Skip to content


Kemoterapi untuk Kanker payudara

Kemoterapi sudah menyatu dalam paket pengobatan Kanker payudara (KPD).

Tugas:

Tugasnya adalah membunuh sel-sel yang tumbuh termasuk sel kanker. Hal ini menimbulkan gejala samping seperti botak karena sel rambut yang terus menerus tumbuh juga mati. Hanya untunglah sel-sel normal mempunyai daya untuk memulihkan diri. Dan beberapa saat sesudah kemoterapi selesai, rambut akan tumbuh kembali..

Jenis menurut pemakaian

Pada KPD operabel, ia digunakan sebelum operasi dan disebut kemoterapi neoajuvan (KNA); sesudah operasi, ajuvan (KA). Selain itu ia digunakan pada KPD non-operabel atau KPD residif (KPD yang muncul kembali).

KNA bermanfaat untuk mengecilkan tumor hingga dapat menghemat jaringan payudara yang akan diangkat.

KA bermanfaat untuk membunuh sisa kanker yang masih gentayangan. Sel ini akan terlihat pada pemeriksaan kelenjar getah bening ketiak atau tumornya relatif besar ataupun diferensiasinya sangat tidak teratur. Memang pengobatan ajuvan juga dapat dilakukan dengan hormon. Tapi bila estrogen reseptor negatif (ER -), respons terhadap pengobatan dengan hormon akan tidak baik hingga KA menjadi pilihan.

Pada KPD non-operabel dan KPD residif, ia akan membunuh sel kanker. Seperti disebutkan diatas faktor estrogen juga menjadi pertimbangan. Bagaimanapun hanya bila ER + kuat pengobatan dapat dilakukan dengan hormon semata.

Obat

Berbagai obat tersedia untuk kemoterapi. Saya biasa menggunakan 5Flurouracil, Doxorubicin, Cyclophosphamide dan Paclitaxel

Tunggal atau multipel

Kemoterapi dapat diberikan tunggal, hanya satu obat; atau multipel, beberapa obat. Saya biasa menggunakan kombinasi FAC (5Flurouracil, Doxorubicin, Cyclophosphamide); Doxo dan Paclitaxel; atau hanya Paclitaxel

Pemberian

Kemoterapi dapat berupa obat makan, obat infus atau yang lainnya. Walaupun 5Flurouracil dan Cyclophosphamide tersedia dalam bentuk obat makan, saya selalu memberikan obat infus.

Waktu

Kemoterapi obat makan diberi secara berkala dalam beberapa hari setiap siklus.

Kemoterapi secara infus diberikan secara berkala yang disebut siklus, tiap minggu, tiap 2 minggu, tiap 3 minggu ataupun tiap 4 minggu.

Lama

Untuk KNA dan KA biasanya diberikan enam sampai 7 kali. Namun untuk pengobatan KPD non-operabel dan KPD residif, lamanya ditentukan oleh perkembangan KPD. Bila ada tanda-tanda tidak ada kemajuan atau keracunan pemberian akan dihentikan.

Gejala samping

Berbagai gejala samping selalu muncul pada kemoterapi.

Ada yang segera muncul dan sebaliknya datang terlambat. Ada yang perlu diobati dan sebaliknya dibiarkan. Ada yang bersifat umum dan sebaliknya khusus untuk obat tertentu.

Karena itu, rutin beberap hari sebelum setiap siklus kemoterapi dilakukan pemeriksaan fisik, laboratorium dan pemeriksaan khusus untuk obat tertentu.

Secara umum data yang dicari adalah tanda-tanda: depresi sumsum tulang; gangguan pencernaan; gangguan ginjal, gangguan hati; rambut yang gugur; kehitaman pada kuku; jamur pada mulut; nyeri otot dan lainnya. Khusus untuk Doxorubicin yang dicari adalah gangguan pada irama jantung dengan EKG.

Makanan

Tidak ada diet khusus bagi kemoterapi. Hanya saya selalu menganjurkan minum jus jambu merah. Resep ini peroleh dari sohib saya dr Heri Fajari SpPD k HEMONK yang menggunakannya untuk memperkuat antibody pada pasien HIV. Dari pengalaman saya jus ini sangat membantu dalam mencegah depresi sumsum tulang.

Posted in Onkologi, Payudara.

Tagged with , , .


119 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. Merli says

    Dok, ibu saya (54 thn) di diagnosis kanker payudara stadium 1B, ER-,PR-,HER2(3+). Benjolan sebesar 2 cm sudah dikeluarkan, pengecekan 4 kelenjar getah bening di sekitar payudara free dari penyebaran. Disarankan 6x ( 3x FEC & 3 Taxo) kemoterapi, 21x radiasi disertai herceptin 9x. Saat ini sudah kemo ke-4. 2 hari ini keluar gumpalan darah berwarna hitam dari lubang dubur, tekstur darah seperti darah saat haid. Ibu saya belum menopause, tapi 2 bulan ini tidak datang haid. Keterlambatan haid sering terjadi selama 1 tahun ini. Apakah keluar darah dari dubur ada hubungannya dengan kemo yang lagi dijalankan?

