Skip to content


Tiroid


Seorang anak gadis datang dengan nodul di leher.

gambar 1

Gambar 1: Pasien Pribadi

Nodul (nama lain dari tumor yang lazim digunakan pada tiroid) memang berasal dari tiroid karena bergerak ke atas waktu menelan. Tiroid atau kelenjar gondok terdiri dari dua lobus kiri dan kanan. Lobus yang berbentuk cakram itu dihubungkan oleh istmus (lihat gambar 3).

gambar 2

Gambar 2: Tiroid melekat pada Trakea

Pada waktu menelan trakea bergerak ke atas hingga tertutup oleh epiglotis.

Adanya keganasan dicurigai bila:

1. Nodul soliter

2. Adanya nodul dengan pembesaran kelenjar getah bening (KGB) leher

3. Gangguan suara

gambar 3

Gambar 3: Lobus dihubungkan oleh istmus

Pada perabaan, pasien ini mempunyai nodul yang soliter (berbatas tegas atau satu-satunya). Kelainan ini disebut struma nodosa. Hal itu perlu dikonfirmasi dengan USG tiroid karena kemungkinan adanya nodul lain (nodul multipel). Selain itu tiroid juga dapat dipenuhi oleh tumor seperti yang banyak ditemukan di pedalaman. Kelainan ini disebut struma difusa da disebabkan kekurangan Yodium.

Pembesaran KGB leher merupakan isyarat terjadinya metastatis limfogen (melalui saluran limfe). Jenis yang tertentu melakukannya secara hematogen. Semuanya dimulai ketika kanker menembus jaringan dan memilih kendaraannya apakah cairan limfe atau darah (lihat artikel pembentukan sel kanker). Gangguan suara terjadi akibat metastasis lokal di syaraf rekuren (lihat gambar 2) yang menggerakkan pita suara.

Namun walaupun curiga, belum dapat diambil tindakan karena kelainan fungsi mereka dapat menimbulkan kelainan alat vital seperti jantung, otak, metabolisme dan reproduksi. Karena itu pemeriksaan hormon menjadi penting. Yang diperiksa secara rutin adalah Triiodothyronine (T3), Thyroxine (T4) dan Thyroid Stimulating Hormone (TSH).

Ia bisa hipertiroid (kelebihan hormon), hingga tangan pasien menjadi gemetar dan berkeringat dingin; hipotiroid (kekurangan hormon, susah berpikir dan tidak subur. Kalau hormonnya normal baru dapat diambil tindakan untuk memastikan kecurigaan itu.

Pemeriksaan itu adalah pengambilan contoh jaringan untuk melihat kelainannya. Itu bisa dilakukan dengan jarum isap atau operasi. Modalitas pengobatannya adalah operasi atau penyinaran. Keduanya akan dibahas secara khusus kelak.

Posted in Kepala dan Leher, Onkologi.

Tagged with , , .


730 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. Puput Wulan Sari says

    Dok saya berumur 20thn
    Saya sejak anak2 saya kurus, setelah berumur 17thn berat badan saya dibawah batas normal
    Kemarin saya tes TSHs dengan hasil 0.9691 dan rujukan 0.35-4.94 uIU/ml
    Dan fT4 dengan hasil 1.31 dan rujukan 0.70-1.48 ng/dl
    Apa arti dari kedua hasil tersebut?
    Dan bagaimana solusi pengobatannya?
    Terima kasih

  2. surya says

    Permisi dok, saya ingin brtnya, rumah sakit yg mnyediakan fasilitas cek tiroid khususnya didaerah tangerang, dimana ya? Soalnya saya sudah cari-cari ditempat saya susah sekali menemukannya.. Dan hrga cek tiroidnya berapa ya dok? Terima kasih

  3. bunda qisqia says

    malam dok, sya mau bertnya kenapa setelah operasi ke 2 sya sering merasakan kepala sakit yg hebat, tulang punggung sakit, persendian linu & sakit.
    apa itu ada pengaruh dari penyakit saya
    ( KARSHINOMA PAPILER TIROID ) kanker ganas tiroid

  4. bunda qisqia says

    sore dok, maf mau brtanya lagi…
    apa sya boleh KB suntik, pil, susuk.
    kata doktr yg menangani sya boleh kb suntik, akn tetapi kata bidan kandungan tidak boleh
    di krna’kn mengandung hormon.
    menurt saran doktr lbh baik KB suntik ap yg lain.
    trimakasih doktr

  5. bunda qisqia says

    pagi dok, saya ingin menanyakan sya mempunyai anak berusia 10bln
    sya masih bisa menyusui
    walau sya konsumsi THYRAX seumur hdp.
    ap lbih baik menyusui ap mebrhnti’kn membri ASI
    trimakasih dok

  6. bunda qisqia says

    siang dok, sya ingn brtnya
    apa sya boleh menyusi anak sya
    wlaupn sya mengkonsumsi THYRAX seumr hdp.

