Skip to content


Pembesaran kelenjar getah bening (KGB)

Biopsi pembesaran KGB sering dilakukan atas indikasi diagnostik.

Peta KGB

Peta KGB

Biasanya ia ditemukan di leher, ketiak dan lipat paha. (lihat gambar Wikipedia)

Ia pun dapat ditemukan pada anak-anak.

Pembesaran KGB dapat terjadi primer, disebabkan oleh KGB itu sendiri seperti Limfoma; atau sekunder berasal dari penyakit lain baik infeksi ataupun kanker.

Infeksi yang dimulai dengan masuknya kuman patogen kedalam tubuh, direspons oleh sistem kekebalan yang berlapis. Di lapis depan berjajar komponen normal tubuh seperti kulit, selaput lendir, batuk, flora normal dan berbagai sel. Di pusat pertahanan, terdapat KGB yang menyimpan dua mesin perang yaitu limfosit T (sel T) dan limfosit B (sel B). KGB tersusun secara regional menjaga kawasan tertentu. Karena itu mereka disebut juga sentinel node (sentinal adalah penjaga dan node adalah KGB). Sentinel node kepala dan muka, terdapat di leher; payudara dan tangan, ketiak; kaki, lipat paha dlsb.

Dalam peperangan itu salah satu tugas lapis pertama adalah membawa sampel kuman ke limfosit untuk identifikasi dan pemrograman penghancurannya. Kemudian limfe atau cairan getah bening akan membawa sel T dan sel B, ke daerah konflik. Dalam usahanya kgb regional akan meningkatkan aktivitasnya hingga membesar. Ciri-ciri pembesaran KGB dalam mengatsi infeksi adalah sakit.

Karena itu bila pembesaran KGB regional dengan nyeri dan disertai tanda-tanda infeksi didaerah itu, pencarian dan pengobatan pusat infeksi menjadi prioritas. Misalnya bila di leher seorang anak ada pembesaran KGB dan giginya berlubang, ia terlebih dahulu dirujuk ke dokter gigi. Bila tidak ditemukan pusat infeksi biopsi dilakukan. Dan yang paling sering ditemukan adalah TBC kelenjar.

Berbeda dengan infeksi, KGB regional akan kewalahan menghadapi kanker. Mereka melakukan penetrasi secara bertahap dalam waktu tahunan. Lama-lama KGB regional akan membesar tanpa rasa sakit. Karena itu bila pembesaran KGB regional tidak sakit, pencarian kanker primer menjadi prioritas. Adakalanya mudah seperti kanker payudara pada pembesaran KGB ketiak; melanoma , KGB lipat paha dlsb. Bila tidak ditemukan dengan cepat biopsi dilakukan. Biasanya hasil biopsi akan memperlihatkan kanker primer. Misalnya kanker nasofaring terdiagnosa dari biopsi KGB leher. Namun kadang-kadang kanker primer yang menyebabkan pembesaran KGB itu tidak ditemukan.

Selain metastasis dari kanker lain, biopsi KGB regional dapat menunjukkan penyakit Limfoma atau kanker primer dari jaringan limfoid. Biasanya yang ditemukan jenis Hodgkin. Pada pembesaran KGB regional yang multipel (banyak) serta tidak sakit, biopsi dilakukan atas semua KGB dan biasanya ditemukan jenis non-Hodgkin. Tergantung atas luasnya pengobatan dapat dilakukan dengan radiasi dan atau kemoterapi. Bila ditemukan dalam stadium dini, biasanya penyembuhan dapat diharapkan.

Posted in Kanker lainnya, Onkologi.

Tagged with , .


1364 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. tia says

    dok sy ibu 2 anak, usia 34th, mau tanya hasil usg payudara kiri sy : tampak lesi hipo ekoik didalamnya tampak internal eko homogen pada j 12 (supra aerola) dengan batas tegas ukuran 0,88×0,44 cm. sy merasa ada benjolan jg di pangkal payudara dekat ketiak tapi waktu usg sepertinya dokter kurang teliti hanya fokus pada benjolan yg dia temukan. sementara kalau dokter bedah waktu memeriksa jg merasakan benjolan yg sy temukan dan dia bilang itu pembesaran kelenjar getah bening. sy sering merasa nyeri di bagian kelenjar yg membesar itu (sudah sekitar 3 bln). mungkin perlu sy info sy melakukan usg tgl 24 june sementara bulan sebelumnya sy haid tgl 26 june. bagaimana menurut dokter? adakah hubungan benjolan dan pembesaran KGB sy dengan siklus haid? ataukah memang sy menderita suatu penyakit? sy diberi antibiotik sama dokter katanya untuk mencoba bisa mengecil atau tidak KGB sy, kalau memang karena ada infeksi harusnya bisa mengecil. tapi sy tidak berani minum obatnya karena sampai sekarang sy belum haid, sy takut sedang hamil, jd sy tunggu dulu sampai haid mungkin baru berani minum obatnya. terima kasih banyak dok..sy sangat membutuhkan jawaban dokter karena di RS sekitar rumah sy belum ada spesialis onkologi.

