Skip to content


Tumor Jinak Payudara

Anatomi Payudara

Anatomi Payudara

Anatomi payudara (Wikipedia)

1. Dinding dada,
2. Otot dada,
3. Lobulus,
4. Puting susu,
5. Aerola (lingkaran diluar puting susu yang kehitaman),
6. Saluran kalenjar susu,
7. Lemak dan,
8. Kulit.

Semua wanita mempunyai benjolan payudara. Benjolan itu normal dan terjadi karena siklus hormon.

Hormon adalah zat vital untuk kelangsungan hidup manusia. Tanpa dia, manusia akan punah dari muka bumi ini. Ialah yang mengatur dan mengontrol secara efektif dan efisien keseimbangan berbagai zat di dalam tubuh. Tugasnya hanyalah membawa pesan untuk dilaksanakan oleh organ yang bersangkutan, sehingga hormon disebut juga messenger atau utusan. Hormon dihasilkan oleh tubuh kita sendiri.

Pabriknya disebut kelenjar endokrin sedangkan alat pelaksana, target organ atau organ sasaran. Produksi ini di eselon tertinggi diatur oleh otak melalui dua kelenjar buntu lainnya, yaitu hipofise dan hipotalamus. Pembuatannya dilakukan sesuai dengan isyarat organ yang membutuhkan, melalui transmisi saraf.

Haid di koordinir oleh dua kelenjar endokrin yang berdomisili di otak yaitu hipotalamus dan hipofise. Mereka mengirimkan hormon gonadotropin yang merangsang ovarium (indung telur) untuk menghasilkan telur dan mematangkannya.

Selanjutnya rahim dan payudara dipersiapkan oleh ovarium dengan pengiriman estrogen. Endometrium menebal mempersiapkan tempat tidur sang bayi dan lobulus di kelenjar payudara tumbuh bersiap untuk memberi air susu. Keadaan ini mencapai puncaknya pada hari ke 22, untuk menyambut calon janin. Pada hari ke 14, di saat folikel siap dibuahi, ovarium melakukan rencana antisipasi dengan membuat progesteron.

Hari-hari folikel siap dibuahi disebut masa subur . Bila pembuahan tidak terjadi, pada hari ke 27-28, progesteron berkurang dan sel telur ini gugur beserta persiapannya. Endometrium menipis seperti halnya dengan lobulus payudara yang menyusut. Perdarahan bulanan yang terjadi disebut haid dan berlangsung selama 3-7 hari sebanyak 50-100 cc.

Pertumbuhan lobulus akan dirasakan seperti penegangan atau pemadatan payudara sebaliknya penyusutan seperti pelunakan. Pertumbuhan dan penyusutan itu tidak terjadi secara total artinya ada bagian yang tetap memadat dan sebaliknya. Maka payudara tidaklah seperti spons yang sama konsistensi tetapi ada bagian-bagian yang memadat.

Bagian memadat ini dirasakan sebagai benjolan atau tumor.

Pasien akan merasakan peristiwa normal ini sebagai tumor yang multipel (banyak), batasnya tidak jelas dan sakit. Keadaan ini di diagnosa sebagai penyakit fibrokistik. Tidak ada terapi bagi penyakit ini kecuali analgetik (obat pelerai nyeri).

Kadang-kadang lobulus tumbuh berkelebihan. Di usia muda ia akan di diagnosa sebagai fibroadenoma mammae (FAM). Tumor akan berbatas tegas, padat dan tidak sakit. Pengobatannya ialah eksisi dan dikonfirmasi di laboratorium. Kepustakaan terkini menyebutkan bahwa FAM dapat tidak di eksisi bila sudah dipastikan dengan pemeriksaan USG dan aspirasi.

Di usia tua, lobulus akan membesar dan cairan tertumpuk. Kelainan ini disebut kiste. Diagnosa dilakukan dengan USG dan pengobatannya cukup dengan aspirasi. Namun bagaimanapun bila Anda menemukan tumor payudara segeralah ke dokter karena walaupun mayoritas jinak keganasan dapat muncul.

Ref. Dixon,J.M. Breast Surgery 3rd ed, Saunders, 2007

Posted in Onkologi, Payudara.

Tagged with , , , , .


552 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. Dhevi says

    Dokter saya usia 17 tahun, hasil pemeriksaan USG mammae saya sbb :

    - Mammae sinistra
    Tampak massa hipoechoic,lobulated,berbatas tegas,tepi reguler,dinding tebal, ukuran 2.48 x 0.71 x 0.79 cm pada daerah quadran upper inner arah jam 11-12 di perifer dengan jarak 7 cm dari areola mammae.
    Tak tampak posterior enhancement. Tak tampak kalsifikasi di dalamnya.

