm. Terdapat lebih dari 100 tipe HPV, HPV tipe 16, 18, 31, 33, 35, 45, 51, 52, 56 dan 58 sering ditemukan pada kanker maupun lesi pra kanker serviks. HPV tipe 16 dan 18 merupakan 70 % penyebab kanker serviks.

Sebenarnya sebagian besar virus HPV akan menghilang sendiri karena ada system kekebalan tubuh alami, tetapi ada sebagian yang tidak menghilang dan menetap. HPV yang menetap inilah yang menyebabkan perubahan sel leher rahim menjadi kanker serviks. Perjalanan kanker serviks dari infeksi HPV, tahap pre kanker hingga menjadi kanker serviks memakan waktu 10 – 20 thn.

PERKEMBANGAN KANKER LEHER RAHIM

Dari infeksi virus HPV sampai menjadi kanker serviks memerlukan waktu bertahun-tahun, bahkan lebih dari 10 tahun. Pada tahap awal infeksi virus akan menyebabkan perubahan sel-sel epitel pada mulut rahim, sel-sel menjadi tidak terkendali perkembangannya dan bila berlanjut akan menjadi kanker.

Pada tahan awal infeksi sebelum menjadi kanker didahului oleh adanya lesi prakanker yang disebut Cervical Intraepthelial Neoplasia (CIN) atau Neoplasia Intraepitel Serviks (NIS). Lesi prakanker ini berlangsung cukup lama yaitu memakan waktu antara 10 -­ 20 tahun. Dalam perjalanannya CIN I (NIS I) akan berkembang menjadi CIN II (NIS II) kemudian menjadi CIN III (NIS III) yang bila penyakit berlanjut maka akan berkembang menjadi kanker serviks.

Konsep regresi spontan serta lesi yang persiten menyatakan bahwa tidak semua lesi pra kanker akan berkembang menjadi lesi invasive atau kanker serviks, sehingga diakui masih banyak faktor yang mempengaruhi. CIN I (NIS I) hanya 12 % saja yang berkembang ke derajat yang lebih berat, sedangkan CIN II (NIS II) dan CIN III (NIS III) mempunyai risiko berkembang menjadi kanker invasif bila tidak mendapatkan penanganan.

KLASIFIKASI HISTOPATOLOGI

2 bentuk kanker serviks yang paling sering dijumpai yaitu karsinoma sel skuamosa dan adenokarsinoma. 85% merupakan karsinoma skuamosa (epidermoid), 10% merupakan jenis adenokarsinoma dan 5% merupakan adenoskuamosa, clear cell, small cell dan verucous.

BAGAIMANA ORANG BISA TERKENA INFEKSI HPV?

Setiap orang bisa terinfeksi HPV baik pada wanita maupun pria, infeksi HPV ditularkan melalui kontak kelamin, bukan hanya melalui hubungan seks. Infeksi ini mudah menular sehingga semua wanita yang sudah melakukan hubungan seks berisiko terkena kanker leher rahim. Resiko menderita kanker leher rahim meningkat pada wanita perokok, berganti-ganti pasangan seksual, menikah usia muda dan penderita dengan penurunan kekebalan tubuh/HIV+ (AIDS).

GEJALA KANKER LEHER RAHIM

Infeksi HPV tidak menimbulkan gejala, bahkan orang tidak menyadari bahwa dia sudah terinfeksi bahkan sudah menularkannya kepada orang lain.

Pada tahap/stadium awal (prekanker) tidak ada gejala yang jelas, setelah berkembang menjadi kanker timbul gejala-gejala keputihan yang tidak sembuh walaupun sudah diobati, keputihan yang keruh dan berbau busuk, perdarahan setelah berhubungan seks, perdarahan di luar siklus haid dan lain-lain. Pada stadium lanjut dimana sudah terjadi penyebaran ke organ-organ sekitar mungkin terdapat keluhan nyeri daerah panggul, sulit BAK, BAK berdarah dan lain-lain.

DETEKSI DINI

Pap smear merupakan salah satu cara deteksi dini kanker leher rahim, test ini mendeteksi adanya perubahan-perubahan sel leher rahim yang abnormal, yaitu suatu pemeriksaan dengan mengambil cairan pada laher rahim dengan spatula kemudian dilakukan pemeriksaan dengan miroskop.