    • Dokter Bahar says

      Tentu saja ibu harus mengikuti saran dokter untuk meminum antibiotika. Tidak ada hubungannya dengan siklus haid.

  2. leni pratiwi says

    selama pagi dok.
    Saya mau tanya.. apakah ad dampak negatif dari biopsi pada ginjal.. karena baru beberapa minggu lalu adik saya biopsi. Dan kondisi badan dy menurun serta porsi makan dia berkurang.
    Apakah ad kemungkinan biopsi gagal, Klu gagal.. apa dampknya? Terimakasih mohon dibalas

    • Dokter Bahar says

      Jarang sekali ada dampak negatifnya tetapi selalu ada kemungkinan untuk itu.

  3. yuli says

    Pagi Dok…

    - Dok, apa beda hyperplasia dan displasia ?

    - Dipayudara kanan yuli ada focal hyperplasia benigna dan simple cystic, (sesuai usg) tapi kenapa hasil mamografi tidak ada kelainan? Apakah yang menyebabkan itu tidak bisa terlihat Dok?

    Terimakasih Dokter Bahar. -salam dan sehat selalu.- Yuli

  4. dhyna says

    dok saya mau bertanya,, akhir2 ini bekas benjolan di ketiak saya kembali terasa sakit, kira2 ada apa ya dok, dan apakah itu berbahaya ??
    Lalu bagaimana dengan bekas benjolan tersebut apa bisa dihilangkan ?
    Terimakasih dokter

  5. Yuli says

    Malam Dokter Bahar. Dok , ini hasil konsultasi yuli di KL. Oleh Dr Devanand ,
    Pantai Hospital.

    - Benjolan Yang diketiak kanan adalah Lemak,tidak disarankan operasi, apabila sakit baru boleh dioperasi , atau kalau sudah punya anak 1 atau 2 saja.
    karena Jaga jaga kalau nanti Hamil ada perkiraan Bisa tumbuh lagi.
    *Apakah itu Benar Dok???

    - Kelenjar getah bening ada bengkak dok , ukurannya 7.
    (Normalnya katanya 4). Katanya Dikarenakan (maaf)cara mencukur rambut ketiak yang salah,yaitu kering,tanpa sabun.
    *Apakah itu Benar menyebabkan infeksi Dok???

    *Adakah obat agar KGB yuli normal kembali dan tidak bengkak lagi???
    (Karena Dr Devanand tidak beri obat apapun).

    -Tentang Benjolan yang dipayudara kanan Di jam 11, Dr Devanand bilang itu adalah SEL. Tidak berbahaya dan tidak perlu dioperasi. Bahkan diperiksa tidak di usg lagi, cuma diraba saja, tapi akhirnya yuli minta di usg,biar lebih akurat.
    (Sayangnya Yuli lupa menanyakan apa nama jenis ”SEL” itu apa?)
    *Apakah ”SEL” yang dimaksud itu Dok???? Karena Dr Devanand bilang tidak perlu dioperasi,bisa hilang timbul)

    *Apakah ”SEL”tersebut bisa menyebabkan Kanker dikemudian hari???

    *Apakah ”SEL”tersebut menyebabkan Nyeri??? Karena payudara kanan yang lebih sering Nyeri atau srunut srunut.

    *Apkah ”SEL”tersebut akan bertambah Besar nantinya?

    *Adakah Obat untuk mengecilkan ”SEL”tersebut?

    *Yuli sering Demam akibat benjolan2 ini, Apa obat untuk menghilangkan Demam yang aman Dok???

    *Haruskah Yuli check up/usg payudara setiap 6bulan /1tahun sekali Dok???

    *Terimakasih Banyak Dr Bahar. -Salam dan Sehat Selalu-

  6. Putri says

    Dok mw n.y styp menjelang haid payudara saya agk nyeri normal tdk i2 dok ? Dan kmrin sore saya meraba payudara sy u/ melakukan Sadari tp np tba” d pyudara kanan sy antara payudara dan ketiak ada benjolan apa i2 ciri2 kanker dok ?

