Skip to content


ANDI: Fibroadenoma (FAM)

SERI TUMOR JINAK PAYUDARA

Fibroadenoma (FAM) adalah suatu bentuk penyimpangan atau kelainan yang berhubungan dengan pengembangan dan penyusutan payudara yang dikenal sebagai ANDI (Aberration of Normal Breast Development and Involution) yang sudah dibicarakan dalam artikel sebelumnya. Bentuk lainnya adalah tumor filodes, nipple discharge, mastalgia, kista dan kelainan fibrokistik yang dulu disebut sebagai mammary displasia.

Dulu FAM dikenal sebagai neoplasma jinak (tumor yang terdiri dari jaringan baru abnormal, tumbuhnya berkelebihan, tidak terkoordinasi, dan tumbuh terus walaupun rangsangan yang menyebabkannya sudah berhenti) lihat tulisan tanggal 9 November 2008, Non-Neoplasma atau Neoplasma.

FAM tumbuh dari lobulus yang terlihat sebagai butir 3 gambar anatomi payudara. Stroma atau jaringan ikat yang membentuk tumor terdiri dari sel yang teratur.

Anatomi Payudara

Anatomi Payudara

PENAMPILAN.

1.  Kenyal, berbatas tegas dan mobil.

Stroma membuat ia berbentuk tumor yang kenyal, berbatas tegas dan mobil atau mudah bergerak.

2.  Tidak nyeri

Nyeri jarang dijumpai karena ia adalah bersifat setempat di lobulus berbeda halnya dengan nyeri bulanan setiap mens karena penegangan masif payudara. Keadaan ini pula yang membuat ia tidak terpengaruh oleh siklus mens.

3.  Dapat multipel di kedua payudara

Berasal dari lobulus yang terdapat di seantero jaringan payudara, ia dapat ditemui multipel atau lebih dari satu baik di payudara kanan atau kiri.

Pemeriksaan
Pemeriksaan penunjang yang lazim dilakukan adalah USG (ultrasonografi) yang sudah disinggung manfaat dan mudaratnya pada tanggal 14 November 2008, Resiko Pemeriksaan Canggih.

Ultra Sonografi (USG)
USG diperlukan untuk melihat:

1.  Apakah tumor itu padat atau berisi cairan. Jila padat mungkin FAM,  jika cair mungkin kista.

2.  Berapa banyakkah tumor curiga FAM itu di kedua payudara pasien?

Pemeriksaan USG tidak wajib karena kedua hal itu bisa ditentukan dengan pemeriksaan fisik.

Mamografi
Mamografi hanya dilakukan bila pasien curiga FAM itu ber usia di atas 50 tahun.

Pengobatan
Yang perlu diketahui adalah FAM adalah suatu penyimpangan yang tidak memerlukan pengobatan. Apalagi jarang sekali kanker payudara dapat muncul dari FAM, dan seandainya terjadi maka derajat keganasan kanker itu akan jauh lebih ringan dari biasanya.

Satu-satunya cara untuk memastikan adalah mengambil sampel tumor dengan biopsi.

Biopsi dan Eksisi
Ada dua cara yaitu pengambilan dengan jarum suntik atau eksisi, pengangkatan keseluruhan tumor. Dua-duanya mengandung manfaat dan mudarat masing-masing.

Biopsi jarum biasanya dilakukan bila tumor yang kecil dari 4 cm. Bila memang FAM maka pasien harus dapat hadir untuk pemeriksaan berkala setiap 6 bulan. Bila FAM bertambah besar diperlukan eksisi.

Eksisi dapat dilakukan pada semua tumor curiga FAM. Bila memang FAM, pengobatan selesai dan pasien tidak perlu datang untuk pemeriksaan berkala.

Posted in Payudara.

Tagged with , , .


