Skip to content


Pertanyaan Seputar Tumor Jinak Payudara

Ini adalah serentetan pertanyaan dari Vie yang karena pentingnya saya tulis sebagai artikel.

Sewaktu berumur 18th, Vie menjalani operasi 6 tumor jinak (setelah patologi) di payudara. Sekarang sesudah 10 tahun, di daerah operasi teraba lagi benjolan itu. USG menemukan 7 benjolan di payudara kiri yg diduga semuanya FAM dan 5 diantaranya terletak hampir sama dengan daerah operasi yang lalu.

Pertanyaan Vie adalah:

1. Apa yg membuat itu tumbuh kembali di tempat yg sama?

Pendapat yang terkini menyebutkan bahwa FAM adalah pertumbuhan yang berkelebihan. Ia bisa tumbuh dimana saja termasuk daerah operasi yang dahulu. Kenapa? Belum diketahui alasannya sampai sekarang.

2. Perlukah di operasi lagi ke 11 benjolan tersebut?

Jika benjolan yang baru itu memang FAM dengan pemeriksaan patologi, tentu tidak perlu operasi. Hanya kita belum yakin akan hal itu sebelum diambil sampelnya.

3. Apakah bila kali ini dioperasi lagi, ada kemungkinan akan tumbuh lagi lebih banyak?

Pertayaan itu sudah saya jawab di atas. Mungkin saja tumbuh lagi.

4. Bagaimana cara untuk mengetahui ada-tidaknya sel ganas yg terdapat dalam 11 tumor tersebut selain jalan operasi lalu patologi?

Pengambilan sampel itu tidak perlu dengan operasi di kamar operasi tetapi dapat dilakukan dengan sedot jarum atau biopsi aspirasi di kamar praktek.

5. Jika menurut dokter, apakah ada sel ganasnya?

Nah itu adalah pertanyaan yang baru dapat dijawab sesudah pemeriksaan patologi.

6. Apa bahaya dari pembesaran kelenjar limfoid di aksila kanan?

Adanya pembengkakan di aksila ini mengharuskan ibu untuk melakukan pemeriksaan patologi apakah dengan operasi atau aspirasi. Di umur ibu ini kemungkinan keganasan harus segera disingkirkan.

7. Apakah wajar bila tampak pembesaran kelenjar getah bening di aksila kanan; gambaran banal (1KGB) pada saat sehari sebelum menstruasi datang?

Tentu saja pembesaran KGB aksila dapat disebabkan oleh infeksi tetapi harus diyakinkan terlebih dahulu dengan biopsi apakah operasi atau aspirasi.

8. Apakah ada hubungan antara payudara dan kehamilan?

Ada. Keduanya dipengaruhi oleh hormon yang sama.

9. Andaikan saya harus dioperasi tumor tersebut, adakah masa masa yg paling tepat untuk dilakukan berdasarkan siklus menstruasi? Bila ada, kapankah itu dok?

Operasi itu dapat dilakukan dengan aman kapan saja, tidak tergantung atas siklus menstruasi.

10. Benarkah bila tumor/kista yg letaknya di tengah-tengah dada bila payudara kanan arah jam 12-6. dan pada payudara kiri arah jam 6-12 kemungkinan itu potensi kanker 90%?

Oh tidak Bu. Memang kanker payudara sering tumbuh di lokasi itu dibandingkan dengan lokasi yang lain. Tapi tidak berarti bahwa tumor di daerah itu umumnya ganas..

Posted in Onkologi, Payudara.

Tagged with , .


1141 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. nura mandurayani says

    Assalamualaikum…
    dokter saya wanita usia 22 tahun, beberapa bulan yang lalu saya oprasi fam. ada benjolan di payudara sebelah kiri saya. namun sekarang yang sering saya rasakan agak sedikit nyeri di bagian payudara kiri bekas oprasi, dan terkadang di luka bekas oprasi suka terasa gatal. sering saya garuk dan memerah. apakah itu berbahaya? dan apakah ada kemugkinan kista? lalu bagaimana apabila menunda pernikahan, adakah berbahaya untuk memiliki keturunan? terimakasih dokter

    • Dokter Bahar says

      Mungkin infeksi kulit. Coba ke dokter ya

      • fransiska says

        Dok saya siska usia 20 taun.ada benjolan sebsar 1 cm di PD kanan dan sbesar 2 cm di PD kiri.dokter SpB melakukan USG dan mengatakan bahwa itu tumor jinak n mesti dioperasi.dokter Sp.PA melakukan biopsi n mengatakan itu hanya sekedar gangguan hormon,n tidak perlu dioperasi,n itu bukan tumor jinak.apa yang harus saya lakukan?

      • ayu meyl says

        dok saya baru dioprasi 10 hari,pada bagian oprasi yg di oprasi didalamnya bengkAk SEPERTI daging keras,kenapa itu dok? apa yang terjadi?saya harus lakukan apa dok?

        • Dokter Bahar says

          Mungkin dari jahitan. Coba ke dokter yang melakukan operasi.

  2. Tita says

    Slmt mlm dokter Bahar.
    Nama saya Tita umur 29 tahun, belum menikah. Awal munculnya benjolan di PD saya ketika sy umur 14 tahun. Besarnya benjolan seperti biji kelereng tepat di daerah puting PD. awalny cuman di PD kanan tapi kemudian muncul lg di sebelah kiri dng ukuran yg sama. Awalnya saya takut dan kuatir tp krn tidak sakit sama sekali jd saya biarkan sj. Bertambahnya waktu benjolan di PD saya semakin besar, saat ini kira2 sebesar telur ayam. Benjolannya kalau saya raba, ato saya gerak2in mesti akan mengikuti gerakan tangan saya. Tp Kalau saya raba tekan (kuat) di tengah2 daerah nipple mesti nyeri. Tp kekuatiran dan ketakutan saya muncul ketika di akhir bulan April ini (2013) PD sy sering nyeri, lebih intens lagi di PD kanan saya (awal tumbuhnya benjolan). Info lain, sampai saat ini, saya tdk pernah mendapati adanya cairan yg keluar dr nipple saya. pertanyaan saya adalah 1. Apakah ini kanker atokah tumor jinak, klu tumor knp sampai bs senyeri ini, nyerinya sering muncul di tengah2 puting, arah jam sembilan PD kanan, arah jam 3 pd payudara kiri, dan arah jam enam pd PD kanan-kiri ?
    2. Setelah 14 tahun benjolan ada di di kedua PD saya, apakah ada peluang klu tumor jinak akan berubah menjadi kanker, faktor pemicunya apa ? 3. Sy prnah mendengar kalau dilakukan biopsi maka tumor bisa berubah menjdi kanker, rumor atau fakta ?, apakah hanya biopsi satu2nya cara utk mengetahui tumor itu jinak ato ganas ?
    4. Kalau ternyata ini hanya tumor dan di saranin oleh Dr setempat utk di angkat, apakah saya akan kehilangan kedua PD saya, mengingat benjolan ini besar mengikuti ukuran PD saya (dan sy belum menikah) ? 5. Sampai saat ini sy belum pernah memeriksakan diri ke dokter, jd klu saya ke rumah sakit, saya harus memeriksakan diri ke dokter spesialis yg mana ? 6. Saya saat ini berdomisili di Jayapura, apakah Dr Bahar mempunyai kenalan Dokter di Jayapura yg bisa saya kunjungi ??