    • Dokter Bahar says

      Konsultasi dengan dokter yang mengobati Anda. Pasien saya tidak saya anjurkan untuk menyusui anaknya.

  7. nida says

    dokter, untuk orang yang memiliki penyakit gondok boleh tidak menggunakan kb implan?

  8. Heru says

    bagaimana dengan kista di colli dekstra dengan infeksi sekunder dd/adenoma pleomorfik dok, apa yang harus di lakukan? serta makanan apa saja yang harus di hindari?

    • Dokter Bahar says

      adnoma adalah tumor jinak kelenjar yang bisa diobati dengan operasi. Makanan sementara bebas.

  9. asih says

    dok
    saya wanita umur 22 tahundan belum menikah, Januari 2014 lalu saya baru mengetahui ada benjolan di leher depan bawah sebelah kanan.kemudia setelah diperiksa lab dan usg. untuk hasil tes darah ft4. tshs dan t3 masuk dalam kategoti normal.dan hasil usg berupa hemorrhagic cyst dan nodule tiroid dengan ukuran 62x40x23 mm serta lesi heterogen berbatas tegas berukuran 38x32x16.
    yang ingin saya tanyakan apakah itu termasuk tumor atau kanker atau hanya kelainan?dan termasuk dalam kategori jinak atau ganas?
    Menurut dokter solusi penyembuhannya bagaimana?dan apa resikonya?
    saya mohon penjelasannya..terimakasih banyak dok..

  10. Tiqha Alizha says

    Dok, saya baru saya ngejalani operasi teroid 1 minggu yg lalu. Tapi sekarang saya sering ngalami pusing . Itu kenapa ya ?

    • Dokter Bahar says

      Tolong lengkapkan Bu, operasi apa yang dilakukan? Apakah mengangkat semua tiroid atau sebagin. Tanya ke dokter yang melakukan operasi.

  11. Afni says

    Dok, saya penderita hypertiroid sudah 4 tahun..
    kemarin di USG hasilnya Saat Tranducer diletakkan pada regio cervical tampak masa berkapsul, berbatas tegas dg jaringan sekitarnya, tampak mikrokalsifikasi diameter 3,27 cm kesan:struma nodusa
    Itu termasuk struma nodusa non toksik apa toksik dok??
    Terima kasih dok

  12. dana ayu says

    dokter bahar saya mau tanya, saya pasien kanker tiroid papiler,
    27 januari 2012 saya melakukan terapi ablasi dengan dosis 100mCl
    19 oktober 2012 saya melakukan whole body scan dgn radifarmaka I-131 dgn hasil tak tampak tangkapan aktivitas di daerah cervical dan di luar daerah cervikal yg mencurigakan adanya metastasis.
    5 april 2013 saya melakukan whole body kembali dengan hasil yg sama tidak ada tangkapan aktivitas yg mencurigan..

    karena saya belum punya anak, dokter bedah onkologi saya mengijinkan saya untuk hamil dengan jarak 6 bulan setelah pemeriksaan whole body scan.. dan alhamdulilah saya benar2 hamil setelah 6 bulan tepatnya di bulan oktober 2013 saya positif hamil.
    sebelum hamil saya cek darah dan hasilnya bagus kata dokter saya.. kandungan saya saat ini berumur 27 minggu dok, dan setiap 3bln skali saya cek darah untuk menentukan dosis obat, saat ini saya minum dosis tyrax saya 2/hari.

    amankah dok kandungan saya ini? bagaimana efek ke bayi saya nanti?
    apa ada kemungkinan bayi saya mengidap hipotiroid ?

    terimakasih banyak dok

    • Dokter Bahar says

      Apakah sudah operasi?

    • ira says

      Mba boleh minta kontak no tlp yang bisa saya hubungi? Tolong ya mbaa saya mw tanta2 nih, makasih yaa..