566 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. dwi says

    dok mau tanya.mei lalu sy operasi krn ada benjolan di payudara.hasil PA menurut dokter itu adalah fibrokistik page 1.mhon penjelasan tentang fibrokistik. lalu bedanya dengan kista payudara apa ya dok? terimakasih

  2. iren says

    selamat malam dok, sblmnya terima kasih atas jawaban dokter sebelmnya. akhirnya bulan lalu saya putuskan operasi dan alhamdulillah skrng sdah braktifitas lg. tetapi kadang timbul rasa nyeri pada bekas jahitan saya. apakah itu normal y dok? mengingat jahitannya trgolong baru.

  3. maria pie says

    dok..dulu waktu 17 th PD kanan saya ada benjolan ..agak sakit..setelah di usg hasilnya fam..gag percaya akhirnya biopsi tempuh juga..hasilnya lupa hehehe
    trus ibu q kekeuh eksisi aja..kata ibu bentuk kaya gajih..ukuran sekitar diameter 4 cm
    selang 2 th ada lagi dok di PD yg sama tapi beda tempat..belum periksa sih..takut biopsi lagi..sakiittt hehehe
    apa mungkin fam lagi ya dok..kdang nyeri..apalagi kalo di tekan
    sekarang umur q 24

  4. yawmil says

    Dokter aku mau nanya payudara aku kadang suka nyeri dok sebelum dan sesudah haid. Tapi jika sedang haid tidak terasa nyerinya selang beberapa minggu baru nyeri lagi.
    Nyerinya dua duanya dok. Yg saya mau tanya kan apakah normal?

    Saya pernah memeriksa SADARI dengan dokter tamin di daerah rmh saya tapi kata dokter tersebut itu adalah kelenjer susu yg membengkak akibat hormon saya yg tidak teratur..?

    Saya umur 18thn dan payudara saya tidak besar seperti anak seumuran saya dan kalo saya melakukan SADARI sendiri saya merasakan tulang rusuk saya ada yg nyeri jika di pencet. Itu kenapa ya dok?

    Mohon infonya makasih dokter :)

    • Dokter Bahar says

      Nyeri payudara biasa Mbak dan umumnya tidak diketahui sebabnya tapi biasanya tidak berbahaya

  5. yawmil says

    Yawmil: Ohiya dok dan saya mau tau apakah saya termasuk kedalam MASTALGIA? Kalo iya yg siklik atau non siklik?bagaimana cara penyembuhannya jika melalui herbal? saya berharap tidak dua duanya

    • Dokter Bahar says

      Herbal? saya tidak tahu Mbak.

      • yawmil says

        Saya termasuk siklik atau non siklik dokter? bagaimana cara penyembuhannya? Jawabnya cuma pas herbalnya doang… Mohon bantuan informasinya Dok yang terhormat

  6. tika says

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    Dokter klau misalny FAM itu dbiarkan sj bgaimn dokter
    Apkah akn memperburuk keadan dokter
    وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُ

  7. fatimah says

    dok..akhir april lalu saya operasi FAM. diameternya kecil sih.sekitar 2cm. waktu blm di operasi, sering nyeri.tp tdk smpai demam. setelah operasi, ngilu di skitar bks jhitan msh sering terasa.apakah ada kmungkinan tumbuh lg?klw iy, apakah sy harus operasi lg? bekas jahitan di pydra sy mengeras seperti benjolan.apakah memang spti itu dok?sy bingung..yg sering nyeri ini bekas jhtqn atau FAMnya tumbuh lg.mhn penjelasannya..trims.