    Dalam kekuatiran dan kekalutan ini, saya sangat menunggu jawaban dari Dr Bahar ke alamat email saya.
    Terimakasih Dok. Salam jabat erat.

    Tita, Jayapura.

    • Dokter Bahar says

      1. Apakah ini kanker atokah tumor jinak, klu tumor knp sampai bs senyeri ini, nyerinya sering muncul di tengah2 puting, arah jam sembilan PD kanan, arah jam 3 pd payudara kiri, dan arah jam enam pd PD kanan-kiri ? Kemungkinan besar jinak. Nyerinya tidak berhubungan langsung dengan tumor.
      2. Setelah 14 tahun benjolan ada di di kedua PD saya, apakah ada peluang klu tumor jinak akan berubah menjadi kanker, faktor pemicunya apa ? 3. Sy prnah mendengar kalau dilakukan biopsi maka tumor bisa berubah menjdi kanker, rumor atau fakta ?, apakah hanya biopsi satu2nya cara utk mengetahui tumor itu jinak ato ganas ? Betul perlu operasi untuk memastikannya.
      4. Kalau ternyata ini hanya tumor dan di saranin oleh Dr setempat utk di angkat, apakah saya akan kehilangan kedua PD saya, mengingat benjolan ini besar mengikuti ukuran PD saya (dan sy belum menikah) Belum tentu, sekiranya ganas keduanya ya jalan satu2nya memang diangkat Bu. ? 5. Sampai saat ini sy belum pernah memeriksakan diri ke dokter, jd klu saya ke rumah sakit, saya harus memeriksakan diri ke dokter spesialis yg mana ? 6. Saya saat ini berdomisili di Jayapura, apakah Dr Bahar mempunyai kenalan Dokter di Jayapura yg bisa saya kunjungi ?? Tidak ada Bu.

  3. umi faizi says

    Dok saya habis operasi tumor jinak payudara 2bln yg lalu bolehkah saya sekarang donor darah?

  4. Wira says

    Dok saya bolehh tanya ?
    Di bawah rahang sebelah kiri sam terdapat benjolan kecil , dan terjadi nyeri pada rahang atas dan sekitar bawah dan belkang kuping , benjolan di bawah rang kiri saya itu apa ya dok ???
    Terimakasih dr.bahar

  5. raja wulandari says

    dok saya raja wulandari.saya ingin bertanya seputar tumor payudara dok.
    ibu saya berumur 40an, 3bulan yg lalu ia mnjlani pngangkatan tumor jinak tsb.dan setelah pasca pengangkatan,sering terasa sakit dskitar bekas operasi dan bahkan rasa nyeri serta perih dpayudaranya dok. itu kenapa ya dok ya dan penyebabnya apa ?
    mohon penjelasannya ya dok,,terima kasih dokter :)

  6. bunda says

    dok umur saya 29 tahun saya merasakan nyeri di payudara kiri saya sampai k punggung,lalu 1 minngu yang lalu saya melalukan usg,dan hasilny
    mamae kiri:jaringan kutis dan subkutis normal.jaringan fibroglandular padat,sebagian mengalami involusi lemak.tidak jelas adanya bayangan massa hipo/anekhoik.
    mamae kanan:sama percis tulisannya seperti itu
    axilla bilateral:tidak tampak banyangan nodul hipo/hiperekhoik

    kesan:usg mamae bilateral saai ini tidak tampak kelainan
    usg axilla bilateral tidak tampak bayangan nodul hipo/hiperekhoik

    setelah saya konsultasi ke dokter bedah.katanya harus observasi dulu selama 6 bulan nanti saya balik lagi buat dperiksa

  7. rezha ninda says

    dok sy pernah operasi fam tahun 2009 pd wkt itu umur sy 17th. skrg umur sdh 22th.nah bekas operasi ny kdg gatal skali akbtx ada kemerahan dskitar bekas operasi.apa kemerahan itu bahaya ?tp tipis skali dok.

    • Dokter Bahar says

      Mungkin keloid coba ke dokter kulit

      • Mikha Ambarwati says

        Dok, nma sya mikha…umur 17thn, kmarin 1blan’an yg lalu sya oprasi bnjolan kecil sbsar kcang tnah di payudara sbelah kiri, tpi knp tmbuh kmbali y dok? Kta dokter itu tumor jinak,, ap sya harus oprasi └åƍi y dok? Mhon pnjeasan’nya dok….

        • Dokter Bahar says

          Andaikata Mikha tidak mempunyai faktor resiko kanker payudara (cari di web ini) maka tidak perlu operasi yang gunanya hanya menentukan apakah itu jinak atau ganas. Jarang sekali diumur Mikha ada kanker payudara.

  8. dyah ayu says

    selamat malam dok
    saya dyah ayu 19 tahun
    saya pernah terkena tumor payudara dan itu sudah di operasi 3 tahun lalui, tetapi puting saya tertarik ke dalam pada payudara yg telah dioperasi, saya membaca pada beberapa artikel, salah satu gejala kanker payudara adalah puting yg tertarik ke dalam sebelah. Apa yg saya alami normal?apa saya harus melakukan pemeriksaan lagi?

    • Dokter Bahar says

      Puting susu tertarik ke dalam bukan tanda-tanda kanker. Tentu saja semuanya bisa kalau sudah lanjut. Coba berobat kembali ke dokter yang melakukan operasi.