    - Mammae dextra
    Jaringan fibroglandular dan subkutis dalam batas normal.
    Echos tampak normal. Tak tampak lesi hipo maupun hiperechoic di dalamnya.
    Ductus lactiferus tidak tampak di latasi
    Retropapiller echo normal
    Axillary tail dextra et sinistra normal

    KESAN : Tumor mammae sinistra (Birads US category 4)

    PERTANYAAN :
    -Apa yang harus saya lakukan dokter ??
    -Apakah ini berbahaya ??
    -Apakah perlu dioperasi ??
    -Apakah obat herbal bisa mematikannya ??
    -Terkadang terasa nyeri bila ditekan ataupun tidak ditekan
    -Terkadang juga terasa sesak nafas,tertusuk sampai ketulang-tulang, & terasa sakit atau pegal bagian punggung sampai ketulang-tulangnya
    – Apakah yang saya rasakan itu salah satu reaksi dari tumor tsb ..??
    Tolong dokter jelaskan ,,
    terima kasih ..

    • Dokter Bahar says

      -Apa yang harus saya lakukan dokter ?? Ke dokter bedah onkologi untuk memastikan apakah perlu biopsi.
      -Apakah ini berbahaya ?? Tergantung hasil pemeriksaan fisik.
      -Apakah perlu dioperasi ??
      -Apakah obat herbal bisa mematikannya ?? Tidak
      -Terkadang terasa nyeri bila ditekan ataupun tidak ditekan
      -Terkadang juga terasa sesak nafas,tertusuk sampai ketulang-tulang, & terasa sakit atau pegal bagian punggung sampai ketulang-tulangnya
      – Apakah yang saya rasakan itu salah satu reaksi dari tumor tsb ..?? Tidak ada hubungan sakit dengan tumor itu Devi

      • Dhevi says

        saya sudah kedokter ahli bedah dokter tapi dokternya langsung saja menyuruh operasi tanpa menjelaskan tentang tumor yang ada dalam mammae saya dokter ,,
        tiap hari saya selalu merasa lemah,lemas dokter apa itu ada hubungannya sama tumor tsb ,,??

        • Dokter Bahar says

          Coba pindah dokter.

          • Dhevi says

            saya mau bertanya dokter bagaimana dengan perkembangan tumor itu,
            apakah tiap hari berkembang & sangat cepat atau butuh waktu yang cukup lama untuk berkembang ..??

          • Dokter Bahar says

            Tumor yang berupa jaringan baru atau neoplasma baik jinak atau ganas akan tumbuh dalam waktu yang lama. Satu sel kanker payudara menjadi dua dalam 3 bulanan.

          • dhevi says

            Berati dalam waktu 3 bulan sudah tumbuh lagi sel baru begitu maksud.y dokter ..??
            Menurut saya kalau begitu itu termaksud cepat karna pertiga bulan ..

  2. dwi says

    dokter sy mau tanya. sy sdh operasi payudara, diagnosa fibrokistik page 1.tp kok ini bekas operasinya spt ada benang ya dok.pdhl kt dokter sy jahitnya langsung jadi gt.kira2 apa ya dok?

  3. margaretha says

    Dokter yg baik, mhn trjemahkan jd bhs pasien: mamografi: tampak lesi hiperdens dgn sbgian tepi yg ireguler, brbatas cukup tegas pada daerah sentral dgn penebalan kutis sekitar, tanpa gambaran stelata atw mikrokalsifikasi spesifik. Usg pydra:ekhostruktur jaringan fibroglanduler meningkat dgn ektasi duktuli ringan. Tampak lesi hipoekhoik lobulated dgn bagian tepi ireguler pada kw sentral mamae sinistra (jam 4 brjarak 1cm dr papila) brukuran 3,8×3,2×2,2 cm. Tampak penebalan kutis sktrnya. Tdk. Tampak pmbesaran klenjar aksilla. Kesan: lesi solid lobulated dgn sbgian tepinya ireguler disertai pningkatan vaskularisasi terutama di perifer-malignancy blm dpt disingkirkan. Saran: konsultasi dokter bedah tumor FNAB. (Margaretha, jakarta, 32th)

  4. Akez says

    dok , saya wanita berumur 15 tahun , saya di diagnosa mempunyai FAM , mass solid pada mammae dextra , suspek benign , (FAM) dextra .
    itu apa maksudnya ya dok ? setelah membaca banyak pengalaman yang setelah dioperasi tumbuh lagi malah semakin banyak , saya jadi bingung , dokter yang memriksa saya pun ada yang bilang harus dioperasi , ada juga yang bilang tidak perlu dioperasi , jadi tindakan apa yang harus saya lakukan dok , diumur saya yang masih muda ini ?