    • Dokter Bahar says

      Itu harus diperiksa oleh dokter. Dengan perabaan dapat diduga apakah tumor atau bekas jahitan. Bila dokternya ragu bisa USG

  8. nina novianti says

    Dokter slmat siang,,
    Saya nina umur 19 th 9 bulan 15 hari, tepat kemarin saya melakukan USG mammae dan dinyatakan terkena FAM dg ukuran 0.9X0.58Cm.apakah itu berbahaya jka di biarkan, apakah hrus dioperasi? Dan apakah bsa dg cara terapi? Mhn penjelasaanya dok. Terimakasih

  9. dwi antari says

    dok,bulan mei kemarin saya post op FAM,dan sampai sekarang masih sering nyeri sekali dok,apalagi kalau sampai payudaranya kesentuh air mata saya sampai menetes.ini apakah masih fase penyembuhan ato gmn dok?
    mohon ditanggapi dok.trims

    • Dokter Bahar says

      Nyeri itu tidak ada hubungannya dengan FAM. Untungnya nyeri payudara tidak penyekait yang berbahaya walaupun sulit mencari penyebabnya.

  10. Ira says

    siang dok..
    saya pernah melakukan operasi payudara kiri dok, dan dari hasil PA saya dinyatakan musionius adenocarsinoma,pada waktu itu CA saya sekitar 15.7, berapakah CA orang yang menderita kanker payudara itu dikatakan sudah di stadium lanjut dok serta bagaimanakah caranya untuk kita bisa mengetahui tingkatan CA tersebut dan apakah dia sudah bermatastase atau belum? apakah bisa hanya lewat pemeriksaan darah tanpa melakukan operasi?
    terimakasih saya ucapkan atas jawabannya dok..

    • Dokter Bahar says

      CA itu hanya angka untuk monitoring pengobatan dan bukan mengindikasikan ada ataupun lanjutnya penakit.

  11. Ira says

    oh ya dok maaf, saya berusia 30 tahun

  12. risty defita says

    dok aku mau Tanya aku kemaring lakukan pengambilan AJH di,menurut pendapat dokter aqu fibroadenoma ,namun yang aku rasakan selalu terasa nyeri,sesak nafas,ngga bias kelamahan berbicara,,,,,,aku udha di kasih obat tapi kalu habis obat qu aku pasti kambuh lagi,,jadi apa pendapat dokter untuk mengatasinya
    saya berusia 17 tahun

  13. ria says

    salam dokter
    kakak saya minggu lalu di vonis terkena FAM di payudara sebelah kanan
    dan dia disarankan oleh dokter yang memeriksa untuk melakukan operasi
    dan benjolan yang ada itu sudah sebesar kelereng dok.
    menurut dokter apa alternatif yang harus dilakukan untuk kesembuhan total atas benjolan yang ada itu?
    terima kasih

  14. anisa says

    Sore dok, saya anisa umur 30th, baru selesai menyusui anak pertama. ada benjolan disebelah kanan payudara saya. Saya sdh USG dan hasilnya adalah FAM dg ukuran 1,51×1,16×1,77cm. Apakah harus dioperasi dok?

  15. abel says

    Dok, saya mau tanya. jika terkena FAM apakah dibiarkan saja dan makan makanan yang sehat akan menghilangkan FAM/benjolannya?tanpa harus operasi?
    mohon dijelaskan.
    terimakasih

  16. ipan says

    dok kalau penangan penyakit fam selain operasi ada cara lain ga…

  17. Santi says

    Malam dok, saya berusia 39 thn dan baru saja melakukan usg 3D. Hasilnya terdpt FAM di jam 06.00,3,2cm dar pappila, 4mx 3 mm/probable benign/birads categori 3. apakah berbahaya&harus dioperasi? Thx

  18. Ana says

    Dok, saya Ana, 23 tahun, belum menikah
    mau nanya, di payudara kanan saya ada benjolan di sekitar puting, agak bulat, mobil, sekitr 1.5cm, ada juga ukuran lebih kecil tetapi lebih panjang di bagian bawah payudara, tidak sakit, hanya sedikit nyeri kalau terlalu ditekan. saya menyadarinya sudah sekitar setahun yang lalu, tapi sepertinya tidak ada perubahan ukuran sampai sekarang.
    dengan keadaan seperti itu apakah saya harus chek up untuk memastikan?
    seberapa besar kemungkinan saya tidak terkena kanker payudara mengingat benjolan itu ukurannya tidak berubah?
    mohon penjelasannya Dok..