  9. maria says

    Siang dok,
    saya menemukan ada benjolan di payudara sebelah kiri saya. dan setelah di USG hasilnya adalah sebagai berikut :

    mamae dextra
    -kutis dan subkutis kedua mamae baik.
    -tampak lesi kistik multipel.(4 – arah jarum jam) dengan ukuran 0.5 -1.9 cm
    -tak tampak pembesaran kelenjar axilla.

    mamae sinistra
    -kutis dan subkutis kedua mamae baik.
    -tampak lesi kistik multipel.(3 – arah jarum jam) dengan ukuran 0.56 – 1.7 cm
    -tak tampak pembesaran kelenjar axilla.

    kesan : – kista multipel di kedua mamae
    – tidak tampak lesi padat/maligna

    mohon penjelasannya dok, apakah ini akan berbahaya / mengarah keganasan?
    Tindakan apa yang harus dilakukan?
    makanan apa saja yang menjadi pantangan?
    Terima kasih.

  10. dhila says

    Met malem dok..
    maaf mengganggu saya wanita berusia 34 tahun di payudara saya ada benjolan katanya dr tu tumor jinak..apakah tumor jinak harus langsng di angkat?

  11. chusna says

    selamat pagi dok, nama saya chusna usia 23, dok di pydr kiri ada benjolan kdg2 terasa nyeri, pi saya belum pernah memeriksa kedokter, sampe saat ini..saya hanya mendengar dari sebagian org harus dioperasi..takut kalau berbahaya..namun karena alasan biaya saya tidak melakukan tindakan apapun, sebenarnya saya ingin benjolan ini hilang,,,karena biaya yg mahal jd saya urungkan…pakah bisa pkai obat2n herbal dok, apakah benjolan ini b’bhaya…karena terkadang terasa sesak, nyeri, dsb..adakah cara lain selain operasi,,karena saya tdk mungkin melakukannya dok..

  12. evy says

    Dokter, saya wanita (38th) belum menikah. sejak 2 bulan lalu, puting PD saya terasa gatal. Tadinya saya fikir karena kurang bersih. Tetapi setelah saya bersihkan, rasa gatalnya tidak kunjung hilang sampai hari ini. Kalau PD saya tekan dari arah bawah terasa agak nyeri tetapi tidak terasa ada benjolan. Apakah ini gejala kanker? Apa sebaiknya yang harus saya lakukan?
    Terimakasih dok… :)

  13. Cucu sopiah says

    Dok saya berusia 19 tahun,saya meraskan sakit d bagian PD, aksila dan punggung , d bagian aksila saya ada benjolan, dan sakit nya smpai k tangan,,saya prnh mmrkskn’y k dokter.. Apakah itu radang atau apa dok ? :)

  14. diyahpraba says

    Selamat pagi, dok,.hampir sama dg yang lain, sy baru saja operasi FAM pada PD sbelah kiri dua minggu kemarin, nama saya diyah, 25 th blm menikah, sminggu stelah OP, sy kontrol ke dokter bedah, katanya bekas jahitan sudah rapi, sdh bs dibuka,,nah,masalahnya stelah 3 hari dibuka, ada lubang pada bekas jahitan, sebesar pulpen jika ditusukkan k kertas, tdak sakit, hnya awalnya kluar drah merah dan putih, sy kontrol lg, katanya jahitan yg dalam, benangnya tidak bs netral, jadi benangnya diambil, stelah diambil, kmdian lukanya ditutup lagi. Katanya 3 hari lh, nanti luka bisa mnutup. Dan sekarang sudah 3 hari, tapi lubang tetap belum menutup dok..
    Apakah yg harus sy lakukan, apa benar ada istilah benang jahit yang tidak bs netral?
    Selama ini sy hnya diberi antibiotik amoxan.
    Terimakasih dokter atas perhatiannya.

  15. dian says

    assalamu’alaikum wr.wb.
    dok, maaf. ingin bertanya.. saya wanita berumur 24 tahun, belum menikah…saya meiliki benjolan di payudara kiri, sdh di usg dan hasil nya fam, ada 5 benjolan, paling besar 0,95 cm arah jam 2,,dan setelah 2bln ini daerah dekat ketiak agak sedikit bengkak dan sering terasa nyeri sekali. dokter menyarankan untuk operasi..apakah itu harus di operasi atau di biarkan dlu saya, karena kata orang fam itu tidak berbahaya dan tidak akan berubah menjadi kanker ganas…

    • Dokter Bahar says

      Seperti sudah saya tulis, dalam hal ini operasi itu judi. Bila memang FAM, Dian rugi karena FAM tidak berbahaya dan tidak akan menjadi ganas. Tai bila ganas, Dian untung karena kalau tidak dioperasi tentu akan terlambat padahal dapat sembuh dengan pengobatan yang tepat bila diobat dalam stadium dini.

  16. RENI WAHYUNI says

    dear dok.

  17. RENI WAHYUNI says

    saya ingin bertanya
    nama saya reni umur 29 th
    saya merasa ada benjolan di payudara kanan di bawah area hitam di puting
    dan setelah saya ke dokter umum dan di periksa dokter menyatakan itu FAM dan harus dilakukan operasi untuk di teliti. dan saya tidak langsung menyetujui, saya minta di USG terlebih dahulu. dan setelah melakukan usg benjolan tersebut tidak kelihatan, dan yg ada seperti cairan nanah yg terus jalan membuat jalan seperti saluran air ke arah jarum 5 dan jarum 7 arah jarum jam, dan dokterny menyatakan ini infeksi. sementara saya merasakan sakit di area payudara ditekan atau pun tidak, dan benjolan juga masih terasa sakit. dan nanti 3 hari lagi saya diminta datang kontrol dan sekaligus konsult dengan dokter spesialis bedah katanya.
    kira2 itu apa ya dok, mohon penjelasan ny.. trimakasih

    • Dokter Bahar says

      Reni, USG hanya untuk elihat apakah tumor itu cair atau padat. Nah bila ada nanah tentu harus dikeluarkan dengan operasi. Segera ke dokter bedah.

  18. Ono says

    Assalamu alaikum Wr. Wb
    Dok, Istri saya usia 27 sedang menyusui anak kami usia 1,5 thn. di PD kanan ada benjolan bulat seperti balon kira2 berdiameter 2-3cm, tidak nyeri. Terus terang benjolan tsb sangat membuat kami khawatir dan stres.
    yang ingin saya tanyakan :
    1. Benjolan tersebut kira2 menurut dokter apakah tumor ganas atau tidak?
    2. Langkah awal untuk pemeriksaan apakah langsung dtg ke dr onk, usg dl, atau bagaimana?
    Terima Kasih

    • Dokter Bahar says

      Mungkin bukan karena masih muda dan menyusui. Mungkin sekali galaktokel. Tapi untuk memastikannya sebaiknya ke dokter bedah onkologi dulu.