  7. mukhlis says

    Dok. Kalau penyakit KGB yang berada di lipat paha yang sedikit membesardan di sertai bisul dengan air lengket seperti getah di dekat jempol kaki apa bahaya?

    • Dokter Bahar says

      Harus tahu dulu jenis penyakitnya mas apakah infeksi karena luka atau kanker

      • mukhlis says

        Ternyata infeksi luka dok. Tadi saya sudah konsultasi dengan dokternya langsung. Terima kasih sudah membantu

  8. mukhlis says

    penyakit KGB apa hanya di derita kaum perempuan aja apa dok ?

  9. mukhlis says

    Pagi dok. Adik saya mempunyai benjolan sebesar kacang tanah di belakang daun telingannya. Itu termasuk jenis KGB bukan dok ? Umur 4 tahun

  10. nuni yuningsih says

    siang dok, saya mempunyai benjolan dileher sebelah kiri, baru ketauan tgl 28 agustus 2013, pertamanya saya dikasih obat radang tenggorokan karna menurut dokternya itu akibat radang setelah sembuh radangnya benjolan itu gak hilang jg, trus saya kedokter lain katanya kelenjar saya dikasi rujukan ke dokter bedah, setelah di dokter bedah ternyata saya hrs di operasi, tp saya sebenernya takut dok kl dioperasi,pertanyaannya
    1.apakah perlu operasi secepat itu padahal benjolannya blm lama?
    2. apakah ada cara lain selain dioperasi?
    3.apa perbedaan biopsi sama operasi?
    terimakasih dok

    • Dokter Bahar says

      1.apakah perlu operasi secepat itu padahal benjolannya blm lama? Kalau mau tahu dengan pasti penyebabnya ya perlu.
      2. apakah ada cara lain selain dioperasi? Tidak
      3.apa perbedaan biopsi sama operasi? Biopsi itu dilakukan dengan operasi

  11. wiwit krisnawilly says

    Selamat pgi dok,
    Saya wiwit,sy ibu satu anak brusia satu tahun.
    Saya ingin tanya dok,dileher anak saya ada
    Lubang sebesar ujung jarum.ltaknya [d̲̅i̲̅] kiri dan kanan lehernya.
    Dan kalo dia sudah kegerahan,dari lubang itu keluar cairan smacam lendir berwarna putih dok,saya sdah sering tanya dan bawa kdokter untk mmperlihatka ap  ada dleher anak saya,tapi kata dokterx tak apa..
    Tapi saya masih takut,apa itu termasuk kanker kelenjer getah bening dokter,saya Ţãύ sjak dia brumur sminggu,sblumx saya tidak mmprhatikan,lubang  sblah kiri mmang ada benjolan sbesar biji kacang ijo,tp dr dlu tdak brtmbah besar,klo dtekan lembek n tidak sakit,,mohon jawabanya dokter..
    Trimakasih dok..

  12. semi says

    Malam dok,
    Anak saya perempuan umur hampir 5 th. Di lipatan paha sebelah kanan bila diraba ada benjola sebesar jagung dan bisa bergerak bila ditekan. Dan bila posisi tubuhnya kebelakang/ngedet keliatan benjolanny. Kira kiura apa ya dok. Kalo mau dikonsulkan ke dokter anak atau dr bedah. Mohon informasinya. Makasih

    • Dokter Bahar says

      Mungkin ada infeksi didaerah kaki atau kemaluan. Coba bawa ke dokter anak.

  13. riski says

    Assalamualaikum dok,,,,
    nama saya riski wulan,saya mengalami benjolan dibelakang telinga hampir 3 tahun,belum sembuh ,,,, saya sudah beberapa kali diberi antibiotik dari dr.tht tpi 1 tahun kmudian tumbuh lage,,,ini penyakit kelenjar getah bening ato acute mastoiditis,,,

  14. riski says

    waktu saya berobat ke ahli tht saya disuruh operasi,,tpi saya tidak menghiraukanya,,saya cuma diberi antibiotik,,1 tahun kemudian tumbuh lagi,,,
    saya mencoba chek up di dr.bedah tpi dr bedah itu bilangnya kelenjar getah bening dan gak perlu dioperasi,,,gejalanya,,benjolan gak sakit,,kdang skit,pegel,plge kalu sdg demam terasa panas telinganya,,,sebelumnya pernah infeksi ditelinga bagian tengah dok,, saya bingung harus bgaimana???
    palah sekarang tumbuh lagi di belakang telinga atas,