Saat ini telah ada teknik thin prep (liquid base cytology) adalah metoda pap smear yang dimodifikasi yaitu sel usapan serviks dikumpulkan dalam cairan dengan tujuan untuk menghilangkan kotoran, darah, lendir serta memperbanyak sel serviks yang dikumpulkan sehingga akan meningkatkan sensitivitas. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengunakan semacam sikat (brush) kemudian sikat dimasukkan ke dalam cairan dan disentrifuge, sel yang terkumpul diperiksa dengan mikroskop.

Pap smear hanyalah sebatas skrining, bukan diagnosis adanya kanker serviks. Jika ditemukan hasil pap smear yang abnormal, maka dilakukan pemeriksaan standar berupa kolposkopi. Kolposkopi merupakan pemeriksaan dengan pembesaran (seperti mikroskop) yang digunakan untuk mengamati secara langsung permukaan serviks dan bagian serviks yang abnormal. Dengan kolposkopi akan tampak jelas lesi-lesi pada permukaaan servik, kemudian dilakukan biopsy pada lesi-lesi tersebut.

IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) tes merupakan alternatif skrining untuk kanker serviks. Tes sangat mudah dan praktis dilaksanakan, sehingga tenaga kesehatan non dokter ginekologi, bidan praktek dan lain-lain. Prosedur pemeriksaannya sangat sederhana, permukaan serviks/leher rahim diolesi dengan asam asetat, akan tampak  bercak-bercak  putih pada permukaan serviks yang tidak normal. Penanganan kanker serviks dilakukan sesuai stadium penyakit dan gambaran histopatologimnya. Sensitifitas pap smear yang dilakukan setiap tahun mencapai 90%.

Gambar teknik Pap Smear:

Keterangan :

  1. Vagina dibuka dengan spekulum agar mulut rahim kelihatan;
  2. Dilakukan usapan pada mulut rahim dengan spatel;
  3. Spatel dioleskan ke obyek glas, kemudian diperiksa dengan mikroskop;
  4. Metode berbasis cairan : usapan pada mulut rahim dilakukan dengan citobrush (sikat) > sikat dimasukkan ke dalam cairan fiksasi,dibawa ke laboratorium > diperiksa dengan miroskop.

PENANGANAN KANKER LEHER RAHIM

Penanganan kanker leher dilakukan sesuai dengan stadiumnya. Pada tahap prekanker yaitu pada tahap CIN penanganan dilakukan dengan destruksi lokal pada mulut rahim. Sedangkan bila sudah pada tahap kanker penanganan yang dilakukan adalah pembedahan berupa pengangkatan rahim, kemoterapi dan radioterapi. Pada tahap kanker walaupun dilakukan penanganan yang semestinya angka kesembuhannya kecil sekali.

PENCEGAHAN

Menjaga perilaku seksual yang sehat dan melakukan skrining dan deteksi dini secara teratur merupakan langkah terbaik yang dapat dilakukan. Sekarang telah dikembangkan vaksin untuk mencegah kanker leher rahim, untuk menimbulkan kekebalan yang cukup diperlukan 3 kali penyuntikan vaksin.

Cegah kanker serviks sebelum terlambat. Lakukan deteksi dini dan pencegahan dengan vaksinasi. Anda terlalu berharga untuk keluarga dan orang di sekitar anda. Jangan sampai kanker serviks merenggut kebahagiaan dan impian-impian anda.

Posted in Kanker lainnya.

Tagged with , , .


363 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. dwi says

    Maaf saya mau tanya saya pernah mengalami keputihan berbulan bulan sampek sampek say berhenti menstruasi 6 bulan saya takut mau k dokter akhirnya saya dibawa ibu saya. Alternatif katanya sih saya kene kanker tapi masih belum parah terus saya dikasih ramuan jamu alami dari bahan masak 2 minggu sehabis saya minum rutin saya langsung menstruasi sudah lama ini saya tidak pernah alternatif karna malas jamunya jga pahit banget sekarang menstruasi saya gak rutin keputihan terus terusan kenapa saya ini?
    Jawab ya dok

    • Dokter Bahar says

      Mbak Dwi sabar menunggu ya saya carikan dokter obgyn untuk menjawabnya

    • eni kusmawati says

      mbak dwi klo masih keputihan saya ad solusi buat mbk,tlp saya 08158244179.tq

  2. umarpapua says

    Informasi yang sangat bermanfaat, terimakasi Dr Bahar

  3. aie says

    dok saya sering mngluarkan keputihan yang berlebihan dan kdang” berbau saya sering mencari informasi d internet mengenai kanker serviks dan saya memiliki ciri” tsb.
    dok jika saya iya terkena kanker pengobatan appa yg hrus saya lakukan untuk mnyembuhkan penyakit saya?