  5. Anathasia R says

    Dokter saya usia 17 tahun.
    Saya ingin bertanya hasil USG mammae:
    Tampak masa kistik pada posisi jam 9-10 dengan diameter 1.9×1.1 cm(mammae dextra)
    Dan saya di duga mengidap penyakit tumor kistik mammae dextra
    Harus bagaimana saya menanganinya?
    Apa saya harus operasi?
    Berapa lama kira kira proses penyembuhannya?
    Terima kasih sebelumnya dok..

  6. iim says

    dokter yang baik hati, beberapa hari yang lalu saudara saya menjalani USG karena merasakan nyeri di sekitar payudaranya. hasilnya adalah sebagai berikut:
    Cutis dan subcutis tak menebal
    tampak lesi hipoechoic di daerah fibroglanduler quadran caudomedial dan caudal mamae sinistra, bentuk oval. batas relatif tegas, ukuran kl 0,5 X 0,25 cm dan 0,43 X 0,34 cm
    kesan:
    sonografi susp. massa solid di quadran caudomedial dan caudal mamae sinistra.
    DD: – FAM
    – Kelenjar mamae?

    tolong berikan penjelasan dari hasil pemeriksaan tersabut dok, dan apakah itu berbahaya atau tidak?

  7. okta says

    tumor mammae dextra itu jinak apa ganas dok ? tlong d jawab

  8. okta says

    penyembuhan tumor mammae dextra itu dg cra apa dok?

  9. dwi says

    dokter sy mau tanya.bulan mei lalu sy menjalani operasi payudara.diagnosa fibrokistik page 1. dua hari lalu kok terasa panas ya di sekitar tempat sayatan.agak perih juga.tetapi sifatnya hilang timbul.sehari cuma terasa sakit itu plg 2 kali saja.memang dlm waktu dkt ini siklus haid sy tiba, shg terjadi nyeri di payudara.apa itu ada hubungannya dok? lalu tindakan apa yang harus sy lakukan? terimakasis

    • Dokter Bahar says

      Nyeri pada payudara memang tidak bisa hilang dengan operasi. Seringkali nyeri itu tidak diketahui penyebabnya tapi umumnya tidak berbahaya. Kalau sakit mimum obat penghilang sakit jenis diklofenak.

  10. dwi says

    dokter, bulan mei lalu saya operasi payudara, dengan diagnosa fibrokistik page 1. apakah sy mesti kontrol rutin setelah ini? berapa bulan sekali dok? terima kasih.

  11. Fenny says

    Dok, sy umur 38thn punya 3 anak. Kemarin sy usg dan haail nya
    Mamma Sinistra: Ketebalan kulit normal. Jaringan fibroglandular echo normal. Lesi hipoechoic batas tegas dgn posterior enhancement di jam 2 sugestif cyst. uk. 0,35x 0,34 cm. Subkutaneus dan retromammary fat echo normal. Duktus laktiferus tak tampak pelebaran. Reg.Axilla tak tampak pembesaran lymph nodes.
    Apa yg harus sy lakukan dok? Mohon pencerahan nya.

    • Dokter Bahar says

      Biopsi Bu

      • Fenny says

        Terima kasih dok. Sy ada tambahan sedikit:
        1. Dua hari setelah sy usg mamma di atas ternyata sy haid, apakah temuan di atas itu wajar menjelang haid?
        2. Apakah itu mengarah ke kanker dok?
        3. Apakah jika sy biarkan (krn takut) bisa hilang sendiri? Soalnya jika diraba (SADARI) tdk terasa sama sekali dok.
        Tlg jawab nya yah dok. Terima kasih banyak.

  12. nelly says

    saya nelly 38 thn, ibu 3 anak terakhir menyusui bulan april. tiga minggu yg lalu tiba2 sy mendapati benjolan dipayudara kanan, saya telah melakukan USG mamma bilateral yang hasilnya;
    Mamma dextra; ketebalan kulit normal. jaringan fibroglandural echo normal, tak tampak s.o.l. subkutaneus dan retromammary fat echo normal. duktus laktiferus tak tampak pelebaran . reg. axila tak tampak pembesaran lymph nodes.

    Mamma sinistra; ketebalan kulit normal . jaringan fibroglandular echo normal. lesi hipoechoic dengan tepi irregular, batas tidak tegas dijam 9 dengan ukuran kurang lebih 2,8×0,9cm sugestif lesi malignant. multiple lesi hipoechoic batas tegas dijam 8.30 uk. 0,8×0,4cm, di jam 2 uk. 0,37×0,24 cm, di jam 8.30 uk. 0,35×0,2cm. Subkutaneus dan retromammary fat echo normal. duktus laktiferus tak tampak pelebaran. Reg. Axilla tak tampak pembesaran lymph nodes uk. 1,2cm dengan bentuk oval dan fatty hilum normal.