  15. Yuli says

    Pagi Dokter Bahar.
    Dok, saya punya sahabat, mama’nya (50thn)ada benjolan dekat mata.
    Benjolan itu udah ada beberapa tahun yang lalu, awalnya kecil, tapi sekarang membesar, agak gatal dan jadi berlubang. Sakit apakah itu Dok?
    Terimakasih

  16. Anindita says

    Selamat siang dokter,

    Adik saya laki2 usia 25 tahun mempunyai benjolan di kanan dan kiri leher. Benjolan ini awalnya muncul 3 tahun yang lalu sampai sekarang berjumlah 4 benjolan.
    Adik saya sudah melakukan usg dengan hasil sbb :
    ” Tampak lesi noduler multiple di leher kanan dan kiri atas sampai bawah. Lesi noduler terbesar sebelah kiri diameter 2cm. Tiroid kanan dan kiri tidak membesar,parenhim homogen.”
    Dari hasil konsultasi awal dianjurkan untuk melakukan proses biopsi. Untuk second opinion apakah langkah tersebut sudah tepat? jika ya sebaiknya biopsi dilakukan di rumah sakit mana dok?
    Terima kasih, saya tunggu jawaban dokter.

    Dita – Jakarta

    • Dokter Bahar says

      Setuju. Segera biopsi dirumah sakit mana saja yang memounyai ahli bedah

  17. rosita says

    Dok, sy ada benjolan d begian pantat letaknya 8cm dr anus apakah itu kelenjar getah bening or? N tidak sakit , trims mohon infonya

    • Dokter Bahar says

      Didaerah itu kgnbya tidak ada. Jadi mungkin tumor apakah jinak atau ganas. Berobat kedokter bedah digestiv.

  18. Teti Sulastri says

    Dok, anak saya umur 6 tahun 10 bln mempunyai penyakit kelenjar getah bening. TB paru-parunya sudah dinyatakan bersih, setahun kemudian dia mempunya sakit radang tenggorokan ternyata bengkak lagi kelenjarnya dan bernanah, terus pecah. kata dokter SPA harus ke dokter bedah, apa yang harus saya lakukan?

    • Dokter Bahar says

      Ikuti kata dokter anak itu segera ke dokter bedah.

      • Teti Sulastri says

        Terima kasih atas jawabannya. Saya belum ke dokter bedah karena sama dokter spa nya dikasih obat plek selama satu bulan, terus kelenjar nya udah kempes. apa perlu saya ke dokter bedah lagi dan bahayakah kgb di leher anak saya pecah dan bernanah?

  19. tonny says

    slamat sore dok…
    sebulan lalu gusi sy bengkak, berbarengan dengan itu ada benjolan dibawah rahang sebelah kiri, agak sakit klo ditekan, dan benjolan itu bisa digerakkan.
    Sampai skrg benjolan itu masih ada dok meski gusi sy sudah gak bengkak.
    pertanyaan sy dok…
    1. apakah benjolan yg sebelumnya sebagai penanda adanya infeksi di gusi bisa berkembang menjadi kanker KGB?
    2. apakah kgb yang bengkah lebih dari satu kelenjar sudah bisa dipastikan sebagai gejala kanker kgb?
    3. benjolan yg bisa digerakkan dan agak sakit bila ditekan atau yang sebaliknya tdk bergerak dan tidak sakit, yang mana gejala yg benar dari kanker KGB, soalnya beberapa sumber yg saya baca saling bertukar pernyataannya tentang pertanyaan nmor 3…
    demikian pertanyaan saya dok…mohon jawabannya…makasih

    • Dokter Bahar says

      Benjolan itu mungkin sekali akibat sakit gigi yaitu pembesaran kelenjar getath bening. Kalau demikian ia tidak akan menjadi kanker. Biasanya kenker kelenjar getah bening atau limfoma memang tidak sakit. Tapi untuk memastikannya diperlukan biopsi.

  20. alfi says

    Selamat malam dok
    Sewaktu umur saya 7tahun saya di diagnosa mengidap penyakit kgb di bagian tenggorokan, saya berobat secara terus menerus selama 1tahun, dan akhirnya saya berpindah rumah dan terputus berobat nya, dan sewaktu diperiksa lagi kata dokter nya sudah hilang.
    Pertanyaam saya dok..
    1. Apa mungkin penyakit kgb saya bisa timbul lagi setelah dipastikan hilang?
    2. Akhir2 ini saya berasa sesak nafas, padahal tidak ada riwayat penyakit tentang pernafasan, dan saya cari di internet itu gejala kanker kgb, apa benar?