    • eni kusmawati says

      mbak aie mau ga tlp saya,mungkin saya bisa membantu,tlp sy 08158244179,tq

  4. handa yani says

    dr….saya sudah pernah dpt 1x untukan vaksin ca cervik,waktu untuk suntikan y ke 2 sudah lewat hampir 2 bulan jika saya mau melajutkan kembali therapi vaksin ca cervic ini,apakah ada bahaya yang akan ditimbulkan karena jadwal yang telh ditentukan sudah lewat/terimakasih

  5. dina says

    selamat pagi dok,
    saya mau tanya, saya mengalami keputihan disertai rasa gatal disekitar vagina hal itu sudah berlangsung 1 bulan ini saya sudah coba mengobati dengan daun sirih, tapi rasa gatalnya masih ada, kemudian saya pernah bersenggama dengan suami saya sehari setelah menstruasi (biasanya saya mens cuma 4 hari) tapi setelah senggama ada sedikit darah yang keluar, apakah itu tanda dari kanker servik atau darah mens saya dok?? apakah rasa gatal itu disebabkan parasit atau itu memang gejala dari kanker servik dok?? dimana saya bisa melakukan cek iva dan vaksinasi untuk kanker servik,??
    mohon saran dan rekomendasi dari dokter
    terima kasih

  6. esti says

    Dok, saya perempuan usia 24 tahun, menikah 3tahun silam dan belum punya keturunan. Saya ingin bertanya, sekitar 2minggu setelah operasi usus buntu saya dan suami melakukan hub intim dan terasa sangat perih di luar bibir Ms.V, kemudian setelah itu saya terjadi keputihan tidak biasanya yaitu berwarna putih dan 2 minggu kemudian saya dan suami melakukan hubungan intim kembali,waktu itu Ms.V saya sangat kering, stlah itu keluar sedikit bercak darah segar di tisue ketika saya cebok. Baru kali ini saya mengeluarkan bercak darah dari awal menikah. Apa yang terjadi pada saya ya Dok?
    Mohon Penjelasanya.

    • eni kusmawati says

      mbak esti saya punya solusi buat mbak,tlp saya ya 08158244179.tq

  7. deka says

    Dok umur saya 22 thn Dan saya belum menikah.
    Saya mmg sering mengalami keputihan Dan rasa gatal,kalau sudah begitu saya hanya mnggunakan betadine feminim h. Atau pun air daun siruh..
    Namun srmpat beberapa kali saya mrrasakan mendenyut di Mrs V dok’kira2 itu berbahaya tdk dok?
    Mohon informasi@ ya dok.

  8. kenn says

    dokter saya mau tanya nih, pasaangan saya di m.V dibagian tengahnya ada benjolan kecil sperti jerawaat dan terasa rada sakit, ikut kenapa ya? apa itu gejala kanker ?

  9. Gina says

    Dear Dokter Bahar,

    Saya mau tanya, didaerah sekitar lipata vagina saya ada bintil2 seperti kutil halus, tidak sakit dan hanya seperti jerawat, tanpa nanah. Apa kah ini vaginitis atau penyakit kelamin lain ya Dok? Saya benar2 butuh jawaban dr Doker Bahar, mungkin bisa membantu keingintahuan saya dan saya bisa segera tanganin sebelum mungkin menjadi parah. Terima kasih Dokter.