    Kesan:
    > Sugestif lesi malignant jam 9 uk. kurang lebih 2,8×0,9cm. mamma sinistra dgn multiple lesi solid di jam 10 uk. 0,8×0,4cm, di jam 2 uk. 0,37×0,24cm, di jam 8.30 uk. 0,35×0,2cm mamma sinistra+lymphadenopathy axilla sinistra
    >mamma dextra echo normal

    Hasil Biopsi sbb: Hapusan terdiri dari beberapa kelompok sel-sel dengan inti cukup besar hiperchromatik, sitoplasma tampak vacioleted. sel tersebut secara sitologi mencurigakan ganas asal epithel (carcinoma)
    anjuran: forsen section

    menurut dokter gimana, dalam bahasa awamnya, makasih sebelumnya dok, wassalam.

  13. ikha says

    dok saya mao tanya . .
    Nama sya ikha umur 20thn. .
    Saya ada bnj0lan d payudara kiri atas, hasil USG
    USG mamma dextra/sinistra
    Mama dextra ;
    Jaringan fibro glanduler,cutis,dan subcutis mamma dextr tampak baik.
    Tak tampak kalsifikasi.
    Tak tampak pmbesaran kBG di axila dextra.
    Mamma sinistra ;
    Tak tampak n0dul hypoechoic d daerah areola mamma lateral atas ukuran 8×4 mm.
    Tak tampak kalsifikasi.
    Tak tampak pmbesaran KBg d axila sinistra.
    Kesimpulan ; n0dujb (kesan solid ) mamma sinistra d daerah areola lateral atas ukuran 8×4 mm ( susp.fam)
    Dan 4hri yg lalu sya sudah d operasi dan hsilny tum0r dngan ukuran kira.kira 2cm dok.

    Pertnyaan.
    1 )Apa yg hrus sya lakukan dok ?
    2) kemarin sya k0ntrol dan hany d kasi salep buat jahitan ?
    3) kira obat herbal apa yg buat mencegah biar gak terjadi tum0r lg ?
    4) kira.kira saya terg0long jinak apa ganas ?
    Makasi dok m0h0n d jawab.

  14. Marantika says

    Dokter.
    Saya berusia 22th, hasil USG mamae menyebutkan:
    “Massa mammae multipel bilateral suspek jinak, DD/.Fibroadenoma mammae
    Kelenjar limfa aksila kanan-kiri tidak membesar”
    itu perlu operasi ga ya dok?
    terimakasih sebelumnya.

  15. astuti says

    dok saya mau tnya
    nma sya astuti umur 47thn

    saya sering mersakan nyeri di sekitr pyudara ,setelah USG hasil yg sya dapat :
    -telh di lkukan 2x aspirasi nodul regio mammae sinistra quadran medial atas (jam 2-3) 2×1,5cm,mengeluarkn cairan serous dan quadran medial bawah 1,5×0,8cm,mengeluarkn bahan berminyak .
    -mikroskopis : quadran lateral atas : hapusan trdiri dri fragment jaringan lemak,sebaran cyst makrofag…Quadran medial bawah : hapusan trdri dri fragment-fragment jaringan lemak mature dgn latar belakang sediaan globul-globul lemak…Tidak di temukan tanda keganasan dalm sediaan ini.
    -kesimpulan : suatu -fibro cystic disease mammae sinistra ( Quadran lateral atas)….- Lipoma mammae sinistra (Quadran medial bawah )

    .brikut hasil USG sya ,, apa yang hrus sya lakukan ,, dengan cra ap sya bsa sembuh … apa itu smua butuh operasi atau gimana ..

    mohon bantuan nya dok .. terimakasih

    • Dokter Bahar says

      Lipomanya operasi, fibrokistik tidak perlu.

      • astuti says

        lipoma itu semacam apa ya dok .. apakah itu ganas .. trimakasih dok

  16. Arsin says

    Dok, Sy d diagnosa tumor payudara oleh dokter sekitar 10 bulan yg lalu. sampai saat ini saya blm mnjalani tindakan operasi krn sy takut.. awalnya saya tdk merasakan skit sama sx pada payudara sy stlh saya di diagnosa oleh dokter. namun seminggu belakangan, payudara sy mnjadi jauh lebih skit sampai ke tulang belakang & terasa seperti di tusuk2. Dok, kira2 kondisi sy skg bgm ?? apakah tumor ini sudah semakin parah ??