    • Dokter Bahar says

      Banyak sekali penyebab sesak napas. Coba ke dokter penyakit dalam untuk diperiksa lengkap.

  21. Diana says

    Selamat malam Dok,

    Saya ingin bertanya apakah memang untuk kasus anak saya yang telah di biopsi di lehernya di temukan hasil klinis adalah linfadenopati colli bilateral.

    Makroskopik adalah: benjolan di leher 7 bulan yang lalu, diameter 1-1.5 cm, nyeri (-), Demam (-), dilakukan FNAB: cairan kemerahan. Dipulas dengan Giemsa dan Papanicolou.

    Mikroskopik: Sediaan sitologi aspirasi benjolan di leher mengandung jaringan ikat, sel-sel limfosit dengan berbagai derajat maturitas, sel-sel leukosit PMN. Tidak di temukan sel tumor ganas.

    Kesimpulan: Gambaran sitologik sediaan ini sesuai dengan Linfadenitis kronik non spesifik.

    Yang menjadi pertanyaan saya, ada keluarga yg memberitahu setelah saya melalukan biopsi pada anak saya bahwa seharusnya biopsi tidak boleh di lakukan karena akan mengakibatkan sel tumor bica bertumbuh dan menjadi ganas, apakah ini benar dok? karena keluarga saya tersebut di himbau oleh seorang dokter juga yang ada di Malang. Mohon info nya dok dan solusi nya bagaimana jika saya sudah terlanjur melakukan biopsi?

    • Dokter Bahar says

      Biopsi itu sudah betul. Yang salah adalah bila ganas pasien tidak berobat ke dokter tapi ke alternatif dan pasti akan tumbuh terus. Bila tidak ganas apa yang ditakutkan.

  22. agus says

    Dok.. Saya mengalami KGB di lipatan paha dulu kecil skarang membesar dengan rasa nyeri bagaimana cara menghilangkan nya ya dok trima kasih

  23. amalia says

    sdh 4th ibu saya ad benjolan di leher kiri,sebesar telur ayam,sering merasa kelelahan,dan benjolan tsb bersifat tdk menetap,bs digoyang2,saran dokter umum hrs segera dioperasi tp ibu saya msh takut,apakah benjolan tsb dikategorikan sbg KGB dok?apakah hrs segera dioperasi?adakah cara lain selain dioperasi?

  24. lulu says

    dok..sy ada benjolan di lengan sebelah kiri. 5th yll sdh periksa dan disuruh oprasi. tp itu tdk sy lakukan. skrg benjolan di lengan sy tmbh besar, dan ada 2 lg di dekat lipatan lengan kiri. apakah itu berbahaya??. kalau sy capek, benjolan itu terasa sdkit nyeri. Pekerjaan sy sehari hari menggunakan kedua tangan sy ( krja salon ). langkah apakah yg hrs sy lakukan??. jk oprasi, apakah kesemua benjolan itu hrs dioprasi?. ada 3 di lengan kiri dan bbrp ditempat lain. mohon balasannya dokter.

  25. nika says

    Dok, ibu saya sudah radang selama 3-4 hari setelah itu muncul benjolan di lehernya? Itu berbahaya atau tidak? Apakah termasuk ke dalam penyakit getah bening? Benjolan itu tidak terasa sakit,dan tidak bisa digerakan kemana-mana.Bagaimana menurut dokter?

  26. rudi says

    selamat pagi dokter bahar

    sy mau tyk adik sy di diagnosa suspek lympoma malikna. dr hasil USG ukuranx 7cm × 10 cm
    kata dokter harus di oprasi. apakah setelah oprasi tidak akan kambuh lagi. dan RS mana di sutabaya yg bagus menangani oprasi itu?

  27. rudi says

    selamat pagi dokter bahar

    sy mau tyk adik sy di diagnosa suspek lympoma malikna. dr hasil USG ukuranx 7cm × 10 cm
    kata dokter harus di oprasi. apakah setelah oprasi tidak akan kambuh lagi. dan RS mana di surabaya yg bagus menangani oprasi itu?

