Skip to content


Hemangioma

Pasien Pribadi: Hemangioma Strawberry

Pasien Pribadi: Hemangioma Strawberry

Heme = darah; Angio = pembuluh darah atau limfe; Oma = akhiran yang digunakan untuk menyebut neoplasma jinak. Hemangioma adalah tumor jinak pembuluh darah .

Kekerapan

Hemangioma adalah tumor kongenital yang sering dijumpai pada bayi.

Munculan

Tumor kemerahan di muka yang muncul beberapa minggu sesudah lahir. Warna merah diberikan oleh darah dari pembuluh darah yang tumbuh berlebihan (secara tidak normal) di kulit. Kelainan ini akan hilang dengan sendirinya. Bedakan dengan jenis lain dimana terjadi salah bentuk (malformation) dari pembuluh darah. Bentuk ini disebut Port-wine, tanda lahir yang tidak akan hilang.

Jenisnya

  1. Kapiler
  2. Kavernosa

Jenis kapiler disebut juga hemangioma strawberry karena terlihat demikian. Umumnya ia akan menyusut pelan-pelan dan menghilang di umur 9 tahun

Jenis kavernosa, tumbuh lebih dalam hingga terlihat kebiruan. Kemungkinan menghilang lebih kecil dari jenis strawberry.

Catatan!

Walaupun umumnya akan menghilang dengan sendirinya, sebaiknya anda membawa sang bayi ke ke bagian darurat rumah sakit bila:

  1. Timbul perdarahan yang kadang-kadang memerlukan pembedahan.
  2. Terdapat tanda-tanda infeksi seperti bayi kesakitan, membengkak dan teraba panas. karena bila tidak segera ditolong akan menimbulkan borok atau tukak yang sukar disembuhkan.

Ke praktek dokter karena:

  1. Hemangioma tidak hanya di muka, ia dapat tumbuh di mana saja.
  2. Kadang-kadang sulit membedakannya dengan tumor ganas.
  3. Penyulit akan muncul bila ia tumbuh di daerah yang selalu mengalami trauma seperti bibir.

Pustaka

1. Wikipedia

2. Crabb et al: Plastic Surgery, Little, Brown, and co, Boston, 1979

Posted in Kanker lainnya.

Tagged with , , , , .


459 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. utie says

    Selamat malam pak dokter….dibelakang telinga saya persisnya di daun telinga sebelah kiri ada benjolan berwarna ungu..2thn yg lalu setelah melahirkan anak yg kedua benjolan itu muncul..dulu kecil dok…saya pernah periksa ke dktr umum menurut beliau dibiarkan saja…namun skr benjoan itu skr membesar.saya sdh cek ke dokter bedah tumor…menurutnya itu adalah hemangioma dan harus dioperasi.namun dokternya tdk menjelaskan mengenai resiko dr operasi bedah trs….yg saya mau tanyakan adalah..apakah memang harus dibedah dok?apakah tdk ada obatnya?dan apabila memang hrs dibedah seberapa besar resikonya?(jujur saja dok saya belum dirawat dirumkit apalagi dioperasi). Ada referensi saya hrs ke dktr apa?

    • Dokter Bahar says

      Ya. Diusia dewasa sebaiknya operasi karena masih ada kemungkinan hemangioma itu adalah kanker.

  2. milla says

    Malam Dok, mau konsul nih.. anak kedua saya perempuan punya tanda sejak lahir berwarna merah muda di tengkuk belakang dan bagian belakang kepalanya. Awalnya hanya bercak saja tanpa menonjol, tapi belakangan ini yg di bagian belakang kepala (di atas tengkuk) menjadi menonjol dgn diameter krg lbh 1 – 1,5 cm.. mungkin karena terkena gesekan bantal ketika tidur, bagian yg menonjol jadi agak keras seperti kapalan, lalu ada satu titik berwarna putih seperti nanah dan ada bercak darah. Apakah itu jg termasuk hemangioma? Apa yg harus saya lakukan Dok? Untuk jenis seperti itu, kr2 tindakan apa yg terbaik yg dpt saya lakukan? Oh ya, putri saya skrg umurny 3,5 bulan. Trmksh

  3. rovantara says

    assalamu’alaikum dok, mau konsul…anak kedua saya dah berumur 8th..mata sebelah kanannya bengkak dan aga menonjol..dari hasil MRI ada benjolan dibelakang matanya..sempat aga mengecil klo sering di kucek matanya bisa membesar lagi..dokter matanya menganalisa itu tumor pembuluh darah dan harus dioprasi tanpa bisa di biopsi terlebih dahulu…apa hemangioma bisa muncul setelah dia besar? krn baru muncul sekarang.. klo tonjolannya sudah mulai mengecil apakah masih bisa membesar lagi?? dan apakah harus dioprasi ?? trimaksih banyak dok atas waktu dan penjelasannya..