      • Ono says

        teima kasih atas balasannya dok,
        1. mengenai pemeriksaan yg biasanya dilakukan oleh dr. onkologi, apakah biasa memungkinkan dengan pemeriksaan fisik saja? atau biasanya satu paket pasti dengan pemeriksaan lain seperti usg, mammografi dll
        2. di Surabaya, RS Onkologi atau RS bedah , adakah dr yg recommended yg dokter bahar kenal?
        Terima Kasih

        • Dokter Bahar says

          Biasanya paket operasi tidak termasuk pemeriksaan laboratorium dan ronsen. Cari dr bedah onkologi semuanya sama.

          • Ono says

            maaf tanya lagi dok, kalo untuk tau itu galktokel atau bukan apakah harus operasi atau cukup usg atau pemeriksaan fisik saja?

          • Dokter Bahar says

            kalau tidak hilang sesuda 1 tahun sehabis menyusui perlu biopsi.

  19. nitha says

    selamat siang dok..
    usia saya 24 thn. di payudara kanan saya ada benjolan sebesar telur brung puyuh. jika draba benjolan ini bergerak mengikuti rabaan. ini saya alami sejak thn 2002. dulu pernh periksa ktanya hanya kelenjar.
    apakah klo dibiarkn saja ini akan berbahaya dok? ataukah saya harus operasi?

  20. danie says

    Siang Dok, saya ibu 2 anak usia 37th melahirkan dng caesar dan tdk menyusui. Bln januari USG payudara sy ada 7dikiri dan 2 kista di kanan lalu sy cb minum obat herbal bdasarkan rekomendasi dokter. Lalu bln feb saya ke singapore dan usg ulang ternyata masing2 ada lebih dr 10kistatdj ada pembesaran sejak usg pertama rata2 1-2cm dan harus kembali minggu depan unt “diskusi” apakah akan dioprasi / aspirasi unt tau keganasannya.
    Dok pertanyaan saya,apa ada obat untuk menhilangkan kista? Sberapa bahaya nya kista ini? Apa makanan yg harus atau tidak sy konsumsi unt membuatnya hilang atu tidak memperburuk komdisi kista. Terimaa kasih

    • Dokter Bahar says

      Dok pertanyaan saya,apa ada obat untuk menhilangkan kista? Tidak ada
      Sberapa bahaya nya kista ini? Tergantung jinak atau ganasnya.
      Apa makanan yg harus atau tidak sy konsumsi unt membuatnya hilang atu tidak memperburuk komdisi kista. Makan bebas.

  21. Diana says

    dokter, kakak saya (23 th) baru saja dinyatkan trkena FAM di PD. tetapi belum sampai FAM itu di operasi kakak saya membeli obat kapsul pembesar PD. kakak saya tetap bersi keras meminum obat itu. apakah obat itu akan berbahaya dokter pada PD kakak saya yang terkena FAM?

  22. dyas says

    Dokter saya mau tanya,nama saya dyas umur saya 17 thn . Sebulan lalu saya operasi fam dipd kanan,kiri. Luka bekas operasi yang kiri bagus tidak ada keluhan,tapi yang kanan kok aneh ya dok warna permukaan kulit bekas operasinya warna merah terus ada warna putih sekali sekitar 0,5cm dibagian tengahnya kadang disertakan nyeri,gatal bahkan keluar cairan bening sedikit kemerahan. Apakah ini tanda infeksi dok? Bila iya apakah saya harus menemui dokter yang melakukan operasi ? Terimakasih dok

  23. dyas says

    Dokter saya mau tanya,nama saya dyas umur saya 17 thn . Sebulan lalu saya operasi fam dipd kanan,kiri. Luka bekas operasi yang kiri bagus tidak ada keluhan,tapi yang kanan kok aneh ya dok warna permukaan kulit bekas operasinya warna merah terus ada warna putih sekali sekitar 0,5cm dibagian tengahnya kadang disertakan nyeri,gatal bahkan keluar cairan bening sedikit kemerahan. Apakah ini tanda infeksi dok? Bila iya apakah saya harus menemui dokter yang melakukan operasi ?

    • Dokter Bahar says

      Pasti. Apapaun yang terjadi Anda harus ke dokter itu karena dia yang lebih mengetahui apa yang dikerjakan. nah itu mungkin hanya infeksi atau ada benang yang tidak diserap.

  24. Kartina says

    dok sy gk ktemu psotingan saya ni a n KArtina udah dijawab blum ya dok..

  25. Lia says

    Malam dokter.
    Saya Lia berusia 26th 5bln dan belum menikah.
    Td saya didiagnosa FAM,,dan diminta USG utk mengetahui apakah padat atau cairan yg ada dalam benjolan. Kalau tidak salah dengar,,dokter bilang kalau padatan berarti tumor jinak dan perlu operasi. Namun jika cairan maka kista dan tdk perlu operasi.
    Pertanyaan saya:
    1. Apakah benar pengkategorian tumor atau kista tsb?
    2. Apakah treatment yg mungkin dilakukan stelah USG tsb benar?
    3. Operasi yg dimaksud jika diketahui isi benjolan padat adalah operasi yg disebut biopsi?
    4. Apakah operasi yg disebutkan no.3 berdampak pd kehamilan dan menyusui?

    Mohon bantuan nya ya dok,,Kamis sy melakukan USG dan sebenarnya berharap tdk dilakukan operasi jika bisa. Terima kasih

  26. Lia says

    Assalamu’alaikum.
    Malam dok,,saya Lia usia 26th 5bln dan blum menikah.

    Saya baru didiagnosa FAM. Menurut dokter,,itu tumor jinak tp dokter tsb meminta saya utk melakukan USG,,katanya utk mengetahui apakah padatan atau cairan isi dr benjolan tsb.

    Dokter menyebutkan jika hasil USG adalah padatan maka itu tumor jinak dan perlu tindakan operasi. Namun jika hasilnya cairan maka itu kista dan tdk perlu operasi.

    Pertanyaan saya adalah:

    1. Apakah pengkategorian tumor jinak dan kista tsb benar?

    2. Apakah treatment yg disebutkan dokter utk masing-masing kategori tsb benar?

    3. Operasi yg dimaksud jika benjolan berisi padatan adalah operasi biopsi & memang harus dilakukan?

    4. Apakah ada pengaruh antara operasi tsb terhadap kehamilan dan menyusui nanti jika saya menikah?

    5. Apakah operasi dapat ditunda skitar 2 minggu stelah hasil USG dibacakan dokter?

    Terimakasih dok. Saya harap dokter dapat menjawabnya karena hari Kamis tgl 04 April saya USG dan jika operasi memang diperlukan,,saya akan lakukan.