    • Dokter Bahar says

      Ini sulitnya. Tidak operasi berbarti tidak mengathui jenis penyakitnya dan tidak bisa menjawab pertanyaan ibu

  17. Desi says

    Salam Dok, saya ingin tanya

    Usia saya 25 tahun. Tujuh tahun lalu mengalami memiliki benjolan di bagian ketiak kanan. Dokter bedah saat itu menyatakan bahwa itu merupakan tumor kelenjar limfe dan harus diangkat, opini dari dokter lain menyatakan benjolan tersebut merupakan mammae aberants dan tidak perlu diangkat.

    Saya aktif melakukan SADARI, dan sejak 7 tahun lalu terdapat benjolan di bagian payudara kanan saya. Baru seminggu lalu saya memberanikan diri untuk menjalani USG sesuai rekomendasi teman kampus yang memiliki benjolan dan terdiagnosa FAM.
    Hasil USG

    - kutis dan subkutis tidak menebal,
    - struktur fibroglandular kedua mammae dalam batas normal, tampak pelebaran duktuli
    - tidak tampak adanya lesi fokal patologis
    - tidak tampak kalsifikasi
    - tampak kelenjar limfe di aksila kanan 1,3cm x 0.3 cm

    kesan: fibrokistik mammae bilateral dan tak tampak massa tumor.

    apakah:
    1. fibrokistik yang saya miliki perlu konsul ke bedah onkologi terkait limfe di aksila kanan?
    2. fibrokistik apakah akan berpotensi ke kanker atau tumor?
    3. mammae aberants dan kelenjar getah bening yang membesar apakah perlu di operasi?

    Terima kasih dok.

  18. zha says

    Dok, umur saya 41 th, saya baru melakukan usg dikarenakan rasa sakit di payudara saya, dari hasil usg terteral suspect fibro adenoma mammae sinistra ukuran 0.75, dan menurut doktenya harus segera di operasi, apakah ada alternative lain selain operasi dan tumor itu sejenis apa dok, apakah pertumbuhannya cepat? untuk informasi orangtua saya meninggal setelah menjakani 2 kali pengangkatan payudara. terimakasih

    • Dokter Bahar says

      Untuk umur Anda, perlu segera dipastikan jinak atau ganasnya.

  19. Tita says

    Selamat siang Dok,
    Dok, saya punya benjolan disamping kanan payudara saya, baru ditemukan seminggu yang lalu itu karna tangan sampai pundak saya yang sakit dan payudara saya juga terasa sakit, saya kira sakit dikarenakan menjelang menstruasi dan saya coba SADARI diraba di bagian payudara bawah terasa ada benjolan.
    lalu saya langsung periksa ke dr. Bedah dan di periksa ke Lab, Patologi diambil sebagian dari benjolan itu dan hasilnya :
    ‘Fnab tu.mammae dextra diameter 2.5 cm kenyal,mobile,aspirat;sedikit cairan kental bening’
    ‘sediaan apusan cukup seluler terdiri sel-sel epitel kelenjar ductus asini mammae yg relatif monoton dengan inti bulat kromatin halus berkelompok dengan sel-sel bipolar diantaranya latar belakang fibromixoid (tu. Mammae dextra/ Fibroadenoma Mammae)
    yang jadi pertanyaan saya, apa harus diangkat/dioprasi kah dok?, bisa hilang ga dok, kalau diobati dengan herbal??
    dan kalau tidak dioprasi apakah akan cenderung Ganas atau akan menjadi kangker payudara kah dok??
    terima kasih

  20. Vivi says

    Selamat malam Dok.

    Saya berumur 43th;mempunyai anak 1 org; dulu menyusui tapi tidak sampai 3 bln karena saya bekerja. Dulu asi saya banyak tapi ketika saya sudah masuk kerja saya buang di kantor karena terasa sakit.

    Pada tgl. 18 Jan 2014 , saya memeriksakan payudara saya ke dokter ongkologi, karena terasa ada benjolan agak keras di payudara kiri, tapi tdk sakit. Di payudara kanan malah payudara terasa sakit.

    Hasil usg mammae saya sbb :

    Mammae kanan :
    kutis dan subkutis baik. Tak tampak retraksi papilla mammae. Tampak dilatasi ductus lactiferous dengan lesi kistik batas tegas di retroareola berukuran 0,55 x 0,3 cm. Jaringan fibroglandular mammae lainnya baik. Tidak tampak lesi solid. Kelenjar getah bening axilla kanan tidak membesar.