  19. Nina says

    Ass,dok sy Nina usia 32 thn,,sethn lalu sy pnh oprasi dgn hasil biopsi fam multipel kedua pyudra sy,,masing2 pyudra jmlhx diats 7 tumor,,tpi 4 buln terakhir trasa nyeri kedua pyudra sy,aplgi pd saat masa subur smpe mnjelang haid,,,nyerinya terasa skali dok bahkan smpe terasa tegang,,sy tkut mw priksa lgi dok,,mohon penjelasanx dok,,apa pnyebab nyerinya dok,,apakh ad pengaruh hormon dok,,makasih

  20. dara says

    Dok,mau tanya,apakah kalau habis oprasi fam,memang sembelit ?atau bkn efeknya? Krn stelah 3hr ini,msh sembelit,trims
    Sy dara,umur 18

  21. icha says

    dok, mau tanya
    umur saya 20 th dok, saya pernah operasi PD sebelah kiri saya karna ada benjolan tp menyebar dok, setelah di operasi ternyata besar sekali hasilnya. nah sekarang kok ada lagi ya dok di PD sebelah kanan, emng bisa gitu ya dok?
    sebenarnya bentuk FAM itu seperti apa ya dok? kalo misalnya bentuknya tidak berbatas jelas dan letaknya itu menyebar di sekitar PD itu termasuk FAM bukan ya dok? dan apakah FAM ini bisa di obati dengan obat2an ya dok?

  22. nina says

    Nina says

    Ass,dok sy Nina usia 32 thn,,sethn lalu sy pnh oprasi dgn hasil biopsi fam multipel kedua pyudra sy,,masing2 pyudra jmlhx diats 7 tumor,,tpi 4 buln terakhir trasa nyeri kedua pyudra sy,aplgi pd saat masa subur smpe mnjelang haid,,,nyerinya terasa skali dok bahkan smpe terasa tegang,,sy tkut mw priksa lgi dok,,mohon penjelasanx dok,,apa pnyebab nyerinya dok,,apakh ad pengaruh hormon dok,,makasih

  23. nia pesy says

    malam dok, saya nia umur 20th.
    kmaren saya konsul ke dr. onkolugi kata beliau fam, nah beliau jg blg buat mastiinnya dia padat (fam) atau cairan (kista) cb di usg. hasil usg saya :
    1. mamae sinistra
    - cutis dan subcutis baik
    - pd daerah jam 10,1cm dr papil : tampak gmbaran lesi solid, hippechoic, homogen, batas tegas, dgn ukran : 2,09cm x 2,27cm
    tdk ada flow vaskuler
    tdk ada pmbesaran KGB axilla
    2. mamae dextra : baik, tidak ada lesi ptologis
    kesan : fam sinistra

    nah gini dok, stelah saya baca dr komen2 awal smpe trkhir dokter blg stelah di usg msti di operasi buat dpastikan. jd prtanyaan saya :
    1. apakah hasil usg dan hsl rabaan dr. onkolugis krg dpt mmastikan fam atau tdk?
    2. swaktu saya di usg dgn dr. spsialis radiologi beliau mngatakan kalo fam itu artinya tumor jinak. kalo mmg hsl usg mnyatakan itu fam knapa msti dioperasi lg dok utk dpastikan? kan dia sdh jelas trmsuk jinak?
    3. dan mnurut dokter apakah hsl usg saya itu trmasuk jinak/ganas? ttapi jika diraba ga sakit dok, tp kdg2 dia nyut2an. saya takut dok kalo trmasuk ganas.
    mohon tanggapannya dok, trimakasih