    • Dokter Bahar says

      Maaf baru sekarang dijawab.
      1. Apakah pengkategorian tumor jinak dan kista tsb benar? Benar

      2. Apakah treatment yg disebutkan dokter utk masing-masing kategori tsb benar? Benar

      3. Operasi yg dimaksud jika benjolan berisi padatan adalah operasi biopsi & memang harus dilakukan?

      4. Apakah ada pengaruh antara operasi tsb terhadap kehamilan dan menyusui nanti jika saya menikah? Kalau hasilnya tidak ganas, pasti aman.

      5. Apakah operasi dapat ditunda skitar 2 minggu stelah hasil USG dibacakan dokter? Bisa.

  27. gandi says

    dok istri saya umur 43 th, baru saja di usg dengan hasil: single lobulated solid lesion with calcifications in right breast is probably benign. cysts in both breasts. setelah itu dilakukan fine needle aspiration biopsy dengan hasil right breast, marking nodule, epithelial hyperplasia with atypia. DD : fibroadenoma with atypical cells, low grade ductal carcinoma insitu. kata dokternya harus dioperasi , gimana menurut dokter?

  28. Dokter Bahar says

    Mbak Yohana makasih atas kunjungan dan pertanyaannya. Dari tinggi 160 dan berat 48 maka Mbak termasuk orang yang berbahagia karena langsing itu sangat mahal biayanya. Sebagai masukan lemak di payudara memang lazim lebih banyak dari lokasi lain tubuh. Saya lebih percaya pada hasil USG yang menyatakan tidak ada kelainan hingga tidak usah risau,

  29. Iwan says

    dr. Bahar saya mohon informasi,
    Nama saya Iwan, dokter mengatakan bahwa istri saya mengidap tumor payudara (Desember 2009), sampai sekarang masih belum diangkat (sudah sekitar 1 tahun) karena anak saya masih minum ASI.
    Yang ingin saya tanyakan adalah:
    1. Apakah berbahaya jika anak saya masih terus menyusu?
    2. Dokter tsb mengatakan jika dioperasi pada saat menyusui agak sedikit riskan karena produksi ASI masih banyak sehingga luka (bekas operasi) susah kering.
    3.Berapa perkiraan biaya operasi tumor payudara?
    4.Sekarang ukuran tumor tsb sudah sebesar telur ayam kampung, apa yang harus saya lakukan dok? apakah bisa diobati menggunakan obat2an herbal?

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada dr. Bahar.

  30. selly says

    dok .
    Saya selly di depok .
    Umur saya 20 thn akhir juli 2012 nnti .
    Saya mmpunyai benjolan sebesar telur ayam
    kampung di sebelah kiri arah jam 3 .
    Benjolan ini saya rasakan dari tahun 2007 tpi saya anggep sepele .
    Soalnya Saya tidak merasakan nyeri sama sekali .
    Saya takut untuk untuk memeriksakannya ke
    dokter .
    Yang mau saya tanyakan :
    1. apakah itu termasuk tumor ? 2. Jika tumor, apakah jinak atau ganas ?
    3. Apa perlu pengangkatan ?
    4. kira” biaya untuk pengangkatan brapa dok ??
    5. adakah obat herbal tanpa menjalani operasi krna
    saya dari orang yang kurang ekonomi dok .
    Maaf pertanyaannya terlalu bnyak . Mohon segera di jawab ya dok . Saya takut .. Mkasih

  31. Dokter Bahar says

    Mas Iwan makasih atas kunjungan dan pertanyaannya. Tolong informasikan umurnya Mas.

  32. ana says

    dokter, saya Ana, berusia 26 tahun dan belum menikah. tinggi 155 dan berat 40. sekitar 2 bulan yg lalu saya merasakan ada benjolan di payudara kiri bawah arah jam 5. sebulan yg lalu saya tes CEA, hasilnya 2,14. dan hari ini saya coba USG dgn hasil berikut :
    kutis sub kutis baik,
    jar fibroglandular kedua mama berbentuk kistik2 berbatas tidak tegas dengan lesi kistik berbatas tegas di inferior kanan uk. 0,7 x 0,3 cm dan inferior kiri jam 5 uk. 1,2 x 0,9 cm.
    kalsifikasi ( – )
    kesan : mamari displasi bilateral dengan kista mama kanan kiri quadran inferior.
    mohon penjelasannya dok, karena saya awam. dan apakah bisa hilang benjolan tsb tanpa operasi ? misalnya dengan minum obat herbal. terima kasih

  33. Dokter Bahar says

    Mbak Ana makasih atas kunjungan dan pertanyaannya. Mbak tidak perlu kuatir karena mammty dysplasia itu hal yang lazim dan tidak perlu dioperasi. Mengenai obat herbal saya tidak menganjurkannya.

  34. dedi says

    AAS……WR…WB, sebelumnya sya mhon maaf dok sya pake nma samaran sya sekarang berusia 56 thn wanita , saya belum pernah periksa kedok ter di PD kanan ad benjolan sebesar telur, dulunya benjolan itu kecil sekali itu pun bekas saya jatuh dari motor, sya mau tanyakan apakah itu tumor dok?

  35. Dokter Bahar says

    Mbak Dedi makasih atas kunjungan dan pertanyaannya. Diusia Mbak setiap tumor di payudara dianggap ganas sampai dibuktikan sebaliknya. Usul saya cuma satu yaitu Mbak segera berobat ke dokter bedah onkologi

  36. Januari says

    Dear dokter Bahar…

    Maaf, ini duplikasi pesan, karena pesan pertama nyelip diatas, khawatir luput dari pengamatan hehehe …

    Saya senang dengan adanya situs ini dan kemurahan hati dokter utk meladeni pertanyaan kami. semoga Allah SWT membalas kebaikan hati Anda. Amin ya Rabb.

    Saya ingin bertanya.

    Saya, perempuan, 28 th, belum menikah, secara tidak sengaja 2 minggu lalu meraba adanya benjolan di payudara kanan. Oia, menstruasi pertama umur 14 tahun, tidak ada riwayat kanker dalam keluarga, belum pernah operasi payudara. Hari pertama menstruasi terakhir sebelum periksa ke dokter spesialis adalah sekitar 2 Januari 2011. Tidak ada keluhan fisik, tidak ada nyeri pada payudara. Payudara juga tidak mengeluarkan cairan.

    Pada 18 Januari 2011, saya lantas berkonsultasi ke dokter A. Berdasarkan hasil foto USG dan pemeriksaan (rabaan), dokter A mengatakan kemungkinan besar itu tumor jinak, dan harus segera dioperasi dalam waktu kurang dari sebulan ini.