    • ayu says

      Skrng gimna mbk gina ?ak jg sprti itu di dinding ada kyak jerawat

  10. ade says

    malam dok.. Sya penderita kandiloma akuminata sejak th 2011, kt dokter sya harus d operasi namun saya tidak melakukannya karn sy takut. Lalu sy pake abothyl 2 bln kemudian kutil sudah tidak ad. Apakah nant ny saya bisa menjadi kanker servik? Apa yg harus sy lakukan pak? Dan sya belm pny anak, apakah sya bisa pny anak pak? Dulu sy menikah umr 19th suami sy blm d sunat,
    Suami sy penum alkohol, perokok, skg sy sudah bercerai

    • eni kusmawati says

      mbak ade mau ga share dgn saya,tlp sy 08158244179 eni,tq

  11. Sterling Napa Valley Cabernet Sauvignon says

    This design is spectacular! You clearly know how to maintain a reader amused. Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog (well, almost…HaHa!) Amazing job. I actually enjoyed what you had to say, and far more than that, how you presented it. Too cool!

  12. Yayan says

    thanks dok atas infonya…
    Sangat bermanfaat bagi KTI saya

  13. anny muntia says

    dok ibu saya terkena kanker serviks stadium2 ??dokter menyarankan segera di operasi? yang ingin saya tanyakan berapa persen kesembuhan ibu saya dengan jalan operasi ini dok?bisakah sembuh total dok,setelah operasi masih perlukah di kemoterapy!terimakasih dok

    • Dokter Bahar says

      Mbak Anny, maaf sy tidak kompeten. Coba buka ke web yg dibawah ini

      • Dokter Bahar says

        Mbak Anny coba tanyakan di web ini http://www.drdidispog.com/

        • eni kusmawati says

          Pagi dokter Bahar..Dokter,produk yang saya sarankan buat temen-temen yang sharing di blog Pokter ini adalah Pembalut Anion dok,menurut Dokter bagaimana,apakah Dokter sudah pernah tahu mengenai Anion..karena pembalut Anion ini sudah banyak menolong para wanita dok,terima kasih sebelum dan sesudahnya,eni

          • Dokter Bahar says

            Belum Mbak.

          • eni kusmawati says

            terima kasih atas balasannya dokter,maaf baru berkunjung ke blog Dokter lagi,kalo Dokter belum pernah melihatnya bisa dilihat dan dipelajari demonya di you tube Dok..dengan klik demo anion,Insyaallah dengan banyak orang yang tahu lewat blog dokter yang DAHSYAT ini dan memakai anion bisa membantu banyak kaum wanita dari bahaya kanker serviks sekaligus kampanye pemakaian pembalut sehat,terima kasih Dokter atas dijawabnya komentar saya dan berkenan melihat demonya :-)

          • Dokter Bahar says

            Makasih Eni tapi lebih baik dokter kebidanan yang melihatnya.

        • eni kusmawati says

          Dan saya pribadi berterima kasih atas ilmu yang dokter berikan,semoga banyak membantu para temen-temen utk jaga kesehatan

  14. RSIA Yadika says

    apa si penyebab penyakit kanker serviks

  15. RSIA Yadika says

    kenapa bisa terjadi kanker serviks

  16. beb says

    dok, saya ada masukkan jari ke vagina saya tapi di mulut pagina ada benjolan dan saya masuk smp dalam seperti teksturnya kasar sekali, dan saya akhir akhir ini sakit pinggang/panggul apakah saya terkena servik?

  17. ambar says

    dok,,, saya sugah seminggu mengalami keputihan namun tidak terasa gatal,, dulu pernah ke alternatif katanya tidak boleh mengkonsumsi makanan yang amis2 karna dapat membuat keputihan dan rasa gatal,,,bagaimana untuk menyembuhkan keputihan dokk….

  18. upi says

    dok, sy telah lakukan pap smear, hasilx:
    class: II, hapusan terdiri dari sel-sel superfisial, intermediate, parabasal, ltr blg: lekosit PMN banyak, histiosit, cocci, radang dengan adanya coccus. diberi obat vioxy, siclidon dan porfertil. bisakah sy hamil kembali? terima kasih

  19. novi says

    ass , dok , dalam alat kelamin saya , ditengahnya terdapat tekstur kasar trus kluar bentuk putih2 tapi tidak bau dan tidak sakit , tlg dbls ya , sgt penting bagi saya , trims

  20. naya muhammad says

    Dok Saya sering sekali keputihan dan tiba2 kekuningan tapi saya tidak pernah merasa sakit di pinggang & BAK Berdarah.
    Ketika itu Saya Berhubungan dgan Suami Saya 2-3 Hari Keluar Benjolan Di dinding vagina saya terus suami saya mengeluarkan cairan berwarna kuning.
    suami saya langsung periksa kedokter kta dokter harus di suntik GO,
    Dok ap solusi buat saya, mohon di blz ??