    Mammae kiri :
    Kutis dan subkutis baik. Tak tampak retraksi papilla mammae. Tapi dilatasi ductus lactiferous dengan multiple lesi kistik di jam jam 10; 1cm dari papilla mammae ukuran 1,2 x 0,78 x 0,92 cm. Terlihat pula multiple lesi kistik di jam 6-7; 1cm dari papilla mammae diameter 0,54cm dan 0,57. Lesi kistik di jam 1-2; 1cm dari papilla mammae berdiameter 0,73 cm dan 0,58 cm. Jaringan fibroglandular mammae lainnya baik. Tidak tampak lesi solid. Kelenjar getah bening axilla kiri tidak membesar.

    Yang saya bingung kenapa sekarang payudara kanan yg sebentar2 sakit, terasa ngilu. Apakah harus dibuang dok? Bisa hilangkah itu semua? apakah dalam waktu singkat bisa mengalami perubahan dok?

    Mohon pendapat dokter. Terima kasih banyak sebelumnya atas jawabannya dok. Sukses selalu buat dokter.

    • Dokter Bahar says

      Kista itu normal. Sakit tanpa tumor yang dicurigai juga normal. Sementara aman, namun kontrol lagi sesudah 6 bulan.

  21. imel says

    Selamat malam
    Selamat Sore dok, nama saya melda, umur 22 tahun. Saya mau tanya dok mengenai payudara. Ini hari keEnam dok sya kurang nyaman mngenai payudara sya. Sya merasa payudara sya sebelah kiri terasa tebal, nyut2an dibagian aeora tapi hanya sebagian. Smpat ketiak saya terasa panas dan punda kiri sya ikut pengal. Awlnya sya ke puskesmas ktanya hanya terkena virus. Tpi sya msh mrsa skit dn panas dibagian payudara kiri. Tpi perlu dokter ketahui, yg skt itu hanya sbgian sja. Sya tlh brobat ke Rmh Sakit ke poli bedah. Awalnya dokter mngatakan, tumor lunak dan sya disarani untuk radiologi mammografi dan hslnya normal dan hanya dktan byk kelenjar. Dan sya hnya dbrikan obat penghilang nyeri. Tp jujur Ɣª dok, sya msh merasa payudara sblh kiri msh terasa panas, dan bengkak. Perlu dokter ketahui, saya beƖum Haid bln ne. Yg ingin sya tanyakan dok, bner sya tidak apa2 (tdk ad tumor/kanker) tlng masukannya dokter krna sya msh mrsa takut. Knpa ketiak sya terasa panas dan payudara jga. Padahal hasil pemeriksaannya normal donk?? Ap krna sya belum dtng Bulan atw krna apa?? Tolong infonya dok, trimakasih

    • Dokter Bahar says

      Sakit dan panas di payudara tapi tidak ada tumor adalah biasa dan tidak perlu kawatir. Periksa kembali sesudah 6 bulan.

  22. Dianri says

    Selamat malam dok.

    Nama saya Dianri, umur 44 tahun, beberapa hari yang lalu saya melakukan tes usg mammae dengan hasil sbb:

    Mammografi kanan:
    Jaringan kutan / subkutan normal
    Jaringan fibrogranduler: Pada kwadran kraniomedial tampak lesi opak bulat, batas tegas, licin, tidak tampak mikrokalsifikasi.

    Mammografi kiri:
    Jaringan kutan / subkutan normal.
    Jaringan fibrogranduler homogen, tidak tampak lesi opak atau mikrokalsifikasi.

    USG Mammae kanan:
    Jaringan subkutan normal.
    Jaringan fibrogranduler kwadran lateral atas / periareolar tampak lesi padat hipoekhoik bentuk oval batas tegas, licin, tekstur homogen, ukuran: 18.1 x 12.7 x 16 mm.

    USG Mammae kiri:
    Normal, tidak tampak lesi kistik /padat.

    KESAN: Massa padat mammae kakan suspek jinak (FAM)

    Dari hasil di atas, saya mohon saran dari dokter, apakah saya harus dioperasi? Terima kasih sebelumnya

  23. sunariyah says

    Selamat sore dok.
    saya sunariyah 29 tahun beberapa hari yanng lalu saya periksa ke dokter dan ada benjolan di payudara sebelah kanan dan di diaknosis terkena tumor..
    dan setelah saya perhatikan akhir akhir ini keluar seperti air di area puting tapi tidak banyak apakah itu berbahaya dok dan tindakan apa yang harus saya lakukan..
    mohon bantuanya ya dok saya ucapkan trimakasih sebelumnya.