  28. uni says

    dokter sy uni 33th,sblumny sy didiagnosa radang non spesifik,9bln minum antibiotik kempes,beberapa bln kemudian ad lg dileher,di PA radang non spesifik jg,cm dr. hany kasih antibiotik 2blnxtakut resistensi katany,akhr”ini sy nyeri,di lab LED 69,anti TB negatif tuk kesekian xny,cm sy hran knpa sy dksh obat TB? menurut dr. ap yg hrs sy lakukan? thx before

    • Dokter Bahar says

      Radang non spesifik tidak layang makan obat selama 9 bulan. Berobat ke dokter yang kompeten yaitu dokter bedah onkologi.

      • uni says

        untuk berobat ke dr. bedah onkologi perlu surat rujukan ato bisa langsung dok? skedar info, dr. yg menangani sy skrang adlah dr. internist

        • Dokter Bahar says

          sebaiknya membawa surat rujukan supaya tidak perlu mengulang pemeriksaan.

  29. Annisa Ade says

    selamat pagi dokter, saya nisa, umur 20 th, mahasiswi biologi, saya mau tanya dokter, ada beberapa gejala yang muncul di tubuh saya,
    di sekitar lipatan paha saya ada muncul ruam kemerahan yang sangat gatal, kalau digaruk trjadi pengelupasan kulit walaupun tidak sampai berdarah, tapi bekas garukannya mengeluarkan cairan bening yang lebih kental dari keringat,
    selain itu di kaki kanan sekitar 5 cm di bawah lutut ada semacam benjolan pada kulit, benjolan ini sudah ada selama hampir dua tahun dan mulai menghitam, tapi tidak bernanah,
    pada bagian tangan, terutama di ruas jari juga terjadi pengelupasan kulit yang sangat gatal dan mengeluarkan air seperti pada lipatan paha,

    sampai saat ini saya belum periksa ke RS karena takut, saya hanya searching di internet saja, apakah mungkin saya terkena limfoma CTCL dok?? apakah gejala-gejala ini mengarah ke penyakit tsb?? mohon dijawab ya dokter, terima kasih banyak..

    • Dokter Bahar says

      Limfoma? Tipis kemungkinannya. Coba ke dokter penyakit dalam konsultan hematoonkologi.

  30. mala says

    dok,, bisa tolong jelaskan kesan dari hasil USG saya,,,
    fokal abses pada subkutis regio colli kanan inferior.
    limfadenopati multipel perijuguler superior-inferior kanan dan perijuguler superior kiri.
    kista thyriod kiri.

    ada benjolan lumayan besar dileher kanan saya. sudah 2 bulan. terasa sakit jika tidak minum obat. tapi karna saya selalu minum obat jadi tidak sakit lagi benjolan itu. tolong saran nya ya dok,,,

  31. azmi says

    dok saya mau tanya,saya memiliki kgb yang membesar,tp jika dilihat dari jauh tidak nampak/ tidak menonjol, namun jika saya membusungkan dada benjolannya terlihat,benjolannya dipegang lunak dan tidak sakit,

    dulu saya prnah batuk parah sampai bbrp bulan,dan diberi ciprofloxacin krn kebetulan ibu saya apoteker,
    saya jga mempunya pnyakit bronkitis, tp menurut itu saya sudah selesai,
    saya sudah mencoba beberapa obat herbal,menurut byk orang sudah ada perbaikan,namun saya cemas karena tidak kunjung sembuh total.

    dok,apakah penyakit batuk saya saat smp bisa berdampak pada pembesaran kgb? soalnya sampai skrng saya jga masih sring batuk namun tidak begitu menggangu munurut saya.

    atau apakah saya menderita tb, sejauh ini sudah 3 bln sejak pertama ditemuka,namun kgb sya tidak bertambah besar,

  32. vera says

    Dok saya vera 22 tahun di vonis sakit lipoma regio cervicalis sinistra dd limfadenopaty cervicalis sinistra ukuran 1.57x 1.o5 dan 1.07×0.79 dan 0.57x.050

  33. andri handoko says

    malem dok..
    anak laki-laki saya umur 4,7 tahun.. pada lipatan pahanya terdapat benjolan yg semakin besar dan berwarna kemerahan, awalnya sepertinya dari luka di lututnya yg menyebabkan terjadinya pembesaran kelenjar pada lipatan paha tersebut, hal ini juga pernah dijelaskan oleh dokter ketika saya periksakan penyakit anak saya tersebut, dan oleh dokter tersebut dikasih obat antibiotik, namun pada waktu itu benjolan tersebut tidak sebesar sekarang dan juga tidak berwarna kemerahan. sekarang luka pada lutut anak saya itu sudah mengering dan bisa dibilang 95% sembuh, tetapi yg saya kuatirkan benjolan pada lipatan pahanya semakin membesar dan berwarna kemerahan. menurut dokter, apakah benjolan itu berbahaya ? sebaiknya saya bawa ke dokter spesialis apa anak saya tersebut ?