    • Dokter Bahar says

      1. apakah hasil usg dan hsl rabaan dr. onkolugis krg dpt mmastikan fam atau tdk? Hasil usg atau rabaab dokter tidak bisa memastikan apakah tumor itu FAM.
      2. swaktu saya di usg dgn dr. spsialis radiologi beliau mngatakan kalo fam itu artinya tumor jinak. kalo mmg hsl usg mnyatakan itu fam knapa msti dioperasi lg dok utk dpastikan? kan dia sdh jelas trmsuk jinak?. Dokter itu hanya curiga tapi tidak bisa memastikan. Tanyakan kepada dokter itu apakah ia berani bertanggung jawab bahwa itu FAM yang artinya tidak perlu operasi.
      3. dan mnurut dokter apakah hsl usg saya itu trmasuk jinak/ganas? ttapi jika diraba ga sakit dok, tp kdg2 dia nyut2an. saya takut dok kalo trmasuk ganas. Baca no 1 dan 2

  24. Ayu says

    siang dok, saya ayu umur 19 tahun. dulu ada riwayat kelas 2 sma (16thn) operasi FAM sebanyak 5 buah di PD kanan dan kiri dan telah diambil, skrg saya semester 5 tetapi merasakan ada benjolan lagi. kemudian setelah USG hasilnya menurut radiologi seperti ini : tampak multiple lesi hipoekoik berbatas tegas di arah pukul 3-4 sejauh 1,5 cm papilla mammae kanan ; arah pukul 12 sejauh 2 cm dan 3 cm dari papilla mammae kanan ; dengan ukuran terbesar 3x1x3cm. tampak pula lesi hipoekoik berbatas tegas di arah pukul 11 sejauh 4 cm papilla mammae kiri berukuran 1,2×0,7×1,1cm. kalo hasilnya begitu, lebih baik diangkat/operasi atau dibiarkan saja dok?

    • Dokter Bahar says

      operasi biar pasti jinak atau yang lain.

      • Ayu says

        kalau tidak operasi kemungkinan bisa sembuh sendiri/tumbuh lbh besar dok?

  25. nisa fadilla says

    mlm dok, umur saya 20th. bulan kmaren saya operasi fam dok sbelah kiri dan hslnya dokter saya blg tumor jinak.
    tp knapa ya dok, disekitar jahitan (1/2 lingkar papila krn djahitnya dsana) brasa keras dok spanjang jahitan tp 1/2 nya lg ga kyk di kanan. itu knapa dok?
    2. trus butuh brapa lama lukanya kering dok?
    3. minggu kmaren saya konsul sm dokter saya trs beliau periksa ada cairan dspanjang jahitan dan beliau mnyedotnya dgn cara disuntik. cairannya kyk darah. nah kira2 knapa dan gmn cara mngatasinya dok?

    • Dokter Bahar says

      Mungkin ada perdarahan dan biasanya sesudah kering akan segera sembuh.

  26. rai halik says

    mat malam dok,nama saya hany, perempuan 23th,di PD kanan saya ada 3bj benjolan dan PD kiri saya ada 2 benjolan. bulan kemaren saya operasi dikedua payudara saya, dan yang diangkat cuma 2bj saja. 1bj di PD kanan,1bj di PD kiri, diketahui hasilnya adalah tumor jinak jenis fam bilateral. apakah saya harus operasi lagi dok untuk mengangkat sisanya,? atau dibiarkan saja. dan kalau sisanya dibiarkan saja apakah tidak berbahaya dok. mohon dijawab ya dok. makasih

  27. rabiya says

    Dok, sy rabiya umur 19 tahun, bbrpa bulan yg lalu sy oprsi FAM, dan skrg sy mrasakan nyeri yg sgt pd bagian punggung atas dan dada trasa sesak dok, apakah ada kaitannya dgn oprsi yg prnah sy jlni dok? Dan jika nyri it tmbul kmbli hal apa yg hrus sy lakukan?