  24. dina melinda says

    Selamat Pagi Dok..

    saya mau sdikit bertanya,istri saya berumur 25th mmpunyai bnjolan di payudara sblah kiri.. bnjolan trsbut dikthuinya dari 5th yg lalu,tp baru diperiksa kedokter skarang..

    setelah diperiksa dkternya hnya bilang tumor mamae dan dianjurkan untuk dioperasi pngangkatan.. yang jadi mslahnya skarang,istri sya bru mlhirkan 8blan yg lalu mlalui oprasi cesar dan anak saya mnum asi smpai skarang..

    yang mau saya tnya,misalnya oprasiny ditunda smpai kira2 ank sya sdah tdak asi lgi gimana?? bisa tidak dok??dan ada kmngkinan bhaya g??
    terakhir perkiraan biaya untuk operasinya brapa?biar saya bsa mmpersiapkan smuanya..

    trima kasih sebelumny dok,mhon bntuannya.. wassallam..

    • Dokter Bahar says

      Kalau dokternya curiga ganas maka segera operasi. kalau curiga jinak bisa menunggu sesudah selesai menyusui. Biayanya tergantung dokter dan RS.

  25. dede irma says

    nama saya dede irma, usia 22 tahun.
    dua tahun yag lalu pernah dibedah tumor gitu dan ini kesimpulannya “fibroadenoma mammae dextra” dan sekarang ada lagi d sebelah kiri. harus bagaimana dok, tapi tidak mau dibedah lagi
    kenapa bisa ada lagi seperti ini?
    terimakasih

  26. lia says

    Dok saya lia 22th mau tanya hasil usg saya seperti ini kesimpulannya : – lesi cystic dan echomixed lesion dimamma kanan, uk. Antara 0,2-0,6cm
    - Echomixed Lesion dimamma kiri, uk. 0,92Cm
    - Solid Lesion dengan capsul appearance, uk. 1,21 x1,25x 1cm Didaerah nipple area mamma kiri. Suggestive FAM mamma kiri. (Semuannya mengarah pada benign lesion mamma bilateral

    Mohon Penjelasannya dok terima kasih

  27. Ok says

    Slm dok….mohon pencerahannya menganai mamma sinistra,FNAB: MUCINOUS CARCINOMA….itu adalah hsil pemeriksaan sitologi/FNA-B.terimakasih

    • Dokter Bahar says

      Positiv Kanker payudara. Sekarang perlu dilihat luasnya. Apakah sudah sampai di ketiak atau tempat lain. Sesudah itu perlu diobati apakah dengan operasi atau kemoterapi ataupun dengan penyinaran.

  28. puspita sari dewi says

    Maaf mengganggu dok…..saya dewi puspita….tgl 8 maret 2014 saya di USG dan hasil kesimpulan dari USG :
    1. Massa solid batas tidak tegas dengan tepi ireguler di quadran atas arah jam 12.30,2 cm dari nipple pada mammae kanan dengan ukuran kurang lebih 3,69 cm x 3,60 cm

    2. Tidak tampak pembesaran KGB axilla bilateral

    UGS MAMMAE DEXTRA

    * Tampak masaa hipoekhoik berbatas tidak tegas dengan tepi ireguler di quadran atas arah jam 12.30,2 cm dari nipple pada mammae kanan dengan ukuran kurang lebih 3,69 cm x 3,60 cm
    tidak tampak adanya s.o.l/nodul intraparenkhymal
    tidak tampak klasifikasi intraperenkhymal

    USG MAMMAE SINISTRA

    * Stroma fibroglandular masih tampak normal.
    tidak tampak ada s.o.l/nodul intreperenkhymal.
    tidak tampak klasifikasi intraperenkhymal.
    papilla mammae,jaringan cutis dan subcutis masih dalam batas normal

    AXILLA DEXTRA dan SINISTRA:

    * Tidak menunjukkan adanya tanda-tanda pembesaran kelenjar.

    Mohon penjelasan dokter untuk masalah saya ini,apakah tumor itu jinak apakah tumor ganas dan apa tindak lanjut saya……makasih sebelumnya dokter

    • Dokter Bahar says

      Umur dan umur

      • puspita sari dewi says

        umur saya 31 tahun

        • Dokter Bahar says

          Yang pasti ada tumor dan untuk memastikannya perlu biopsi.

          • puspita sari dewi says

            kl tumor itu pasti y dokter tapi kalau masalah ganas atau tidak ganasnya gmn dokter…..?

  29. sri ramadan says

    sri ramadan says
    selamat pagi dok.

    langsung aja ya dok, dok kemaren saya habis oprasi mammae dextra. apa benjolan itu tidak akan tumbuh lagi setelah oprasi?. cra penyembuhannya gmna dok. mhon penjelasannya. terimakasih

    • sri ramadan says

      sri ramadan

      maaf dok umur saya 21 thn.

    • Dokter Bahar says

      FAM, tumor jinak payudara selalu dapat tumbuh selama belum menopause.

