Skip to content


Pembesaran kelenjar getah bening (KGB)

Biopsi pembesaran KGB sering dilakukan atas indikasi diagnostik.

Peta KGB

Peta KGB

Biasanya ia ditemukan di leher, ketiak dan lipat paha. (lihat gambar Wikipedia)

Ia pun dapat ditemukan pada anak-anak.

Pembesaran KGB dapat terjadi primer, disebabkan oleh KGB itu sendiri seperti Limfoma; atau sekunder berasal dari penyakit lain baik infeksi ataupun kanker.

Infeksi yang dimulai dengan masuknya kuman patogen kedalam tubuh, direspons oleh sistem kekebalan yang berlapis. Di lapis depan berjajar komponen normal tubuh seperti kulit, selaput lendir, batuk, flora normal dan berbagai sel. Di pusat pertahanan, terdapat KGB yang menyimpan dua mesin perang yaitu limfosit T (sel T) dan limfosit B (sel B). KGB tersusun secara regional menjaga kawasan tertentu. Karena itu mereka disebut juga sentinel node (sentinal adalah penjaga dan node adalah KGB). Sentinel node kepala dan muka, terdapat di leher; payudara dan tangan, ketiak; kaki, lipat paha dlsb.

Dalam peperangan itu salah satu tugas lapis pertama adalah membawa sampel kuman ke limfosit untuk identifikasi dan pemrograman penghancurannya. Kemudian limfe atau cairan getah bening akan membawa sel T dan sel B, ke daerah konflik. Dalam usahanya kgb regional akan meningkatkan aktivitasnya hingga membesar. Ciri-ciri pembesaran KGB dalam mengatsi infeksi adalah sakit.

Karena itu bila pembesaran KGB regional dengan nyeri dan disertai tanda-tanda infeksi didaerah itu, pencarian dan pengobatan pusat infeksi menjadi prioritas. Misalnya bila di leher seorang anak ada pembesaran KGB dan giginya berlubang, ia terlebih dahulu dirujuk ke dokter gigi. Bila tidak ditemukan pusat infeksi biopsi dilakukan. Dan yang paling sering ditemukan adalah TBC kelenjar.

Berbeda dengan infeksi, KGB regional akan kewalahan menghadapi kanker. Mereka melakukan penetrasi secara bertahap dalam waktu tahunan. Lama-lama KGB regional akan membesar tanpa rasa sakit. Karena itu bila pembesaran KGB regional tidak sakit, pencarian kanker primer menjadi prioritas. Adakalanya mudah seperti kanker payudara pada pembesaran KGB ketiak; melanoma , KGB lipat paha dlsb. Bila tidak ditemukan dengan cepat biopsi dilakukan. Biasanya hasil biopsi akan memperlihatkan kanker primer. Misalnya kanker nasofaring terdiagnosa dari biopsi KGB leher. Namun kadang-kadang kanker primer yang menyebabkan pembesaran KGB itu tidak ditemukan.

Selain metastasis dari kanker lain, biopsi KGB regional dapat menunjukkan penyakit Limfoma atau kanker primer dari jaringan limfoid. Biasanya yang ditemukan jenis Hodgkin. Pada pembesaran KGB regional yang multipel (banyak) serta tidak sakit, biopsi dilakukan atas semua KGB dan biasanya ditemukan jenis non-Hodgkin. Tergantung atas luasnya pengobatan dapat dilakukan dengan radiasi dan atau kemoterapi. Bila ditemukan dalam stadium dini, biasanya penyembuhan dapat diharapkan.

Posted in Kanker lainnya, Onkologi.

Tagged with , .


1375 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. adie says

    saya harus gimana lagi ya dok..!! saya sudah pernah d’biopsy, tapi tumbuh lagi.. apa kira-kira penyebabnya..!?

1 12 13 14

Continuing the Discussion

  1. EBV dan NHL « . start ur daii by BASMALAH :)) . linked to this post on 4 April 2009

    [...] Pembesaran kelenjar getah bening (KGB) [...]

  2. Peran Kelenjar Limfe Pada Infeksi Odontogen « DENTOSCA !!! linked to this post on 10 April 2011

    [...] B. 2008. Pembesaran Kelenjar Getah Bening. Available athttp://www.suaradokter.com/2008/12/pembesaran-kelenjar-getah-bening-kgb/. [27 Mei [...]



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.