  13. Ricardo says

    Begini dok, waktu itu ibu saya periksakan teroidnya ke RS. Umum Prov.NTB, pada saat itu, teroid dileher ibu saya masih kecil, belum terlalu besar spt saat ini. Dan dokternya bilang, kalau itu tdk berbahaya. Setelah lama kemudian, ibu saya merasa kurang nyaman di tenggorokannya, ibu sy kembali periksa, tetapi tdk dirumah sakit swasta, dan dokternya bilang ini hrs segera dioperasi. Yang saya pertanyakan, ibu saya ini kan awam dan tidak tau sama sekali, bahaya atau tidaknya penyakit tsb, mengapa dokter saat ini, memandang sebelah mata thd pasiennya, jika dari awal ada pemberitahuan dlm pencegahannya, mungkin tdk terjadi sampai melakukan operasi spt ini, terima kasih dok…mohon maaf atas keluhan sy ini.

    • Dokter Bahar says

      Banyak sekali kemungkinannya. Tapi apakah di RS pertama diperiksa oleh dokter bedah?

  14. nizam azhar says

    dok saya penderita hipertiroid sejak kira2 sejak 2002-2004. setelah itu tdk tau kondisi terakhir dan juga sdh putus obat dan tdk berkonsultasi lg dgn dokter. dan pada thn 2013 kambuh kembali adapun kondisi/hasil.lab sbb :

    Hasil lab.tgl.01-07-2013
    T3 : 2,86 rujukan 0,56-1,69 ng/mL
    T4 : 203, 85 rujukan 60-120 nmol/L
    TSH-s :<0,05 rujukan 0,25-5 uIu/mL
    Kesimpulan : Hipertitiroid

    Hasil lab.tgl.27-04-2014 , sbb :
    fT4 : 62,64 rujukan 10.6-19,4 pmol/L
    TSH-s: <0,05 rujukan 0,25-5 uIu/mL
    kesimpulan : Hiperitiroid

    Tidak ada hasil yg menggembirakan dan signifikan. Catatan : pola hidup saya buruk, perokok berat.namun mulai Juli 2013 sdh berhenti merokok, dan berolahraga scr teratur. Secara empirik (keadaan fisik) keluhann/gejala2 umum hipertiroid sdh saat berkurang scr signifikan dan berat badan melaju dgn baik. Ada solusi dok??..

  15. dinda says

    Dok saya ada benjolan di leher dan sdh periksa lab hasilnya TSHs 0.440 FT4 1.12 hasil usg kesan: struma nodosa degenerasi kistik berseptasi pada lobus kanan thyroid, struma nodosa lobus kiri thyroid, limfadenopati multipel submandibula bilateral dan colli kanan.
    Gimana kesimpulannya yah dok, dan apa yang sebaiknya saya jalani untuk menerapi keadaan tersebut. Terimakasih banyak info dan sarannya

  16. rani says

    dokter,suami saya operasi kista tiroid sekitar 5 hari yg lalu.ukuran tumornya besar spt pentol bakso yg besar tetapi tengahny bolong.sampai dg hari ini suami sy msh d rs,karena terjadi pendarahan.hari 1 muka sampai lehrny bengkak, hr ke2 batuk dn tidak nyaman ditenggorokan karena banyak dahak. dan selanjutnya keluar darah kotor pada jahitan. menurut dokter bedahny darah mmg harus dikeluarkan,masalahny darah tidak leuar dari selang drain melainkan dari jahitannya.darah berwarna gelap (bkn darah segar).mnrt dokter bedahnya hal ini tdk apa2.tp saya khawatir dok.menurut dokter apa ygterjadi pd suami saya,apakah ini berbahaya?mohon penjelasannya dok…trima kasih

    • Dokter Bahar says

      perdarahan memang resiko operasi tiroid yang kadang-kadang tidak bisa dielakkan. Pengobatannya memang dengan mengeluarkan darah itu sampai perdarahannya berhenti. Bila tidak perlu operasi ulang untuk mencari sumber perdarahannya.

  17. fitri says

    dok..menurut dokter kalau tiroid sy ini membengkak dkarenakan hormon atw tumor yah..?trimakasih kasih y dok atas waktunya..

  18. Dokter Bahar says

    Itu hanya bisa dipastikan dengan biopsi.

1 5 6 7



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.