  30. Vheni says

    Dok sy bis usg kesannya : lesi hipoechoic/ echofree di quadrant lateral sub areora mammae pd arah jam 2-4 uk. 1,32×0,94 cm, suspek kista mammae DD-fibroadenoma? Maksudnya apa dok sy agak binggung.

    • Dokter Bahar says

      Kemunmgkinan besar Anda menderita tumor jinak di payudara.

    • Rosa says

      Sy Rosa, umur 50 tahun, memiliki 2 anak. 16 bulan yang lalu telah operasi pengangkatan payudara kanan (stadium 2). Kemarin saya di USG dengan hasil :
      Mammae sinistra:
      - Tampak lesi hipoechoic kecil, berbentuk bulat, berbatas tegas, tepi reguler, dinding tipis pada arah jam 12 dengan jarak 3 cm dari nipple. Ukuran 4,52×4.00×4,34 mm.
      - Jaringan kutis dan subkutis baik.
      - Tak tampak kalsifikasi.
      - Tak tampak posterior enhancement.
      - Ductus lactiferus tidak tampak dilatasi.
      - Retropapiller echo normal.
      - Axillary tail normal, tak tampak lesi patologik didalamnya. Tak tampak kalsifikasi.

      Kesan : Tumor mammae sinistra ( Birads US Category 2 ).
      Pertanyaan: Apakah ini berbahaya dan perlu operasi angkat benjolan? Apa penyebab benjolannya? Terima kasih atas penjelasannya.

      • Dokter Bahar says

        Bagaimanakah hasil PA operasi pertama? Tolong keterangan yang lengkap Bu.

  31. dyra says

    Dok, mau nany, adek sy 5 thun lalu operasi tumor jinak payudara, tp skrg sering mengeluh sakit pd area operasi. Pertanyaan sy, mungkinkah tumbuh tumor lg? Oh iya saat ini dia juga klo lg menahan kencing sering keluar darah melalui mulut/oral, kt tmn sy kemungkinan tumorny tumbuh lg dan bermetastase ke paru2, benarkah demikian? Mohon jawabannya dan terima kasih sblmnya

  32. Alia says

    Dok, mau tanya,umur saya 35 thn,cek ke dokter bedah krn di kedua ketiak saya ada benjolan seperti agar2.diagnosa nya mamae aberans.Disuruh langsung operasi.apakah ini bahaya atau tidak?apakah ada cara selain operasi?Jika operasi brp lama penyembuhannya?.terima kasih

    • Dokter Bahar says

      Mamma abberant tidak perlu operasi kecuali dengan alasan kosmetik.

  33. ica says

    dok,mau tanya,, umur saya 20th..hasil usg saya di mamae kanan tampak lesi hiperdens inhomogen batas tak tegas,,, halo sign (-), terukur 13,39 x 8,93 x 14,15 di jam 9,2cm,, periareoral mamae kanan.. kesimpulan mamae kanan ( BIRADS C3) maksudnya apa ya dok? terima kasih sebelumnya..

  34. ade irma says

    Dktr saya ibu ade umur 38 thn payudara saya sering nyeri disaat seminggu sblm haid dan skrang sy uda 2 bln tidak dtg haid krn smntara terapi endrolin olah dktr kandungan tiba2 payudara saya sebelah kiri terasa sakit dan bdn saya merasa meriang, setelah saya periksakan ke dkter bedah di ajurkan untuk di USG dan hasil pmeriksaan USG adala : – kutis tampak masih normal. Papilla tak tmpak retraksi – lemak subkutaneus menipis.- jaringn fibroglanduler pd jam 2 peri-areolar tampak massa tumor padat/hipoekhoik dgn minimal kalsifikasi, permukaan ireguler dan batas kurang tegas. Ukuran kurang lebih 3 x 2 cm. – Lapisan retromamae, otot pektoralis, iga normal. KGB Axilla membesar. Saran dokert hrs di operasi krn dicurigai ganad.Yg menjadi ptanyaan saya apakah tumor yg dimaksud termasuk ganas? Apakah hrs di operasi? Apakah ada alternatif pengobatan lain selai dioperasi?

    • Dokter Bahar says

      Kemungkinannya memang ganas Bu, sebaiknya operasi untuk memastikannya.

1 4 5 6

Continuing the Discussion

  1. ANDI - Aberration of Normal Breast Development and Involution - Suara Dokter linked to this post on 17 Juni 2009

    [...] Payudara berkembang dan menyusut sesuai dengan aktivitas hormon yang mengatur proses reproduksi. Semua proses ini dan pertumbuhan yang meliputi seluruh unsur payudara sudah dijelaskan dan gambarnya dapat dilihat lagi dalam tulisan tanggal 25 November 2008 dengan judul Tumor Jinak Payudara. [...]



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.