    • Dokter Bahar says

      Betul, mungkin itu adalah efek dari kemo. Silaan baca buku saya.

  2. flora says

    Sy umur 46 th. 2 april operasi mastektomi payudara kiri. Hasil PA : histologik sesuai dgn karsinoma lobuler payudara, grade 2/P2T3M1. Terdapat DCIS grade 2, tdk terdpt gambaran EIC. Terdpt lobular cancerization. Tdk terdpt emboli limfovaskuler – Sinus histiositosis pada 11KGB. Dasar sayatan bebas tumor. Mohon penjelasanya. Apakah tindakan lanjutannya.?. Tks.

    • Dokter Bahar says

      Apakah kelenjar di ketiak juga diangkat.

      • flora says

        Iya diangkat.
        Mikroskopik : Sediaan berasal dr jaringan payudara dg permukaan berlapiskan epidermis yg sebagian atropik. Pada daerah subepitel tampak massa tumor dg pertumbuhan infiltratif. Sel tumor dg bentuk poligonal berinti pleomorfik kromatin kasar dg anak inti, sitoplasma eosinofilik jernih bervakuol sebagian sel berbatas. Sel tersusun trabekula, alveolar dan padat. Mitosis sulit ditemukan (0-1/10LPB). Stroma sembab – desmoplastik bersebukan ringan sel radang menahun setempat setempat. Tdk tampak kelompokkan sel tumor dlm pembuluh limfovaskuler. Terdpt byk duktus melebar berlapiskan epitel yg hiperplasia dg inti atipia sedang tersusun padat dg iskhemik nekrosis, sel tumor menyebuk sampai ke daerah asinus, mitosis sulit ditemukan. Daerah dasar sayatan sembab hiperemik, tdk terdpt serbukan sel ganas. Terdpt 11 jaringan kelenjar getah bening dg sinus melebar berisi limfosit & histiosit, tdk terdpt sebukan sel ganas. Mohon penjelasannya & tindakan pengobatan lanjutannya? Tks.

        • Dokter Bahar says

          Bagaimana keadaan payudara sebeum operasi, dan operasi apakah yang dikerjakan?

    • Dokter Bahar says

      Kemoterapi Bu. baca buku saya.

  3. Nike says

    dokter, ibu saya terdiagnosa kanker payudara stadium 4 dan sudah menyebar ke tulang. pengobatan yg dilakukan sekarang adalah kemoterapi payudara sudah 7x msh ada 5x lg. kemoterapi tulang sudah 2x msh ada 10x lg, dan sudah penyinaran tulang 5x. pada kemoterapi yang ke 7 ini menggunakan obat herceptin dan brexel tp efeknya sungguh sangat hebat. nyeri semua di bagian tubuh termasuk tulang2, lemas sampai2 untuk bangun dri tempat tidurpun harus dibantu. sudah 6 hari setelah kemo efeknya masih terasa. bagaimana ya dok cara mengatasinya?
    ibu saya sampai terfikirkan untuk menghentikan saja proses kemoterapinya.
    Trimakasih..

  4. Febby says

    Dokter, ibu saya, 60 thn, terkena kanker payudara stadium 2. Hasil PA menyatakan kanker grade 3, er +, her 2 negatif dan terdapat 14 anak sebar dr 15 sampel kgb yg diambil. Ibu saya sdh di mastektomi akhir april lalu dan radiasi 30 x serta minum obat hormon aromasin. Selanjutnya, dokter bedah onkolog menyerahkan kpd ibu apakah akan kemo atau tidak. Dokter menyatakan bhw efektivitas kemo untuk ibu saya tidak terlalu tinggi namun anak sebar ke kgb sdh ckp banyak. Mhn petunjuk apakah kmi sebaiknya kemo atau tidak? Jika kemo, sbrp efektifkah kemo tsb? Jika tidak, bgmn dampaknya dan apa yg hrs dilakukan untuk mengurangi dmpk tsb?