    • Dokter Bahar says

      Hemagioma sebagaimana tunor lainnya dapat tumbuh kapan dan dimana saja. Sebaiknya segera operasi karena jinak atau ganas ia akan mengganggu penglihatan.

  4. aprian says

    Salam dok, anak pertama kami lelaki memiliki tanda lahir hitam dgn bulu yang tebal selebar buku jari dewasa ukurannya tetap tidak bertambah. Setelah berumur 6 tahun sekarang sudah 4 bulan memakai kacamata minus dgn silindris 2,5 kemudian setelah konsul dgn dokter syaraf anak kami di minta untuk MRI hasilnya belum tahu. Yg saya tanya apakah akibat dgn adanya tanda lahir itu?

  5. susan says

    Ass dok. saya wanita berumur 23th. saya dari kecil mengidap hemangioma di tangan kiri. dan satu minggu yang lalu tgal 16 maret 2014 saya melakukan operasi yang di kategorikan Operasi Besar Khusus. ada banyak benjolan di tangan saya, tetapi hanya di buang beberapa saja, menurut dokter nya jika Ibu nya di buang, yg lain2 nya juga ikut mati. nah stlh operasi tangan saya masih biru2 karena ada yang tidak di buang tadi. yang mau saya tanyakan apakah yang tidak di buang itu memang benar2 mati ? krn saya masih merasakan sakit.

    • Dokter Bahar says

      Maksud ibunya itu apa?

      • susan says

        Tumor nya itu ada ibu nya menurut dokter nya, jd hnya di buang yg gede2 sprti kelereng saja (ibu nya) , yang kecil2 tdk dibuang dok.. apakah yg tdk dibuang itu tdk berbahaya?

  6. rosa fibriany says

    Malam dok .. saya penderita hemAngioma di pelipis sebelah kanan. Ini ada sejak saya kecil, sekarang usia saya 34 tahun. Sebenarnya saya tidak terlalu menghawatirkan hemangioma saya karna saya tidak terganggu. Tapi dua bulan terakhir saya sering merasakan sakit pada sekitar hemangiom, saya bingung dok … saya takut oprasi .. karna posisinya di sekitar wajah dekat dengan mata … saya harus bagai mana dok ?? Kalo oprasi biayanya berapa ?? Dan kalo tidak oprasi resikonya apa ?? Mohon sarannya dok …..

    • Dokter Bahar says

      aya harus bagai mana dok ?? Operasi.
      Kalo oprasi biayanya berapa ?? Tergantung dokter dan RS.
      Dan kalo tidak oprasi resikonya apa ?? Hemangioma juga bisa masuk ke mata.
      Mohon sarannya dok …..Segera ambil BPJS dan operasi.

  7. winda says

    dok, anak saya punya hemangiom saat lahir dan sekarang sudah hilang karna minum propanolol, apakah hemangiomnya bisa tumbuh lagi ya dok?
    terima kasih

  8. rosa fibriany says

    Dok … apa saya boleh minum propopanol?? Kalo boleh berspa dosis yang tepat untuk saya ?? Mohon saranya dok ….

  9. lucia says

    Dok saya mau bertanya. Dok saya perempuan 21 tahun. Saya mempunyai hemangioma di pipi dan menonjol. Dlu wktu kecil terlihat menonjol besar dan merah. Lama lama mengecil tapi setelah umur saya 20 tahun kenapa tonjolannya terlihat lagi ya dok? Lalu kalau saya ingin agar tonjolan itu hilang dan tidak berbekas apakah bisa dok? Dan saya harus priksa ke dokter spesialis apa? Trims

1 3 4 5



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.