  34. resya says

    Malam dok, mau tanya..
    Saya umur 19thn, sudah sekitar 5taun ada benjolan dileher sebelah kanan tidak sakit sebesar kacang merah. Beberapa bulan yg lalu benjolannya bertambah tapi kecil-kecil sebesar kacang hijau dan sempat merasa sakit dibagian leher kanan. Lalu bersamaan dengan bertambahnya benjolan itu, ada pembengkakan dibagian leher belakang telinga. Kira-kira menurut dokter itu merupakan apa? Dan penyakit apa ya dok?

    • Dokter Bahar says

      Pembesaran kgb dan untuk memastikan penyakitnya perlu biopsi

  35. rirY says

    Siang dong sya mau nanaya beberapa hari ini tiba2 dipungung tangan saya ada benjolan sebesar kelereng.dan agak sedikit nyeri..apakah itu kelenjar getah bening..
    Soalny dari kel’ibu saya ada riwayat kangker dok..?apakah itu bisa berpengaruh..?trimakasih

  36. wahyu dwi k says

    awalnya gigi saya depan bawah terdapat benjolan nanah yg tidak terlalu besar.. setelah itu ada benjolan dirahang bawah.. setelah 3,4,5 hari saya diamkan.. pada pagi hari tiba-tiba bibir saya bagian bawah membengkak.. apakah itu semua reaksi dari gigi.?

  37. Tutik says

    Dok, ayah saya berusia 55 thun. kira-kira 2 bulan yg lalu ada benjolan keras dibawah lehernya bagian kanan, kemudian seminggu yg lalu tambah 1 benjolan lagi di dekat telinga kanan. kemudian diperiksakan ke Laboratorium, hasilya Kelenjar Getah bening Colli Dextra, FNAB: Metastase Undifferenteated Carcinoma. apakah itu perlu operasi dok?mohon penjelasanya.terima kasih

    • Dokter Bahar says

      Tidak. Yang diperlukan Bapak adalah kemoterapi.

      • Tutik says

        terima kasih dok atas jawabanya.

  38. siska sundari says

    Sore dok…
    Saya siska umur 27th,tiba2 pagi hari saya mendapati ada benjolan dok dileher kiri kanan saya sebesar bola tenis,keesokan harinya dileher saya sebelah kiri semakin membesar hingga kerahang dok…apa penyebabnya dok
    Terimakasih
    Salam

    • Dokter Bahar says

      Wah itu besar benar. Segera ke dokter bedah onkologi untuk diperiksa dengan benar.

  39. suntoro says

    Dok, saya laki2 35 tahun ada dua benjolan sebesar kelereng di leher atas (colli sub mandibulla) sebelah kiri & kanan sudah selama sekitar 3 tahun. hasil FNA : mengesankan suatu proses radang kronik nonspesifik. Oleh dokter di tempat saya bekerja di beri antibiotik zinnat + obat nyeri, tapi tidak ada perubahan. katanya harus operasi. pertanyaannya : Apakah memang harus operasi? misalkan tidak dioperasi, berbahayakah di kemudian hari?

    • Dokter Bahar says

      Memang. Kalau tidak bisa diatasi denahn antibiotika perlu dicari penyebab yang lain dengan biopsi

      • Suntoro says

        Hasil FNAB: “mengesankan suatu proses radang kronik nonspesifik”. Apabila tidak dilakukan tindakan operasi, resiko apakah yang mungkin akan terjadi? Terima Kasih.

        • Dokter Bahar says

          Biasanya dokter menyruh memakan antibiotika dulu dan kalau tidak berhasil baru biopsi.

  40. Vandro says

    Dok,saya mau bertanya,kalo ada benjolan di rahang bawah mulut dan bisa di gerakan itu apa penyebabnya?kalo menunduk n diraba baru terasa dok,tp kalo tegak tidak ada benjolan…
    Memang saya ada beberapa gigi berlubang dan sering sakit,tapi apakah bila tidak sakit gigi benjolan itu tetap ada?
    Sekarang benjolan itu ada di kiri dan kanan rahang bawah saya…
    Tolong dijawab ya dok? :(

    • Dokter Bahar says

      Mungkin sekali kelenjar getah bening dan tidak akan hilang walaupun peneyebabnya seperti gigi sudah sembuh.