    • Dokter Bahar says

      Anda juga harus berobat spt suami spy tidak saling menularkan nanti.

      • Naya Muhammad says

        Dok Benjolan Itu Semakin Besar Saya Sudah Suntik GO, Saya Takut Dok, Gmna Solusi Ya Dok ?????

  21. eni kusmawati says

    dokter boleh saya kasih info lewat blog dokter ini kepada teman-teman dgn produk saya,tq

    • Dokter Bahar says

      Selama berhubungan langsung dengan kedokteran boleh saja Mbak, misalnya kantong kolostomi atau beha untuk payudara pasca operasi.

      • eni kusmawati says

        mbak dwi masih keputihan terus..saya ada sedikit solusinya mbak,klo mau hub saya eni 08158244179

  22. rini says

    dok, saya menderita keputihan sejak SMA dulu saya pikir biasa saja
    setelah sampai sekarang umur sama 19 tahun sudah menikah, saya mengalami keputihan yg menurut saya tidak biasanya, keputihan nya encer seperti air, keluar terus, sampai saya capek harus ganti celana dalam terus,,, lalu setelah senggama vagina saya berdarah,,,,kenapa ya dok, apa saya terkena kanker serviks, kok bisa dok…..mohon balasannya
    sebaiknya saya ke bidan atau kedokter saja

  23. rere says

    dok, kadang keputihan saya mengumpal..
    apakah itu krna serviks saya bermasalah?

  24. rere says

    dok..kadang keputihan saya menggumpal,
    apakh itu artinya serviks saya bermasalah?
    lg penjelasan nya.trims.

  25. echa says

    dokter saya mau tanya nih, saya pernah terkena keputihan yg sangat berbau dan sangat gatal dan sayapun melakukan papsmear dan ternyata diagnosa saya radang dengan CIN 1 dan HPV class III(tiga).. apakah itu berbahaya dok, bisa sembuhkah?

    • Dokter Bahar says

      Bisa tapi sulit sembuh.

      • echa says

        apa yang harus saya lakukan dok agar dapat sembuh sedikit demi sedikit, apa saya harus berhenti dulu untuk melakukan hubungan intim dokter?

        • Dokter Bahar says

          Berhenti memang penting sampai sembuh total supaya partner tidak tertular.

  26. tris says

    Dok Q mau nanya Q udh cek k dokter trnyata diagnosis Q di deteksi dini kenker mulut rahim cin II..dan disarankan oprasi laser…Q memang sering keputihan sperti warna susu dn kental…pd saat halangan sangat kesakitan spt tulang belakang mau copot…dn saat berhubungan slalu sakit! Yg ingin Q tnyakan adakah jalan lain selain oprasi?

  27. Atin Miftahul Khoiriyah says

    infonya sangat menarik dok…
    trimakasih

  28. Atin Miftahul Khoiriyah says

    tulisannya sangat menarik.
    semoga wanita indonesia segera terbebas dari kanker serviks

  29. tiari says

    Dok saya mau tanya. saya sdh cek pap smear dan hasilnya:
    diagnose deskriptif = hapusan terdiri dari sel superfisial, intermedier, dn parabasal.
    LB: leukosit pmn padat, histiosit, dn laktobasilus vaginalis.
    artinya apa ya dok? apakah mendekati kanker serviks dn berbahaya.
    trima kasih seblmnya.

  30. ferawati says

    dokter sy wanita berusia 33th…saat ini sy d katakan hamil…tp dlm rahim sy tdk ada kntong utk tmpat tinggal bayi…itu pnyebab dasar nya apa ya dok…

  31. febri says

    dok saya kakak saya terkena kanker servik, mohon sarannya dok kami harus berobat kemana? saat di periksa oleh dokter kandungan dokter tersebut mengatakan kakak saya sehat namun saat periksa ke dokter umum beliau mengatakan kakak saya terkena kanker servik, saat ini kakak saya sudah sangat lemah do, terkadang pingkul dan kepala terasa amat sakit, bagaimana mencegah rasa sakit tersebut dok, terus terang saya merasa sangat kasihan melihat kakak saya, terimaksih sebelimnya dok

  32. Miati says

    Dok saya mau tanya, apakah servik dapat keraba dg memasukan jari kedalam vagina?