  28. jarrr says

    selamat pagi dok,,
    saya terdiagnosa FAM,saya sudah melakukan konsultasi,USG,dan FNAB hasilnya FAM dg ukuran Kanan: 2.27 cm X 0,76 cm, kiri : 1,47 cm X 0.52cm…
    saya sudah menikah dan ingin segera hamil…
    pertanyaan saya :
    1. apakah saya harus operasi dulu atau hamil terlebih dahulu dok…?
    2. Apakah ada pengaruh pada kehamilan dan menyusui nanti…??
    3. Saya kmrn hanya mendapat terapi vit E 400IU,apakah ada terapi yg lain menurut dokter…??
    terima kasih banyak dok,,

  29. kiki says

    mlm dok, saya berusia 25 thn,
    bln desember lalu d payudara saya ada bnjolan,hasil nya kesan fam sinistra dan kedokter bedah cuma d ksh obat aja slma 2 bln n dokternya bilang benjolan biasa n gk perlu usg lg, bln maret saya cb Usg lagi hasil nya mamae sinistra :jaringan fibrlandular padat
    Masih tampak nodul hiperechoic batas tegas ukuran 0,9cm pd jam 12 dgn dopler tak tampak hipervaskularisasi
    Mamae dextra :jaringan fibrogiandula longgar
    Tampak penebalan pada jaringan vibroglandula tersebut
    Tak tmpk nodul hipo maupun hiperechoic
    Kesan _gambaran fam sinistra
    _displasia mammae dextra,
    menurut dokter melanjutkan pemeriksaan apa d biarkan saja soalnya ingn hamil, ingin program kehamilan tapi yg kesan kedua artinya apa dok?..wktu sy usg pertama kesannya tidak ada displasia mammae apa berbahaya?
    _trims_

    • Dokter Bahar says

      Mungkin dari pemeriksaan fisik jenisnya sudah pasti hingga tidak perlu pengobatan.

  30. Chantique says

    Dok.. saya berusia 27 thn dan hasil USG mengatakan FAM di bbrp titik di kedua PD. Setiap kali kambuh akan terasa nyeri terutama di benjolan yg paling besar di atas PD kiri tengah, ditambah dg susah nafas (sesak), sakit bgt.
    Apa ada hub sesak nafas dg FAM?
    Terima kasih dokter

  31. monica says

    mlm dok….sy sdh melakukan USG hasilnya tampak lesi hipokholik,tepi pd kwadran infermedial kiri uk 22.2 x 15.3 mm,tampak lesi anekholik,tepi reguler pd kwadran superolateral kanan 5 mm,pertanyaan sy apakah dngn uk itu benjolan sy sdh termasuk besar? apakah hrs dioprasi yah dok? trimakasih

  32. martha says

    selamat pagi dok…saya martha umur 29 th. semalam saya USG mammae. dengan hasil usg mammae sblh kiri terdapat massa dgn ukuran 2.24 cm x 0.85 cm cenderung ke arah fibro adeno mammae dan reaktif limfadenopati pada axylla kiri dengan ukuran 1.19 cm. sedangkan payudara sblh kanan normal. mhn sarannya dok apa perlu dilakukan operasi/eksisi? Terimakasih

    • Dokter Bahar says

      Saran saya adalah biopsi eksisi bu. Pertama ada massa yang solid, ada reaksi kgb ketiak dan umur.

  33. Lilif Azhar says

    Malam dok,
    saya ada benjolan di payudara kiri saya, dan umur saya bru 17 thn.
    hsll doktr ktnya (fam sinistra)
    saya sdh melkukn ofrasi..
    Dn pertnyaaan sya. Apakh fam itu kmungkinan akn mnjdi kanker payudara ganas.???
    krna kta doktr sya dia blg kmungkinan ganas.
    dan org tua saya juga sakit kanker ganas stadium 2.trmksh

1 4 5 6



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.