    Lalu saya mencari second opinion ke dokter B pada 24 jan 2011(direkomendasikan oleh beberapa mantan pengidap tumor payudara, dokternya sudah sepuh). Dokter B mengatakan 99% itu tumor jinak dan harus dioperasi.

    Kemudian saya mencari third opinion ke dokter C pada 26 Jan 2011 (juga banyak direkomendasikan. selain dokter, beliau jg pengajar). Setelah melihat foto USG saya dan meraba benjolan tersebut, ia mengatakan ini tumor jinak, namun BELUM PERLU dioperasi. Bahkan menyarankan biopsi pun tidak. Dokter C hanya meminta saya untuk kontrol 6 bulan lagi.

    Dokter C bilang, jika tumor jinak didiamkan saja, maka ada tiga kemungkinan : 10% ukurannya menyusut, 80% ukurannya menetap, 10% ukurannya membesar.

    Oia, berdasarkan foto USG, ada dua benjolan di payudara kanan. yang satu berukuran 1,4 cm, yang lain 1,2 cm. hanya saja, berdasarkan perabaan dokter B, terdapat perbedaan ukuran 0,2 cm lebih besar. Ketika saya tanya, dokter B mengatakan bahwa memang berbeda antara hasil foto dan rabaan.

    Nah, justru ini yang bikin saya bingung. Perlu atau tidakkah saya dioperasi?

    Saya pernah membaca, juga dari situs ini, bahwa operasi diperlukan untuk memastikan apakah ini tumor jinak atau bukan.

    Yang ingin saya tanyakan adalah:

    1). Mengapa dokter C begitu yakin bahwa saya tidak perlu dioperasi terlebih dahulu (hanya berdasarkan pemeriksaan rabaan dan foto USG)? Apakah hanya dari USG saja bisa dipastikan bahwa itu jinak dan tidak perlu dioperasi?

    2). Mengapa dokter A dan B menilai bahwa saya perlu dioperasi?

    3). Bagaimana saya bisa tahu bahwa bila mengikuti saran dokter C (tidak dioperasi), tumor ini tidak ganas dan tidak menyebar?

    4). Berapa lama waktu yang dibutuhkan sebuah tumor jinak untuk membesar ukurannya?

    5). Berapa lama waktu yang dibutuhkan sebuah tumor jinak untuk menjadi tumor ganas?

    6). Apa yang terjadi jika benjolan itu tidak dioperasin hingga saya berusia 30 tahun? Bisakah itu menjadi pemicu kanker? Saya baca, bahwa resiko kanker lebih rentan pada perempuan diatas 30 tahun.

    6). Saran dari dokter mana yang harus saya ikuti? bagaimana menurut dokter bahar? Saya tidak mau gegabah untuk memutuskan operasi. Pun demikian, saya juga tidak mau menunda-nunda operasi jika memang diperlukan.

    Salam jabat erat,
    Januari (nama samaran)

  37. Januari says

    Dear dokter Bahar…

    Maaf Dok, ini duplikasi pesan karena pesan pertama nyempil diatas, khawatir luput tak terbaca hehehe …

    Saya senang dengan adanya situs ini dan kemurahan hati dokter utk meladeni pertanyaan kami. semoga Allah SWT membalas kebaikan hati Anda. Amin ya Rabb.

    Saya ingin bertanya.

    Saya, perempuan, 28 th, belum menikah, secara tidak sengaja 2 minggu lalu meraba adanya benjolan di payudara kanan. Oia, menstruasi pertama umur 14 tahun, tidak ada riwayat kanker dalam keluarga, belum pernah operasi payudara. Hari pertama menstruasi terakhir sebelum periksa ke dokter spesialis adalah sekitar 2 Januari 2011. Tidak ada keluhan fisik, tidak ada nyeri pada payudara. Payudara juga tidak mengeluarkan cairan.

    Pada 18 Januari 2011, saya lantas berkonsultasi ke dokter A. Berdasarkan hasil foto USG dan pemeriksaan (rabaan), dokter A mengatakan kemungkinan besar itu tumor jinak, dan harus segera dioperasi dalam waktu kurang dari sebulan ini.

    Lalu saya mencari second opinion ke dokter B pada 24 jan 2011(direkomendasikan oleh beberapa mantan pengidap tumor payudara, dokternya sudah sepuh). Dokter B mengatakan 99% itu tumor jinak dan harus dioperasi.

    Kemudian saya mencari third opinion ke dokter C pada 26 Jan 2011 (juga banyak direkomendasikan. selain dokter, beliau jg pengajar). Setelah melihat foto USG saya dan meraba benjolan tersebut, ia mengatakan ini tumor jinak, namun BELUM PERLU dioperasi. Bahkan menyarankan biopsi pun tidak. Dokter C hanya meminta saya untuk kontrol 6 bulan lagi.

    Dokter C bilang, jika tumor jinak didiamkan saja, maka ada tiga kemungkinan : 10% ukurannya menyusut, 80% ukurannya menetap, 10% ukurannya membesar.

    Oia, berdasarkan foto USG, ada dua benjolan di payudara kanan. yang satu berukuran 1,4 cm, yang lain 1,2 cm. hanya saja, berdasarkan perabaan dokter B, terdapat perbedaan ukuran 0,2 cm lebih besar. Ketika saya tanya, dokter B mengatakan bahwa memang berbeda antara hasil foto dan rabaan.

    Nah, justru ini yang bikin saya bingung. Perlu atau tidakkah saya dioperasi?

    Saya pernah membaca, juga dari situs ini, bahwa operasi diperlukan untuk memastikan apakah ini tumor jinak atau bukan.

    Yang ingin saya tanyakan adalah:

    1). Mengapa dokter C begitu yakin bahwa saya tidak perlu dioperasi terlebih dahulu (hanya berdasarkan pemeriksaan rabaan dan foto USG)? Apakah hanya dari USG saja bisa dipastikan bahwa itu jinak dan tidak perlu dioperasi?

    2). Mengapa dokter A dan B menilai bahwa saya perlu dioperasi?

    3). Bagaimana saya bisa tahu bahwa bila mengikuti saran dokter C (tidak dioperasi), tumor ini tidak ganas dan tidak menyebar?

    4). Berapa lama waktu yang dibutuhkan sebuah tumor jinak untuk membesar ukurannya?

    5). Berapa lama waktu yang dibutuhkan sebuah tumor jinak untuk menjadi tumor ganas?

    6). Apa yang terjadi jika benjolan itu tidak dioperasin hingga saya berusia 30 tahun? Bisakah itu menjadi pemicu kanker? Saya baca, bahwa resiko kanker lebih rentan pada perempuan diatas 30 tahun.