  33. dina says

    dok di liang vagina saya sebelah kiri ad benjolan bulat sebesar kacang hijau, apakah itu berbahaya dok?

  34. OBAT HERBAL PAPUA says

    Info yang bagus,trims dokter

  35. irma chaerunisa says

    Malam dok, mau tanya di dinding vagina saya terdapat benjolan, kemungkinan benjolan dari dalam.. saya minta pendapat dokter segera.. terima kasih

  36. Emma says

    dari penjelasan diatas..sy masih bingung dengan bau yang dikeluarkan ketika mengalami keputihan..
    bagaimana ciri2 bau keputihan normal dengan bau keputihan abnormal..karna setau sy setiap kelamin pasti mengeluarkan
    bau khusus..
    sy pernah coba dengan cara tiap sy ganti celana dalam sy mencium celana dalam sy yg seharian sy pakai..
    bau yg sama seperti hari2 kemarin..lalu bau yg seperti apa dok yg bisa menunjukkan tanda2 kita terkena kanker?
    lalu apakah dengan kebiasaan memasukkan jari ke dalam vagina bisa menimbulkan kanker?
    Trima kasih

  37. Sarang Semut Papua says

    keputihan itu akibat terburuknya apa aja dok selain kanker serviks.trims

  38. Rachma says

    Assalamu’alaikum
    Selamat Sore

    Dok, bu saya berumur 47 tahun, sekitar bulan oktober tahun 2012 ibu saya mengalami pendarahan terus menerus, dan hasil papsmear akhir desember tahun 2012 mengatakan bahwa ibu saya terserang kanker serviks stadium 3A. Dokter yang bersangkutan mengatakan bahwa sudah tidak bisa di operasi atau di angkat rahim’y, beliau merujuk agar ibu saya di laser
    Namun saya dan keluarga saya memilioh untuk pengobatan herbal dibandingkan melakukan laser.
    sejak dari situ hingga pertengahan bulan ini, ibu saya menjalani pengobatan herbal, namun tanggal 15 kemarin ibu saya pingsan, setelah cek darah ternyata HB’y hanya 3 akibat pendarahan terus menerus.
    sudah 2 RS merujuk agak ibu saya di laser
    apa yang harus saya dan keluarga lakukan dok?
    kami sekeluarga tidak tega membayangkan jika ibu saya di laser atau pun kemo, saya takut fisik ibu saya tidak kuat dok
    mohon pencerahannya
    dan mohon do’anya kepada rekan” semua untuk kesembuhan ibunda tercinta :’(
    terima kasih

    • Dokter Bahar says

      Ini saatnya Anda memilih. Pertama berobat atau menyerah. Kedua mau cara dokter atau tidak.

  39. selo says

    dokter… sy sudah melakukan papsnear dan hasilnya CIN 1… dokter saya menganjurkan untuk melakukan kauterisasi… tapi kok biayanya mahal sekali (sekitar 70jt) untuk CIN 1 apakah bisa disembuhkan dengan cara lain selain kauterisasi? trims mohon balasan dok…

  40. Armayani says

    salam kenal dokter saya da merasakan keganjelan ini setelah saya sdh berumah tangga di dlm alat kemaluan saya da tmbh cendolan seperti kutil gitulah apakah itu yg di bilang polif kadang juga mengeluarkan seperti air kadang sperti keputihan dan kadang bauk kadang G dok mala kadang menimbul kan rasa gatal di bagian alat V tu td tlg saran ea dok obat apa yg harus saya belik dan bagai mana cara mengatasi ea dok mohon petunjuk ea dok

    • Dokter Bahar says

      Mungkin pembesaran kelenjar Bartolini yang mangkal disitu. Berobat ke dokter kebidanan.