  5. Sri Nur Hari says

    Salam sejahtera dok,
    Dok, istri saya (45 thn-premenopause), tgl 16 Agustus lalu telah diangkat pydr kirinyanya krn berdasarkan biopsi jarum thd benjolan yg ada di atas pydr istri dinyatakan sbg tumor ganas (kanker), shg perlu segera dioperasi. Sebelumnya telah dilakukan USG 2 (dua) kali. Hasil USG pertama menunjukkan bhw benjolan tsb besarnya 5 cm, satu bulan kmd USG kedua hasilnya menyusut menjadi 3,5 cm. setelah itu baru dilakukan biopsi jarum dg pernyataan dokter yang melakukan biopsi seperti di atas. Setelah dioperasi/diangkat pydr kiri istri sy, hasil lab PA nya sbb :

    Analisa Laboratorium Patologi Anatomi I (Pertama).
    Diagnose Klinis :
    Analisa
    Sediaan operasi dari mamae sinistra.
    Makroskopik :
    Mammae ukuran 23,5 X 22,5 X 7 cm, disertai axillary tail tanp benang orientasi, dengan bagian kulit ukuran 15,5 X 8 cm tampak papilla mammae, retraksi (-), ulkus (-), peau deorange (-). Dasar reseksi berupa fscia. Pada pemotongan tampak massa di daerah central, meluas ke seluruh kuadran, padat warna putih keabuan dengan jarak terdekat dengan dasar reseksi 0,3 cm. Ditemukan 16 nodul dengan ukuran diameter terbesar 1,5 cm dan terkecil 0,5 cm.
    Mikroskopik :
    Massa :
    Terdiri atas kelompok –kelompok sel epithelial, sebagian membentuk struktur cords dengan sedikit struktur tubular (<10 %) dengan inti bulat, pleimarfik sedang, hiperkramasi sedang, sebagian vericuler, nucleali prominent, mitosis abnormal dapat ditemukan (14 / 10 LPB), sitoplasma eosinofilik, sebagian tersusun synticial dengan batas antarsel tak jelas.
    Massa tumbuh infiltrative diantara stroma jaringan ikat dan jaringan lemak. Tampak daerah dengan fibrocystic lesion dan hyperplasia ductal. Tak tampak area in situ. Tampak invasi angiolimfatik. Tak tampak mikrokalsifikasi. Tak ditemukan infiltrasi massa pada papilla mammae dan jaringan kulit.
    Dasar Reseksi : Bebas Tumor
    Nodul : Tampak 16 jaringan limfoid yang seluruhnya tidak tampak mengandung massa tumor ganas.
    Kesimpulan :
    - Invassive carcinoma of no special type grade 3 (score 8);
    - Tak tampak komponen ductal carcinoma in situ;
    - Tampak invasi angiolimfatik;
    - Tak ditemukan gambaran metastasis pada 16 jaringan limfoid yang ditemukan

    Analisa Laboratorium Patologi Anatomi II (Kedua)
    Hasil pemeriksaan Immunohistokimia :
    ER : (+) Positif +/- 30 % intesitas lemah; PR : (+) Positif +/- 70 % intensitas sedang – lemah
    HER-2 : (-) negatif;
    Ki 67 positif pada 3 – 5 % sel tumor.

    Dokter yang melakukan operasi setelah membaca hasil lab I & II mengatakan :"secara keseluruhan hasil lab PA I & II baik dan ini lain daripada yang lain-lainnya saya tangani.". Saya mohon tanya dok :
    1. Apakah dgn mendasarkan pada hasil lab PA I & II di atas, mestinya payudara istri tidak perlu diangkat dan yang dioperasi cukup benjolannya saja ?
    2. Seberapa akuratkah hasil biopsi jarum sehingga dokter bedah onkologi sertamerta memutuskan melakukan pengangkatan ?
    3. Secara umum setelah pengangkatan pydr senantiasa ditindaklanjuti dgn kemoterapi, ttp sampai saat ini istri sy blm dikemo. Apakah berdasarkan hasil lab PA I & II di atas istri sy harus dikemo ?
    4. Apakah bedanya kemoterapi dgn terapi hormon ? Untuk kasus istri sy yg paling tepat dilakukan kemoterapi ataukah dg terapi hormon ?
    Mohon penjelasan dan sarannya dok. Sblmnya sy ucapkan banyak terima kasih pendapat dokter.

    Salam hormat,
    S. Nur Hari – Semarang (srinurhari@yahoo.co.id).

  6. wulan says

    malam dokter bahar,
    saya wulan 30th,1 th lalu payudara kanan telah diangkat, tp getah bening tidak.
    saya didiaknosa invansive ductal carsinoma stadium 1 grade 3.
    er – ,pr -, her2 -,saya menjalani kemoterapi. dokter bahar dengan kondisi
    saya seperti ini, apakah saya masih di perbolehkan untuk
    hamil? dan apa dampaknya nanti? thx sebelumnya.

    • Dokter Bahar says

      Biasanya boleh hamil lagi sesudah 2 tahun dinayatakan bebas kanker. Nah itu hal yang sangat spesifik dan ditentukan oleh dokter yang merawat.

1 2

Continuing the Discussion

  1. Kanker payudara stadium dini - Suara Dokter linked to this post on 31 Desember 2008

    [...] sifat keganasan. Kanker pada golongan premenopause bersifat lebih ganas dari post menopause hingga kemoterapi lebih diutamakan. Sebaliknya kanker golongan menopause lebih respons atas pengobatan [...]



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.