    6). Saran dari dokter mana yang harus saya ikuti? bagaimana menurut dokter bahar? Saya tidak mau gegabah untuk memutuskan operasi. Pun demikian, saya juga tidak mau menunda-nunda operasi jika memang diperlukan.

    Salam jabat erat,
    Januari (nama samaran)

  38. Dokter Bahar says

    Mbak Januari makasih atas kunjungan dan pertanyaannya. saya jawab satu2 ya. 1). Mengapa dokter C begitu yakin bahwa saya tidak perlu dioperasi terlebih dahulu (hanya berdasarkan pemeriksaan rabaan dan foto USG)? Apakah hanya dari USG saja bisa dipastikan bahwa itu jinak dan tidak perlu dioperasi? Perbedaan persepsi pada rabaan. USG tidak menentukan apakah itu jinak, ia hanya bisa membedakan apakah itu padat atau berisi cairan.

    2). Mengapa dokter A dan B menilai bahwa saya perlu dioperasi? Sama dengan yang diatas. persepsi pada rabaan.

    3). Bagaimana saya bisa tahu bahwa bila mengikuti saran dokter C (tidak dioperasi), tumor ini tidak ganas dan tidak menyebar? Mbak tidak akan pernah tahu.

    4). Berapa lama waktu yang dibutuhkan sebuah tumor jinak untuk membesar ukurannya?

    5). Berapa lama waktu yang dibutuhkan sebuah tumor jinak untuk menjadi tumor ganas?

    6). Apa yang terjadi jika benjolan itu tidak dioperasin hingga saya berusia 30 tahun? Bisakah itu menjadi pemicu kanker? Saya baca, bahwa resiko kanker lebih rentan pada perempuan diatas 30 tahun. Tergantung atas apakah sebenarnya benjolan itu. Jinak atau ganas. Namun bila itu FAM ia tidak akan menjadi kanker. tapi ada beberapa tumor jinak (selain FAM) yang dapat berkembang menjadi kanker.

    6). Saran dari dokter mana yang harus saya ikuti? bagaimana menurut dokter bahar? Saya tidak mau gegabah untuk memutuskan operasi. Pun demikian, saya juga tidak mau menunda-nunda operasi jika memang diperlukan. Saya setuju dengan dr A dan B, untuk menyakinkan bahwa tumor itu memang jinak

  39. Januari says

    Dear dokter Bahar,

    Terimakasih banyak atas jawabannya.

    Ada pertanyaan lanjutan nih.

    1). Alih-alih operasi, apakah dokter Bahar tidak menyarankan biopsi?

    2). Apakah hasil biopsi bisa seakurat operasi dalam menentukan FAM-tidaknya, jinak-tidaknya?

    3). Saya dengar ada biopsi mametome yg hampir mendekati akurat. Apakah saya cocok di biopsi mametome?

    Salam Jabat Erat,
    Januari

  40. Dokter Bahar says

    Mbak Januari makasih atas kunjungan kembalinya. Biopsi adalah pengambilan jaringan untuk diperiksa di laboratorium. Caranya macam2. Bisa operasi dengan pisau bedah, jarum atau mammotome. Operasi bisa eksisi atau pengangkatan seluruh tumor atau insisi,sebagian kecil. Jarum dan mammotome hanya sebatas yang diisap dengan alat itu. Mammotome digunakan dengan bimbingan melalui USG atau MRI. Saya hariu melihat tumor Mbak Januari sebelum mengatakan manakah yang paling cocok. Tapi yang paling akurat adalah biopsi eksisi dengan operasi.

  41. IDA says

    selamat sore Dokter
    nama saya IDA saya berumur 49 thn 3 tahun yang lalu saya ada merasa ada kejanggalan dalam payudara sebelah kiri ada daging yang mengenyal m lama2 payudara simakin mengecil dan putingnya semakin terisap kabagian dalam dan saya melakukan USG hasilnya tumor jinak Tetapi DOk setelah 6 bln terahir ini ada luka kecil dibagian puting yang masuk dan mengeluarkan darah segar, tetapi 1 bln terahir ini mengelurkan cairan bau busuk. dan usaha saya sekarang hanya bagaimana untuk mengobati luka yg mengelurkan cairan itu. dan kondisi fisik saya juga tidak berobah tetap stabil. saya takut operasi Dokter sedangkan di suntik saya takut. yang mau saya tanya DOK apa memang harus Operasi atau ada alternatip lain doK yang mau saya jalankan Mohon Dok jawapannya ? Terimakasih.

  42. Januari says

    Dear dokter Bahar…

    Terimakasih atas responnya pada pertanyaan saya yang lalu. Saya mau tanya lagi nih mengenai seluk beluk operasi tumor jinak payudara. Untuk mengingatkan, saya 28 tahun, didiagnosa memiliki tumor jinak payudara. Keadaan payudara baik, puting tidak melesak ke dalam juga tidak mengeluarkan cairan.

    Yang ingin saya tanyakan:

    1. Tumor saya diarah jam 9 (1,6 cm) dan jam 2 (1,2cm), kira2, di sebelah mana payudara saya akan disayat?

    2. Bagaimana urut2an ketika seorang pasien akan dioperasi (mulai dari masuk kamar operasi hingga selesai operasi)?

    3. apa yang sebetulnya dilakukan dokter bedah ketika melakukan operasi?

    4. siapa saja yang membantu dokter bedah melakukan operasi?

    5. bagaimana prosedur mensetrilkan alat2 operasi? saya takut ada kuman yang tertinggal di tubuh saya (bekas pasien lain yang dioperasi dengan menggunakan alat yang sama).

    6. seperti apa kelak tampilan payudara saya pasca operasi?

    Saya khawatir ini itu ; khawatir kelebihan dosis anestesi atau malah tidak mempan dianestesi, khawatir pisau bedahnya tidak steril dll, dst ….

    Terimakasih banyak ya dok

  43. Dokter Bahar says

    Mbak Januari makasih atas kunjungan kemvalinya. Satu-satu ya. 1. Tumor saya diarah jam 9 (1,6 cm) dan jam 2 (1,2cm), kira2, di sebelah mana payudara saya akan disayat? Tergantung jaraknya dari puting susu. Kalau dekat bisa disayat di batas aeorola hingga tidak terlalu kelihatan bekasnya.