  41. ika wahyuni says

    Siang dok saya ika usia 31 th dg dua anak .berikut saya sertakan hasil pap smear
    Adequacy of the spesimen:satisfactory for evaluation
    General categorization: no cellular changes
    Reactive changes: no reactive changes
    hormonal evalution: -
    Cellular composation: squamos +
    Inflammantory changes:radang coccoid
    Squamos/sq metaplasia cells: no abnormality
    endom cell/other changes:-
    Endicervical columnar cells:-
    Diagnoses
    No intra ephitelial lesion/malignancy
    bacteriologic consistant with coccoid

  42. Alyasa says

    Dokter, sy mrasakan ada benjolan ktika memasukan jari sy k dlm vagina sy, nah sy raba itu ada benjolany, sy takut dok, kira2 benjolan apa itu? Tdk trasa sakit, tp benjol dok… Mens sy jg trsa spti biasa… Apa ya dok?

  43. Alyasa says

    Dok, sy meraba vagina sy pke jari, nah dstu trasa ada benjolan dok, tdk sakit tdk appun, tp sy kuatir itu bahaya, kira2 apa ya dok?
    Saat mens jg tdk menggangu sy, mohon pnjelasany.

    • Dokter Bahar says

      Mungkin infeksi kelenjar Bartolini. Segera ke dokter kebidanan ya

  44. tia says

    Salaam dok, sy 40th anak 2 n 14th menikah.sudah 3 hari ini vagina sy terasa gatal n keputihan berwarna kuning n baru ambil hasil papsmear yg dilakukan 1bln yl, hasilnya tdk ditemukan lesi intraepitelial / keganasan. Sel skuamosa n glandular disertai bakteri coccoid n lekosit. sy diresepkan Zemyc150 1×3 n Flagystatin Ovula 1×7. Apa yg pnyebabnya? Apa suami jg perlu diperiksa? Apa suami perlu periksa jg? Apakah jika pasutri melakukan oral seks bs berbahaya? Terima kasih

  45. tia says

    Dokter Rina nya kok menghilang?

  46. hadi s says

    Selamat Siang dokter
    saya mau menanyakan ke dokter tentang kanker servikc karena teman kantor saya setelah test pap smear dari dokter patology diindikasikan terkena kanker serviks dengan hasil diagnosis yaitu HIGH GRADE LARGE SIL : CIN II dan Papanicolau class III yang diharuskan operasi
    yang saya tanyakan untuk pemeriksaan lebih lanjut apakah saya cukup kedokter spesialis kandungan atau apakah ada dokter yang khusus/specialis menangani kanker servikc, mohon petunjuk dokter karena teman saya takut untuk melakukan operasi, alamat teman saya ada di surabaya ? terima kasih

    • Dokter Bahar says

      Itu sebaiknya ke dokter kebidanan konsultan onkolog dan btw belum tentu perlu operasi

      • hadi s says

        Terima kasih Dokter

  47. susy says

    Met malam dokter,saya mau tanya 2 minggu lalu saya priksa pap smear dgn hasil deskripsi: Mikroskopis sediaan apus terdiri dari sel epitel intermediate,superfisial,jamur candida dan sel radang PMN,tidak tampak sel ganas
    Kesimpulan: Negative for intraephitelial lesion malignancy ( NIML)
    Infeksi candida albicans

  48. susy says

    Met malam dokter,saya mau tanya 2 minggu lalu saya priksa pap smear dgn hasil deskripsi: Mikroskopis sediaan apus terdiri dari sel epitel intermediate,superfisial,jamur candida dan sel radang PMN,tidak tampak sel ganas
    Kesimpulan: Negative for intraephitelial lesion malignancy ( NIML)
    Infeksi candida albicans
    Pertanyaan saya apa arti dari hasil ini dok?trus solusinya gimana?makasih Dokter..

  49. Dokter Bahar says

    Makasih Mbak

  50. dwi says

    Gimana dok?

  51. anggie says

    Dok sy mau taanya apa kanker servik bisa diraba dgn memasukan jari ke dlm vagina?trims

  52. Dokter Bahar says

    So sweet. Thank u

1 4 5 6

Continuing the Discussion

  1. Kanker Serviks « yunishanty linked to this post on 23 Juni 2011

    [...] Bila anda ingin melihat lebih lengkap klik disini kanker serviks [...]

  2. payday loans linked to this post on 6 Oktober 2014

    payday loans

    Kanker Serviks – Suara Dokter



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.