      • Vandro says

        Lalu itu apa penyebabnya dok?dan apa yg harus saya lakukan?
        Jujur saya sangat parno dgn gejala awal hiv,namun tak ada tanda2 lain selain pembesaran kgb trsebut,,saya pernah melakukan hub beresiko bulan okt 2013 lalu,apakah itu bisa menjadi awal gejala dok?
        Dan di bulan januari 2013 saya sudah tes anti hiv hasilnya non reactive…
        Mohon skali jawabannya dok,,benjolan di rahang mulut kiri ada 2 sementara di kanan ada 1 dok…
        Makasih dok :(

        • Dokter Bahar says

          Kalau non rekatif mungkin bukan HIV. Coba ke dokter bedah onkologi untuk biopsi.

  41. adika says

    Dok maaf saya mau tanya , diketiak sebelah kiri saya terasa nyeri dan bila diraba serasa ada benjolan namun itu dibagian belakang ketiak, dan tangan saya sebelah kiri sering nyeri, ini kenapa ya dok ?

  42. Arif says

    Pagi dok. saya mau bertanya di leher saya ada 3 benjolan dengan nodul 1×1 cm. dan kemarin saya sudah periksa FNAB, hasilnya : hyperlasia reaktif kelenjar getah bening. menurut dokter bedah di rumah sakit katanya saya ada infeksi. tapi saya tidak merasakan apa-apa. sudah di berikan antibiotik opixime dan multivitamin. sementara benjolan masih ada. apakah harus dioperasi dok?
    misalkan tidak dioperasi bahaya tidak dok? Terima kasih

    • Dokter Bahar says

      Ya perlu operasi karena FNAB itu sering keliru. Siapa tahu penyakitnya lain. Resiko hampir tidak ada.

  43. Tutik says

    Selamat malam Dok….Dokter, saya mau tanya, ayah saya difonis Dokter terkena Tumor Nasopharing Stadium 2, pengobatan yang paling tepat untuk ayah saya apa ya Dok?mohon penjelasanya

  44. atraat says

    dok, untuk ngobati infeksi yg ampuh gimana ya? saya ada infeksi di paha atas, awalnya ada bentol seperti digigit semut, karena saya tipe orang yg suka gregetan liat ada bentol2 di kulit, saya pencet. besoknya malah infeksi, merah disekitar tempat bentol tersebut, dan dua hari kemudian kgb di lipat paha membesar, jadi kurang nyaman kalo menggerakkan bagian paha itu suka nyeri2.

  45. Indah says

    Selamat siang dokter, dokter bagaimana kalau de leher ada benjolan kecil dan benjolan tersebut terasa sakit. apa itu tanda2 kanker atau cuma sekedar infeksi dok? kalau saya mau ke dokter disarankan ke spesialis apa ya dok? terima kasih banyak

  46. tari says

    dok, kmren pagi saya merasakan sakit jika ditekan di lipatan paha bagian atas. kira2 apa ya? dan sptnya agak bengkak, namun tdk terlalu kentara. apakah itu kgb dan apa yg hrs sy lakukan. trimakasih

  47. nico says

    Selamat malam dok,umur saya 28 thn. Di belakan leher kiri saya ada pembengkakan KGB ada 2 benjolan. awalnya ada benjolan di belakang kepala tepat di bawah rambut dan sakit, skr hilang dam pindah ke 2 benjolan tadi dan cepat sekali pindahnya dalam waktu kurang lebih 2 minggu, dan skarang tidak sakit benjolannya. Apakah bahaya dok. Jika biopsi tepat di KGB apakah tidak bertambah menyebar pembengkakannya dok ? Trima kasih dok

  48. nico says

    Maaf dok saya nico,ada sedikit tambahan.
    pembengkakannya tidak begitu besar, hanya saja cepat berpindah.
    Saya juga memiliki penyakit amandel tg saya biarkan cykup lama apakah berpengaruh?
    Trima kasih dok

1 11 12 13

Continuing the Discussion

  1. EBV dan NHL « . start ur daii by BASMALAH :)) . linked to this post on 4 April 2009

    [...] Pembesaran kelenjar getah bening (KGB) [...]

  2. Peran Kelenjar Limfe Pada Infeksi Odontogen « DENTOSCA !!! linked to this post on 10 April 2011

    [...] B. 2008. Pembesaran Kelenjar Getah Bening. Available athttp://www.suaradokter.com/2008/12/pembesaran-kelenjar-getah-bening-kgb/. [27 Mei [...]



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.