    2. Bagaimana urut2an ketika seorang pasien akan dioperasi (mulai dari masuk kamar operasi hingga selesai operasi)? Tentu saja buku ketiak harus dicukur sebelum massuk kamar operasi. Baju diganti dengan baju khusus. Daerah sekitar lokasi operasi di cuci dengan betadin. Kemudian ditutup dengan laken yang steril, baru operasi dilakukan

    3. apa yang sebetulnya dilakukan dokter bedah ketika melakukan operasi? Mengambil tumornya.

    4. siapa saja yang membantu dokter bedah melakukan operasi? Biasanya asisten 1

    5. bagaimana prosedur mensetrilkan alat2 operasi? saya takut ada kuman yang tertinggal di tubuh saya (bekas pasien lain yang dioperasi dengan menggunakan alat yang sama). Denag alat sterilisator.

    6. seperti apa kelak tampilan payudara saya pasca operasi? Tidak berbeda dengan awalnya kecuali mungkin ada bekas operasi.

    Saya khawatir ini itu ; khawatir kelebihan dosis anestesi atau malah tidak mempan dianestesi, khawatir pisau bedahnya tidak steril dll, dst …. Semua yang bekerja itu sudah pasti terlatih Mbak

  44. vya says

    assalamu’alaikum wr.wb.
    dok, maaf. ingin bertanya.. saya telah melakukan operasi fam usia 19 th kemarin. namun setelah hampir 1 tahun ini, saya tidak pernah kontrol lagi. tetapi terkadang bila di raba bagian luka jahitannya masih keras dan sedikit gatal di waktu tertentu. apakah itu akan berakibat menjadi tumbuh lagi fam tersebutatau tidak dok?lalu , makanan apa saja yang seharusnya tidak saya makan untuk mencegah timbul nya fam itu? pertanyaan selanjutnya agak sedikit melenceng dok. bisakah saya berkunjung ke RS. di bagian onkologi untuk penelitian? terimakasih banyak ya dok?..

  45. lutfiyatun oktaviana says

    assalamu’alaikum wr.wb.
    dok, maaf. ingin bertanya.. saya telah melakukan operasi fam usia 19 th kemarin. namun setelah hampir 1 tahun ini, saya tidak pernah kontrol lagi. tetapi terkadang bila di raba bagian luka jahitannya masih keras dan sedikit gatal di waktu tertentu. apakah itu akan berakibat menjadi tumbuh lagi fam tersebutatau tidak dok?lalu , makanan apa saja yang seharusnya tidak saya makan untuk mencegah timbul nya fam itu? pertanyaan selanjutnya agak sedikit melenceng dok. bisakah saya berkunjung ke RS. di bagian onkologi untuk penelitian? terimakasih banyak ya dok?..

  46. Dokter Bahar says

    Mbak Vya makasih atas kunjungannya. Mungkin keloid Mbak. Mengenai ke rs untuk penelitian apakah topik penelitiannya?

  47. Syifa says

    Ass,dok saya remaja usia 16 thn memiliki benjolan di payudara sebelah kanan..
    Yg saya ingin tanyakan apakah itu termasuk tumor jinak ?
    Jika iya,apakah cara penyembhan’a harus dgn operasi ??
    Terimakasih dok..

  48. Nur says

    dok saya wanita umur 19 tahun saya mau taya ..

    berapa biaya pegangkatan untuk tumor jinak berdiameter 3 cm di payudara kanan atas dengan hanya satu benjolan ,,,
    saya tidak mau menyusahkan orang tua saya ,, jadi saya ingin mengumpulkan sendiri uang untuk biaya operasi pengangkatannnya ,, namun berapa lama tumor inank memburuk bila saya biarkan beitu saja ,???

  49. Dokter Bahar says

    Mbak Nur kalau di klinik saya dengan anestesi lokal atau suntik kebas. biayanya sekitarnya 2 jt.

  50. Ita says

    Maaf dok mengganggu, saya wanita umur 26 tahun,
    Dari tahun 2007 terdapat benjolan di PD kanan, sekarang sudah membesar kisaran 3cm, di arah jarum jam 7 yang kadang terasa nyeri. Sekarang saya sedang hamil 3bulan, anak pertama saya. waktu konsultasi dokter bedah, katanya tumor jinak dan disarankan untuk operasi.
    Pertanyaan saya:

    1. Ada pengaruhnya tidak terhadap kandungan saya, jika saya melakukan operasi?

    2. Jika saya tidak melakukan operasi, apakah ASI payudara kanan saya baik diberikan ke bayi (karena ada tumornya)?

    3. Untuk tumor jinak, lebih baik suntik kebas atau operasi biopsi eksisi?
    dan apa kelebihan dan kekurangan keduanya?

    4. Berapa biaya untuk operasi biopsi eksisi?

    Terimakasih dok…

  51. ivana says

    Dok,suntik kebas itu apa? Apakah cukup ampuh menghilangkn tumor jinak yg ada d PD sblh kiri sya dan apa ada efek sampingnya misalnya akan tumbuh lgi beberapa thn kmudian ? Trima kasih.

  52. Dokter Bahar says

    Satu2 ya Ita. T 1. Ada pengaruhnya tidak terhadap kandungan saya, jika saya melakukan operasi? J kalau di kehamilan 5 bulanan, aman untuk operasi. T 2. Jika saya tidak melakukan operasi, apakah ASI payudara kanan saya baik diberikan ke bayi (karena ada tumornya)? J Barus bisa dipastikan ssd pasti jenis tumornya Ita. T 3. Untuk tumor jinak, lebih baik suntik kebas atau operasi biopsi eksisi?
    dan apa kelebihan dan kekurangan keduanya? J Sama saja, T 4. Berapa biaya untuk operasi biopsi eksisi? J tergantung dokternya Ita

  53. Dokter Bahar says

    Selly satu2 ya. T 1. apakah itu termasuk tumor ? J betul. T 2. Jika tumor, apakah jinak atau ganas ? J pastinya sesudah operasi. T 3. Apa perlu pengangkatan ? J ya. T 4. kira” biaya untuk pengangkatan brapa dok ?? J tergantung dokternya. T 5. adakah obat herbal tanpa menjalani operasi krna. J Tidak ada

  54. Dokter Bahar says

    Anestesi lokal Ivana bukan untuk mengobati. Saya biasa melakukannnya pada operasi FAM biar tidak sakit dan dapat langsung pulang..

  55. ulfa says

    Dok saya mau tnyya saya brusia 20 thun 6 blm lalu sya operasi fam pada kedua pyudra saya nah stlh 6 blm ini sya raba kog msih ada bnjolan d pydra knn apakh itu wajar??

  56. Dokter Bahar says

    Wajar karena ia bisa tumbuh kembali.

1 12 13 14



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.